Review Range Rover Vogue 2019: SUV Ningrat Yang Semakin Canggih

16/02/2019
editor rate: 4,6 user rate: 4,0
Generasi keempat dari Range Rover Vogue ini tampil tidak hanya semakin mewah tapi juga canggih. Penambahan fitur bernama Touch Pro Duo membuat SUV bergaya ningrat ini akan semakin memanjakan pengemudi dan penumpang. Lantas apa saja perbedaan dari pendahulunya? Simak review Range Rover Vogue 2019 dari kami.

PENGANTAR Land Rover Range Rover 2019

Review Range Rover Vogue 2019 - Berbicara Range Rover yang terlintas adalah sebuah SUV mewah dari grup otomotif asal Inggris, Jaguar Land Rover (JLR). Berawal dari eksperimen para insinyur pada tahun 1951 yang ingin membuat mobil lebih besar dari Land Rover. Gordon Bashford kemudian membuat sebuah project bernama “Road Rover”, namun pada tahun 1958 hinga 1966 ide ini terbengkalai karena dua insinyur JLR yakni Spen King dan Bashford mempersiapkan sebuah model baru.

Gambar menunjukkan generasi pertama mobil Range Rover berwarna abu-abu dilihat dari sisi depan

Tampilan generasi pertama dari Range Rover yang diperkenalkan pada tahun 1970

Tepat pada tahun 1967, Range Rover protipe pertama dibuat dengan kode SYE 157F yang mempertahankan desain klasik namun tampil dengan gril dan lampu depan yang berbeda. Tiga tahun kemudian desain Range Rover memasuki tahap final. Pada tahun 1970 Range Rover resmi diluncurkan di Paris dan mendapat respon positif yang diakui sebagai karya bagus dalam industri otomotif.

Saat ini, Range Rover sudah memasuki generasi keempat yang pertama kali diperkenalkan pada Paris Motor Show di bulan September 2012. Dengan kode bodi L405, SUV yang juga dikenal dengan nama Range Rover Vogue ini membawa banyak perubahan. Adapun unit yang kami coba di Indonesia dan dijual oleh PT. Wahana Auto Ekamarga (WAE) sebagai distributor resmi JLR adalah versi facelift yang sudah menggunakan fitur terkini Touch Pro Duo. Berikut review Range Rover Vogue 2019 dari Cintamobil.com.

EKSTERIOR Land Rover Range Rover 2019

Review Range Rover Vogue 2019 : Eksterior Depan

Gambar mobil  Range Rover Vogue 2019 berwarna abu-abu dilihat dari sisi depan

Tidak ada perbedaan pada tampilan depan Range Rover Vogue facelift dengan model sebelumnya

Tampilan depan dari Range Rover Vogue 2019 tidak ada perbedaan dari sebelumnya. Gril berbentuk trapesium dengan lapisan krom dan ada logo ‘Land Rover’ pada sudut kanan bawah gril. Tulisan Range Rover menjadi ciri khas dengan peletakan diatas gril. Bumpernya terlihat elegan dengan aksen krom membentang. Bagian bawahnya terdapat seperti diffuser untuk mendapatkan departure angle terbaik ketika digunakan off-road. Lampu LED Matrix membuat mobil ini tampil kian mewah dan tentunya membuat visibilitas lebih baik saat berkendara di malam hari.

Review Range Rover Vogue 2019 : Eksterior Samping

Tampak samping mobil Range Rover Vogue 2019 bukan selera semua orang

Desain samping bukan selera semua orang dengan motif warna silver yang tebal pada pintu depan

Sebagai SUV elegan yang bergaya ningrat kesan mewah menjadi fokus utama. Namun ketika melihat bagian samping, warna silver yang tebal pada pintu depan dan diteruskan dengan garis tipis hingga ke belakang menurut kami agak aneh. Mungkin selera orang berbeda-beda, namun bila JLR ingin memberi kesan dinamis pada Range Rover Vogue akan lebih baik bila garis tebal pada pintu dihilangkan sehingga menyisakan garis tipis yang menyambung dari fender depan hingga ke belakang. Pada Range Rover Vogue yang kami coba ini menggunakan pelek berukuran 21 inci dengan profil ban 275/45 dari pabrikan Pirelli.

Review Range Rover Vogue 2019 : Eksterior Belakang

Lampu LED belakang mengotak menjadi ciri khas Range Rover Vogue 2019

Desain belakang masih sama dengan sebelumnya dengan lampu utama LED motif kotak sebagai ciri khas

Bagian paling mencolok dari tampilan belakang Range Rover Vogue adalah lampu utama dengan kotak dua tingkat yang membuatnya terlihat modern nan elegan. Kehadiran rear spoiler yang dibuat sejajar dengan atap mobil membuatnya terlihat sedikit sporty. Bumper belakangnya terlihat sederhana tanpa ada banyak lekukan seperti halnya mobil baru saat ini. Dua lubang knalpot pada kiri dan kanan dibawah bumper dibuat presisi dengan lekukan bumper. Garis krom pada pintu bagasi menurut kami agak menganggu desain keseluruhan. Mungkin akan lebih  baik bila dibuat sewarna bodi.

>>> Mungkin Anda ingin membaca:

INTERIOR Land Rover Range Rover 2019

Review Range Rover Vogue 2019 : Dashboard & Setir

Kesan mewah didapatkan pada Range Rover Vogue 2019

Desain dasbor mewah dan material yang berkualitas

Masuk ke dalam kabin mobil, tampilan mewah dan berkelas seperti halnya kaum ningrat akan terasa. Dua warna hitam dan krem pada dasbor dan setir membuat kabin tidak terlalu terasa sempit tapi juga tidak meninggalkan kesan mewah. Hampir seluruh bagian dilapisi material berkualitas seperti kulit asli dan ornamen kayu pada beberapa bagian. Bila pada versi sebelumnya disematkan teknologi InControl Touch Pro, pada Range Rover Vogue facelift yang kami bahas kali ini diberi teknologi lebih canggih bernama Touch Pro Duo. Tombol-tombol pengatur AC yang sebelumnya masih manual kini diintergrasikan dengan layar sentuh berukuran besar tepat dibawah head unit.

Ada banyak tombol akses fitur dan hiburan pada setir mobil Range Rover Vogue 2019

Setir palang empat dengan banyak akses tombol ke fitur dan hiburan

Beralih ke setir, lingkar setirnya cukup besar dengan empat palang. Pada palang kanan dan kiri, JLR menyematkan akses cepat berupa tombol berlapis kaca yang bisa digunakan oleh pengemudi. Ada tombol akses untuk mengatur volume suara hiburan, memilih lagu atau gelombang radio, serta akses cepat fitur-fitur mengemudi seperti lane keeping assist dan cruise control. Bila Anda menghubungkan head unit dengan smartphone, maka melalui tombol di setir juga bisa menjawab telepon masuk.

Review Range Rover Vogue 2019 : Jok

Menggunakan bahan kulit berkualitas membuat jok mobil Range Rover Vogue 2019 lebih nyaman

Jok Range Rover berkualitas dengan material kulit dan nyaman untuk perjalanan jauh

Sebagai mobil mewah, faktor kenyamanan tentu menjadi hal penting. Salah satu indikator mobil tersebut nyaman adalah kualitas jok saat diduduki. Pada Range Rover Vogue, balutan material kulit dengan desain yang lebar mampu menopang tubuh dengan baik. Khusus baris depan, head rest disisipkan sebuah fitur sederhana yang bisa ditekuk sehingga kepala tertopang dengan baik meski dalam kondisi bermanuver.

Namun pada baris kedua meski tersedia 3 head rest, menurut kami lebih ideal diisi 2 penumpang saja. Ini karena penumpang tengah yang kami rasakan posisi duduk terlalu condong ke depan dan sandaran kepala yang kurang nyaman akan cepat melelahkan dalam perjalanan jauh. Dua monitor yang menyatu pada sandaran kepala jok depan berfungsi untuk penumpang belakang mengendalikan beberapa fitur.

Review Range Rover Vogue 2019 : Bagasi

Kapasitas bagasi mobil Range Rover Vogue 2019 sangat luas mampu menampung 2 koper besar

Dalam simulasi yang kami coba, bagasi Range Rover Vogue mampu menampung 2 koper besar

Sebagai SUV dua baris, maka ruang bagasi Range Rover Vogue 2019 sangat luas. Dalam posisi jok baris kedua ditegakkan, mampu menampung 2 koper besar atau secara volume mencapai 639 liter. Bila Anda ingin menambah ruang bagasi yang lebih luas bisa melipat baris kedua melalui tombol di samping kanan ruang bagasi dan secara otomatis kapasitas bagasi bertambah hingga 1.943 liter. Fitur sederhana yang menarik pada pintu bagasi Range Rover Vogue 2019 ini adalah pintu bagian bawah yang bisa dipakai untuk duduk sehingga bisa Anda gunakan saat bertamasya ke pegunungan atau pantai.

>>> Mungkin Anda tertarik untuk mengetahui:

FITUR Land Rover Range Rover 2019

Review Range Rover Vogue 2019: Fitur Berkendara

Ada beragam mode berkendara di bagian dashboard mobil Range Rover Vogue 2019

Ada beragam mode berkendara yang bisa Anda pilih sesuai kondisi jalan

Pada tampilan eksterior dan interior tidak ada perubahan, lain halnya dengan fitur. Ada banyak perubahan pada fitur yang tersaji dari Range Rover Vogue 2019 ini. Untuk fitur berkendara, JLR tidak ingin mengurangu ketangguhannya dalam medan off-road. Ada 7 mode berkendara yang bisa Anda pilih mulai dari Dynamic, Eco, Comfort, Grass/Gravel/Snow, Mud dan Ruts, Sand dan terakhir adalah Rock Crawl. Seluruh mode berekndara tersebut bisa dipilih melalui layar sentuh pada fitur terbarunya Touch Pro Duo. Setiap mode berkendara yang Anda pilih maka mesin, girboks, dan komponen yang punya peran dalam pengendalian akan beradaptasi.

Fitur lainnya yang juga tidak kalah penting untuk medan off-road adalah Electronic Air Suspension atau suspensi udara. Selain menambah kenyamanan saat berkendara di jalan aspal, fitur ini bisa Anda atur ketinggiannya secara cepat agar memastikan mobil tidak tersangkut ketika diajak ke medan off-road. Fitur pengaturan suspensi ini juga memudahkan Anda ketika ingin memasukkan dan mengeluarkan barang di bagasi. Tidak ketinggalan fitur ATPC (All Terrain Progress Control) yang membuat Range Rover Vogue bisa melaju secara mulus saat di medan off-road. Fitur ini mirip seperti cruise control namun khusus digunakan pada medan off-road.

Review Range Rover Vogue 2019 : Fitur Hiburan

Kualitas speaker Meridian memberikan kualitas terbaik di mobil Range Rover Vogue 2019

Speaker Meridian menghasilkan suara terbaik yang memanjakan Anda sepanjang perjalanan

Salah satu indikator kabin nyaman adalah fitur hiburan yang dihadirkan oleh pabrikan. Fitur hiburan yang paling menarik adalah InControl Apps yang mengkoneksikan smartphone dengan head unit melalui port USB dan berjalan secara interaktif. Sehingga Anda bisa melakukan streaming media, cloud dan fitur lainnya yang berbasis lokasi. Aplikasi Spotify pada smartphone juga bisa Anda putar dengan memilih lagu-lagu favorit untuk menemani perjalanan Anda. Sebanyak 13 speaker dari Meridian Sound System memberikan suara yang jernih ditunjang dual channel subwoofer.

Review Range Rover Vogue 2019 : Fitur Keselamatan

Pengemudi mobil Range Rover Vogue 2019 disajikan banyak fitur keselamatan

Range Rover Vogue mempunyai banyak fitur keselamatan yang meminimalisir cidera

Sebagai SUV mewah yang canggih, Range Rover Vogue 2019 sudah dilengkapi banyak fitur keselamatan terkini. Seperti Emergency Braking yang berfungsi menghindari Anda dari tabrakan. Ketika terdeteksi ada potensi tabrakan frontal maka akan ada peringatan yang ditampilkan sehingga memberi waktu pengemudi untuk mengambil tindakan. Namun bila tidak ada tindakan maka sistem akan mengaktifkan rem untuk membantu mengurangi tingkat keparahan saat terjadi kecelakaan.

Saat perjalanan jauh, pengemudi kadang merasa lelah atau mengantuk. Untuk mencegah mobil berpindah jalur, Range Rover Vogue menyediakan fitur Lande Departure Warning yang membuat mobil tetap pada jalurnya. Sehingga bila mobil berpindah jalur tanpa memberi sein akan ada peringatan baik berupa bunyi maupun getaran pada setir sebagai tanda Anda melewati garis marka jalan.

