Pilih Mobil Bekas MPV Boxy: Nissan Evalia vs Daihatsu Luxio

21/03/2019

Jual beli

2 menit

Share this post:
Pilih Mobil Bekas MPV Boxy: Nissan Evalia vs Daihatsu Luxio
Peminat mobil MPV berdesain boxy masih cukup tinggi di Indonesia. Dan kali ini tim Cintamobil.com akan fokus membahas pilihan mobil bekas Nissan Evalia vs Daihatsu Luxio. Manakah dari dua MPV berdesain boxy ini yang masih layak untuk Anda beli.

Mobil jenis MPV (Multi Purpose Vehicle) dengan desain boxy atau mengkotak memang memiliki beberapa keuntungan lebih. Baik itu dari sisi kenyamanan ruang kabin bagi penumpang belakang, maupun fleksibilitas untuk mengangkut banyak barang bawaan.

Tetapi sayangnya, desain mobil boxy memang sudah cukup banyak ditinggalkan oleh para produsen mobil. Alasannya, bentuk mengkotak dengan atap tinggi, mengganggu aerodinamika, yang pada akhirnya hal itu bisa mempengaruhi pula faktor efisiensi bahan bakar yang berkurang ketika mobil dipakai berkendara.

>>> Trik Menjual Mobil Bekas Cepat Dengan Harga Tinggi

Padahal sampai saat ini masih ada penyuka MPV boxy di Indonesia. Mau bukti? Lihat saja bagaimana pejualan Suzuki Carry, Daihatsu Gran Max, Suzuki APV, dan Daihatsu Luxio masih begitu perkasa. Melihat penjualan mobil bekasnya, Suzuki APV, Nissan Evalia, maupun Daihatsu Luxio juga masih diminati.

Dan kali ini tim Cintamobil.com akan fokus membahas pilihan mobil bekas Nissan Evalia vs Daihatsu Luxio. Manakah dari dua MPV berdesain boxy ini yang masih layak untuk Anda beli. Berikut penjelasannya:

1. Eksterior

Eksterior Nissan Evalia

Desain Evalia lebih modern

Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya, jika desain kedua mobil ini sebenarnya identik. Yaitu MPV berdesain kotak dan dua-duanya pakai pintu penumpang belakang model geser (sliding door). Keduanya juga belum melengkapi pintu geser ini dengan tombol otomatis. Jadi untuk membuka dan menutupnya masih secara manual.

Namun Nissan menghadirkan Evalia dengan bentuk yang dibuat lebih modern. Headlamp heksagonal dengan gril depan berbentuk "V Shape", kesan mobil box pada Evalia memang sedikit hilang. Selain itu lekukan-lekukan bodinya juga dibuat agak melandai. Ini membuat Evalia sedikit lebih berkelas.

Eksterior Daihatsu Luxio

Desain Luxio lebih kaku

Berbeda dengan Daihatsu Luxio, menggunakan gril besar di depan dan lampu kotak juga dengan ukuran besar, membuat desain Luxio lebih kaku. Tapi Luxio dibekali juga dengan bumper depan yang punya air dam besar demi pasokan udara segar ke ruang mesin. Serta pada tipe teratas, Luxio telah dibekali foglamp, sama seperti Evalia.

>>> 10 Model Mobil Sedan Luas Dan Nyaman Pada Tahun 2017

2. Interior

Dashboard Nissan Evalia

Evalia pakai nuansa cokelat

Selain desain ekterior, interior dari Nissan Evalia vs Daihatsu Luxio juga mirip. Ruang kabin yang lega untuk tujuh orang penumpang, posisi duduk yang tidak jauh berbeda antara keduanya, serta posisi tuas transmisi yang menyatu dengan dashboard juga sama.

Dashboard Daihatsu Luxio

Luxio pilih abu-abu untuk warna dashboard

>>> Tips Test Drive Mobil Impian

Hanya saja Evalia terlihat sedikit lebih mewah dengan padanan warna cokelat tua, cokelat muda serta aksen silver dibagian tengah dashboard. Selain itu ruang penyimpanan dan cup holder juga disediakan pada dashboard yang posisinya dekat dengan kisi-kisi AC. Ini memberi kelebihan jika Anda meletakkan botol dan menyalahkan AC, maka air dalam botol bisa ikut dingin akibat hembusan udara sejuk dari AC tersebut.

Interior Nissan Evalia

Evalia ada arm rest dan meja lipat

Untuk bagian cup holder ini, Luxio cuma punya satu di sisi pengemudi. Tetapi Daihatsu sedikit unggul dari ruang kaki dan ruang kepala penumpang belakang. Akomodasi penumpang belakang Luxio sedikit lebih lapang dari Evalia. Selain itu untuk melipat kursi baris ketiga dan kedua pada Luxio juga sangat mudah.

>>> Review Daihatsu Luxio 2017 Di Indonesia, Harga dan Spesifikasi Lengkap

Interior Daihatsu Luxio

Ruang penumpang belakang Luxio lebih lega

Tapi lagi-lagi Evalia unggul dalam hal desain. Karena baik jok pengemudi maupun penumpang depan dan belakang, mempunyai ketebalan busa yang lebih baik dari Luxio. Desain pelapis joknya pun lebih modern. Kemudian pada jok baris kedua ada tambahan arm rest dan meja lipat. Ini tidak ada di Luxio.

3. Mesin

Mesin Nissan Evalia

Evalia lebih bertenaga

Kedua mobil ini sama-sama menggunakan mesin bensin 1.5L, tetapi tetap ada perbedaan antara Nissan Evalia vs Daihatsu Luxio. Mesin Evalia berkapasitas 1.498 cc sementara Luxio 1.495 cc. Karena itulah tenaga Evalia lebih besar yakni 109 hp pada 5.600 rpm sedangkan Luxio 97 hp pada 6.000 rpm.

>>> Keluarga Muda, Pilih MPV atau Mobil Sedan?

Mesin Daihatsu Luxio

Mesin Luxio ada di bawah jok depan

Sistem suplai bahan bakar yang digunakan pada Daihatsu Luxio yakni menggunakan teknologi EFI (Electronic Fuel Injection). Namun untuk Nissan Evalia memakai teknologi ECI-MPI. Selain itu mesin Luxio diletakkan di bawah jok pengemudi dan penumpang depan, sementara Evalia menggunakan bonet.

4. Harga

Kali ini kami akan bandingkan harga Nissan Evalia vs Daihatsu Luxio berdasarkan daftar listing mobil bekas yang ada di Cintamobil.com Pasaran harga Nissan Evalia bekas yaitu Rp76 juta yang terendah, hingga Rp165 juta. Untuk Luxio pasaran harga bekasnya mulai dari Rp65 jutaan sampai Rp199,5 juta.

Harga tersebut tentu tergantung pada tahun pembuatan dan kondisi dari mobil itu sendiri. Namun harga Daihatsu Luxio bisa lebih mahal dari Nissan Evalia, mungkin karena masih cukup banyak yang memburu mobil tersebut.

>>> Listing mobil bekas paling lengkap paling aktual ada disini!

5. Kesimpulan

Komparasi mobil bekas MPV berdesain boxy antara Nissan Evalia vs Diahatsu Luxio memang cukup ketat. Keduanya sama-sama menawarkan kepraktisan akomodasi serta desain pintu penumpang belakang model geser.

Tetapi Evalia menawarkan desain eksterior dan interior yang sedikit lebih mewah dibandingkan Luxio. Selain itu tenaga mesin Evalia juga lebih besar dari Luxio. Tentu ini berpengaruh pada saat berkendara. Mobil jadi sedikit lebih gesit dan pada akhirnya konsumsi bahan bakar bisa lebih efisien.

Apalagi harga mobil bekas Evalia sedikit di bawah Luxio, sehingga membuat mobil ini lebih tergangkau untuk Anda. Namun jangan lupa untuk memperhatikan langkah-langkah sebelum membeli mobil bekas. Biar Anda tidak merasa dirugikan dikemudian hari.

Selama memilih!

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top