Review Renault Koleos Signature 2021: Lawan Tangguh CR-V Dari Perancis

15/02/2021

Share this post:

Renault Koleos 2021

Editor rate:

588.000.000

Jual beli mobil Renault Koleos bekas, baru harga murah, kondisi terbaik di Indonesia Lihat promo

Secara diam-diam PT Maxindo Renault Indonesia (MRI) melakukan ubahan ringan pada Renault Koleos Signature 2021, akankah ia jadi lawan tangguh Honda CR-V?

Review Renault Koleos Signature 2021: Lawan Tangguh CR-V Dari Perancis
Review Renault Koleos Signature 2021: Lawan Tangguh CR-V Dari Perancis
0 Gambar

Pengantar Renault Koleos 2021

Mari kita simak spesifikasi Renault Koleos 2021 di bawah ini.

Kelebihan

Fitur R-Link 2 intuitif

Kursi pijat kursi pengemudi

Eksterior makin segar

Kekurangan

Hanya tersedia versi 5-penumpang

Mesin masih konvensional tanpa turbo maupun sistem hybrid

Jaringan servis masih sedikit

Foto Renault Koleos Signature AT 2021

Mengapa ia layak dilirik?

Jagoan PT MRI ini tampaknya bakal menjadi lawan yang tangguh bagi SUV medium bersasis monokok di Indonesia. Kehadirannya memang agak di bawah radar, sebab mereknya sendiri tergolong kurang populer di Tanah Air. Tetapi  Renault Koleos Signature 2021 ini cukup layak dilirik oleh Anda yang mencari SUV yang tidak pasaran namun mempunyai durabilitas yang baik. Mengapa demikian? Ikuti ulasan mengenai mobil ini sampai habis.

Eksterior Renault Koleos 2021

Review Renault Koleos Signature 2021: Tampilan Depan

Foto tampilan depan Renault Koleos Signature AT 2021

Garis krom pertegas tampilan elegan

Salah satu ubahan yang dapat dihighlight di mobil racikan Perancis ini adalah bagian depannya. Bumper depan Renault Koleos Facelift 2021 ini kini mendapat sedikit sentuhan, kini bumper depannya dilengkapi dengan transversal chrome line, jadi pada bumper depan dari New Renault Koleos ini terdapat garis chrome yang melintas dari bagian lampu kabut yang menyambung antara bagian kiri dan kanan.

Foto headlamp dan DRL Signature di Renault Koleos 2021

Semua bohlam lampu di sini sudah LED

Ciri khas Renault yang unik dan nyentrik tetap ada di facianya. Yakni DRL (Daytime Running Light) dengan aksen menyerupai huruf C yang menarik untuk dilihat. Belum lagi dikawal headlamp yang bohlamnya sudah menganut bohlam jenis LED (Light Emitting Diode) membuat penerangan ke bagian depan kian jelas dan terang. O ya, foglampnya juga sudah menganut jenis bohlam yang sama sehingga menjamin pancaran sinarnya yang terang.

Review Renault Koleos Signature 2021: Tampilan Samping

Foto tampilan samping Renault Koleos Signature AT 2021

Velg bernama KAVEA Alloy membuatnya penampilannya terdongkrak

Berjalan ke bagian samping, ubahan yang langsung jelas terlihat adalah velg yang diameternya kini naik 1 inci bila dibandingkan dengan Koleos terdahulu. Aksen two tone menambah kesan mewah dan gagah dan memperkuat tampilan baru Renault Koleos Facelift 2021 ini. Sekadar informasi, velg berdiameter 19 inci ini diberi nama KAVEA Alloy dan dibalut ban asal Korea yakni KUMHO CRUGEN dengan ukuran 225/55R19.

Foto side ornament Renault Koleos Signature AT 2021

Ornamen krom yang unik dan berkelas tetap dipertahankan

Tak hanya bagian kaki-kaki saja yang mendapat ubahan, tetapi terdapat sejumlah detail lain yang dipertahankan demi menegaskan kesan elegannya. Antara lain dengan menambah aksen krom di bagian samping yang menghubungkan antara fender depan depan pintu depannya. Sentuhan ringan namun tetap membuatnya kian berkelas dan sejajar denngan rival-rivalnya.

Review Renault Koleos Signature 2021: Tampilan Belakang

Foto tampilan belakang Renault Koleos Signature AT 2021

Bagian buritan terdapat sedikit ubahan

Lanjut ke bagian belakang, ubahan yang dilakukan tak seheboh tampilan depan dan samping. Kami prediksi, para desainer Renault agak kesulitan untuk membuat tampilan belakang Renault Koleos yang memang sudah cantik dari awalnya untuk terlihat lebih menarik lagi. Maka, ubahan untuk bagian buritan terkesan minor saja, yakni dengan ditambahkan garis chrome bernama transversal tadi menyambung pada bemper dan tambahan lampu reflector di bawah bagasi.

Foto Electric Power Tailgate Renault Koleos Signature AT 2021

Pintu bagasi dapat dibuka-tutup secara otomatis

Aksen mirip dengan lubang knalpot di bagian bawah bumper seakan menyiratkan bahwa performa yang diusung oleh mobil ini tak main-main. Kegiatan parkir mundur juga tetap mudah sebab ia telah dilengkapi dengan kamera mundur yang cukup jernih plus dipadu dengan empat buah sensor parkir yang dapat mengetahui jarak antara mobil Anda dengan objek di belakang Renault Koleos Signature 2021 ini.

>>> Baca review mengenai mobil Renault lainnya di sini:


Interior Renault Koleos 2021

Review Renault Koleos Signature 2021: Layout Dashboard

Foto layout dashboard Renault Koleos Signature AT 2021

Layout dashboard tak ubahnya dengan versi sebelum facelift

Buka pintunya dan lihatlah desain dasbor yang mewah itu. Kami jamin Anda akan takjub dengan desain serta kualitas buatannya. Layar R-Link 2 buatan Samsung mendominasi tampilan layout dasbornya. Jika Anda menganggap Wuling Almaz adalah pionir menggunakan sistem audio seperti ini, maka Anda salah. Sejak tahun 2017 Renault Koleos sudah menggunakannya. Selain itu kualitas buatannnya juga baik dengan bertabur material empuk.

Review Renault Koleos Signature 2021: Kursi

Foto kursi depan Renault Koleos Signature AT 2021

Kursi pengemudi terdapat fungsi fitur pijat serta cooler and heated seat

Renault Koleos Signature 2021 kini hadir dengan fitur kursi pijat dan disertai dengan pemanas dan pendingin pada kursi. Fitur ini membuat perjalanan terasa lebih nyaman saat menempuh jarak jauh sekalipun. Fitur kursi pijat ini terletak hanya pada kursi pengemudi serta dapat diatur menggunakan layar sentuh di Head Unit Koleos. Secara total terdapat 3 pilihan tipe pemijatan.

Foto kursi belakang Renault Koleos Signature AT 2021

Kursi belakang kini bisa diatur kerebahan sandarannya

Selain fitur kursi pijat tersebut, terdapat juga fitur pemanas dan pendingin, yang terdapat pada kursi pengemudi. Fitur ini juga dipercaya dapat memanjakan Anda selama perjalanan. Hanya itu saja? Tentu tidak, karena untuk penumpang di kursi baris kedua, kini bisa diatur kerebahan sandarannya, sehingga makin sesuai dengan postur penumpang yang tentunya lebih menunjang kenyamanan untuk penumpang belakang.

Review Renault Koleos Signature 2021: Panoramic Sunroof

Foto panoramic sunroof Renault Koleos Signature AT 2021

Panoramic sunroof membuat kabin kian lega

Anda yang memiliki anak kecil ataupun sesekali suka plesiran ke daerah pegunungan dan pantai akan menyukai fitur ini. Sebab panoramic sunroof di Renault Koleos Signature 2021 ini besar dan dapat dibuka secara elektris sliding maupun tilt. Satu hal yang agak disayangkan adalah bukaan panoramic sunroofnya yang tidak selega rivalnya misal Hyundai Santa Fe. Tapi setidaknya masih setara dengan Honda CR-V Turbo tipe Prestige.

Review Renault Koleos Signature 2021: Bagasi

Foto bagasi Renault Koleos Signature AT 2021

Proses buka tutup pintu bagasi lebih mudah

Akses ke bagasi kian mudah dengan adanya fitur automatic power open and close tailgate. Ada tiga cara untuk membuka pintu bagasi ini, pertama dari remotenya, kedua ditekan dari bagian dalam, dan yang ketiga adalah dengan menekan tombol di pintu bagasinya. Kapasitas bagasinya sendiri cukup lega sebab Renault Koleos ini hanya 5-seater, tak seperti basisnya yakni Nissan X-Trail T32 yang mengusung format tujuh penumpang.

>>> Baca berita paling update dari Renault di bawah ini:

Fitur Renault Koleos 2021

Review Renault Koleos Signature 2021: R-Link 2 by Samsung

Foto R-Link 2 by Samsung di Renault Koleos Signature AT 2021

R-LINK 2 buatan perusahaan Korea Selatan ini enak intuitif saat digunakan

R-LINK 2 buatan Samsung ini punya banyak fungsi, tak hanya sebagai pengatur audio dan AC, beragam fitur kendaraan dapat diatur disini. Layar sentuh dari R-LINK ini pakai sistem kapasitif, yang mana responsif dan mudah digunakan. Jika Anda terbiasa menggunakan smartphone atau tablet, Anda tidak akan kesulitan dalam mengoperasikan sistem R-LINK 2 ini. Sound system BOSE dengan 12 speakers, serta subwoofer dan digital amplifier akan memanjakan telinga Anda.

Review Renault Koleos Signature 2021: Panel Instrumen

Foto panel instrumen Renault Koleos Signature AT 2021

Tak seperti X-Trail T32, panel instrumennya lebih enak dilihat

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Renault Koleos Signature 2021 ini ada pada panel instrumennya. Sudah mengusung model digital dengan resolusi layar yang tinggi dikombinasi dengan jarum analog. Beragam informasi dapat ditunjukkan oleh panel instrumen yang enak untuk dilihat mata ini. Dari mulai putaran mesin, kecepatan kendaraan, indikator bahan bakar, suhu mesin, dan lain sebagainya.

Foto panel instrumen Renault Koleos Signature AT 2021

TFT high resolution jamin ia enak dilihat

Tak hanya itu saja, model instrumen digital ini juga dapat berubah-ubah mengikuti mode mana yang sedang diaktifkan. Misalnya mode SPORT, mode NORMAL, dan mode ECO. Beberapa informasi penting seputar perjalanan juga dapat ditampilkan di sini, misal informasi konsumsi BBM real time, informasi BBM rata-rata, average speed, serta tentunya tripmeter A dan B lengkap dengan odometernya.

Foto panel instrumen Renault Koleos Signature AT 2021

Jika coraknya lebih banyak akan lebih baik

Secara umum panel instrumen ini menarik dilihat dan nyaman dengan mata, hanya saja menurut kami pilihan motifnya agak kurang banyak. Padahal panel instrumen ini kemungkinan sudah mendukung hal tersebut. Alangkah lebih sip jika coraknya dapat diubah lebih banyak, misalnya terdapat corak retro maupun custom, pasti akan lebih baik dan tentunya lebih enak dilihat.

Review Renault Koleos Signature 2021: Ringkasan Fitur Keselamatan

Foto tombol pengatur fitur keselamatan di Renault Koleos Signature AT 2021

Fitur keselamatan dan keamanan cukup memadai

Seperti halnya mobil modern, Renault Koleos Signature 2021 juga dilengkapi dengan fitur-fitur keselamatan baik aktif maupun pasif yang menjamin ia tetap aman saat terjadi kecelakaan. Seperti rem cakram di keempat roda yang sudah dilengkapi ABS (Anti-lock Braking System), EBD (Electronic Brake-force Distribution), dan BA (Brake Assist), hingga kantung udara yang mampu menyelamatkan Anda saat kondisi darurat.

>>> Ini Mobil-Mobil Pilihan Lain di Rentang Harga Renault Triber

Operasi Renault Koleos 2021

Foto Mesin QR25 Nissan-Renault

Torsi mesin lebih tinggi 33 NM dari X-Trail T32 yang jadi basisnya

Dari sisi durabilitas ia menyandang kekuatan tinggi khas mobil Jepang, sebab sama seperti pendahulunya Renault Koleos Facelift 2021 ini pakai mesin berkode QR25DE yang mana pada Nissan X-Trail sudah tidak perlu diragukan durabilitasnya selama perawatannya benar. Mesin ini punya karakter overstroke dimana langkah piston lebih panjang dari diameter pistonnya.

Foto tuas transmisis Renault Koleos Signature AT 2021

Transmisi XTRONIC CVT jamin transfer tenaga halus

Efeknya torsi diputaran bawah sangat mumpuni. Apalagi mesin naturally aspirated alias tanpa injeksi udara paksa ke mesin ini punya karakter tenaga yang rata. Mesin ini punya output tenaga 169 HP pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi 266 NM di putaran mesin 4.400 rpm. Tenaga dan torsi tersebut disambung ke transmisi XTRONIC CVT yang halus dalam menyalurkan tenaganya ke dua roda depan.

Foto ban dan velg Renault Koleos Signature AT 2021

Seharusnya ada sedikit tune suspensi mengingat bobotnya yang bertambah sedikit

O ya, dengan bobot yang lebih berat sekitar 50 kilogram dari Nissan X-Trail maka secara otomatis Renault harus menyesuaikan juga setup suspensi pada mobil ini. Apalagi dengan velg yang diameternya lebih besar satu inci dari model sebelum facelift, membuat harus dilakukan sedikit setup. Tapi, untuk rasa berkendaranya akan kami ulas secara lengkap untuk Anda setelah unit tes mobil ini tersedia.

Spesifikasi Renault Koleos 2021

Berikut ini adalah spesifikasi Renault Koleos Signature AT 2021

Mesin Renault Koleos Signature AT 2021

Seri mesin

 QR25DE DOHC 16 Valve, Dual Continous Valve Timing Control System (Dual CVTCS)

Pasokan Bahan Bakar

 Electronic Fuel Injection

Jumlah Katup

 4 Katup Per Silinder (2 Inlet & 2 Outlet)

Tenaga Maksimum

 169 HP @ 6.000 rpm

Torsi Maksimum

 266 NM @ 4.400 rpm

Kapasitas Silinder

 2,488 cc

Bore X Stroke

 85.4 mm X 96.0 mm

Tipe Transmisi

 X-TRONIC CVT, Front Wheel Drive (FWD)

Rangka Renault Koleos Signature AT 2021

Panjang X Lebar X Tinggi

 4.675 mm x 1.843 mm x 1.678 mm

Jarak Sumbu Roda

 2.705 mm

Jarak Terendah Ke Tanah

 210 mm

Jumlah Tempat Duduk

 5-Seats

Kapasitas Tangki

 60 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki Renault Koleos Signature AT 2021

Suspensi Depan & Belakang

 Depan: Independent MacPherson Strut with Stabilizer Bar

 Belakang: Independent Multi-Link with Stabilizer Bar

Sistem Kemudi

 Rack and Pinion with Electronic Power Steering (EPS)

Rem Depan & Belakang

 Ventilated Disc Brake & Disc Brake

Teknologi Sistem Pengereman

 ABS, EBD, BA

Teknologi Safety Sasis

 -

Struktur Sasis

 Monokok, SUV C-Segment

Pelek

 Alloy, 19 inch

Jenis Ban

 KUMHO CRUGEN 225/55R19

Daftar Harga Renault Koleos 2021

Foto tampilan belakang Renault Koleos Signature AT 2021

Kini Koleos hanya tersedia satu trim saja

Maxindo Renault Indonesia, tetap memperhatikan market acceptance terhadap New Renault Koleos ini, maka Kendaraan ini tetap dijaga agar tetap terjangkau, dengan harga Rp 588.000.000,- (lima ratus delapan puluh delapan) untuk OTR JAKARTA dan hanya tersedia satu tipe yaitu Signature dimana trim ini merupakan top of the line dari Koleos, Maxindo Renault Indonesia percaya kendaraan ini bisa menjadi salah satu alternatif pilihan untuk SUV medium segment di Indonesia.

Kesimpulan Renault Koleos 2021

Foto kesimpulan review Renault Koleos Signature AT 2021

Ia mampu menjadi kuda hitam di kelasnya

Renault Koleos Signature 2021 ini mampu menjadi kuda hitam di kelasnya, termasuk saat disandingkan dengan Honda CR-V Turbo yang menjadi pemimpin penjualan di kelas ini. Ia memiliki beragam senjata rahasia seperti R-LINK 2 yang intuitif hingga kenyamanan kabin yang setara dengan para rival di kelasnya. Apalagi ia mengambil basis dari Nissan X-Trail T32 yang punya durabilitas baik selama perawatannya benar. Memang ada PR mengenai jaringan servisnya yang belum seluas rivalnya. So, apakah ia layak dipilih? Semua tergantung Anda.

>>> Klik sini untuk lanjut simak review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya
back to top