Review Dan Test Drive Renault Koleos Signature 2019 : X-Trail Pakai Baju Adat Perancis

13/05/2019
editor rate: 4,5 user rate: N/A
Bisa dibilang mobil ini menggunakan perpaduan yang tepat, antara ketangguhan khas Jepang, dan sentuhan kemewahan khas Eropa. Berikut ini ulasan kami mengenai mobil Renault Koleos Signature 2019, kisah sebuah Nissan X-Trail pakai baju adat Perancis.

PENGANTAR Renault Koleos 2019

Acara Launching Renault Koleos 2019

Renault Koleos model year 2019 meluncur di hanggar Garuda Maintenance Facility

Review Dan Test Drive Renault Koleos Signature 2019 - Sebelum kita membahas lebih lanjut review dan test drive Renault Koleos Signature 2019, mari kita flashback. Jujur saja, pasar SUV sasis monokok dengan 7 penumpang bermesin bensin, kini sudah semakin tergerus dengan kehadiran mobil-mobil SUV ladder frame bermesin diesel. Tentu saja hal ini tidak mengherankan, karena mobil SUV dengan mesin tanpa busi ini umumnya lebih irit dalam mengolah bahan bakar dan juga punya torsi lebih besar. Sehingga, ketika mobil dibawa berjalan melewati beragam kondisi jalan, mobil SUV ladder frame akan terasa lebih mumpuni. 

Gambar menujukkan Acara The Premium Destenation Renault - Garuda Indonesia

Renault Koleos merupakan mobil yang layak menjadi pilihan, bagi Anda yang senang dengan ekslusifitas

Namun, ada yang tidak akan Anda dapatkan ketika membeli mobil SUV dengan sasis tangga, yaitu karakter pengendalian mobil yang tidak akan seasyik mobil bersasis monokok. Itulah mengapa, meski volume penjualannya tidak sebesar SUV ladder frame, SUV monokok tidak akan pernah mati. Karena ia tetap mampu menyajikan karakter pengendalian yang mumpuni dikombinasi dengan bantingan suspensi yang lebih 'serasa sedan'. Itulah salah satu alasan mengapa SUV 7 penumpang bersasis monokok macam New Honda CR-V Turbo, Nissan X-Trail, hingga All New Hyundai Santa Fe tetap mampu jualan.

Gambar seorang gadis yang cantik sedang berdiri di dekat mobil Renault Koleos Luxury 2019

Selain ditawarkan dengan tipe Signature sebagai top of the line, Koleos juga menghadirkan tipe Luxury sebagai yang termurah

Kembali ke pokok bahasan utama kita yaitu Renault Koleos Signature 2019. Meskipun nama Renault tidak sekuat rivalnya, namun kami cukup optimis mobil ini mampu menarik minat Anda. Karena berdasarkan hasil impresi kami, seharusnya mobil Renault Koleos Signature 2019 ini punya beragam senjata untuk melawan rivalnya. Apalagi basis yang digunakan mobil ini sudah benar-benar oke, yaitu Nissan X-Trail berkode bodi T32. Maka tak salah rasanya apabila kami bilang mobil Renault Koleos Signature 2019 ini adalah sebuah Nissan X-Trail pakai baju adat Perancis. Bagaimana impresi kami? Simak ulasan berikut.

Gambar menujukkan Tampak Renault Koleos Bersama Pesawat Garuda Indonesia

Kami akan membahas lengkap mobil Renault Koleos 2019 tipe Signature ini untuk Anda

EKSTERIOR Renault Koleos 2019

Review Dan Test Drive Renault Koleos Signature 2019 : Tampilan Depan

Gambar menujukkan desain bagian depan mobil Renault Koleos Signature 2019 berwarna hitam

Renault C Shape LED daytime running light menjadi ciri khas tampilan depan mobil ini

Tampilan depan dari Renault Koleos tipe Signature 2019 ini begitu berkarakter dengan penggunaan C shape LED daytime running light yang jadi ciri khas tampilan depan mobil ini. Ketika menyala lampu ini akan membentuk huruf C yang apik dan terlihat mewah. Tampilan cantik ini sangat kontras bila dibandingkan dengan lekukan kap mesin yang mengesankan mobil ini berotot. Apalagi lampu depan pure vision LED-nya dilengkapi dengan automatic height adjustment.

Gambar menujukkan desain bagian depan samping mobil Renault Koleos Signature 2019

Jika Anda enggak membuka bodi dan lihat rangka, mungkin Anda tak akan sadar mobil ini basisnya Nissan X-Trail T32

Review Dan Test Drive Renault Koleos Signature 2019 : Tampilan Samping

Gambar menujukkan tampilan bagian samping mobil Renault Koleos Signature 2019

Pelek ukuran 18 inchi dibalut ban dengan lebar 225 mm serta tebal 60 mm bikin proporsi mobil ini oke untuk dilihat

Melihat perawakan tubuhnya dari samping, sepintas tak akan terlihat jika basis mobil ini adalah Nissan X-Trail, namun jika Anda fokus pada pilar A, dan B serta lekukan kacanya, Anda akan sadar bahwa mobil ini pakai basis salah satu SUV ternyaman di Indonesia ini. Untuk mobil Renault Koleos tipe Signature yang merupakan tipe tertinggi ini pakai pelek dengan ukuran 18 inchi alias lebih besar 1 inchi dibandingkan dengan tipe dibawahnya.

Gambar menujukkan aksen C shape LED Signature Renault Koleos Signature 2019

Lampu LED C shape-nya tetap terlihat dominan pada tampilan samping depan mobil ini

Review Dan Test Drive Renault Koleos Signature 2019 : Tampilan Belakang

Gambar menunjukkan tampilan belakang Renault Koleos Signature 2019

Renault sangat pintar sekali menyembunyikan kesan Nissan X-Trail yang jadi basis mobil ini

Para insinyur Renault sangat cerdas dalam menyembunyikan kesan Nissan X-Trail yang memang jadi basis mobil ini. Bahkan, kami berani bilang jika Anda bukanlah car enthusiast Anda tak akan sadar jika mobil ini pakai basis Nissan X-Trail yang jadi salah satu SUV ternyaman di Indonesia karena kelenturan sasisnya. Pintu bagasi sudah pakai sistem elektrik dan dapat dibuka secara otomatis dengan cara mengayunkan kaki Anda dibawah bumper belakang.

Gambar menujukkan Full LED Tail Light Renault Koleos Signature 2019

Lampu belakang full LED ini akan menyala dengan apik dan berkarakter di malam hari

>>> Baca juga:

INTERIOR Renault Koleos 2019

Review Dan Test Drive Renault Koleos Signature 2019 : Layout Dasbor 

Gambar menujukkan Layout dasbor mobil Renault Koleos Signature 2019

Masuk ke kabinnya Anda akan sangat takjub dengan desain dan kualitas buatannya

Buka pintunya dan lihatlah desain dasbor yang mewah itu. Kami jamin Anda akan sangat takjub dengan desain serta kualitas buatannya. Layar R-Link 2 buatan Samsung mendominasi tampilan layout dasbornya. Jika Anda menganggap Wuling Almaz adalah pionir menggunakan sistem audio seperti ini, maka Anda salah. Sejak tahun 2017 Renault Koleos sudah menggunakannya. Selain itu kualitas buatannnya juga baik dengan banyak material empuk.

Review Dan Test Drive Renault Koleos Signature 2019 : Setir

Gambar menunjukkan desain bagian Setir Renault Koleos Signature 2019

Setir Renault Koleos Siganture 2019 ini nyaman dan mantab ketika digenggam

Satu lagi hal yang kami sukai pada bagian interior Renault Koleos Signature 2019 ini adalah setirnya yang nyaman dan juga mantab ketika diganggam. Jempol Anda juga tidak akan kesepian, karena beragam tombol pengatur audio R-Link by Samsung tersedia di spoke kiri, dan juga tombol pengatur MID di palang kanan. Selain itu, setir ini juga terasa sedikit sporti dengan desain semi flat bottom dibagian bawahnya.

Review Dan Test Drive Renault Koleos Signature 2019 : Kursi

Gambar menunjukkan desain bagian Kursi Renault Koleos Signature 2019

Berkat kerjasama Nissan-Renault dan NASA, mereka menghasilkan kursi dengan karakter yang nyaman diduduki

Mungkin banyak dari Anda yang tidak paham, mengapa mobil-mobil Nissan kekinian kelas menengah atas kursinya nyaman sekali diduduki. Hal ini lantaran aliansi Renault-Nissan bekerjasama dengan NASA yang mana sebuah institusi lembaga antariksa di negara paman sam untuk mendesain kursi di mobil ini. Alhasil, kursi dari mobil Renault Koleos Signature 2019 ini ramah di badan Anda, dan tidak lekas membuat perjalanan jauh terasa melelahkan.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

FITUR Renault Koleos 2019

Review Dan Test Drive Renault Koleos Signature 2019 : R-LINK 2 - Navigation and Bose Multimedia system

Gambar menunjukkan fitur Samsung R-Link 2 Navigation and Multimedia system Renault Koleos Signature 2019

R-LINK 2 buatan Samsung ini punya beragam fungsi

R-LINK 2 buatan Samsung ini punya banyak fungsi, tak hanya sebagai pengatur audio dan AC, beragam fitur kendaraan dapat diatur disini. Layar sentuh dari R-LINK ini pakai sistem kapasitif, yang mana responsif dan mudah digunakan. Jika Anda terbiasa menggunakan smartphone atau tablet, Anda tidak akan kesulitan dalam mengoperasikan sistem R-LINK 2 ini. Sound system BOSE dengan 12 speakers, serta subwoofer dan digital amplifier akan memanjakan telinga Anda.

Review Dan Test Drive Renault Koleos Signature 2019 : Automatic Self Parking

Gambar menunjukkan fitur Automatic Self Parking Renault Koleos Signature 2019

Anda kesulitan parkir? Jangan khawatir, fitur automatic self parking akan membantu Anda

Jika Anda adalah salah satu orang yang suka kesulitan ketika hendak parkir, maka Anda tak perlu khawatir. Karena fitur automatic self parking ini akan membantu Anda. Anda hanya perlu menekan satu tombol di layar R-LINK 2, serta mengaktifkan lampu sein dimana posisi Anda hendak parkir. Namun perlu diingat, meski otomatis, kami menyarankan ada baiknya  Anda tetap memperhatikan sekitar mobil Anda. Karena akurasi sistem pasti kalah dengan feeling pengemudi handal.

Review Dan Test Drive Renault Koleos Signature 2019 : Automatic Open & Close Tailgate

Gambar menunjukkan fitur Automatic Open and Close Tailgate Renault Koleos Signature 2019

Fitur pintu bagasi otomatis ini juga akan Anda temui di Nissan X-Trail, ya setidaknya ini akan memudahkan hidup Anda

Namanya juga mobil yang pembuatannya mengambil basis dari mobil lain. Tentu saja, ada beberapa fitur unggulan yang turut dibawa pada mobil basisnya. Salah satunya adalah fitur pintu bagasi otomatis ini, yang juga akan Anda temui pada Nissan X-Trail. Namun, ini bukanlah berita buruk, karena setidaknya fitur ini akan makin memudahkan hidup Anda. Apalagi sistem dari pintu bagasi otomatis ini bekerja sangat responsif.

>>> Jelang Mudik, Simak Tips Mengatur Barang Bawaan Dengan Mobil Kecil

OPERASI Renault Koleos 2019

Gambar menunjukkan desain bagian Mesin Renault Koleos Signature 2019

Mesin QR25DE bawaan Nissan X-Trail ini tidak perlu diragukan durabilitasnya

Dari sisi teknis, bisa dibilang mobil ini mampu menggabungkan durabilitas tinggi khas mobil Jepang, namun punya sentuhan kemewahan khas mobil Eropa. Kami dari Cintamobil.com tentu tidak asal bicara, mobil tes kami ini pakai mesin QR25DE yang mana pada Nissan X-Trail sudah tidak perlu diragukan durabilitasnya selama perawatannya benar. Mesin ini punya karakter overstroke dimana langkah piston lebih panjang dari diameter pistonnya. Efeknya torsi diputaran bawah sangat mumpuni. Mesin 4 silinder ini dipadukan dengan transmisi XTRONIC CVT yang halus menyalurkan tenaganya ke dua buah roda depan.

Gambar menunjukkan kemampuan mobil Renault Koleos Signature 2019 saat test drive

Karakter pedal gas mobil Nissan yang sudah drive by wire umumnya ringan, tidak terlalu terasa di mobil ini

Apalagi mesin naturally aspirated alias tanpa injeksi udara paksa ke mesin ini punya karakter tenaga yang rata atau linear. Satu hal yang patut diapresiasi pada mobil ini adalah karakter pedal gas mobil Nissan yang sudah menganut sistem drive by wire alias tanpa kabel gas sudah tidak terlalu ringan. Biasanya, dengan hanya sedikit injakan pedal gas mobil langsung berlari, tapi di Renault Koleos Signature 2019 ini dibuat lebih smooth. Sehingga, jika Anda menggunakan jasa pengemudi, Anda lebih dapat menikmati mobil ini dari bangku belakangnya yang juga nyaman diduduki.

Anggota dari tim Cintamobil.com test drive Renault Koleos Signature 2019

Posisi duduk yang egronomis, dipadu dengan tenaga mesin yang responsif membuat kami cukup ketagihan di balik kemudinya

>>> 20 Tips Menahan Emosi Saat Berkendara Di Bulan Puasa

spesifikasi Renault Koleos 2019

Berikut ini adala spesifikasi Renault Koleos Signature 2019.

Spesifikasi Renault Koleos Signature 2019

Tipe Mesin

QR25DE 2.5 Litre DOHC 16 Valve, Dual Continous Valve Timing Control System (Dual CVTCS)

Kapasitas Silinder

2.488 cc

Suplay Bahan Bakar

Multi Point Injection

Diameter x Langkah

89,0 mm x 100,0 mm

Tenaga Maksimum

169 Hp @ 6.000 rpm

Torsi Maksimum

266 Nm @ 4.400 rpm

Transmisi

XTRONIC CVT, Front Wheel Drive

Sistem Kemudi

Electronic Power Steering, Rack And Pinion

Dimensi Renault Koleos Signature 2019

P X L X T

4.675 mm x 1.843 mm x 1.678 mm

Jarak Sumbu roda

2.705 mm

Jarak Terendah

210 mm

Berat

1.611 Kg

Kapasitas Bagasi

458 Liter

Merek Ban & Ukuran Ban

Nexen N-Priz, 225/60 R18

Kapasitas tangki

60 Liter

Suspensi Renault Koleos Signature 2019

Suspensi depan

Independent MacPherson Strut with Stabilizer Bar

Suspensi Belakang

Independent Multi-Link with Stabilizer Bar

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Disc

kelebihan & kekurangan Renault Koleos 2019

Inilah beberapa kelebihan dan kekurangan Renault Koleos Signature 2019 menurut Cintamobil.com.

Kelebihan

Kekurangan

Teknologi Mutakhir

Harga Mahal

Cukup Fun To Drive

Masih Kental Nuansa X-Trail T32

Fitur Lengkap & Mewah

Layanan Purnajual & Diler 3S Masih Sedikit Di Indonesia

daftar harga Renault Koleos 2019

Berapa harga yang harus dikeluarkan untuk membawa pulang mobil Renault Koleos 2019 ini?

Tipe mobil

Harga Renault Koleos 2019

Harga Renault Koleos Luxury 2019

Rp 447,000,000

Harga Renault Koleos Signature 2019

Rp 543,000,000

Video Renault Koleos 2019

KESIMPULAN Renault Koleos 2019

Gambar menunjukkan sebuah mobil Renault Koleos 2019 saat launching

Lantas apakah mobil ini cukup layak mengisi garasi atau carport rumah Anda? 

Jika Anda tidak terlalu keberatan dengan merek Renault yang belum punya layanan purna jual sekuat rival lainnya, Anda boleh saja menerima saran dari kami untuk meminang mobil ini. Namun, if I were you, saya lebih memilih New Honda CR-V Turbo non Prestige. Karena selain citra merek yang lebih kuat, layanan purna jual pabrikan Jepang itu lebih memadai dari merek ini.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil