Tips Beli Nissan Terrano Bekas: SUV Kekar Yang Melegenda Dari Nissan

18/08/2018

Jual beli

6 menit

Share this post:
Tips Beli Nissan Terrano Bekas: SUV Kekar Yang Melegenda Dari Nissan
Kehadiran Nissan Terra dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, 2 Agustus 2018 kemarin membangkitkan memori pecinta otomotif Tanah Air akan Nissan Terrano yang pernah berjaya dimasanya. Meski sudah berhenti produksi, sampai saat ini SUV berbadan kekar tersebut masih cukup banyak dijual di pasar mobil bekas. Seperti halnya membeli mobil bekas lainnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1. Sejarah Nissan Terrano Indonesia

Pada tahun 1995, Toshiyuki Shiga yang menjadi perwakilan Nissan Motor Co., Ltd di Indonesia saat itu ingin membuat terobosan dengan menghadirkan produk mobil unggulan yang diminati konsumen Tanah Air. Nissan Terrano pun didatangkan langsung dari Jepang dalam bentuk CBU (completely built-up) dengan penggerak 4x4. Namun usaha ini tidak berjalan mulus karena harga jual terlalu tinggi akibat adanya sistem tarif bea masuk untuk produk CBU dan pajak kendaraan 4x4 yang lebih mahal dari 4x2.

Untuk menekan harga, Shiga memutuskan untuk merakit SUV Nissan tersebut di Indonesia. Namun sistem perakitan yang berbeda antara pabrik di Jepang yang sudah menggunakan robot (otomatis) dengan Indonesia yang masih manual, akhirnya dibuat beberapa penyesuaian dalam prosedur perakitan. Menghabiskan waktu selama 3 bulan, rancangan desain oleh Suhardiman dan tim pun digunakan untuk merakit Nissan Terrano dari 1995 hingga produksi terakhirnya di Desember 2006.

Tampak depan Nissan Terrano

Nissan Terrano WD21 yang pernah dijual di Indonesia

Kala itu Nissan Terrano hadir dalam dua varian yakni SGX dan AJ Limited yang didistribusikan oleh PT Wahana Wirawan sebagai agen tunggal pemegang merek (ATPM) Nissan di Indonesia. Sedangkan untuk proses produksi dikerjakan oleh PT ISMAC. Kapasitas produksi pun meningkat dari awalnya hanya 3 unit per-hari menjadi 15 unit per-hari. Respon pasar yang positif membuat ATPM menawarkan 2 model baru yakni Nissan Terrano Grandroad dan Kingsroad.

Pada tahun 2002, dibawah ATPM baru yakni PT Nissan Motor Indonesia (NMI), Terrano berevolusi. Perubahan minor pada varian Kingsroad dan Grandroad membuatnya tampil lebih segar dari sebelumnya. Nissan Terrano juga dipasarkan dengan model entry-level yakni Spirit. Kejayaan Terrano selama 11 tahun di Indonesia saat itu karena dikenal sebagai mobil yang andal, tangguh dengan mesin yang kuat. Tidak heran bila sampai saat ini di pasar mobil bekas masih bisa dijumpai SUV gagah tersebut.

Tampak belakang Nissan Terrano

Nissan Terrano di Indonesia ada varian Kingsroad dan Spirit

2. Kelebihan dan Kekurangan Nissan Terrano

Kelebihan Nissan Terrano

Ketika ingin beli Nissan Terrano bekas, tentu ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti kelebihan dan kekurangan dari mobil tersebut. Salah satu kelebihan beli Nissan Terrano bekas adalah desain bodi yang kekar dan gagah layaknya sebuah SUV. Selain itu juga mempunyai ground clearance yang tinggi yakni 205 mm sehingga bisa melalui berbagai medan jalan baik on-road maupun off-road.

Kelebihan lain dari beli Nissan Terrano bekas adalah mendapatkan SUV dengan mesin yang bertenaga. Melalui mesin berkode Z24 berkapasitas 2.400 cc, Nissan Terrano bisa mengeluarkan tenaga hingga 118 dk pada 4.800 Rpm dengan torsi 185 Nm di 2.800 Rpm.

Interior Nissan Terrano

Interior Nissan Terrano terlihat besar sesuai karakter SUV

Bodinya yang besar membuat ruang kabinnya cukup lega sehingga tetap nyaman untuk penumpang dan juga pengemudi. Ruang bagasi pun tersedia sangat luas hingga bisa membawa barang banyak ketika berliburan lama keluar kota. Bantingan suspensi Nissan Terrano juga cukup empuk dibantu dengan profil ban yang tebal. Ini membuatnya cukup nyaman ketika melintasi jalanan off-road.

>>> Baca juga: Review Nissan Terra 2018, Bukan Terrano Zaman Now

Kekurangan Nissan Terrano

Meski begitu ada beberapa kekurangan yang harus diwaspadai oleh para calon pembeli. Mengingat mesin Nissan Terrano masih menggunakan karburator, banyak pemilik Nissan Terrano yang mengeluhkan borosnya bahan bakar minyak (BBM). Cukup banyak pemilik Nissan Terrano yang mengakali borosnya BBM ini dengan mengganti karburator sehingga memiliki efisiensi yang lebih baik.

Usia mobil yang sudah lebih dari 10 tahun juga patut diwaspadai sebelum membeli mobil bekas ini. Ketersediaan suku cadang menjadi hal yang wajib diperhatikan, apakah masih tersedia atau tidak baik itu di bengkel resmi atau bengkel umum/spesialis.

Instrumen panel Nissan Terrano

Warna putih memudahkan pengemudi Nissan Terrano melihat instrumen panel

Meski terakhir diproduksi tahun 2006, namun Nissan Terano bekas ini masih tergolong minim fitur. Sehingga jangan berharap ada fitur-fitur modern yang sudah menjadi standar sebuah pabrikan masa kini. Tidak hanya fitur hiburan di interior, tapi fitur keselamatan juga belum tersedia pada SUV bekas ini. Saat ini, di pasar mobil bekas harga Nissan Terrano bekas berkisar Rp 70 juta sampai Rp 100 jutaan. Harga tersebut tergatung dari tahun produksi dan kondisi mobil.

Bila Anda penasaran dengan wujud asli dari Nissan Terrano, PT NMI memajangnya berdampingan dengan Nissan Terra di GIIAS 2018 yang meneruskan warisan dari sang pendahulu. Tentunya Nissan berharap kehadiran Nissan Terra mampu meneruskan kejayaan Nissan Terrano dahulu kala. Terlebih saat ini tren SUV yang sedang menanjak bisa dijadikan momen untuk meraih hati konsumen.

>>> Dapatkan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di Cintamobil.com

Share this post:

Berita lain

Mengintip Harga Mobil Bekas Nissan Keluaran Tahun 2019

09/06/2020

Jual beli

5 menit

Nissan telah memutuskan untuk menutup pabrik di RI. Biasanya penutupan pabrik turut berpengaruh ke harga mobil bekas. Berikut daftar harga mobil bekas Nissan.

Lihat juga

Rocket Bunny Hadirkan Bodykit Toyota GR Yaris, Aura WRC Makin Terasa

08/09/2020

Perawatan dan service

3 menit

Setelah membuat bodykit untuk mobil performa tinggi seperti Nissan GT-R atau Toyota Supra, Rocket Bunny menegaskan aura WRC di GR Yaris lewat kreasi terbarunya.

Lihat juga

Mobil Bekas Pilihan: Nissan Juke Revolt II 2019

22/09/2020

Jual beli

3 menit

Bagi Anda yang punya karakter ingin selalu tampil beda Nissan Juke Revolt II 2019 sangat cocok untuk Anda. Apa saja keunggulan yang ditawarkan dari SUV ini?

Lihat juga