Jelang Mudik, Simak Tips Mengatur Barang Bawaan Dengan Mobil Kecil

11/05/2019

Pengemudian
Share this post:
Jelang Mudik, Simak Tips Mengatur Barang Bawaan Dengan Mobil Kecil
Hari raya semakin dekat, musim pulang kampung makin tiba. Salah satu masalah yang kerap kita hadapi adalah sulitnya mengatur barang bawaan dengan mobil kecil, bagaimana cara mengakalinya?

Banyak dari kita yang memanfaatkan libur lebaran untuk pulang kampung bertemu sanak saudara, atau liburan bersama keluarga. Karena mengangkut seluruh anggota keluarga, jelas barang bawaan dalam mobil semakin banyak.

>>> Kiat membawa barang banyak di garasi

Jika Anda menggunakan mobil MPV atau SUV modern, rasanya tidak masalah karena mobil model seperti ini memiliki ruang kabin yang luas, dan mampu mengakomodir seluruh bawang bawaan Anda.

Yang jadi masalah, jika hanya memiliki sebuah LCGC seperti Toyota Agya, Datsun Go, atau City Car seperti Suzuki Ignis, Honda Jazz, ataupun Toyota Yaris, yang secara teori memiliki ruang kabin lebih kecil dibanding MPV dan SUV modern.

Nah, bagaimana cara mengatur barang bawaan dengan mobil kecil? Simak langkah-langkahnya di sini:

Bersihkan bagasi mobil terlebih dahulu

Bagasi mobil hatchback

Untuk memaksimalkan penggunaan bagasi, pastikan tak ada sampah di dalamnya

Pastikan bagasi mobil Anda bersih sebelum mengatur barang bawaan, karena jika Anda coba mengorganisir bagasi mobil tanpa membersihkannya terlebih dahulu, pasti tidak akan efisien.

>>> Sedang mencari MPV untuk mudik? Temukan daftarnya di sini

Pastikan posisi barang bawaan

Console pintu Suzuki Jimny

Pastikan barang-barang yang sering digunakan ada di interior mobil

Hal pertama dalam mengatur barang bawaan dengan mobil kecil itu cukup sederhana, tempatkan barang-barang di tempat yang seharusnya. Barang yang Anda gunakan setiap saat seperti kabel charger, kacamata, dan CD idealnya ditempatkan di glove box, atau door pockets. Sementara barang-barang besar dan berat seperti koper harus berada di bagasi.

>>> Agar selalu berhati-hati, baca tipsnya di sini

Satu-satunya pengecualian adalah alat pemadam kebakaran, itu harus selalu ada di bawah kursi mobil Anda. Hal ini dimaksudkan untuk berjaga-jaga untuk kondisi yang tak diinginkan.

Maksimalkan semua tempat penyimpanan interior

Glove box dengan double partition

Mobil-mobil kekinian dilengkapi banyak kompartemen, dan cukup untuk menaruh berbagai keperluan Anda

Hampir semua mobil kekinian dilengkapi dengan banyak celah dan tempat untuk menyimpan barang-barang Anda. Anda harus memaksimalkan semuanya, dan mengisinya dengan barang-barang yang nantinya sering digunakan.

Pengaturan bagasi belakang

Bagasi Toyota Agya penuh

Pengaturan barang-barang besar di bagasi juga cukup berbengaruh terhadap efisiensi ruang mobil

Mengatur barang bawaan dengan mobil kecil itu susah-susah gampang, terlebih jika kita lihat bagasi beberapa mobil LCGC yang memang tidak sebesar SUV atau MPV. Namun demikian, kita masih bisa memaksimalkan bagasi yang kecil itu.

Untuk barang yang paling berat, semisal koper besar diletakkan di bagian dalam sisi tengah. Lanjut ke barang yang sedikit lebih kecil, diletakkan di sisi kanan dan sisi kiri koper agar tidak mudah bergerak. Barang bawaan yang punya potensi sering dibuka saat berhenti, seperti tas pakaian anak, bisa diletakkan paling atas sehingga mudah dijangkau saat membuka pintu bagasi.

Berikut tips mengatur barang bawaan dengan mobil kecil, yang mungkin dapat membuat perjalanan mudik Anda menjadi lebih efisien meski menggunakan mobil yang tidak besar secara dimensi.

>>> Tips & trik terlengkap hanya ada di Cintamobil.com

Derry Munikartono
Share this post:

Berita lain

20 Tips Menahan Emosi Saat Berkendara Di Bulan Puasa

10/05/2019

Pengemudian

10 menit

Di bulan Ramadhan seperti ini, tentu kesabaran dari mereka yang berpuasa diuji. Sama halnya ketika berkendara di jalan raya, banyak hambatan dan hal-hal menjengkelkan yang nantinya dapat berpotensi membuat Anda emosi. Bukannya mendapat berkah, malahan Anda bisa gagal dalam menahan emosi. Menanggapi hal ini, Cintamobil.com punya rahasia jitu yang terangkum dalam 20 tips menahan emosi saat berkendara di bulan puasa.

Lihat juga

Sebelum Mudik, Pemilik Hyundai Yuk Cek 15 Komponen Ini Gratis Pakai Program Hyundai Siaga 2019

Bagi pemilik mobil Hyundai yang akan melakukan perjalanan mudik Lebaran, sebaiknya manfaatkan promo fasilitas Hyundai Siaga 2019. Karena ada penawaran pemeriksaan 15 komponen kendaraan secara gratis.

Lihat juga

Ingin Membeli City Car Buat Mudik? Perhatikan 3 Hal Ini

17/05/2019

Jual beli

Membeli city car untuk dipakai mudik Lebaran memang sah-sah saja. Namun sebaiknya Anda memperhatikan tiga hal berikut ini agar perjalanan mudik Anda aman dan nyaman menggunakan city car.

Lihat juga

Mau Mudik, Ini Bekal Yang Perlu Dibawa Buat Buka Dan Sahur Di Perjalanan

08/05/2019

Pengemudian

Sebagian pemudik memilih tidak puasa saat menempuh perjalanan dari perantauan menuju kampung halaman. Namun, lebih banyak yang memilih tetap puasa sebagaimana mestinya lalu berbuka di tengah perjalanan. Kalau Anda memilih opsi yang kedua ini, Anda perlu mempersiapkan bekal yang perlu dibawa buat buka dan sahur di perjalanan.

Lihat juga

Pilihan Transmisi Saat Belajar Mobil, Matic Atau Manual?

10/05/2019

Pengemudian

Saat ini penggunaan mobil transmisi otomatis di perkotaan mulai marak. Namun, bagaimana untuk yang baru memulai belajar, mana pilihan transmisi saat belajar mobil yang lebih ideal?

Lihat juga