Ini Dia Alasan Nissan Datsun Tetap Perkasa di Kota Makassar

28/03/2019

Pasar mobil
Share this post:
Ini Dia Alasan Nissan Datsun Tetap Perkasa di Kota Makassar
Kota Makassar menjadi salah satu pasar penting bagi PT Nissan Motor Indonesia, dimana dua brand Nissan & Datsun masih memegang peranan penting terhadap trend mobil di kota ini. Apa alasannya?

Secara regional, kota Makassar memang memegang peranan penting terhadap kelangsungan eksistensi brand mobil Nissan dan Datsun. Saking pentingnya, tiga mobil terbaru Nissan dan Datsun, yakni All New Nissan Serena dan All New Nissan Livina bersama Datsun GO+ Panca CVT diluncurkan bersamaan di Mall Ratu Indah, Kamis (21/3) lalu.

Debut All New Nissan Livina di booth Nissan

All New Nissan Livina jadi salah satu dari tiga model kendaraan yang dikenalkan Nissan Motor Indonesia di kota Makassar

“Sangat penting bagi kami hadir di kota Makassar yang merupakan kota ke-5 terbesar di Indonesia, dan termasuk sebagai salah satu kota dengan tingkat percepatan ekonomi tinggi. Dengan tiga kendaraan yang kami luncurkan, dan dua brand Nissan dan Datsun yang hadir memenuhi segmentasi dan kebutuhan pasar yang berbeda, kami meyakini konsumen semakin mendapatkan pilihan kendaraan tepat dan lebih baik untuk  masyarakat di kota Makassar,” jelas Isao Sekiguchi, presiden direktur PT. Nissan Motor Indonesia, kepada Cintamobil.com saat peluncuran line-up terbaru Nissan dan Datsun di Makassar.

>>> Dinantikan Konsumen, All New Nissan Livina dan All New Nissan Serena Resmi Dijual di Makassar

Sekedar informasi, provinsi Sulawesi Selatan sendiri sampai akhir tahun 2018 sendiri tercatat memiliki 3.761.421 unit kendaraan yang terdaftar di Polda Sulawesi Selatan. Angka ini menunjukkan provinsi dengan ibukota Makassar ini memiliki angka peningkatan kepemilikan yang positif sekitar 6 persen, jika mengacu data yang dimiliki Dirlantas Polda Sulsel.

Salah satu yang cukup merasakan efek peningkatan minat beli kendaraan di Sulawesi jelas ialah diler resmi Nissan dan Datsun di kota Makassar, salah satunya Nissan-Datsun Pettarani. Menurut pengungkapan Lutfi Afandi selaku Branch Manager Nissan-Datsun Pettarani, angka penjualan Datsun dan Nissan cukup konsisten selama kurun waktu 1-2 tahun terakhir, sekalipun pada tahun 2018 produk baru dari Nissan dan Datsun hanya Nissan Terra dan Facelift Datsun GO maupun Datsun GO+ Panca.

Model baru Datsun Go+ Panca CVT

Datsun GO+ Panca masih menjadi mobil favorit keluarga Makassar

“Market di Makassar termasuk market yang positif, terutama untuk Datsun. Sejak diluncurkan di tahun 2014 sampai 2018 kami bisa jual sekitar 150 unit/bulan. Memang untuk Nissan lebih menantang, karena sekalipun ‘kuenya’ pasar mobil kisaran harga Rp200 jutaan masih besar di sini, tapi Nissan sampai tahun 2018 masih mengandalkan Livina lama. Dan sekalipun sudah launching All New Nissan Livina, tapi stok-stok Livina lama kita terakhir masih diburu sampai sudah habis. Ini menandakan minat Livina masih besar. Semoga All New Nissan Livina lebih menarik minat konsumen-konsumen Livina lama yang ingin MPV tinggi, nyaman, dengan fitur lebih canggih,” jelas Lutfi Afandi, Branch Manager Nissan-Datsun Pettarani.

>>> Selalu update kabar terbaru pasar mobil di Cintamobil.com

Faktor Pengaruh Minat Beli Mobil di Makassar

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi konsumen di kota Makassar untuk menentukan minat beli terhadap suatu produk. Contohnya faktor yang paling berpengaruh terhadap keputusan beli atau tidaknya mobil baru di kota Makassar dipengaruhi penampilan dan ‘kebaruan’ mobil tersebut di kota tersebut.

konsumen Makassar spk Nissan

Calon konsumen Nissan berkonsultasi dengan sales di area peluncuran All New Nissan Serena & All New Nissan Livina di Mall Ratu Indah, Makassar

“Kalau penampilan All New Nissan Livina memang lebih keren ya. Enggak terlalu kaku tapi modern-nya dapet. Terus kalau dibanding Livina lama ini juga jangkung (tinggi, red), lebih pede kalau misal sama keluarga mau pergi ke luar kota lewat jalanan jelek,” ujar Felicia, salah satu pengunjung Mall Ratu Indah yang sedang mengamati All New Nissan Livina.

>>> Baca juga: Review All New Nissan Livina VL 2019

Selain penampilan, ternyata faktor teknis seperti ketersediaan pilihan transmisi manual masih sangat mempengaruhi minat beli mobil baru masyarakat di Makassar. Faktor teknis ini sama pentingnya dengan kelengkapan fitur yang sudah menjadi standar di mobil baru, seperti fitur keselamatan Vehicle Dynamic Control, Traction Control System & Hill Start Assist, dan sistem transmisi X-Tronic CVT yang sudah mulai dipergunakan di jajaran line-up Nissan dan Datsun.

Konsumen Datsun di Makassar

Penjelasan informasi sales Datsun penting dalam memperkenalkan fitur baru Datsun GO+ yang kini hadir dalam transmisi CVT

“Untuk menjelaskan teknologi memang butuh waktu jika berbicara kepada konsumen. Tapi satu yang bisa dilihat ialah konsumen di Makassar masih percaya mobil bertransmisi Manual, dikarenakan anggapan masyarakat kalau mobil bertransmisi otomatis susah perawatan dan saat mogok tidak bisa didorong. Tapi seiring berjalannya waktu edukasi teknologi dan kebutuhan konsumen untuk mobil matic mulai ada, apalagi Makassar sekarang sudah mulai ditemukan kemacetan. Dan peminat mobil Nissan Datsun transmisi otomatis berteknologi CVT pun juga berkembang, meskipun jika dalam perbandingan masih 70:30 dengan mobil manual Nissan dan Datsun,” tambah Lutfi Afandi.

>>> Sedang cari mobil? Temukan di sini

Dan sama seperti kota-kota besar di Indonesia, harga mobil Nissan dan Datsun menjadi faktor paling berpengaruh terhadap minat calon konsumen untuk melakukan transaksi. Khusus di kota Makassar dan sekitarnya, range harga mobil di kisaran Rp100-200 jutaan masih sangat diburu oleh konsumen di kota tersebut.

Mobil All New Nissan Serena di Makassar

Hadirnya All New Nissan Serena sangat penting untuk memenuhi kebutuhan segmen kendaraan medium high di kota Makassar

“Mobil LCGC seperti Datsun GO dan Datsun GO+ Panca masih memegang peranan penting di dalam penjualan Nissan Datsun di kota Makassar. Sedangkan untuk Nissan diperkirakan model All New Nissan Livina yang akan menjadi backbone Nissan di kota ini. Sekalipun ada model MPV segmen medium high seperti All New Nissan Serena, namun secara market tidak terlalu besar. Tapi perlu sekali adanya produk All New Nissan Serena agar konsumen di market tersebut juga bisa terpenuhi kebutuhannya lewat mobil MPV ini,” tutup Lutfi.

Share this post:
 
back to top