Review New Range Rover Evoque SE 2019: Viva La Velar-ism!

02/08/2019
editor rate: 4,0 user rate: 4,5
Kami seakan terhipnotis dengan sosok terbaru dari Range Rover Evoque ini. Desainnya yang tajam dan futuristis, seakan mengingatkan kami dengan sang kakak, Range Rover Velar. Lantas, apa sajakah senjata andalan yang telah dipersiapkan pada New Range Rover Evoque SE 2019 untuk mengulangi kesuksesan generasi sebelumnya? Simak ulasannya berikut ini.

PENGANTAR Land Rover Range Rover Evoque 2019

Review New Range Rover Evoque SE 2019 – Jujur, saat pertama kali kami berjumpa dengan New Range Rover Evoque 2019, impresi pertama yang kami rasakan adalah betapa miripnya desain eksterior crossover kompak premium ini dengan sang kakak, Range Rover Velar. Kemiripan tersebut sangat terasa, terlebih dari siluet tampilan wajah dan bagian belakangnya, sehingga sempat membuat kami ‘pangling’ dan mengira bahwa sosok yang sedang kami amati ini adalah sebuah medium crossover premium berpenampilan futuristis tersebut. Namun ketika melihat dimensi kompaknya, imej akan sebuah generasi terbaru dari New Range Rover Evoque 2019 pun langsung tak terbantahkan.

Foto generasi terbaru dari Range Rover Evoque

New Range Rover Evoque SE 2019 siap menjadi penerus bagi kesuksesan Ranger Rover Evoque

Atas kesempatan yang diberikan PT Wahana Auto Ekamarga selaku authorized dealer Jaguar Land Rover di Indonesia, kami bisa menikmati moment perkenalan kami dengan New Range Rover Evoque 2019 yang kali ini hadir dari varian SE, varian menengah dari jajaran Range Rover Evoque. Generasi paling gres dari Range Rover Evoque ini memang dijadwalkan untuk tampil di publik Tanah Air tak lama lagi. Dan Cintamobil.com pun mendapatkan kesempatan berharga untuk berkenalan dan memberikan review New Range Rover Evoque 2019 secara eksklusif untuk Anda. Silakan menikmati!

EKSTERIOR Land Rover Range Rover Evoque 2019

Review New Range Rover Evoque SE 2019: Tampak depan

Foto bagian depan New Range Rover Evoque 2019 berwarna silver

Karena kemiripannya dengan sang kakak, Range Rover Velar, membuat generasi terakhir Evoque dijuluki 'Baby Velar'

Wajah New Range Rover Evoque SE 2019 menonjolkan desain yang lebih sipit dan tajam ketimbang pendahulunya. Hal tersebut sangat terlihat pada sepasang lampu depan berteknologi Matrix LED yang kini memiliki desain lebih tipis layaknya Range Rover Velar. Bahkan desain garis LED yang berfungsi sebagai Daytime Running Light (DRL) ini pun serupa dengan Velar, yakni pola mengotak pada bagian tengah yang dipadu dengan garis tajam menyamping hingga ke bagian sudut terluar lampu. Sementara desain DRL pada Evoque generasi sebelumnya memiliki desain ala ‘U’ shape. DRL pada Evoque generasi terkahir ini juga memiliki fungsi sebuah lampu sein dengan pola sequential turn signal.

Foto lampu depan Matrix LED dan DRL New Range Rover Evoque 2019

Lampu depan New Range Rover Evoque 2019 sudah mengadopsi Matrix LED dengan desain DRL yang (lagi-lagi) mirip dengan Range Rover Velar

Dengan lampu sein naik ke lampu utama, desain bumper New Range Rover Evoque SE 2019 pun berubah dari pendahulunya. Sepasang air splitter kini memiliki desain vertikal sehingga membuat tampilan bumper menjadi lebih simpel dan elegan. Namun pada bagian gril, New Range Rover Evoque SE 2019 memiliki dimensi gril yang lebih besar dengan pola trapesium yang lebih tebal. Tentu kesan crossover dari sebuah produsen kendaraan 4x4 legendaris asal Solihull ini tetap terakomodasi lewat penggunaan front under guard yang terekspos dengan jelas dengan penggunaan warna silver. Hal tersebut smenegaskan bahwa meski New Range Rover Evoque SE 2019 ditakdirkan sebagai crossover perkotaan, namun tetap memiliki kemampuan jelajah di segala medan layaknya setiap keluarga Land Rover dan Range Rover lainnya.

