BMW–Jaguar Land Rover serta Toyota–Subaru Kerja Sama Kembangkan Kendaraan Listrik

07/06/2019
Kerja sama antar pabrikan menjadi hal yang biasa beberapa waktu belakangan. Dan kali ini, gabungan BMW–Jaguar Land Rover serta Toyota–Subaru akan bergabung dalam pengembangkan teknologi mobil listirk.

BMW dan Jaguar mengatakan akan bekerja sama untuk mengembangkan motor listrik, transmisi, dan daya elektronik kendaraan. Kerja sama BMW–Jaguar Land Rover ini merupakan bagian dari hasil peraturan kendaraan rendah emisi dan anti polusi yang mulai diterapkan pada beberapa kota besar di seluruh dunia.

dua mobil BMW dan Jaguar Land Rover yang berdampingan 
BMW dan Jaguar siap berbagi data untuk pengembangan mobil listrik

Dilansir dari BBC, anggota dewan BMW Klaus Froehlich mengatakan, "Bersama, kami memiliki kesempatan untuk melayani lebih efektif kebutuhan pelanggan dengan mempersingkat waktu pengembangan dan membawa kendaraan dan teknologi canggih dengan lebih cepat ke pasar."

>>> Ungguli Kompetitornya, Jaguar I-Pace Sabet Gelar World Car Award 2019

BMW saat ini telah mengembangkan motor listrik, transmisi dan daya elektronik yang disebut “Gen 5” dari teknologi “e-Drive”. Tim gabungan teknisi BMW dan JLR di Munich akan mengembangkan lebih lanjut teknologi Gen 5, lalu akhirnya kedua perusahaan akan menghasilkan drivetrain listrik mereka sendiri, jelas BMW.

 baterai listrik dari mesin BMW berwarna perak
BMW sedang mengembangkan motor listrik dengan Gen 5

>>> Berita pasar mobil terbaru hanya ada di Cintamobil.com

Nick Roger, Direktur Teknik JLR mengatakan, "Kami telah membuktikan bahwa kami dapat membangun mobil listrik yang mengalahkan dunia, tetapi sekarang kami perlu meningkatkan teknologi untuk mendukung generasi berikutnya dari produk Jaguar dan Land Rover."

Kerja sama Toyota dan Subaru

Setelah pengumuman BMW dan Jaguar Land Rover, Toyota dan Subaru mengkonfirmasi akan saling berbagi untuk mengembangkan platform EV. Keduanya berencana pada unit kendaraan listrik baterai (Battery Electric Vehicle) kendaraan penumpang menengah dan besar.

>>> Daftar lengkap mobil baru dan bekas untuk Anda hanya di sini

 platform Toyota dan Subaru yang dikembangkan berwarna perak
Subaru dan Toyota akan mengembangkan platform kendaraan listrik baru

Platform ini akan berfungsi sebagai basis untuk model SUV segmen C yang dijual oleh masing-masing perusahaan. Platform baru ini akan menopang beberapa jenis kendaraan, termasuk sedan serta SUV segmen C dan D. Masih belum ada rincian lebih lanjut tentang platform baru ini.

Toyota baru memperkenalkan kendaraan listrik dalam jajaran produknya, yaitu C-HR EV yang baru saja diluncurkan. Namun Toyota telah mengumumkan niatnya untuk meluncurkan kendaraan listrik di Eropa pada 2021 berdasarkan C-HR. Adapun Subaru masih jauh di belakang Toyota. Perusahaan ini hanya memiliki satu model hybrid plug-in, Crosstek PHEV.

>>> Berita mobil terlengkap bisa Anda dapatkan di Cintamobil.com

Padli Nurdin

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain