Review Nissan X-Trail Hybrid 2015, SUV Hybrid Pertama Di Kelasnya

31/03/2019
editor rate: 4,5 user rate: 4,0
Ini bukan sembarangan Nissan X-Trail, dibalik tampilannya yang terkesan 'kalem' terdapat suatu sistem hybrid yang canggih dan kekinian. Inilah ulasan lengkap kami terhadap mobil Nissan X-Trail Hybrid 2015

PENGANTAR Nissan X-Trail 2015

Review Nissan X-Trail Hybrid 2015Pada tahun 2014 PT Nissan Motor Indonesia selaku agen pemegang merek dagang Nissan di Indonesia menggebrak pasar SUV di Indonesia dengan meluncurkan Nissan X-Trail generasi ketiga dengan kode bodi T32. Sontak, hal ini memberikan angin segar pada pecinta SUV medium di Indonesia. Maklum saja, saat itu bisa dibilang Nissan X-Trail sudah 'babak belur' dihajar Honda CR-V yang sejak tahun 2007 ganti model jadi lebih cantik, sedangkan Nissan X-Trail masih  terlalu pede mempertahankan desain bodi boxy kebangaannya. Baik Nissan X-Trail generasi pertama (T30) maupun generasi kedua (T31) berturut-turut harus bertekuk lutut pada jagoan Honda itu.

Gambar mobil Nissan X-Trail 2.5 2014 sedang berjalan di jalan Indonesia

Nissan X-Trail langsung menggebrak di tahun 2014 dan merebut berbagai penghargaan bergengsi

Di tahun 2014 itu pula, Nissan X-Trail generasi ketiga ini langsung 'memukul mundur' Honda CR-V secara telak, bahkan tak tanggung-tanggung, ia pun menyabet berbagai penghargaan bergengsi dari berbagai media otomotif nasional saat itu. Balas dendam Nissan X-Trail akan takhta-nya yang direbut oleh Honda CR-V di tahun 2007 seolah-oleh lunas terbayar di 2014. Setahun berselang, PT Nissan Motor Indonesia seolah tidak mau larut dalam euforia kemenangannya, mereka langsung meluncurkan Nissan X-Trail Hybrid 2015. Nissan X-Trail dengan mesin hybrid ini menjadi satu-satunya SUV tercanggih di Indonesia saat itu. Mobil yang akan kita ulas lebih dalam ini pun jadi top of the line (varian tertinggi) dari Nissan X-Trail di Indonesia.

Gambar sebuah mobil Nissan X-Trail FCV 2003 dilihat dari sisi depan

Nissan X-Trail FCV 2003 hanya menjadi konsep saja dan tidak pernah masuk jalur produksi

Nissan X-Trail Hybrid 2015 di dunia sendiri seolah jadi dreams come true, karena pada tahun 2003 Nissan Global memperkenalkan Nissan X-Trail FCV yang tidak pernah masuk jalur produksi alias hanya konsep saja. Padahal, di situs resminya Nissan menjelaskan bahwa keunggulan dari sisi teknis dari Nissan X-Trail FCV ini  membuat performanya naik secara cukup signifikan bila dibandingkan dengan Nissan X-Trail bermesin konvensional. Nissan X-Trail Hybrid 2015 ini dipercaya sebagai jawaban Nissan bagi konsumen maupun pemerhati mobil yang menunggu-nunggu kelanjutan dari kisah Nissan X-Trail FCV. Lantas, bagaimana impresi kami mengenai Nissan X-Trail Hybrid 2015 ini? Mari lanjutkan pembahasan mobil ini.