Review New Range Rover Evoque SE 2019: Tampak samping

Foto New Range Rover Evoque 2019 tampak frontal samping

Desain floating roof yang melandai pada bagian belakang dipertahankan lantaran sudah menjadi ciri khas Range Rove Evoque

Impresi yang sedikit berbeda ketika kita melihat New Range Rover Evoque SE 2019 dari samping. Bahasa desain akan sebuah crossover kompak premium dari Range Rover tetap terlihat. Desain floating roof yang melandai di bagian belakang tetap dipertahankan. Begitu pula dengan roof spoiler berukuran besar, yang membuat desain keseluruhan dari New Range Rover Evoque SE 2019 terlihat lebih streamline. 

Foto desain Flush Door Handles di Range Rover Evoque 2019

Fitur Flush Door Handles pada New Range Rover Evoque 2019 yang terinspirasi dari Range Rover Velar

Menariknya, Range Rover membekali fitur Flush Door Handles, yang pertama kali diperkenalkan pada model Velar. Desain Flush Door Handles ini membuat  handle pintu dapat terlipat masuk dan rata dengan bodi ketika tak digunakan. Sehingga desain New Range Rover Evoque SE 2019 terlihat lebih elegan dengan tampilan ala shaved door.

Foto pelek 20 inci New Range Rover Evoque 2019

Pelek 20 inci menjadi kelengkapan standar pada varian SE, salah satunya dengan finishing Gloss Dark Grey 

Karena unit yang kami review merupakan varian SE, maka dilengkapi dengan pelek berukuran 20 inci dengan kodel Style 5079. Desain 5-spoke pada pelek ini dinamakan Diamond Turned karena memiliki desain yang terinspirasi dari kilau berlian. Tampilan peleknya pun terlihat lebih memikat dengan finifhing Gloss Dark Grey. Harmonis dengan warna eksterior New Range Rover Evoque SE 2019 yang menggunakan warna dark silver yang bernama Seoul Pearl Silver.

Review New Range Rover Evoque SE 2019: Tampak belakang

Foto bagian belakang New Range Rover Evoque 2019 berwarna silver

Fitur bagasi dengan fitur Hands-Free Gesture Tailgate yang dapat diaktifkan lewat sensor tendang, smartphone atau bahkan smartwatch Anda

Ketika melihat ke belakang, nuansa desain ala Range Rover Velar masih terasa kuat pada tubuh New Range Rover Evoque SE 2019. Yang paling terasa adalah desain lampu belakang yang kini lebih tipis. Selain itu, desain 3D LED pada lampu belakang juga mengingatkan kami dengan Velar. Selain itu desain bumper belakang juga terlihat lebih tebal dengan dipermanis rear under guard berbentuk trapesium yang dibalut dengan warna silver. Sayang, rear twin muffler absen pada varian SE. namun hal tersebut tak membuat tampilan belakang dari New Range Rover Evoque SE 2019 menjadi kurang atraktif.

>>> Artikel terkait lainnya:

INTERIOR Land Rover Range Rover Evoque 2019

Review New Range Rover Evoque SE 2019: Dasbor dan setir

Foto dasbor dan setir New Range Rover Evoque SE 2019

Dasbor lebih elegan dengan desain minimalis yang dipadu teknologi terkini dari panel Touch Pro Duo

Serupa dengan bagian eksterior, pada bagian interior dari New Range Rover SE 2019 juga terlihat lebih sleek. Dimensi AC vent juga lebih tipis, demi mengakomodir ruangan lebih besar untuk sistem infotainment layar sentuh terbaru yang mengadopsi teknologi Touch Pro Duo. Perbedaan lainnya adalah pada bagian shift knob, yang kini kembali meggunakan model tuas. Sementara pada Range Rover Evoque generasi sebelumnya yang menggunakan model kenop. 

Foto setir New Range Rover Evoque SE 2019

Setir yang dipadu dengan fitur pengaturan audio dengan hanya sentuhan jari

Pada bagian setir, menggunakan model 4 spoke degan penambahan steering audio control, yang kini lebih praktis lewat pengaturan dengan hanya menggunakan sentuhan jari. Sehingga tampilan keseluruhan dari dasbor dan setir New Range Rover Evoque SE 2019 yang mampu memadukan kemewahan dangan tema high tech.

Review New Range Rover Evoque SE 2019: Jok

Sepasang jok depan new Range Rover Evoque 2019

Jok yan berlapis kulit berkualitas khas Range Rover

Sebagai sebuah crossover kompak premium, New Range Rover Evoque SE 2019 dibekali dengan jok yang dilapis material kulit berkualitas baik. Desain jok pun pun baik menopang tubuh dengan posisi duduk rendah khas crossover. Pengaturan jok elektrik tersedia untuk jok pengemudi dan penumpang depan. Sementara untuk penumpang belakang, cukup dimanjakan dengan rear AC vent untuk distribusi AC yang membuat kesejukan lebih cepat merata. Selain itu jika tersedia power outlet 12 V pada konsol rear AC vent. Pada unit yang kami review, sudah dibekali dengan iPad holder serta folding table untuk penumpang belakang dengan konstruksi Click And Go yang mudah dipasang atau dilepaskan. 

>>> Simak juga:

FITUR Land Rover Range Rover Evoque 2019

Review New Range Rover Evoque SE 2019: Fitur infotainment

Fitur Touch Pro Duo pada New Range Rover Evoque SE 2019

Fitur layar sentuh Touch Pro Duo yang berpadu dengan shift knob yang kembali mengadopsi model tuas

Seperti yang telah disebut di atas, New Range Rover Evoque SE 2019 sudah dibekali dengan fitur infotainment terkini, InControl Touch Pro Duo yang menggunakan dua layar sentuh berukuran 10 inci untuk memudahkan berbagai pengaturan seperti audio, aplikasi Apple CarPlay dan Android Auto, fitur panggilan telepon, pengaturan AC serta mode mengemudi. Fitut infotainment lainnya yang tak kalah menarik adalah ketersediaan 6 speaker dengan output 180 watt dari Land Rover Sound System, Wi-Fi hotspot, Bluetooth dan lain sebagainya.

Review New Range Rover Evoque SE 2019: Fitur berkendara

Kemampuan off-road dari New Range Rover Evoque SE 2019 juga lebih optimal dengan kehadiran penggerak All-Wheel Drive (AWD) dengan fitur Terrain Response 2 yang memiliki 7 mode berkendara yang bisa Anda pilih mulai dari Dynamic, Eco, Comfort, Grass/Gravel/Snow, Mud dan Ruts, Sand dan terakhir adalah Rock Crawl. Seluruh mode berekndara tersebut bisa dipilih melalui layar sentuh pada fitur terbarunya Touch Pro Duo. Ketujuh mode berkendara tersebut akan memberikan respon throttle, girboks dan interfensi fitur keamanan yang disesuaikan dengan mode yang dipilih atau medan yang akan dilalui.

Foto rear camera pada antena belakang New Range Rover Evoque SE 2019

Fitur ClearSight Rear View Mirror menggunakan kamera yang diletakkan pada bagian belakang antena ini

Fitur terbari lainnya adalah ClearSight Ground View System, yang merupakan sistem kamera pemantau yang mampu memberikan visual pada pengemudi untuk memantau keadaan sekitar saat mobil parkir, melewati jalanan yang sempit atau bahkan saat off-road. Fitur ClearSight Ground View System juga mampu memberikan pandangan virtual berupa bagian depan & belakang mobil serta ban yang seolah transparan, sehingga Anda bisa mendapatkan visual lebih detail dan memudahkan Anda dalam bermanuver. 

Selain itu, juga tersedia fitur ClearSight Rear View Mirror yang mampu memberikan pandangan visual pada bagian belakang mobil, saat spion tengah Adan terhalangan objek pada bagasi misalnya. Fitur ClearSight Rear View Mirror ini menggunakan kamera yang diletakkan pada bagian belakang antena mobil. Untuk mengaktifkannya, Anda hanya perlu menekan tuas pada bagian tengah kaca spion tengah. 

Foto fitur ClearSight Ground View di New Range Rover Evoque SE 2019

Fitur ClearSight Ground View System yang mampu membantu Anda mengawasi keadaan sekitar saat parkir atau off-road

Range Rover juga menyediakan paket Park Pack untuk New Range Rover Evoque SE 2019. Paket ini terdiri dari fitur Park Assist System lengkap dengan sensor parkir 360 derajat yang memungkinkan mobil dapat bermanuver dengan sendiri ketika parkir di tempat yang dianggap memadai, fitur Rear Traffic Monitor dan Clear Exit Monitor. 