>>> Review Mercedes-Benz GLS 400 2016: SUV Bongsor Dari Mercedes Indonesia

OPERASI Land Rover Range Rover 2019

Tenaga berlimpah pada mesin Range Rover Vogue 2019

Menggunakan konfigurasi V6 Supercharged berkapasitas 3.000 cc dengan tenaga dan torsi yang besar

Saat pertama kali duduk pada posisi pengemudi, kami merasakan mobil ini cukup tinggi untuk sebuah SUV. Padahal posisi suspensi dalam level normal tetapi jarak pandang dengan sekitar terlihat tinggi. Kap mesin yang lebar juga membuat mobil ini terasa besar. Tetapi memang benar karena dengan panjang mencapai 5.000 mm dan lebar 1.685 mm membuatnya tampil gagah. Range Rover Vogue 2019 yang kami coba dibekali mesin V6 Supercharged berkapasitas 2.995 cc dengan tenaga maksimum 340 Ps. Torsi 450 Nm. Kecepatan akselerasi tersebut didukung oleh transmisi otomatis 8 percepatan.

Ketika mesin dihidupkan dan pedal gas diinjak, mobil ini terasa kencang dengan tenaga yang terasa disetiap putaran. Tidak heran bila akselerasi mobil ini sangat cepat dengan catatan waktu 7,5 detik dari 0-100 km/jam. Namun dalam hal konsumsi bahan bakar jangan terlalu berharap banyak. Saat dalam kota saja konsumsi bahan bakarnya 7 km/liter dan jalan tol 12,7 km/liter. Penggerak roda AWD (All-Wheel Drive) bisa diandalkan ketika kami coba untuk ke jalan off-road.

>>> Pilih Mobil Canggih VS Mobil Mewah: Komparasi Mercedes-Benz E 350 EQ Boost 2019 vs Mercedes-Benz S 400 L 2015

spesifikasi Land Rover Range Rover 2019

Berikut ini adalah spesifikasi mobil Range Rover Vogue 2019 yang Cintamobil.com dapat.

Spesifikasi Mesin Range Rover Vogue 2019

Tipe Mesin

V6 Supercharged 3.000 cc

Isi Silinder

2.995 cc

Tenaga Maksimum

340 Ps

Torsi Maksimum

450 Nm

Transmisi

8-percepatan otomatis

Spesifikasi Bodi Range Rover Vogue 2019

P x L x T

5.000 x 2.220 x 1.869 mm

Wheelbase

2.922 mm

Spesifikasi Kaki-kaki Range Rover Vogue 2019

Rem Depan / Belakang

Disc Vent / Disc Vent

Velg

21" Light Alloy Wheels

kelebihan & kekurangan Land Rover Range Rover 2019

Seperti apa kelebihan dan kekurangan Range Rover Vogue 2019 menurut sudut pandang Cintamobil.com? Silakan cek informasi tabel berikut ini.

Kelebihan

Kekurangan

Fitur canggih Touch Pro Duo membuatnya terasa semakin mewah

Konsumsi bahan bakar yang tergolong boros

Tenaga yang berlimpah dan pengendalian yang baik

Desain samping yang bukan selera banyak orang

Suspensi udara yang membuatnya nyaman saat melintasi jalan rusak atau speed bump

Belum tersedia fitur kamera 360 derajat untuk dimensi mobil yang besar

>>> Klik sini untuk lanjut baca kelebihan dan kekurangan mobil Land Rover lainnya

daftar harga Land Rover Range Rover 2019

Range Rover Vogue ini dibanderol dengan harga Rp 3,2 miliar (off the road). Harga tersebut terbilang mahal namun untuk sebuah kemewahan dan eksklusivitas di jalan cukup masuk akal. Tidak heran bila pemilik mobil ini mungkin adalah kaum ningrat atau konglomerat yang ingin merasakan kemewahan di dalam mobil.

>>> Jangan lupa klik sini untuk update harga dan promo mobil-mobil lainnya

Video Land Rover Range Rover 2019

KESIMPULAN Land Rover Range Rover 2019

Range Rover Vogue 2019 cocok untuk Anda konglomerat

Mewah dengan merek yang eksklusif menjadi daya tarik Range Rover Vogue

Mobil ini sangat nyaman dan mengasyikkan untuk dikendarai. Tenaga yang besar dan mode berkendara yang berlimpah akan seru ketika mobil ini diajak berkendara off-road ringan. Tetapi mobil ini akan lebih terasa nyaman ketika Anda duduk di baris kedua atau belakang. Ruang kaki yang sangat lega dan posisi duduk yang lebih rebah dari model sebelumnya akan memberi kenyamanan ekstra saat perjalanan jauh.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut baca artikel review mobil yang menarik lain dan langsung klik sini untuk bawa pulang mobil langsung

Mahmudi Restyanto
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil