Renault 5 Prototype, Saat Hatchback Legendaris Dibuat Versi EV

19/01/2021

Mobil baru

3 menit

Hot-hatchback ikonik Renault 5 kembali lahir sebagai sebuah EV. Pekan lalu, Renault memamerkan prototype mobil tersebut dan akan launching sebelum 2025.

Jika Anda sudah mengenal dunia otomotif khususnya mobil sejak tahun 1980an, tentu tidak asing dengan Renault 5. Hatchback ini sangat populer pada masanya, apalagi varian Renault 5 turbo yang cukup terkenal sebagai mobil Rally Group B.

Renault 5 Turbo warna kuning

Popularitas Renault 5 terkerek berkat mobil balap Group B di WRC tahun 1980an

Masa edar hatchback tersebut memang sudah berhenti memasuki era 1990an, dengan Clio hadir sebagai suksesor. Dan sekitar 30 tahun berselang, tepatnya 2021, Renault kembali menghadirkan hot-hatchbacknya dalam bentuk prototype EV.

>>> Gandeng Lotus, Renault Kembangkan Sportscar EV Alpine

Bagian Dari Rencana Elektrifikasi Renault

Pekan lalu, CEO baru Renault, Luca de Meo, meluncurkan rencana strategis bertajuk “Renaulution”, di mana brand Prancis itu akan kembali membuat line-up ikonik di masa lalunya sebagai EV. Salah satunya adalah Renault 5 Prototype, yang merupakan satu dari 15 line-up inti yang akan dirilis tahun 2025.

Tampilan samping belakang Renault 5 Prototype

Renault 5 EV akan jadi satu dari 15 line-up baru yang rilis sebelum 2025

Dalam presentasi digitalnya, Direktur Desain Renault, Gilles Vidal, menjelaskan Renault 5 Prototype merupakan sebuah city car kompak yang menawan dengan inspirasi Renault 5 yang ikonik, tentu dengan karakteristik asli yang fun-to drive dan liar.

“Desain dari Renault 5 prototype mengambil basis R5, salah satu model yang cukup dipuja dalam sejarah kami. Prototype ini mewujudkan modernitas, kendaraan yang relevan dengan eranya: Urban, elektrik, dan atraktif,” ujarnya.

>>> Strategi Renaulution Milik Renault Grup Bertujuan Kuasai Segmen Mobil Listrik

Perpaduan Dua Generasi, Pakai Teknologi Google

Sampai tulisan ini dibuat, belum ada detail lebih jauh terkait versi produksi Renault 5 EV. Namun secara desain, proporsi mobil tampak seperti hatchback lima pintu modern pada umumnya. Hal ini menimbulkan tanda tanya apakah varian sporty tiga pintu seperti Renault 5 Turbo akan kembali.

Tampilan depan prototype Renault 5

Detail R5 klasik menyembunyikan karakteristik modern Renault 5 EV

Renault memadukan elemen dari R5 lawas untuk menyembunyikan detail modern mobilnya. Sebagai contoh, kisi-kisi udara di bagian atas kiri kap merupakan slot pengisian baterai, dan tempat fog lamp di depan menjadi housing dari LED DRL (Daytime Running Light), dan lampu belakang dengan komponen aerodinamika kecil. Nantinya, Renault 5 Prototype akan memakai sistem infotainment Renault My Link dengan sistem Google built-in, dan jadi brand pertama yang memakai produk Google. Dan untuk detail lainnya akan dibocorkan akhir tahun ini.

>>> Simak berita terbaru dan terlengkap dari dunia otomotif dalam dan luar negeri di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

 
back to top