Review Mitsubishi Eclipse Cross 2021: Berevolusi Lebih Konvensional

07/11/2020

Share this post:

Mitsubishi Eclipse Cross 2021

Editor rate:

TBA

Daftar Harga Mitsubishi Eclipse Cross terbaru Lihat promo

Setelah menggebrak dunia dengan tampilannya yang berbeda, Mitsubishi Eclipse Cross 2021 kali ini dengan peningkatan sistem suspensi dan visibilitas berkendara.

Review Mitsubishi Eclipse Cross 2021: Berevolusi Lebih Konvensional
Review Mitsubishi Eclipse Cross 2021: Berevolusi Lebih Konvensional
0 Gambar

Pengantar Mitsubishi Eclipse Cross 2021

Mari kita simak spesifikasi Mitsubishi Eclipse Cross 2021 di bawah ini.

Kelebihan

Visibilitas belakang lebih baik

Peningkatan suspensi

Ada pilihan mesin hybrid

Kekurangan

Tampilan bukan selera semua orang

Diprediksi lebih mahal

Masih sedikit penjelasan tentang teknologi baru

Mitsubishi Motor Corporation (MMC) akhirnya memperkenalkan generasi kedua dari Mitsubishi Eclipse Cross 2021 yang diperkenalkan di Thailand pada 15 Oktober silam. Mengandalkan basis yang sama dengan Mitsubishi Outlander Sport yang mendapatkan perubahan mekanis tahun lalu, Eclipse Cross menghadirkan berbagai peningkatan teknologi yang ditawarkan.

Mitsubishi Eclipse Cross merupakan SUV kompak yang diproduksi pertama kali pada Oktober 2017. Baru pada Juli 2019 PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) selaku Agen Pemegang Merek (APM) Mitsubishi di Indonesia mulai memperkenalkan mobil ini ke Tanah Air. Dan di generasi kedua ini, Mitsubishi membawa Eclipse Cross menjadi lebih futuristik.

dua mobil facelift Mitsubishi Eclipse Cross 2021 berwarna merah dan putih
Tampilan perdana edisi facelift Mitsubishi Eclipse Cross 2021

“Sejak kami mulai memikirkan kembali Eclipse Cross baru, kami ingin menunjukkan sikap performa jalan yang ditingkatkan dan ramah lingkungan, semua dengan gaya yang menonjol yang akan membawa SUV ini ke level berikutnya,” kata Minoru Uehara, Chief Product Specialist MMC, yang bertanggung jawab untuk memimpin dan memfasilitasi pembuatan Eclipse Cross baru ini.

Mitsubishi tampaknya masih malu-malu dalam mengungkapkan detail lebih lanjut kehadiran model baru Eclipse Cross ini. Begitu juga dengan kepastian datangnya SUV lima tempat duduk ini di Indonesia. Namun sebelum kemunculannya di Tanah Air, simak review Mitsubishi Eclipse Cross 2021 dari tim Cintamobil.com di bawah ini.

Eksterior Mitsubishi Eclipse Cross 2021

Desain ulang Mitsubishi Eclipse Cross menawarkan peningkatan gaya yang signifikan. Model barunya menghasilkan tampilan yang lebih ramping namun tetap terlihat sporty. Membawa bahasa desain yang lebih tajam dan futuristik bagi mobil anyar Mitsubishi ini.

Review Mitsubishi Eclipse Cross 2021: Eksterior Depan

Sama seperti model baru Mitsubishi lainnya, bagian depan Eclipse Cross mengadopsi evolusi konsep desain Dynamic Shield. Tak lagi mengandalkan aksen chrome pada grille depan, ubahan terbaru memberikan aksen hitam yang membuatnya lebih sporty dibandingkan edisi perdananya. Begitu pula dengan lampu DRL yang dibuat lebih tipis untuk kesan yang lebih maskulin.

Tampilan depan Mitsubishi Eclipse Cross 2021 berwarna putih
Tampilan depan Mitsubishi Eclipse Cross 2021

Mitsubishi akhirnya memberikan pelindung bumper depan yang baru, menegaskan gaya berkendara yang sporty untuk SUV anyar Mitsubishi ini. Garis fascia depan dibuat lebih tegas, tak ketinggalan dengan lampu depan yang diletakkan pada bagian atas bumper dengan desain yang lebih tegas dibandingkan sebelumnya.

Review Mitsubishi Eclipse Cross 2021: Eksterior Samping

Tampilan samping Mitsubishi Eclipse Cross 2021 berwarna putih
Tampilan samping Mitsubishi Eclipse Cross 2021

Tak banyak yang berubah pada tampilan samping mobil ini. Dimana guratan pada sisi samping masih dipertahankan untuk menegaskan kesan maskulin. Begitu juga dengan tampilan velg two tone yang masih tetap sama dan list chrome yang mengelilingi jendela samping. Dilihat dari sisi, Eclipse Cross memberikan tampilan yang sedikit melandai pada bagian belakang, menghasilkan kesan coupe yang sering didapatkan pada SUV modern saat ini.

Review Mitsubishi Eclipse Cross 2021: Eksterior Belakang

Bukan hanya sekadar revisi wajah, bagian belakang juga mendapatkan perubahan gaya yang cukup signifikan. Eclipse Cross sekarang dilengkapi dengan kaca belakang yang jauh lebih konvensional untuk meningkatkan visibilitas dan spoiler yang dipasang pada bagian atas. Bandingkan dengan jendela yang terbagi dua secara horizontal milik generasi pertama Eclipse Cross.

Tampilan belakang Mitsubishi Eclipse Cross 2021 berwarna putih
Tampilan belakang Mitsubishi Eclipse Cross 2021

Mengikuti tampilan barunya, lampu belakang didesain ulang lebih minimalis hingga menjulang ke atap belakang. Mitsubishi sepertinya ingin menegaskan tampilan sporty dan ketangguhan mobil ini untuk berjalan di medan kasar. Terlihat dari bodi belakang yang dibuat terangkat untuk memberikan titik terendah yang lebih tinggi dari bumper belakang.

>>> Dapatkan berbagai review mobil Mitsubishi terbaru di bawah ini


Interior Mitsubishi Eclipse Cross 2021

Mitsubishi juga menawarkan pembaharuan interior yang dibuat lebih canggih dibandingkan model sebelumnya, Didominasi oleh warna hitam serta aksen perak membuat tampilan kabin juga tak kalah sporty dibandingkan eksteriornya. Senada dengan warna dashboard, trim pintu beserta warna jok mobil memberikan kesan premium pada mobil ini.

Review Mitsubishi Eclipse Cross 2021: Dashboard

Menghiasi dashboard Eclipse Cross terbaru adalah layar infotainment 8.0 inci bergaya floating dengan kemampuan kompatibilitas Apple CarPlay dan Android Auto yang dibuat lebih ergonomis dan lebih dekat ke pengemudi. Sehingga memudahkan Anda untuk mengakses berbagai fitur yang tersedia.

Dashboard Mitsubishi Eclipse Cross 2021 berwarna hitam
Dashboard Mitsubishi Eclipse Cross 2021

Perubahan yang cukup mencolok termasuk sistem kontrol touchpad yang tak lagi digunakan pada model terbaru. Mitsubishi akhirnya menambahkan tombol volume konvensional dan knop putar. Karena itu, ada beberapa ruang penyimpanan tambahan yang ditawarkan pada penghuni baris pertama.

Review Mitsubishi Eclipse Cross 2021: Setir

Setir Mitsubishi Eclipse Cross 2021 berwarna hitam
Setir Mitsubishi Eclipse Cross 2021

Sama seperti generasi pertamanya, setir tiga palang multifungsi khas Mitsubishi masih didominasi warna hitam dengan aksen perak yang tak terlalu kental. Berbagai tombol disematkan untuk memudahkan Anda mengatur berbagai fitur di dalam mobil tanpa harus memindahkan pandangan dari jalanan di depan.

Review Mitsubishi Eclipse Cross 2021: Kursi

Sayangnya belum ada detail lebih lanjut tentang tampilan dan desain kursi yang ditawarkan pada generasi terbaru ini. Hanya saja, melalui gambar yang diunggah oleh MMC terlihat bahwa Eclipse Cross memberikan beberapa perbedaan antara model yang dijual: model di pasar Jepang diberi warna abu-abu dan model untuk pasar Australia mendapatkan jok kulit berwarna hitam.

kursi Mitsubishi Eclipse Cross 2021 berwarna putih
Sekilas gambar kursi Mitsubishi Eclipse Cross 2021

Begitu pula dengan ruang kaki dan ruang kepala yang ditampilkan. Mengingat tak ada perbedaan dimensi yang diberikan, ruang kaki yang diberikan Eclipse Cross sudah cukup baik untuk penumpang di baris kedua. Lengkap dengan arm rest dan kerebahan kursi yang cukup nyaman untuk perjalanan jarak jauh.

>>> Berita paling update tentang Mitsubishi bisa Anda dapatkan di sini

Fitur Mitsubishi Eclipse Cross 2021

Fitur Mitsubishi Eclipse Cross 2021 mendapatkan peningkatan. Terlihat dari head unit layar sentuh 8 inci yang lebih besar. Sudah dilengkapi dengan kompatibilitas Android Auto dan Apple CarPlay. Untuk fitur kenyamanan di dalam kabin, kursi baris pertama sudah mendapatkan pengaturan 8 arah dilengkapi dengan pemanas.

 Fitur Mitsubishi Eclipse Cross 2021 dari layar head unit
Fitur kabin Mitsubishi Eclipse Cross 2021

Review Mitsubishi Eclipse Cross 2021: Fitur Keselamatan Aktif

Mengingat Eclipse Cross mendapatkan berbagai kesamaan dengan Outlander Sport, tak menutup kemungkinan fitur keselamatan kedua mobil akan saling berkaitan. Meski Mitsubishi belum mengungkapkan apa saja yang akan dibawa pada edisi baru ini, ada sistem 7 airbag, Hill Start Assist (HAS), Lane Change Assist (LCA), dan Blind Spot Warning (BSW) diprediksi masih dipertahankan. Belum lagi dengan sistem keselamatan anyar Mitsubishi yang bisa saja ditambahkan pada mobil ini.

>>> Promo Mitsubishi Xpander Terbaru 2020

Operasi Mitsubishi Eclipse Cross 2021

Facelift Eclipse Cross kemungkinan besar akan masih akan menggunakan mesin bensin 4-silinder 1.5L yang mampu menghasilkan hingga 150 PS dan torsi maksimal 250 Nm. Dipadukan dengan transmisi CVT (Continuously-Variable Transmission) sebagai transmisi standar dan sistem penggerak semua roda.

Dan untuk pertama kalinya, Eclipse Cross diprediksi akan hadir dengan opsi mesin plug-in hybrid (PHEV) mulai tahun 2021. Kemungkinan besar menggunakan mesin twin-motor 2.4L dari Outlander PHEV. Lengkap dengan beberapa perubahan untuk mengatasi perbedaan ukuran antara Eclipse Cross dan Outlander Sport yang lebih kecil.

mesin Mitsubishi Eclipse Cross 2021 berwarna putih
Mesin Mitsubishi Eclipse Cross 2021

Peningkatan basis dalam mobil ini termasuk perubahan suspensi dengan mengubah pegas dan diameter shockbreaker di belakang guna melengkapi mekanisme terbaru pada Eclipse Cross 2021. Mobil ini juga mencerminkan kemampuan Outlander PHEV untuk menyalurkan daya dari mobil ke rumah melalui teknologi vehicle-to-home milik Mitsubishi.

Eclipse Cross juga mendapatkan sistem Super All Wheel Control (S-AWC) yang disebut mampu handling yang lebih stabil serta kontrol yang lebih presisi. Meningkatkan rasa percaya diri ketika membawa mobil ini di berbagai kondisi jalan. “Memastikan pengemudi selalu memegang kendali untuk petualangan mereka berikutnya,” jelas Uehara.

>>> Bisakah Layanan Home Service Mitsubishi Perbaiki Recall Mobil?

Spesifikasi Mitsubishi Eclipse Cross 2021

Dimensi Mitsubishi Eclipse Cross 2021

Panjang x Lebar x Tinggi

4.404 x 1.806 x 1.689 mm

Jarak Poros Roda

2.670 mm

Ground Clearance

215 mm

Mesin Mitsubishi Eclipse Cross 2021

Tipe Mesin

1.5L 4-silinder MIVEC DOHC

Kapasitas Silinder

1.499 cc

Tenaga Maksimal

150 PS @ 6.000 rpm

Torsi Maksimal

250 Nm @ 2.000 – 3.500 rpm

Transmisi

8-kecepatan CVT

Sistem Penggerak

Front-wheel drive

Kaki-Kaki Mitsubishi Eclipse Cross 2021

Suspensi Depan

MacPherson strut

Suspensi Belakang

Multi-link

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Solid Disc

Tipe Ban

TBA

Velg

18 inci

Daftar Harga Mitsubishi Eclipse Cross 2021

Saat ini Eclipse Cross yang dipasarkan di Indonesia dibanderol mulai dari Rp 484 jutaan. Namun belum ada detail lebih lanjut mengenai harga Mitsubishi Eclipse Cross 2021. Hanya saja Mitsubishi sudah membuka keran pemesanan di negara asalnya dengan model produksi akan disalurkan akhir tahun ini. Peluncuran global Eclipse Cross diprediksi debut perdana pada awal tahun 2021 mendatang.

Kesimpulan Mitsubishi Eclipse Cross 2021

Mitsubishi Eclipse Cross 2021 memang tak mendapatkan perubahan banyak dibandingkan generasi pertama yang datang 2017 lalu. Tapi peningkatan kepraktisan di dalam kabin dengan dashboard yang lebih ergonomis serta visibilitas yang lebih baik di belakang patut menjadi perhatian. Belum lagi dengan kehadiran mesin hybrid membuat SUV 5-seater ini bisa menjadi penantang serius bagi Toyota Fortuner yang baru saja mendapatkan ubahan baru.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak review mobil yang berguna lainnya

Padli Nurdin
Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Review lain

Review Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition 2020: Xpander 'Bersuara' Amerika

Rp. 304.700.000

29/10/2020

Editor rate:

Tak hanya bernuansa serba hitam, namun Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition 2020 ini diperkuat dengan tata suara racikan negeri Paman Sam

Lihat juga

Harga Mitsubishi Outlander Sport 2017: Mid SUV dengan Fitur Lengkap nan Modern

Rp 330 jutaan

25/09/2017

Editor rate:

Pasar mobil SUV yang semakin menggeliat nampaknya dimanfaatkan betul oleh para pemain di industri otomotif. Hampir semua merek ternama mengeluarkan varian SUV dalam katalognya. Seakan tak mau ketinggalan, Mitsubishi pun melakukan hal serupa. Merek dengan logo tiga berlian itu coba menjamah pasar dengan mengeluarkan varian Outlander Sport. Mobil berjenis mid SUV ini pun ini mampu menopang sales Mitsubishi untuk menyongsong tahun 2017.

Lihat juga

Review Mitsubishi Pajero Final Edition 2020: Akhir Kisah Sebuah Legenda Reli Paris Dakar

Rp. 630.770.982

12/08/2020

Editor rate:

Inilah akhir perjalanan dari sang legenda Reli Dakar, Mitsubishi Pajero Final Edition ini dibuat hanya 700 unit untuk pasar Jepang, seberapa menarik mobil ini?

Lihat juga

Preview Mitsubishi Outlander Sport 2019

Rp 330.000.000

12/10/2018

Editor rate:

Ketika penjualan mulai menyusut di Indonesia, Mitsubishi bersiap untuk memberikan pembaharuan dengan mengeluarkan Mitsubishi Outlander Sport 2019. SUV andalan Mitsubishi ini akan menjadi pembaharuan yang ditunggu sejak pertama kali Outlander Sport diperkenalkan pada 2010 lalu.

Lihat juga

Preview Mitsubishi Eclipse Cross 2018: Racikan Baru Mitsubishi, Desain Crossover Dalam Tubuh SUV

24/07/2018

Editor rate:

Apa jadinya ketika mobil dulunya kupe dijadikan crossver? Apalagi, jika perancangnya adalah pabrikan otomotif ternama sekelas Mitsubishi dari negara Sakura. Nyatanya, produk yang diandaikan tadi sudah diproduksi dengan nama Mitsubishi Eclipse Cross. Meski produk ini nyatanya belum masuk ke Tanah Air, namun terasa menarik jika membedahnya, berharap mobil terbaru ini dihadirkan untuk skala Nasional. Mari kita simak preview Mitsubishi Eclipse Cross 2018.

Lihat juga
back to top