Gamabr mobil  Nissan X-Trail Hybrid 2015 berwarna putih

Akhirnya impian Nissan punya X-Trail varian 'ramah lingkungan' terwujud 12 tahun setelahnya 

EKSTERIOR Nissan X-Trail 2015

Review Nissan X-Trail Hybrid 2015 : Tampilan Depan

Tampilan depan mobil Nissan X-Trail Hybrid 2015 berwarna putih

Tampilan depan dari Nissan X-Trail Hybrid 2015 ini mirip dengan Nissan X-Trail XTREAMER bermesin 2500 cc

Kita mulai dari tampilan depannya terlebih dahulu. Tampilan ekesterior depan Nissan X-Trail Hybrid 2015 ini mirip sekali dengan Nissan X-Trail tipe XTREAMER bermesin 2500 cc. Underguard berwarna satin silver menghiasi bagian bawah bumper depan, serta foglampnya persegi, bukan berbentuk bulat seperti Nissan X-Trail bermesin 'normal'. Aura keren nan maskulin menyeruak pada mobil ini.

Review Nissan X-Trail Hybrid 2015 : Tampilan Samping

Tampilan samping mobil Nissan X-Trail Hybrid 2015 berwarna putih

Berbeda dengan Nissan X-Trail bermesin 2000 cc, untuk varian bermesin Hybrid ini pakai pelek 17 inchi

Jika Anda seorang car enthusiast atau pemerhati mobil, pasti akan langsung notice pembeda antara Nissan X-Trail bermesin 2000 cc dengan Hybrid ini ada pada peleknya. Pelek yang digunakan oleh Nissan X-Trail Hybrid 2015 ini punya ukuran diameter 17 inchi, persis seperti yang digunakan oleh Nissan X-Trail 2500 cc. Selain itu, yang menjadi pembeda berikutnya adalah emblem Pure Drive Hybrid di masing-masing pintu depannya.

Review Nissan X-Trail Hybrid 2015 : Tampilan Belakang

Tampilan belakang mobil Nissan X-Trail Hybrid 2015 berwarna putih

Tampilan belakang eksterior Nissan X-Trail Hybrid 2015 ini juga seperti Nissan X-Trail XTREAMER bermesin 2500 cc

Selaras dengan tampilan depan eksterior Nissan X-Trail Hybrid 2015 ini, untuk tampilan belakang eksterior Nissan X-Trail Hybrid 2015 ini juga tak ubahnya seperti Nissan X-Trail tipe XTREAMER yang menggendong mesin 2500 cc. Underguard bumper belakang mobil ini sama-sama dilabur warna satin silver yang membuat tampilan belakang mobil ini jadi kokoh namun tidak meninggalkan unsur sporty.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Nissan X-Trail 2015

Review Nissan X-Trail Hybrid 2015 : Layout Dasbor

Tampak Layout dasbor Nissan X-Trail Hybrid 2015

Sama seperti Nissan X-Trail bermesin konvensional, layout dasbor dari Nissan X-Trail Hybrid 2015 ini menyenangkan

Untuk foto layout dasbor Nissan X-Trail Hybrid 2015 ini kami menggunakan yang varian bermesin 2500 cc karena memang tidak ada pembeda signifikan di fitur maupun modelnya. Hanya saja, untuk Nissan X-Trail Hybrid 2015 ini untuk setirnya tidak dilengkapi dengan pengaturan cruise control. secara umum, kami sangat menyukai model dasbor dari Nissan X-Trail Hybrid 2015 ini, karena simpel dan berkesan mewah.

Review Nissan X-Trail Hybrid 2015 : Konvigurasi Jok

Konvigurasi Kursi Nissan X-Trail Hybrid 2015

Sayangnya total hanya 5 penumpang yang dapat menaiki mobil nyaman ini

Berbeda dengan Nissan X-Trail yang pakai mesin konvensional, untuk Nissan X-Trail Hybrid 2015 ini hanya 5 orang penumpang termasuk pengemudi yang dapat menaiki mobil nyaman ini. Itu dikarenakan bagian belakang dari mobil ini, tertanam baterai besar untuk menyimpan tenaga yang akan dialirkan ke motor listrik pada bagian depan.

Review Nissan X-Trail Hybrid 2015 : Bagasi

Tampak Bagasi Nissan X-Trail Hybrid 2015

Karena tidak terdapat bangku baris ke-3 di mobil ini, maka kapasitas angkut bagasinya jadi lebih maksimal

Efek positif tidak adanya bangku baris ketiga dari Nissan X-Trail Hybrid 2015 ini adalah kapasitas angkut bagasinya menjadi lebih maksimal. Apalagi mobil yang dijual seharga Rp 600 jutaan ini menggunakan mekanisme pintu bagasi elektrik bernama touchless back door yang membuat Anda lebih mudah dalam mengakses bagasi mobil ini maupun saat hendak meletakkan barang bawaan.

>>> Baca juga:

FITUR Nissan X-Trail 2015

Review Nissan X-Trail Hybrid 2015 : Ringkasan Fitur Keamanan

Tampak Fitur Keamanan Nissan X-Trail Hybrid 2015

Nissan X-Trail Hybrid 2015 dibekali berbagai fitur kekinian seperti ini

Didaulat sebagai mobil tercanggih yang dijual PT Nissan Motor Indonesia di negeri kita tercinta ini, tak heran Nissan X-Trail Hybrid 2015 ini dibekali pula berbagai fitur kekinian seperti around view monitor yang mampu memantau area sekitar mobil 360 derajat via kamera. Lalu ada fitur active ride control yang memungkinkan sistem secara pintar mengontrol sasis mobil, sehingga saat melewati jalanan tidak rata, seisi kabin tetap tenang dan tidak terguncang-guncang. Juga ada fitur hill-start assist yang mencegah mobil mundur secara tidak sengaja ditanjakan. Belum lagi ada fitur keselamatan aktif macam active trace control yang mampu memanipulasi tenaga mesin agar roda tidak kehilangan cengkraman. Serta tidak lupa mobil Nissan X-Trail Hybrid 2015 ini punya sistem vehicle dynamic control yang mampu mencegah mobil melintir ketika melewati tikungan dengan kecepatan tinggi.

Review Nissan X-Trail Hybrid 2015 : Keunggulan Sistem Hybrid = Kesenyapan

Gambar menunjukkan Keunggulan fitur hybrid Nissan X-Trail Hybrid 2015

Sistem hybrid mampu secara pintar mengurangi nilai NVH dari sebuah mobil, dan Nissan X-Trail Hybrid 2015 ini bukanlah suatu pengecualian

Mobil dengan sistem kerja hybrid mampu secara pintar mengurangi kebisingan saat mobil melaju. Nissan X-Trail Hybrid 2015 bukanlah suatu pengecualian. Saat mesin elektronik bekerja secara mandiri, maka sama sekali tidak ada suara yang terdengar dari mesin bensinnya. Maka secara otomatis nilai dari Noise, Vibration, and Harshness (NVH) dapat ditekan lebih rendah dan akan menambah kenyamanan penumpang juga pengemudi mobil ini.

Gambar menunjukkan sistem Pure Drive Hybrid System pada mobil Nissan X-Trail 2015

Sistem hybrid pada mobil ini bekerja halus

>>> Tips Beli Nissan Terrano Bekas: SUV Kekar Yang Melegenda Dari Nissan

OPERASI Nissan X-Trail 2015

Tampak Sistem Hybrid Nissan X-Trail Hybrid 2015

Nissan X-Trail Hybrid 2015 ini dilengkapi dengan teknologi Intelligent Dual Clutch Control

Teknologi yang digadang-gadang oleh Nissan X-Trail Hybrid ini adalah Pure Drive Hybrid. Dimana ada dua buah sumber tenaga pada mobil ini, yakni mesin konvensional dan motor listrik. Untuk mesin yang dipakai adalah unit berkode MR20DD, mesin berkapasitas 2000 cc ini sama dengan yang beredar di Indonesia. Ia memiliki tenaga sekitar 147 hp pada putaran mesin 6000 rpm serta torsi 206 nm di 4400 rpm. 

Gamabr menunjukkan desain Panel cluster Nissan X-Trail Hybrid 2015

Anda dapat dengan mudah memantau energy flow di mobil ini melalui LCD ditengah spidometer ini

Yang membedakan Nissan X-Trail Hybrid ini dengan varian non hybrid adalah penggunaan motor listrik khusus. Motor listrik ini mampu menghasilkan tenaga 41 Hp, serta torsi sebesar 160 Nm yang bekerja secara pararel dengan mesin utama memberi support tenaga, bahkan bisa bekerja sendiri dalam mode full elektrik. Jika tenaga mesin utama dan motor listrik digabungkan, maka tenaga total yang dihasilkan adalah sebesar 188 Hp dan torsi sebesar 366 Nm. 

Gamabr menunjukkan Keunggulan Performa Nissan X-Trail Hybrid 2015

Berkat bantuan motor listrik, Nissan X-Trail Hybrid ini mampu berakselerasi 10% lebih cepat dari varian bensin 2.000 cc

Mekanisme kerja antara mesin utama dengan mesin listrik dipadukan dengan sistem kerja Intelligent Dual Clucth Control. Bukan, bukan kopling ganda yang seperti Anda biasa dengar, intelligent dual cluctch control ini adalah dua buah kopling, yang punya dua fungsi. Pertama berfungsi menghubungkan mesin dengan motor listrik dan yang kedua menghubungkan antara motor listrik dengan transmisi XTronic CVT untuk menyalurkan tenaga ke dua roda depan. Mesin listrik dapat bekerja sendiri tanpa bentuan dari mesin utama

Gambar menunjukkan Keunggulan konsumsi bahan bakar di Nissan X-Trail Hybrid 2015

Pun begitu dengan konsumsi BBM-nya, varian hybrid dapat lebih irit 10% dari mesin konvensional

Mesin utama pun punya dua fungsi, pertama untuk mengisi baterai, kedua ketika Anda butuh tenaga lebih, ia akan mensupport motor listrik agar mendapat tenaga lebih besar. Motor listrik dapat bekerja sendiri tanpa bantuan mesin utama sama sekali. Supremasi mesin Pure Hybrid terlihat pada performa mobil ini. Dimana klaim Nissan konsumsi bahan bakar dapat mencapai 20 kilometer per liter, bandingkan dengan Nissan X-Trail yang pakai mesin 2000 cc hanya mencatat konsumsi BBM sekitar 15 kilometer per liter. 

Gamabr menunjukkan desain bagian Mesin MR20DD + Motor Listrik mobil Nissan X-Trail 2015

Sistem hybrid di mobil ini bersinergi pintar dengan mesin bensinnya untuk mengolah bahan bakar maupun menyajikan performa memukau

Menariknya lagi, Nissan X-Trail Hybrid ini memiliki fungsi regenerative braking, jadi ketika Anda mengerem, maka energi panas yang terbuang dari Anda mengerem tersebut akan dikembalikan lagi oleh sistem untuk charging ke baterai. Jadi, Anda akan merasa sebagai orang paling beruntung di dunia ketika mengendarai Nissan X-Trail Hybrid ini, karena nyaris tidak ada sama sekali energi yang terbuang sia-sia ketika Anda menjalankan mobil ini.

>>>  Ini Dia Alasan Nissan Datsun Tetap Perkasa di Kota Makassar

spesifikasi Nissan X-Trail 2015

Berikut ini adalah spesifikasi Nissan X-Trail Hybrid 2015.

Spesifikasi Nissan X-Trail Hybrid 2015

Tipe Mesin

MR20DD 2.0 Litre DOHC 16 Valve, Dual Continous Valve Timing Control System (Dual CVTCS) with 2 Clutch and 1 Motor

Kapasitas Silinder

1.997 cc

Suplay Bahan Bakar

Direct Injection

Diameter x Langkah

84,0 mm x 90,1 mm

Tenaga Maksimum

147 Hp @ 6.000 rpm + 41 Hp (Motor Listrik) = 188 Hp

Torsi Maksimum

206 Nm @ 4.400 rpm + 160 Nm (Motor Listrik) = 366 Nm

Transmisi

XTRONIC CVT, Front Wheel Drive

Sistem Kemudi

Electronic Power Steering, Rack And Pinion

Dimensi Nissan X-Trail Hybrid 2015

P X L X T

4.640 mm x 1.820 mm x 1.720 mm

Jarak Sumbu roda

2.705 mm

Jarak Terendah

210 mm

Berat

1.501 Kg

Min. Turning radius

5,6 Meter

Ukuran Ban

225/65 R17

Kapasitas tangki

60 Liter

Suspensi Nissan X-Trail Hybrid

Suspensi depan

Independent MacPherson Strut with Stabilizer Bar

Suspensi Belakang

Independent Multi-Link with Stabilizer Bar

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Disc

kelebihan & kekurangan Nissan X-Trail 2015

Inilah beberapa kelebihan dan kekurangan Nissan X-Trail Hybrid 2015 menurut Cintamobil.com.

Kelebihan

Kekurangan

Teknologi mutakhir

Mahal

Fun To Drive

Pajak Tinggi

Irit BBM & Bertenaga besar

Isu daya tahan baterai tidak lebih dari 10 tahun

daftar harga Nissan X-Trail 2015

Pada generasi ketiganya ini, Nissan X-Trail akan dibekali beragam pembaruan menarik meliputi berbagai aspek baik pada sisi eksterior dan interiornya. Fitur unggulan sekelas Around View Monitor (AVM), juga telah dihadirkan pada mobil maskulin ini. Belum lagi, performanya di medan-medan berat akan terjawab dari dikemasnya teknologi SUV mutakhir. Berikut Cintamobil.com melampirkan daftar harga Nissan X-Trail dalam kategori baru maupun bekas.

Tipe Mobil

Harga Nissan X-Trail Baru (OTR)

Harga Nissan X-Trail Bekas

Nissan X-Trail 2.0 M/T

IDR. 421.000.000

IDR. 335.000.000 (2015)

Nissan X-Trail 2.0 CVT

IDR. 447.000.000

IDR. 328.000.000 (2015)

Nissan X-Trail 2.5 CVT

IDR. 497.000.000

IDR. 286.000.000 (2015)

Nissan X-Trail XTREMER

IDR. 493.500.000

IDR. 315.000.000 (2016)

Nissan X-Trail Hybrid

IDR. 668.100.000

N/A

*Harga per bulan Maret 2019

>>> Klik sini untuk lihat promo saat membeli mobil Nissan X-Trail 

Video Nissan X-Trail 2015

KESIMPULAN Nissan X-Trail 2015

Review Nissan X-Trail Hybrid 2015: foto mobil Nissan X-Trail berwarna putih dilihat dari sisi depan

Nissan X-Trail Hybrid 2015 ini layak dimiliki sih, tapi...

Sayangnya kebijakan pemerintah Indonesia, belum mendukung pabrikan-pabrikan yang mempunyai teknologi tinggi dan ramah lingkungan seperti ini guna mendapatkan insentif keringanan pajak. Padahal, jika peraturan pemerintah yang menentukan pajak berdasarkan gram emisi sudah dijalankan, maka bukan tidak mungkin mobil-mobil yang ramah lingkungan seperti Nissan X-Trail Hybrid ini akan memiliki harga yang kompetitif bahkan lebih murah dari mobil bermesin konvensional. Jadi, jika Anda adalah pengusaha atau pimpinan perusahaan yang cinta lingkungan, Anda harus pakai mobil ini.

>>> Belum puas dengan artikel review Nissan X-Trail Hybrid 2015 di atas? Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil