Review Jaguar E-Pace 2019: Suksesor Kejayaan Jaguar F-Pace

12/12/2018

Share this post:

Jaguar E-Pace 2019

Editor rate:

Lihat promo

Jaguar memang telah terlambat dalam memasuki pasar SUV yang sedang menarik perhatian produsen beberapa waktu belakangan. Namun, seperti seorang bintang yang muncul di detik-detik terakhir, Jaguar F-Pace 2019 muncul dan menjadi model penjualan tercepat dalam sejarah merek Inggris tersebut. Dan hadirlah sang adik, Jaguar E-Pace 2019.

Review Jaguar E-Pace 2019: Suksesor Kejayaan Jaguar F-Pace
Review Jaguar E-Pace 2019: Suksesor Kejayaan Jaguar F-Pace
0 Gambar

Pengantar Jaguar E-Pace 2019

Mari kita simak spesifikasi Jaguar E-Pace 2019 di bawah ini.

Kelebihan

Desain yang terlihat tajam serta gagah

Kekuatan besar jika dibandingkan dengan bodi SUV kompak

Mobil yang menyenangkan untuk dikendarai

Kekurangan

Beberapa teknologi sedikit mengganggu, seperti sensor parkir terkadang bermasalah

Interior meskipun terlihat nyaman, namun masih ada beberapa material yang terkesan murah

Review Jaguar E-Pace 2019Jaguar E-Pace 2019 adalah Jaguar modern sepenuhnya, Seperti yang Anda lihat, SUV sporty dengan perawakan yang modis. Muncul dengan warna trendi, seperti “Ceasium Blue” yang bersemangat dan mencolok, “Borasco Grey” dengan aksen yang menunjukan tahun 1960-an.

Gambar Jaguar F-Pace

Jaguar F-Pace yang menjadi basis E-Pace

Dengan gaya kekinian, Jaguar sukses menggaet pasar Inggris dan Eropa. Ian Callum, Kepala Stylist Jaguar mengawasi tampilannya. Dan tidak mengherankan. Dengan lipatan tajam yang memberikannya tampilan dinamis, E-Pace disebut menjadi suksesor F-Pace dengan desain kompak untuk keluarga kecil dan pengendaraan perkotaan yang menyenangkan.

Tapi jangan bingung dengan namanya. E-Pace bukan berarti “Electric”, atau mobil listrik. Jaguar tidak menawarkan plug-in hibrida atau versi baterai untuk mobil ini. Meskipun diberikan, Jaguar mungkin tidak akan menambahkannya hingga setelah 2021 mendatang. Tapi jika Anda menginginkan mobil listrik Jaguar, Anda bisa mengambil I-Pace. Untuk E-Pace, hanya pembakaran internal.

Gambar Jaguar E-Pace 2019

Desain baru Jaguar E-Pace 2019

Apa saja yang diberikan oleh E-Pace untuk penggemar SUV yang semakin membludak? Intip review Jaguar E-Pace 2019 lebih lanjut dari Cintamobil.com berikut ini.

Eksterior Jaguar E-Pace 2019

Dari eksterior Jaguar E-Pace 2019 sendiri, mobil ini adalah model paling kompak dalam jajaran Jaguar dalam hal wheelbase (2.681 mm) dan panjang keseluruhan (4.411 mm). Namun proporsi ruang kargo cukup murah hari, dengan proporsi keseluruhan yang lebih baik dibandingkan saudaranya yang terkenal, F-Pace. Tim desain Jaguar layak mendapatkan kredit karena melangkah lebih jauh memberikan desain yang sederhana namun tetap menarik.

Review Jaguar E-Pace 2019: Eksterior Depan

Mengambil inspirasi dari coupé F-Type kebanggaan Jaguar, eksterior depan Jaguar E-Pace 2019 mendapatkan detail menarik, seperti lampu depan berbentuk oval dan membungkus front-end mendapatkan desain ekstrem mobil. Pahatan kap dan punggung yang berotot, E-Pace menampilkan desain yang dinamis dan gesit beraksen garis coupé.

Gambar tampilan depan Jaguar E-Pace 2019

Tampilan depan Jaguar E-Pace 2019

Tampilan lampu LED yang ramping dan disertai dengan lampu Matrix LED dengan lampu Daytime Running serta Animated Directional Indicators meningkatkan keselamatan selama berkendara di siang maupun malam hari.

Review Jaguar E-Pace 2019: Eksterior Samping

Gambar tampilan samping Jaguar E-Pace 2019

Tampilan samping Jaguar E-Pace 2019

Layaknya SUV kompak lainnya, dimensi eksterior samping Jaguar E-Pace 2019 tidak begitu besar dan masih mengikuti F-Pace. Bagian samping dipermanis dengan hiasan yang berada di atas roda, bagian E-Pace juga mendapatkan rear-roof spoiler dengan pisau aerodinamis di belakang. Dan karena modelnya cukup ringkas dan kompak, body roll dijaga tetap minimum sehingga Anda bisa menikung tanpa harus terlalu memperhatikan bagian samping.

Review Jaguar E-Pace 2019: ​Eksterior Belakang

Gambar tampilan belakang Jaguar E-Pace 2019

Tampilan belakang Jaguar E-Pace 2019

Jika dibandingkan dengan Jaguar F-Pace yang menjadi panutan mobil ini, eksterior belakang Jaguar E-Pace 2019 bisa dibilang memiliki beberapa perbedaan. Lampu belakang dibuat lebih tebal tanpa ada aksen lingkaran di bagian dalam. Knalpot terbagi di dua sisi dengan bumper dan buritan yang lebih bersegi.

>>> Dapatkan review Jaguar selanjutnya di sini:

Interior Jaguar E-Pace 2019

Pada interior Jaguar E-Pace 2019, setiap komponen dirancang untuk memberikan pengalaman mulus dengan ruang kabin dibuat khusus untuk kenyamanan pengemudi. Jaguar menyebutnya “kopit yang membungkus di sekitar pengemudi”. Anda juga bisa memilih berbagai koleksi material dan tekstur premium serta kombinasi warna kabin.

Review Jaguar E-Pace 2019: ​Dasbor

Gambar dasbor Jaguar E-Pace 2019

Dasbor Jaguar E-Pace 2019

Dasbor Jaguar E-Pace 2019 mendapatkan layar sentuh Touch Pro 10 inci dengan radio DAB dan Bluetooth. Namun masalahnya, banyak ulasan yang mengungkapkan terdapat material plastik murah pada bagian kabin yang membuat nuansa elegan dan mewah keseluruhan model turun. Panel samping interaktif memungkinkan Anda memilih tampilan, sehingga area layar utama bisa digunakan untuk navigasi, sedangkan panel samping menyediakan kontrol telepon.

Review Jaguar E-Pace 2019: ​Kemudi

Gambar kemudi Jaguar E-Pace 2019

Kemudi Jaguar E-Pace 2019

Sedangkan untuk kenyamanan menyetir mobil ini, kemudi Jaguar E-Pace 2019 dibuat lebih nyaman digenggam dengan cover kulit. Dan seperti mobil modern lainnya, E-Pace mendapatkan Head-up Display (HUD) opsional yang menyajikan data kendaraan di layar depan. Dengan fitur grafis penuh warna yang jernih beresolusi tinggi, HUD Jaguar memungkinkan Anda melihat semua input pengemudian dan informasi dengan mudah.

Review Jaguar E-Pace 2019: ​Kursi

Gambar kursi Jaguar E-Pace 2019

Kursi Jaguar E-Pace 2019

Terbungkus rapi dengan cover kulit, kursi Jaguar E-Pace 2019 hadir eksklusif untuk paket kursi kulit 18-way Windsor opsional. Dan sama seperti SUV kompak pada umumnya, SUV E-Pace mendapatkan jatah 5 kursi dengan pembagian 40/60 pada bagian belakang yang bisa dilipat untuk memberikan ruang yang lebih besar pada bagasi belakang.

Review Jaguar E-Pace 2019: ​Bagasi

Gambar bagasi Jaguar E-Pace 2019

Bagasi Jaguar E-Pace 2019

Jika dibandingkan dengan perannya sebagai SUV kompak, bagasi Jaguar E-Pace 2019 ternyata tidak begitu kecil. Ruang 425 liter jelas lumayan besar untuk model menengah. Tetapi jika Anda membutuhkan ruang ekstra, Anda bisa melipat kursi baris kedua dan E-Pace akan menyediakan ruang kompartemen sebesar 1.234 liter di belakang.

>>> Berita terbaru seputar Jaguar bisa Anda dapatkan di sini

Fitur Jaguar E-Pace 2019

Di bawah kulitnya, fitur Jaguar E-Pace 2019 menawarkan berbagai peningkatan teknologi. Seperti mobil paling mahal saat ini, ada switch untuk memindahkan transmisi, rem, hingga pengaturan mesin dari eco yang memberikan kenyamanan ke pengaturan sporty untuk pengendaraan yang lebih menegangkan. Sedangkan InControl khas Jaguar akan memberikan rangkaian teknologi canggih yang menghubungkan Anda dan E-Pace Anda ke dunia yang lebih luas.

Fitur InControl yang ditanamkan pada Jaguar E-Pace

Review Jaguar E-Pace 2019: Fitur “Smart Settings”

Modernitas mobil ini mendapatkan “Smart Settings” yang terlihat sangat menjanjikan. Teknologi ini akan ‘belajar” tentang preferensi pribadi Anda, termasuk gaya mengemudi, selera musik, hingga suhu lingkungan yang ideal. Jaguar mengklaim bahwa teknologi ini didorong oleh algoritma dan menandai kecerdasan buatan di mobil mereka.

Review Jaguar E-Pace 2019: Jaguar Active Key

Kunci aktivasi Jaguar E-Pace 2019 yang bernama Jaguar Active Key muncul sebagai opsi yang tersedia di mobil ini. Dengan gelang karet seharga $ 400 (atau hampir setara Rp 6 juta) terlihat seperti gelang olahraga, namun tahan air dan debu. Memiliki teknologi kunci pintar RF yang dapat digunakan untuk mengunci dan membuka E-Pace dengan aman. Dengan teknologi ini, Anda bisa bepergian dan liburan kemana saja tanpa takut kunci fob Anda basah dan rusak.

Review Jaguar E-Pace 2019: Fitur Keselamatan Aktif

Gambar kaki-kaki Jaguar E-Pace 2019

Berbagai fitur dan kaki-kaki Jaguar E-Pace 2019

Edisi pertama pada fitur keselamatan aktif Jaguar E-Pace 2019 menawarkan kontrol pelayaran adaptif yang bekerja dalam lalu lintas stop-and-go, peringatan tabrakan depan, dan bantuan jalur. Jaguar juga menyertakan sensor parkir pada bagian depan dan belakang untuk memudahkan pengemudi selama berkendara di jalanan kota yang padat.

Operasi Jaguar E-Pace 2019

Ruang mesin adalah rumah bagi mesin 4 silinder berkapasitas 2.0 liter milik Jaguar. Sistem operasi Jaguar E-Pace 2019 mampu menghasilkan 246 daya kuda dengan torsi 365 Nm. Tetapi model yang dilengkapi dengan kinerja R-Dynamic menambahkan peningkatan output menjadi 296 daya kuda dan 400 Nm torsi maksimal.

Namun dari kedua mesin tersebut, E-Pace tetap mengirimkan kekuatan ke sistem all-wheel-drive standar melalui transmisi otomatis sembilan kecepatan. Bahkan dengan “hanya” 246 daya kuda, percepatan yang responsif tercatat 6.6 detik (untuk 0-100 km/jam), atau 6.1 detik ketika menggunakan R-Dynamic.

Gambar mesin Jaguar E-Pace 2019

Mesin dinamis Jaguar E-Pace 2019

Penanganan sasis yang lebih baik dan suspense sporty memberikan kenyamanan selama berkendara. Model R-Dynamic memiliki suspensi adaptif yang memperluas dinamisme kenyamanan E-Pace. Namun bagi Anda yang ingin memacu mobil ini lebih cepat, Anda juga bisa menggunakan pengaturan Sport, menawarkan kemudi yang ketat dan responsif.

Spesifikasi Jaguar E-Pace 2019

Jaguar sudah menampilkan spesifikasi Jaguar E-Pace 2019 dalam laman resmi mereka di Indonesia. Namun seperti apa detail SUV kompak ini? Berikut keterangan lengkapnya.

Dimensi Jaguar E-Pace 2019

Panjang x Lebar x Tinggi

4.411 mm x 1.984 mm x 1.649 mm

Jarak Poros Roda

2.681 mm

Ground Clearance

204.2 mm

Volume Bagasi

577 liter (1.234 liter saat kursi belakang dilipat)

Berat Mobil

2.400 kg

Mesin Jaguar E-Pace 2019

Tipe Mesin

2.0 liter 4 silinder Ingenium

Isi Silinder

1.997 cc

Tenaga Maksimal

245 dk @ 5.500 rpm

Torsi Maksimal

405 Nm @ 1.300 – 4.500 mm

Percepatan (0-100 km/jam)

7.1 detik

Kecepatan Tertinggi

231 km/jam

Transmisi

9 Kecepatan otomatis

Kaki-Kaki Jaguar E-Pace 2019

Suspensi Depan

Independent front strut suspension w/anti-roll bar

Suspensi Belakang

Rear coil springs

Tipe Ban

P235/65VR17.0 BSW AS

Velg

17 Inci (dengan opsi 18 dan 20 inci)

Daftar Harga Jaguar E-Pace 2019

Meskipun Jaguar sudah menampilan E-Pace dalam situs resmi mereka di Indonesia, namun pabrikan asal Inggris ini belum mau mengungkapkan berapa harga Jaguar E-Pace 2019. Namun jika menilik harga E-Pace yang dijual di Inggris, maka harganya tercatat.

Model

Harga Jaguar E-Pace 2019

Jaguar E-Pace

£28,930

Jaguar E-Pace R-Dynamic

£30,320

Kesimpulan Jaguar E-Pace 2019

Sebagai paket keseluruhan, Jaguar E-Pace 2019 merupakan salah satu opsi terbatas pada pasar SUV kompak. Tetapi masih ada beberapa ruang untuk perbaikan. Pengaturan sasis memungkinkan Anda mengendarai mobil ini di jalanan yang sedikit bergelombang, tetapi Anda perlu mengubah sedikit pengaturan suspensi jika Anda ingin berkendara dengan mulus.

Gambar pengendaraan Jaguar E-Pace 2019

Pengendaraan terbaru dari Jaguar E-Pace 2019

Untuk bagian dalam, beberapa plastik interior terlihat kurang memenuhi standar. Meskipun peralatan yang ditawarkan dari tingkat dasar terbilang cukup bagus jika dibandingkan dengan kompetitor. Dan sedikit membenarkan harganya yang lebih mahal jika dibandingkan dengan mobil lain di segmennya. Namun kepraktisan serta penampilannya yang menarik dan elegan membuat mobil ini sangat layak untuk dipertimbangkan.

Padli Nurdin
Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

back to top