>>> Review Range Rover Vogue 2019: SUV Ningrat Yang Semakin Canggih

OPERASI Land Rover Range Rover Evoque 2019

New Range Rover Evoque 2019 menggunakan mesin 4 silinder dengan turbocharger dari keluarga mesin Ingenium dari Range Rover yang tersedia berbagai pilihan output, mulai dari 200 hingga 300 hp. Namun untuk varian SE, mesin yang digunakan datang dari varian mesin Ingenium P250, yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 250 hp dan torsi 364 Nm. Mirip dengan generasi terdahulu, Range Rover tetap mengandalkan transmisi otomatis dengan 9 tingkat percepatan dari ZF. Performa yang dihasilkan juga sangat responsif, dengan akselerasi 0-100 km/jam yang diperkirakan tak lebih dari 7 detik. 

Mesin empat silinder turbo dari keluarga Ingenium P250 pada mobil New Range Rover Evoque SE 2019

New Range Rover Evoque SE 2019 menggunakan empat silinder turbocharger dari keluarga Ingenium P250

>>> Profil Range Rover Velar 2.0 2017 Indonesia, SUV Spesialis Jalan Raya Dari Range Rover

spesifikasi Land Rover Range Rover Evoque 2019

Mari kita simak spesifikasi New Range Rover Evoque SE 2019 pada tabel di bawah ini. 

Dimensi New Range Rover Evoque SE 2019

P x L x T

4.371/1.904/1.649 mm

Wheelbase

2.581 mm

Ground Clearance

210 mm

Luas Bagasi

591 liter (1.383 liter dengan jok tengah terlipat)

Mesin New Range Rover Evoque SE 2019

Jenis

Ingenium, 4 silinder, turbocharged, DOHC

Isi silinder

1,999 cc

Daya maksimum

250 hp

Torsi maksimum

364 Nm

Transmisi

transmisi otomatis 9-percepatan,AWD

Kaki-Kaki New Range Rover Evoque SE 2019

Suspensi depan

Independent, McPherson strut

Suspensi belakang

Independent, Multi link

Pelek & ban

20 inci 5 -spoke Style 5079 dengan ban 235/50R20

kelebihan & kekurangan Land Rover Range Rover Evoque 2019

Berikut kelebihan dan kelurangan dari New Range Rover Evoque SE 2019 menurut Cintamobil.com berikut ini.

Kelebihan

Kekurangan

Ketersediaan fitur cukup lengkap

Harga cukup mahal

Desain lebih keren

Dimensi kabin cukup sempit, terlebih untuk penumpang belakang

Kemampuan off-road mumpuni untuk sebuah crossover kompak premium perkotaan

 

daftar harga Land Rover Range Rover Evoque 2019

Berikut daftar harga terkini dari New Range Rover Evoque SE 2019

TIPE MOBIL

HARGA

New Range Rover Evoque SE 2019

Rp 1,7 Milyar, Off the road

>>> Jangan lupa untuk update harga mobil terbaru berikut promo menarik lainnya di sini

Video Land Rover Range Rover Evoque 2019

Simak video review Range Rover Evoque 2019 dari Cintamobil TV berikut ini:

KESIMPULAN Land Rover Range Rover Evoque 2019

Sebagai model paling populer di keluarga Range Rover, membuat kami optimis bahwa New Range Rover Evoque SE 2019 akan menjadi suksesor dan kembali mencetak hits dalam penjualan. Optimisme tersebut berdasarkan dari kelebihan yang ditawarkan dari New Range Rover Evoque SE 2019, seperti desain yang atraktif, kehadiran fitur cukup lengkap dan canggih, dan tentu saja, nama besar Range Rover sebagai salah satu produsen premium SUV dan crossover tersukses di dunia. Selain itu, New Range Rover Evoque SE 2019 juga dibekali dengan kemampuan off-road yang sangat mumpuni untuk sebuah crossover kompak premium perkotaan sekelasnya.

Penggunaan penggerak All-Wheel Drive (AWD) dengan fitur Terrain Response 2, terbukti mampu membuat Range Rover Evoque cukup tangguh dan cekatan di medan off-road, meskipun kami ragu bahwa sebagian besar calon konsumen New Range Rover Evoque SE 2019 akan mengoptimalkan fitur dan kemampuan off-roadnya. Namun setidaknya, pemilik New Range Rover Evoque SE 2019 nantinya akan mendapatkan teman perjalanan yang tak hanya memiliki performa mumpuni dan gesit di padatnya lalu lintas perkotaan, namun juga teman perjalanan yang cerdas dan tangguh saat beraktivitas outdoor.

>>> Simak review mobil terkini lainnya di Cintamobil.com
 

Pratomo FJ
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil