Review Mitsubishi Pajero Final Edition 2020: Akhir Kisah Sebuah Legenda Reli Paris Dakar

12/08/2020

Share this post:

Mitsubishi Pajero 2020

Editor rate:

Rp. 630.770.982

Harga Mitsubishi Pajero Terbaru Lihat promo

Inilah akhir perjalanan dari sang legenda Reli Dakar, Mitsubishi Pajero Final Edition ini dibuat hanya 700 unit untuk pasar Jepang, seberapa menarik mobil ini?

Review Mitsubishi Pajero Final Edition 2020: Akhir Kisah Sebuah Legenda Reli Paris Dakar
Review Mitsubishi Pajero Final Edition 2020: Akhir Kisah Sebuah Legenda Reli Paris Dakar
0 Gambar

Pengantar Mitsubishi Pajero 2020

Mari kita simak spesifikasi Mitsubishi Pajero 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Durabilitas luar biasa

Nama besar di Reli Paris Dakar

Limited hanya 700 unit

Kekurangan

Desain bodi uzur

Tidak hemat BBM

Handling tidak sebaik rival

 

Gambar Mitsubishi Pajero di Reli Paris Dakar 2001

Mitsubishi Pajero mulai mendominasi Reli Paris Dakar sejak tahun 2001

Meskipun sudah ada beberapa merek mobil yang telah mencatatkan dirinya sebagai bagian winner circle pada Reli Paris Dakar. Tapi hingga saat ini belum ada yang bisa menandingi sosok Mitsubishi Pajero di reli paling kejam di muka bumi itu. Mitsubishi Pajero telah sukses meraih kemenangan terbanyak di ajang reli Dakar dengan membawa pulang 12 gelar. Dari mulai pereli kawakan Kenjiro Shinozuka hingga sang pangeran padang pasir Stephane Peterhansel pernah merasakan ketangguhan Mitsubishi Pajero di Reli Dakar.

Gambar Mitsubishi Pajero di Reli Paris Dakar

Kejayaan di Reli Paris Dakar pada masa lalu tidak membantu market Pajero

Sayangnya, kisah sukses tidak selalu berbanding lurus dengan kenyataan market di pasar. Penurunan permintaan akan unit Mitsubishi Pajero di sejumlah negara membuat Mitsubishi Motor Corporation harus memutar otak untuk ubah strategi. Ditambah keputusan aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi yang menyatakan bahwa merek berlogo tiga berlian ini fokus di pasar Asia Tenggara dengan kendaraan bertenaga hybrid dan crossover ringan, membuat Mitsubishi Pajero harus didiscontinued.

Gambar Mitsubishi Pajero Final Edition 2020

Hanya ada 700 unit dan khusus untuk pasar Jepang

Hal tersebut memaksa Pajero harus menuju ajalnya. Namun itu bukan berita buruk, karena biasanya setelah suatu mobil stop produksi, value-nya akan semakin tinggi. Apalagi Pajero bisa dibilang sebagai ‘hero’ pada Reli Paris Dakar. So, inilah akhir perjalanan dari sang legenda, sebab untuk menandai berakhirnya produksi Pajero, Mitsubishi siap luncurkan Pajero Final Edition yang hanya dibuat 700 unit saja untuk pasar Jepang, lantas seberapa menarik mobil ini? Simak review Mitsubishi Pajero Final Edition 2020 hingga tuntas.

Eksterior Mitsubishi Pajero 2020

Review Mitsubishi Pajero Final Edition 2020: Tampilan Depan

Gambar tampilan depan Mitsubishi Pajero Final Edition 2020

Tampilan depan Pajero sangat terinspirasi MPR 14 yang berlaga di Reli Paris Dakar

Tampilan eksterior depan dari Mitsubishi Pajero Final Edition 2020 ini begitu kekar dengan bentuk mengkotak yang bisa langsung terlihat dari desain bodi depannya. Lampu depannya juga senada dengan MPR (Mitsubishi Pajero Rally) 14 yang berlaga di reli paling mematikan di dunia itu. Grille depannya juga masih horizontal biasa dan belum mengikuti bahasa desain dynamic shield khas Mitsubishi modern.

Review Mitsubishi Pajero Final Edition 2020: Tampilan Samping & Tampilan Belakang

Gambar tampilan samping dan tampilan belakang Mitsubishi Pajero Final Edition 2020

Kesan macho begitu terpancar dari mobil ini

Lanjut ke bagian sampingnya, desain kotak yang kokoh masih terlihat di bagian samping Mitsubishi Pajero Sport Final Edition 2020 ini. Penggunaan spion tanduk, footstep tebal, side moulding protector yang menyatu dengan cladding spakbor tebal serta roof rails juga menambah kesan macho. Tak lupa di bagian belakang ban serep tergantung di pintu bagasi juga menambah kesan mobil ini layak jadi mobil petualang.

>>> Layak Usung Emblem DAKAR, Ini Kiprah Mitsubishi Pajero di Reli Dakar


Interior Mitsubishi Pajero 2020

Review Mitsubishi Pajero Final Edition 2020: Layout Dashboard

Gambar layout dashboard Mitsubishi Pajero Final Edition 2020

Layout dashboard kaku

Masuk ke bagian interior Mitsubishi Pajero Final Edition 2020, aura kaku nan tangguh langsung menyambut Anda. Layout dashboardnya tinggi dan punya kontrol fitur yang terpusat pada bagian tengah dashboardnya. Meski bentuknya tidak sedinamis seperti di Pajero Sport yang sudah kekinian, namun seluruh material dari dashboard ini didominasi dengan panel soft touch.

Review Mitsubishi Pajero Final Edition 2020: Kursi

Gambar kursi depan Mitsubishi Pajero Final Edition 2020

Kursi besar + busa empuk membuatnya nikmat diduduki

Tujuh orang termasuk pengemudi dapat duduk dengan nyaman di dalam kabin Mitsubishi Pajero Final Edition 2020 ini. Hal tersebut lantaran jok di Pajero ini besar, dikombinasi dengan jok yang busanya empuk membuat saat melakukan perjalanan panjang dengan SUV besar ini menjadi menyenangkan dan tidak melelahkan. Kursi pengemudi juga sudah dapat diatur secara elektrik ke delapan arah dari tombol di samping kanan kursi.

Gambar layout kursi Mitsubishi Pajero Final Edition 2020

Tujuh kursinya dilengkapi headrest dan seatbelt yang proper

Seluruh kursi juga sudah mendapatkan headrest dan juga seatbelt yang proper. Namun tak ada gading yang tak retak, sebab kursi paling belakangnya tidak bisa dilipat dengan format 50:50 dan proses pelipatannya tidak sebaik rivalnya Toyota Land Cruiser. Lantas, untuk masuk ke kursi baris ketiga juga tidak begitu praktis, lantaran kursi tengah tidak bisa dengan cepat terlipat karena tidak memiliki mekanisme one touch tumble.

Review Mitsubishi Pajero Final Edition 2020: Detail Unik Pada Interior

Gambar scuff plate Mitsubishi Pajero Final Edition 2020

Lisplang akan terlindungi dengan adanya scuff plate ini

Detail interior pada Pajero Final Edition ini juga sedikit dibedakan dengan Pajero non edisi final. Antara lain ia dilengkapi dengan scuff plate spesial bertuliskan PAJERO pada pintu depan dan belakang guna menghindari lisplang (sill panel rangka bodi samping bawah) tergores catnya akibat terkena alas kaki baik penumpang maupun pengemudi. O ya scuff plate ini juga spesial karena bisa menyala saat pintu dibuka karena dipasang lampu di dalamnya.

Gambar injakan kaki belakang Mitsubishi Pajero Final Edition 2020

Scuff plate melindungi dari goresan halus

>>> Ini Perbedaan Antara Mitsubishi Pajero Sport Dengan Mitsubishi Pajero

Fitur Mitsubishi Pajero 2020

Review Mitsubishi Pajero Final Edition 2020: Sunroof

Gambar sunroof Mitsubishi Pajero Sport Final Edition 2020

Fitur elektrik sunroof akan disukai anak-anak

Sebagai sebuah SUV mewah, tentunya Mitsubishi Pajero Final Edition 2020 ini juga dilengkapi dengan fitur sunroof. Sunroof pada mobil ini dapat dibuka secara tilt and sliding sehingga saat berkendara di pegunungan yang mana tingkat kerapatan udaranya lebih baik dan tentunya kualitas udaranya lebih bersih dari di kota. Sayangnya, ukuran sunroof di mobil ini tidak memanjang hingga ke belakang layaknya mobil kekinian.

Review Mitsubishi Pajero Final Edition 2020: Ringkasan Fitur Keselamatan

Mitsubishi Motors Corporation tidak pernah main-main dalam hal keselamatan. Meski Mitsubishi Pajero Final Edition ini dibangun dari basis lawas, namun peranti keselamatan baik aktif maupun pasifnya cukup lengkap. Peranti seperti ABS (Anti-lock Braking System), EBD (Electronic Brake Distribution) dan BA (Brake Assist) sudah tersedia di SUV besar ini.

Gambar sistem 4x4 Mitsubishi Pajero Final Edition 2020

Sistem AWC juga berpengaruh terhadap keselamatan pengemudi saat di medan off-road

Lantas, Pajero juga dilengkapi dengan dua buah SRS airbags + curtain airbags untuk melindungi penumpang saat terjadi kecelakaan. Dan tentunya Pajero Final Edition ini sudah menggunakan konstruksi rangka Reinforced Impact Safety Evolution (RISE) yang mampu menyerap benturan saat terjadi kecelakaan, jadi kabin tetap utuh dan nyawa penumpang serta pengemudi bisa selamat.

Review Mitsubishi Pajero Final Edition 2020: In-Car Entertaiment System

Tata suara kelas wahid dihadirkan Mitsubishi pada Pajero Final Edition 2020 ini. Ia mengusung audio racikan Rockford Acoustic Design™ Premium Sound System yang asli Amerika. 12 speaker yang tersebar di seluruh kabin mobil ini ditambah dengan power amplifier berkekuatan 860 watt guna menghasilkan tata suara yang baik dan mampu membuat efek surround sound.

Gambar In-Car Entertaiment System Mitsubishi Pajero Final Edition

Rockford Fosgate tak main-main dalam mendesain sound system mobil

Sistem suara surround mampu menyeimbangkan kekuatan reproduksi speaker depan dan belakang dengan subwoofer yang kuat untuk membuat listeners merasa berada tepat di tengah-tengah aksi (konser musik). Keseimbangan suara ini juga dapat disesuaikan untuk fokus di bagian depan kursi, atau untuk memberikan keseimbangan yang merata untuk seluruh interior.

Operasi Mitsubishi Pajero 2020

Gambar Powertrain Mitsubishi Pajero Final Edition 2020

Pajero Final Edition hanya tersedia dalam varian mesin diesel

Mitsubishi Pajero Final Edition ini hanya mengusung pilihan mesin 3.2L diesel. Adalah unit berkode 4M41 yang memiliki konfigurasi 4-Silinder. Meski mesin ini termasuk unit lawas, tetapi pembaruan tetap dilakukan Mitsubishi dengan menyematkan sistem pasokan bahan bakar Common Rail Direct Injection Diesel yang diklaim sebagai mesin diesel dengan pembakaran yang bersih (Clean Diesel).

Gambar Rear Diffrential Lock Mitsubishi Pajero Final Edition 2020

Pajero juga dilengkapi diffrential lock

Mesin legendaris ini mampu menghasilkan tenaga 165 PS atau sekitar 163,5 HP pada putaran mesin 3,500 rpm serta torsi 373 Nm yang mulai dapat dirasakan sejak rotasi mesin 2,600 rpm. Tenaga dan torsi tersebut disalurkan ke semua roda melalui transmisi otomatis 5-percepatan berteknologi  INVECS-II yang juga memiliki Sports Mode guna pengemudian yang lebih agresif.

Gambar Mitsubishi Pajero Final Edition 2020

Fitur Super Select 4WD II ini membuat Pajero jago melahap trek off-road

Kehebatan manuver Mitsubishi Pajero Final Edition 2020 di trek off-road sudah tidak perlu diragukan lagi. Ia dilengkapi dengan pengaturan 4x4 dengan nama Super Select 4WD II. Fitur Super Select 4WD II ini sudah memiliki kemampuan setara dengan mobil dengan sistem full time 4WD, karena sudah mencakup fungsi-fungsi dari 4WD bersistem full time seperti 2 High, 4 High, 4 High-Lock, dan 4 Low-Lock. Hal ini dapat terjadi karena sudah ada sensor kontrol traksi pada bagian belakang yang akan membantu sistem off-road mode di Pajero.

Spesifikasi Mitsubishi Pajero 2020

Berikut ini adalah spesifikasi Mitsubishi Pajero Final Edition 2020.

Mesin Mitsubishi Pajero Final Edition 2020
 Seri mesin

 4M41, 4-Silinder, DOHC, 16 Valve, Common Rail type DI-D Clean Diesel

 Pasokan Bahan Bakar

 Electronic Common Rail Direct Injection

 Jumlah Katup

 16 Katup (2 Inlet & 2 Outlet Per Silinder)

 Tenaga Maksimum

 163,5 HP (165 PS) @ 3,500 rpm

 Torsi Maksimum

 373 NM @ 2,600 rpm

 Kapasitas Silinder

 3,200 cc

 Bore X Stroke

 98,5 mm X 105,0 mm

 Tipe Transmisi

 INVECS-II 5-speed automatic with Sports Mode, Penggerak 4 Roda

  Rangka Mitsubishi Pajero Final Edition 2020
  Panjang X Lebar X Tinggi

 4,900 mm X 1,875 mm X 1,870 mm (1,900 dengan roof rail)

 Jarak Sumbu Roda

 2,780 mm

 Jarak Terendah Ke Tanah

 235 mm

 Radius Putar

 5,7 Meter
 Kapasitas Tangki

 88 Liter

  Suspensi/Kaki-Kaki Mitsubishi Pajero Final Edition 2020
 Suspensi Depan & Belakang

 Depan: Double-wishbone, coil springs with stabilizer bar

 Belakang: Multi-link, coil springs with stabilizer bar

 Sistem Kemudi

 Rack And Pinion, with Hydraulic Power Assisted

 Rem Depan & Belakang

 Ventilated Disc Brake 4 Pots & Ventilated Disc

 Teknologi Sistem Pengereman  ABS + EBD + BA + ASTC
 Teknologi Safety Sasis

 Reinforced Impact Safety Evolution (RISE) Body

 Struktur Sasis

 Monokok with built in Ladder Frame, SUV D-Segment

 Pelek

 Alloy, 17 inch

 Jenis Ban

 Radial, 265/65R17

Daftar Harga Mitsubishi Pajero 2020

Gambar tampilan depan Mitsubishi Pajero

Pajero Final Edition khusus untuk pasar Jepang

Mitsubishi Pajero Final Edition 2020 ini dijual dengan harga 4.530.600 Yen atau jika dirupiahkan sekitar Rp 630.770.982. Mahal? Tidak juga, sebab ia hanya diproduksi sebanyak 700 unit dan hanya untuk pasar Jepang, setelah tahun 2021 pabrik yang memproduksi Pajero akan tutup dan mobil ini tak akan diproduksi lagi. So, mobil ini kemungkinan juga bisa menjadi mobil untuk investasi mengingat populasinya yang (akan) langka.

Kesimpulan Mitsubishi Pajero 2020

Gambar ilustrasi kesimpulan review Mitsubishi Pajero Final Edition 2020

Berminta beli mobil ini? Coba ke IU atau langsung kontak PT MMKSI

Jika Anda mencari mobil dengan cita rasa tangguh dan memiliki nama besar di kancah Reli Paris Dakar, maka mobil Mitsubishi Pajero Final Edition 2020 ini layak untuk Anda miliki. Sayangnya, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) tidak atau mungkin belum menjual mobil ini ke Tanah Air. Namun, jangan khawatir ada banyak Importir Umum (IU) yang siap untuk membantu Anda mendatangkan mobil ini ke Tanah Air jika lembaran Rupiah bukan jadi hambatan.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Review lain

Review New Mitsubishi Pajero Sport 2019, SUV Ladder Frame Tercanggih Di Kelasnya

31/07/2019

Editor rate:

Kemarin (26/7) Mitsubishi Motors Thailand meluncurkan generasi terbaru dari Pajero Sport. SUV ladder frame yang juga nge-hits di Indonesia ini akhirnya mendapat tampilan baru dan segudang fitur terkini yang membuat New Mitsubishi Pajero Sport 2019 menjadi SUV ladder frame tercanggih di kelasnya. Apakah ia akan segera masuk Indonesia atau secara mengejutkan dipajang di GIIAS 2019?

Lihat juga

Review Mitsubishi Pajero Sport Rockford Fosgate Black Edition 2019, SUV Jepang Dengan Sentuhan Suara Amerika

31/07/2019

Editor rate:

Mobil ini bukan hanya diciptakan oleh Mitsubishi untuk Anda yang senang tampil beda, namun mobil Mitsubishi Pajero Sport Rockford Fosgate Black Edition 2019 ini tercipta untuk Anda yang suka berpetualang, dan penikmat musik. Karena kami sudah membuktikan sendiri kualitas suara dari Rockford Fosgate yang aseli Amerika sangat mewakili tagline Let's Rock And Road ini.

Lihat juga

Review Mitsubishi Pajero Sport Exceed 4x2 AT 2019, Lebih Terjangkau Dan Tampil Tetap Bergaya

28/07/2019

Editor rate:

Jika Anda berminat meminang Mitusbishi Pajero Sport baru namun kocek Anda terbatas dan Anda hanya kepincut modelnya saja serta tidak masalah menggunakan mesin lawas, maka mobil ini adalah untuk Anda. Berikut ini adalah ulasan lengkap kami terhadap mobil Mitsubishi Pajero Sport Exceed 4x2 AT 2019 yang bisa didapat dengan harga lebih terjangkau namun tetap bergaya.

Lihat juga

Review Mitsubishi Fuso eCanter 2020: Truk Listrik Canggih Seharga 6 Pajero

TBA

12/03/2020

Editor rate:

PT Krama Yudha Tiga Berlian seakan tidak ingin ketinggalan memamerkan truk listrik andalan mereka di GIICOMVEC 2020, inilah review Mitsubishi Fuso eCanter 2020

Lihat juga

Review Mitsubishi Pajero Sport 2009: Harganya Murah, Kini Semua Orang Sudah Bisa Memilikinya

12/09/2019

Editor rate:

Mobil penakluk medan berat ini, muncul perdana di Indonesia pada tahun 2009. Yap, Mitsubishi Pajero Sport nama lengkapnya. Sebuah Sport Utility Vehicle (SUV) yang punya tubuh kekar dan performa tangguh. Ada rencana membelinya? Lihat dulu review Mitsubishi Pajero Sport 2009 berikut ini.

Lihat juga
back to top