Kepala Desain Jaguar Jelaskan Bahaya Layar Sentuh Besar pada Mobil

29/04/2019

Pengemudian
Share this post:
Kepala Desain Jaguar Jelaskan Bahaya Layar Sentuh Besar pada Mobil
Bagi mereka yang lebih suka kontrol fisik dibandingkan layar sentuh besar pada mobil, penemuan selama beberapa tahun terakhir mungkin menyebalkan. Namun kepala desain Jaguar menyebutkan bahaya layar sentuh besar bagi pengemudi.

Selama 20 tahun, Callum adalah teknisi Jaguar Land Rover yang sebagian besar bertanggung jawab untuk modernisasi jajaran Jaguar, meninggalkan tampilan retro-nya. Ketika sedang memperkenalkan sedan Jaguar XE di sebuah diler di Manhattan, ia menjelaskan bahaya layar sentuh besar pada mobil ketika diwawancarai oleh Automotive News.

pengendara yang menekan layar sentuh ketika sedang menyetir

Layar sentuh yang besar bisa mengalihkan pandangan pengemudi pada jalan

“Jika Anda berkendara dalam kecepatan 130 km/jam hingga 140 km/jam – yang bisa dilakukan pada beberapa negara secara legal – distraksi pada layar sentuh akan berbahaya. Pengemudi dibutuhkan untuk berkendara tanpa melihat (layar sentuh) lebih dari 1 milidetik," jelas Callum.

>>> Inovasi Baru, Teknologi Kemudi Hyundai Dipenuhi dengan Kemudi Layar Sentuh

Tesla Model 3 bisa dibilang contoh paling ekstrim dari tren desain ini, dimana layar sentuh besar pada tengah dasbor menangani sebagian besar fitur mobil. Sedangkan Jaguar XE memiliki sistem layar ganda yang menunjukan informasi utama pada mobil, bahkan hal-hal kecil seperti kontrol iklim. Namun mobil ini juga masih memiliki kontrol taktil. Dimana, jelas Callum, adalah untuk memberikan pengemudi rasa mekanis pada kendaraan.

interior Jaguar XE dengan kontrol taktil berwarna hitam

Interior Jaguar XE yang masih memiliki desain kontrol taktil

Sedangkan mobil paling maju secara teknis dalam dunia otomotif – baik itu Formula 1, Formula E, atau Le Mans – masih memiliki sejumlah kontrol fisik pada kabin atau setir. Dengan semua kemajuan teknologi, kendaraan yang seringkali dipacu dengan kecepatan tinggi ini bisa saja menggunakan layar sentuh pada dasbor atau setir.

>>> Temukan artikel tentang pengemudi lainnya hanya di Cintamobil.com

Namun tim balap membuat tombol dan switchgear sesederhana mungkin untuk digunakan karena prioritas mereka adalah perhatian pembalap pada jalur balapan. Tentu saja, berkendara pada kecepatan tinggi membutuhkan fokus dan konsentrasi penuh pada lintasan.

dasbor Tesla Model 3 dengan layar berwarna putih

Layar sentuh besar yang memenuhi dasbor Tesla Model 3

Layar sentuh yang besar awalnya dipopulerkan oleh Tesla Model S dan akhirnya bermunculan dalam berbagai kendaraan baru. Mulai dari McLaren hingga Wuling Almaz yang baru saja diperkenalkan. Namun, apa yang bisa dilakukan pabrikan untuk menghilangkan distraksi pengemudi serta mengurangi bahaya layar sentuh besar yang memenuhi sebagian besar tampilan di depan pengemudi?

>>> Tips & trik terkini di dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Inovasi Baru, Teknologi Kemudi Hyundai Dipenuhi dengan Kemudi Layar Sentuh

07/04/2019

Pengemudian

Industri otomotif selalu berinovasi. Dan kali ini, teknologi kemudi Hyundai memberikan inovasi terbaru berhubungan dengan layar sentuh, sebuah inovasi baru yang menyebutkan awal dari revolusi kemudi mobil.

Lihat juga

Alasan Toyota Agya Terbaru Tanpa Head Unit Audio Layar Sentuh

16/08/2017

Mobil baru

Ternyata bagian kabin Toyota New Agya belum menerapkan sistem hiburan layar sentuh, baik itu untuk tipe Agya 1.0 liter hingga 1.2 liter TRD.

Lihat juga

Ternyata Berbeda, Kenali Perbedaan Fitur Mirroring Dan Mirrorlink Pada Head Unit Anda

08/04/2019

Pengemudian

Seiring kemajuan zaman, fitur hiburan dalam mobil Anda semakin canggih. Beberapa pabrikan memberikan Head Unit dengan fitur koneksi ke smartphone, yakni Mirroring dan Mirrorlink. Di mana perbedaanya?

Lihat juga

Tidak Bosan Dalam Perjalanan, Tips Optimalkan Head Unit Mobil

29/03/2019

Pengemudian

Perjalanan dengan mobil sudah dimulai sejak Anda masuk ke mobil. Mobil-mobil baru atau bekas saat ini rata-rata sudah dibekali head unit canggih. Menu yang dihadirkan bermacam-macam. Agar tidak bosan, Anda bisa optimalkan head unit mobil agar perjalanan lebih menarik. Simak tipsnya berikut ini.

Lihat juga

Dianggap Tiru Tesla, Ini Jawaban Wuling Soal Head Unit Almaz

04/03/2019

Mobil baru

Salah satu keunggulan yang paling menonjol dari model baru SUV Wuling Almaz adalah adanya head unit berukuran besar yang ditata secara vertikal. Banyak yang menganggap desain head unit Wuling Almaz ini meniru Tesla Model X dan Tesla Model S dimana keduanya lebih dulu menyematkan head unit vertikal berukuran besar. Bagaimana tanggapan Wuling Motor?

Lihat juga
 
back to top