Usai India, Renault Kiger Siap Sambangi Indonesia

03/02/2021

Mobil baru

4 menit

Renault Kiger belum lama ini mengaspal di India. Kiger memang tak hanya ditujukan untuk warga India, melainkan juga bakal segera mengaspal di Indonesia.

Renault baru saja meluncurkan SUV sub 4-meter terbarunya Kiger di India belum lama ini. Renault Kiger merupakan produk global ketiga dari produsen asal Prancis itu yang dikenalkan di India.

Meski umur Renault terbilang masih muda di India, nyatanya mobil asal Prancis itu mampu memikat warga setempat.

Renault Kiger

Kiger dikembangkan di India

>>> Ramaikan Segmen SUV Kompak, Renault Pamer Versi Produksi Kiger 2021

Dikembangkan untuk Konsumen India 

Tercatat hingga saat ini sudah 700.000 unit mobil Renault di jalanan India. 80.000 lebih mobil Renault terjual sepanjang tahun 2020. 

"Setelah Kwid, Duster, dan Triber kami meluncurkan Kiger modern SUV yang cocok untuk pasar India. Mobil dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Kiger didesain dan diproduksi di India, untuk konsumennya sebelum akhirnya dikenalkan ke negara lainnya," ungkap SVP Renault Brand Sales and Operations Fabrice Cambolive dalam tayangan video peluncuran global. 

Indonesia kabarnya menjadi negara selanjutnya yang tengah dibidik oleh Renault. Hal itu juga sempat dikonfirmasi oleh Rudy Salim yang saat ini juga diketahui sebagai Direktur Renault Indonesia.

"Renault Kiger Showcar merupakan SUV terbaru yang akan diluncurkan di Indonesia setelah suksesnya peluncuran Koleos, Climber, dan Triber," jelas Rudy. 

Bicra desain, Renault Kiger mempertahankan sebagian besar profil model konsep, mulai dari kap mesin yang dibuat lebih berkarakter dengan overfender dan grill depan khas model Renault terbaru, di mana bagian atas melebar dengan ujung lampu DRL yang terlihat sipit, sedang lampu utamanya, yang juga memakai LED ada di bawah.

Kabin Renault Kiger 2021

Kabin Kiger diklaim luas

Renault Kiger 2021 yang bakal masuk jalur produksi itu memiliki ground clearence 205mm dengan velg 16 inci yang dibalut ban berukuran 195/65 R16, lebih kecil tiga inci dari velg model konsep, dan jarak ke tanah yang lebih rendah 15 mm. 

>>> Lebih Dekat Dengan Renault Koleos Facelift 2021: Harga Rp 500 Jutaan Fitur Segudang

Bakal Bersaing di Segmen Baru

Sedangkan dari interiornya, Renault Kiger 2021 hadir dengan dashboard, konsol tengah, sampai pengontrol AC diberi finishing abu-abu gelap dengan aksen gold bronze di sekitar kisi-kisi AC. Tepat di atas pengontrol AC, Anda akan menemukan head unit berukuran 8 inci yang sudah mendukung Android Auto dan Apple CarPlay, dengan varian teratas mendapat sound system 4 speaker dan 4 tweeter dari Arkamys Audio.

Sedang untuk layar instrument cluster memakai layar digital berukuran 7 inci, yang sama seperti Triber. Setirnya dilengkapi pengontrol multimedia.

Tampilan belakang Renault Kiger 2021

Bakal ramaikan segmen baru bersama dengan kompetitornya

Kiger hadir dengan mesin HRA10 1.000cc turbo yang sama seperti Nissan Magnite. Keluaran tenaganya juga mirip, yakni 98,5 HP dan torsi 160 Nm, atau varian NA yang memiliki tenaga 72 HP dan torsi 96 Nm. Keduanya memiliki pilihan girboks manual 5-percepatan, dan girboks otomatis 5-percepatan CVT (varian turbo) dan 5-percepatan AMT (NA).

Kehadiran Kiger bakal meramaikan segmen SUV sub-4 meter yang diprediksi akan 'booming'. Sebelum Kiger, sudah ada Magnite dan juga Sonet yang terlebih dulu mengisi segmen tersebut. Kabarnya akan Toyota dan Daihatsu juga bakal merilis Raize dan Rocky.

>>> Selain Twizy, Mobil Listrik Renault Model Lain Juga Bakal Dibawa ke Indonesia

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor. Roles Sebagai Editor di Cintamobil.com, Dina berperan menulis sekaligus mengedit tulisan agar lebih enak untuk dibaca dan juga mengontrol pemberitaan yang lebih layak. Di samping itu, tetap memantau pergerakan berita di industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. Specialities Memantau pergerakan berita di industri otomotif sekaligus menulisnya dengan cepat Mengedit berita Experience - GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019 - IIMS 2017, 2018, 2019 - IMOS 2016, 2018 - Geneva International Motor Show 2017 - Tokyo Auto Salon 2019

 
back to top