Gandeng Lotus, Renault Kembangkan Sportscar EV Alpine

15/01/2021

Mobil baru

3 menit

Selain nama baru untuk tim balap F1, Alpine juga menjadi divisi khusus EV. Salah satu model yang akan dibuat adalah sebuah Sportscar yang didevelop bersama Lotus.

Era 'Renaulution' resmi dimulai, yang merupakan bisnis strategi baru yang akan menghadirkan beberapa ubahan radikal untuk mengembalikan daya kompetitif brand.

Dan dibandingkan brand lain di dalam payung Renault Group, Alpine mengalami transformasi paling signifikan. Selain menjadi nama baru tim balap F1 yang akan berlaga musim 2021, brand tersebut juga akan menaungi line-up EV Renault.

Line-up mobil EV Alpine

Alpine sudah menyiapkan tiga buah mobil EV

Dan untuk mendukung rencana elektrifikasi Alpine, Renault memaksimalkan skala serta kapabilitas Renault Group serta aliansinya (termasuk Nissan dan Mitsubishi) dengan platform CMF-B dan CMF-EV yang akan menjadi basis beberapa mobil EV.

>>> Alpine A110 SportsX Concept: Memadukan Konsep Lightweight Sports Car dan Rally Car

Siapkan tiga mobil, libatkan Lotus

Sebagai awal, Renault memamerkan tiga konsep mobil listrik yakni “For Me”, sebuah EV mungil untuk penggunaan dalam kota, lalu Crossover “For Us”, lalu Sportscar “For the Weekend”.

Khusus untuk Sportscar EV Alpine, mobil ini digadang-gadang sebagai penerus A110, dan bisa dilihat dari set-up lampu depannya. Unuknya, dua mobil listrik lain memiliki layout lampu serupa, dan menjadi ciri khas sebuah Alpine.

Alpine A110 Sportscar

Sportscar EV ini akan menjadi suksesor Alpine A110

Development sportscar EV Alpine satu ini akan melibatkan Lotus, di mana kedua brand mengumumkan kolaborasi teknis mendevelop sebuah sportscar EV. Duet keduanya cukup strategis, tentu mengingat pengalaman Lotus saat mendevelop Sportscar EV Evija.

Kolaborasi keduanya diawali dengan studi kelayakan secara komperhensif, lalu eksplorasi ke dalam pengembangan layanan yang mengkombinasikan keahlian teknis kedua kendaraan. Selain itu, kolaborasi untuk memanfaatkan platform balap Alpine yang beragam seperti F1, Formula E, dan Endurance juga dipertimbangkan.

>>> Bos Renault Ingin Alpine Jadi Mini Ferrari

Konsep Sportscar EV Alpine

Meski belum ada detail terkait spesifikasi, namun bisa diprediksi Sportscar EV Alpine akan memiliki dimensi kompak kemungkinan sebesar Alpine A110 atau Lotus Evora, dengan konfigurasi motor ganda.

Bagian belakang Lotus Evija EV

Kemungkinan layout motor ganda juga akan dipakai Sportscar listrik Alpine

Namun untuk girboksnya, hampir dipastikan akan memakai girboks single-speed atau otomatis. Well, ini bukan kabar bagus untuk para puris yang menantikan sebuah sportscar listrik dengan girboks manual.

Pada akhirnya, bagaimana tampilan Sportscar EV ini nantinya? Apakah akan terlihat seperti sebuah Lotus, atau sebuah Alpine?

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap dari dalam dan luar negeri bisa Anda lihat di sini

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top