Review Jaguar X-Type 2005: Sedan Mewah Murah Untuk Anda Berjiwa Aristokrat

17/08/2019

Share this post:

Jaguar X Type 2005

Editor rate:

Lihat promo

Jaguar X-Type memang tidak sepopuler compact luxury sedan Jerman di Indonesia. Tapi jika Anda ingin tampil keren dan berkelas, sedan bekas ini bisa jadi pilihan dengan harga semurah mobil baru LCGC. Enggak percaya?

Review Jaguar X-Type 2005: Sedan Mewah Murah Untuk Anda Berjiwa Aristokrat
Review Jaguar X-Type 2005: Sedan Mewah Murah Untuk Anda Berjiwa Aristokrat
0 Gambar

Pengantar Jaguar X Type 2005

Mari kita simak spesifikasi Jaguar X Type 2005 di bawah ini.

Kelebihan

Desain eksterior khas Jaguar lawas yang aristokrat

Mesin bertenaga dengan sistem penggerak all-wheel drive

Harga bekas kini bisa didapat seharga mobil baru LCGC

Kekurangan

Selera lebih "segmented" dibanding rival-rival sedan dari Jerman

Lebih boros BBM dibanding rival-rivalnya yang hanya berpenggerak roda belakang

Biaya perawatan tinggi

Review Jaguar X-Type 2005 - Dalam khazanah mobil sedan mewah di Indonesia, nama Jaguar pada era sebelum tahun 2010 bisa dibilang identik dengan istilah "anak lama". Dibandingkan brand mobil Jerman yang mendominasi pasar mobil premium di Indonesia, nama Jaguar yang membawa bendera Inggris memang memiliki peminat yang lebih segmented. Apalagi Jaguar di era Millenium (sebelum 2010) memiliki line-up mobil sedan sampai sportscar bergaya aristokrat, atau sederhananya buat segmen bapak-bapak. 

Tapi seiring trend penikmat mobil di masa kini yang mulai menggemari gaya klasik dan berkelas, mobil sedan Jaguar mulai dicari sebagai salah satu pilihan generasi masa kini yang ingin tampil berkelas dengan saldo tabungan terjangkau. Sebab di pasar mobil bekas saat ini, harga bekas Jaguar sedan keluaran lawas sudah bisa ditemukan dengan harga setara dengan harga mobil baru LCGC!

Dua Model Jaguar X-Type dilihat dari sisi samping berwarna silver

Jaguar X-Type tersedia dalam versi estate dan sedan

Salah satu model mobil bekas Jaguar yang harga bekasnya semakin terjangkau adalah Jaguar X-Type. Masuk ke dalam kategori compact luxury sedan, Jaguar X-Type pada masanya bersaing dengan BMW 3 Series, Audi A4, dan Mercedes-Benz S-Class. Jaguar X-Type secara global diproduksi dari tahun 2001 sampai 2009, dan posisi yang ditinggalkan oleh Jaguar X-Type diisi oleh Jaguar XE.

Dengan usia yang cukup panjang, apakah layak menghabiskan biaya seharga mobil baru LCGC untuk membeli mobil sedan Jaguar X-Type? Untuk itu simak terus ulasan selengkapnya di review Jaguar X-Type 2005.

Eksterior Jaguar X Type 2005

Review Jaguar X-Type 2005: Eksterior Depan

Gambar menunjukkan eksterior depan Jaguar X-Type 2005

Tampilan eksterior depan Jaguar X-Type 2005

Jaguar X-Type 2005 yang sedang Anda lihat memiliki beberapa identitas aristokrat layaknya model sedan Jaguar di era peralihan dari klasik ke millenium. Memiliki lampu headlight xenon berteknologi automatic levelling, pada area fascia depan Anda akan langsung mengenali identitas Jaguar lewat "patung" Jaguar yang ditempatkan di engine hood dekat dengan grille horizontal berkelir chrome. Engine hood sendiri memiliki lekuk mengikuti format bundar pada area headlight. Air intake sedan Jaguar bekas ini berada di bumper bawah, berdekatan dengan foglamp depan.

Review Jaguar X-Type 2005: Eksterior Samping

Gambar menunjukkan eksterior samping Jaguar X-Type 2005

Tampilan eksterior samping Jaguar X-Type 2005

Dari sisi samping, sedan Jaguar berdimensi 4,672 mm x 2,000 mm x 1,390 mm ( P x L x T) ini tampak begitu berkelas dengan aksen chrome pada side body moulding, serta penggunaan pelek ring 16 inci. Uniknya, untuk mobil produksi tahun 2005 seperti Jaguar X-Type ini sudah menggunakan power foldback mirror, dimana kaca spion bisa terlipat otomatis saat mobil terkunci. 

Review Jaguar X-Type 2005: Eksterior Belakang

Gambar menunjukkan eksterior belakang Jaguar X-Type 2005

Tampilan eksterior belakang Jaguar X-Type 2005

Dari sisi belakang, Jaguar X-Type 2005 membawa sentuhan desain Jaguar yang kental nuansa aristokrat melalui aksen chrome di sisi bumper, dipadukan bentuk bagasi yang cenderung pipih dan terinspirasi oleh bentuk S-Class dan XJ-Class, yang notabene merupakan "kakak" dari sang sedan asal Inggris ini. Untuk mekanisme bagasi masih bersifat manual tanpa tombol penutup pintu bagasi.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Jaguar X Type 2005

Review Jaguar X-Type 2005: Dashboard & Setir

Gambar menunjukkan Dashboard & Setir Jaguar X-Type 2005

Tampilan dashboard dan setir Jaguar X-Type 2005

Memasuki area interior, Jaguar X-Type 2005 tampil dengan format yang menonjolkan aura sporty dan berkelas. Material yang tersedia di dashboard semuanya menggunakan leather dengan perpaduan aksen trim carbon fibre. Pengaturan di setir difokuskan untuk audio, namun pada jok sudah menggunakan detil leather. Detil cukup menarik adalah di sektor konsol tengah, tuas transmisi otomatis dibuat dengan alur J-Gate yang membuat perpindahan tuas transmisi seperti huruf J. Sedangkan central cluster menjadi tempat pengaturan climate control, dan sistem audio Jaguar Alpine.

Review Jaguar X-Type 2005: Jok & Bagasi

Gambar menunjukkan Jok Jaguar X-Type 2005

Tampilan jok Jaguar X-Type 2005

Jok Jaguar X-Type 2005 menggunakan bahan leather berkualitas yang dipadukan pengaturan elektrik pada kursi depan, serta penyimpanan memori di sisi pengemudi. Sedangkan untuk sisi penumpang belakang tersedia armrest, yang bisa terhubung dengan ruang bagasi belakang. Kalau bicara soal kapasitas bagasi, Jaguar X-Type 2005 memiliki kapasitas ruang bagasi sebesar 452 liter, dan bisa ditambahkan lewat pelipatan jok belakang menggunakan format 70:30.

>>> Baca juga:

Fitur Jaguar X Type 2005

Review Jaguar X-Type 2005: Fitur Hiburan

Gambar menunjukkan sistem audio Jaguar X-Type 2005

Tampilan sistem audio Jaguar Alpine Sound System pada Jaguar X-Type 2005

Sistem hiburan Jaguar X-Type 2005 menggunakan head unit integrasi Jaguar Alpine Sound System. Kemampuan fitur hiburan Jaguar X-Type 2005 ini selain bisa terkoneksi dengan sistem telepon, juga mampu memutarkan CD-Player dan Radio Player, serta tersedia CD Changer terpisah. Kualitas suara yang disajikan cukup mumpuni karena dukungan 6 speaker, yang uniknya pada lingkar grille speaker diberikan aksen chrome agar terkesan lebih premium.

Review Jaguar X-Type 2005: Fitur Berkendara & Keselamatan 

Gambar menunjukkan tombol sistem kestabilan berkendara Jaguar X-Type 2005

Tombol Dynamic Stability Control pada Jaguar X-Type 2005

Sistem berkendara pada Jaguar X-Type 2005 sudah tergolong mumpuni dan cerdas untuk sedan di kelasnya. Dalam kondisi standar, mobil ini selain mengedepankan ABS dan EBD, juga didukung Cruise Control, sensor Park Assist, Electronic Traction Control, Emergency Brake Assist, serta Dynamic Stability Control. Khusus tombol Dynamic Stability Control bisa di non-aktifkan lewat tombol di bawah tuas transmisi. Dan sebagai pendukung keselamatan berkendara, mobil ini dilengkapi airbag di sisi pengemudi dan penumpang depan, serta di sepanjang area sisi tirai.

>>> 10 Model Mobil Sedan Luas Dan Nyaman Pada Tahun 2017

Operasi Jaguar X Type 2005

Gambar menunjukkan mesin Jaguar X-Type 2005

Ruang mesin Jaguar X-Type 2005

Jaguar X-Type 2005 menggunakan mesin 2.5 liter V6 24-valve berpadukan transmisi otomatis 5-percepatan, yang berdasarkan klaim Jaguar bisa menghasilkan tenaga 196 PS dan torsi 178 Nm. Untuk bisa berlari dari 0-100 km/jam mobil ini hanya butuh 8.9 detik, serta kecepatan puncak mobil ini berada di 220 km/jam. Menariknya, jika rival-rival Jaguar X-Type banyak menggunakan sistem penggerak roda belakang, Jaguar berani mengadopsi sistem Traction All-Wheel Drive sehingga secara kemampuan berkendara di medan licin lebih aman dan piawai. 

Kami berkesempatan melakukan test drive Jaguar X-Type 2005 dalam waktu singkat, dimana mobil yang kami coba merupakan milik salah satu diler mobil bekas Poins Auto Gallery. Secara karakter setir sekalipun berusia tua, masih cukup presisi dan terasa memiliki bobot kemudi yang agak berat. Selain itu suspensi yang menggunakan Sport Suspension juga membuat bantingan suspensi mobil ini cenderung firm dan kaku. Jadi saat kondisi jalanan mulus akan terasa nyaman tapi saat melewati jalanan tidak rata maka bisa langsung terbaca oleh tubuh pengemudi. 

>>> Review Jaguar E-Pace 2019: Suksesor Kejayaan Jaguar F-Pace

Spesifikasi Jaguar X Type 2005

SPESIFIKASI JAGUAR X-TYPE 2005

Mesin

Tipe mesin

2.5L V-6 Engine

Tenaga maksimum

196 PS @6800 rpm

Torsi maksimum

178 Nm @3000 rpm

Penggerak

Traction All Wheel Drive

Transmisi

5-speed

Dimensi

Panjang

4672 mm

Lebar

1789 mm

Tinggi

1392 mm

Jarak sumbu roda

2710 mm

Ban

Ukuran ban

205/55

Ukuran pelek

R16

Safety

ABS

Ada

EBD

Ada

SRS Airbag

Ada

Seatbelt Pretentioner

Ada

Rear Seatbelt

Ada (Tiga Titik)

Rating NCAP

Empat (4) Bintang

Daftar Harga Jaguar X Type 2005

Secara kisaran harga, mobil bekas Jaguar X-Type bisa didapat di rentang harga Rp115 jutaan sampai Rp150 jutaan. Anda bisa mencari mobil bekas Jaguar X-Type kondisi terbaik secara mudah dan cepat hanya melalui platform Cintamobil.com.

>>> Mari cek harga dan promo mobil Jaguar lainnya di sini

Kesimpulan Jaguar X Type 2005

Memang jika berkaca dalam bracket harga, sudah menjadi hal yang biasa untuk sebuah sedan mewah keluaran 2000an harganya berada di kisaran Rp100 jutaan. Tapi untuk Jaguar X-Type, memiliki kekuatan tersendiri di banding brand Jerman. Populasinya yang cukup terbatas, serta tampilannya yang aristokrat, cukup bisa menampilkan presensi bahwa siapapun pengemudi yang ada di dalamnya merupakan "orang kaya lama". Plus juga secara kemewahan mobil ini tidak kalah menarik dibandingkan rival-rivalnya dari tanah Jerman. Untuk itu, apabila Anda adalah seorang individu sukses yang memang menginginkan sedan mewah Eropa, harga terjangkau, penampilan unik dan berkelas, tidak ada salahnya melirik sedan bekas Jaguar X-Type ini.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Hafizh Fauzan
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

back to top