Sering Mual di Jalan? Teknologi Jaguar Land Rover Siap Atasi Mabuk Darat

06/11/2018

Pengemudian
Sering Mual di Jalan? Teknologi Jaguar Land Rover Siap Atasi Mabuk Darat
Kabar baik bagi penumpang-penumpang yang sering merasakan mabuk perjalanan. Pabrikan mobil Jaguar Land Rover telah melakukan terobosan dalam pertempuran untuk menyembuhkan mabuk darat (motion sickness).

Motion sickness atau mabuk darat mempengaruhi lebih dari 70% orang. Spencer Salter, peneliti kebugaran di Jaguar Land Rover menunjukan sebelumnya pengembangan fitur yang bisa meminimalisir goyangan pada kendaraan. Merek yang dimiliki Tata Motors telah mempelopori teknik baru yang dapat mengurangi kasus mabuk akibat gerakan mobil setidaknya 60% selama perjalanan.

Gambar yang menunjukan teknologi untuk mengurangi mabuk darat

Teknologi Jaguar Land Rover untuk mengurangi mabuk darat

“Ketika kita bergerak menuju masa depan yang otonom di mana penghuni akan memiliki lebih banyak waktu untuk bekerja, membaca atau bersantai dalam perjalanan yang lebih panjang, penting bagi kita untuk mengembangkan kendaraan yang dapat beradaptasi untuk mengurangi efek mabuk perjalanan dengan cara yang disesuaikan untuk setiap penumpang,” jelas Salter.

Sebelumnya, penelitian menunjukan bagaimana pengemudi cenderung kurang terpengaruh dengan motion sickness. Tetapi penumpang yang berada di belakang sangat rentan terhadap pergerakan mobil, terlebih ketika mobil membelok. Keadaan ini terjadi disebabkan oleh gerakan yang berlawanan di telinga di bagian dalam, mata dan reseptor sensorik. Gerakan dirasakan oleh otak melalui jalur yang berbeda dari sistem saraf.

>>> Evolusi Setir Dari Masa ke Masa, Seperti Apa Wujud Setir Masa Depan?

Jaguar Land Rover telah mengumpulkan 25.000 km data perjalanan untuk menguji efek yang bisa menyebabkan mabuk darat. Dengan menggunakan berbagai kendaraan uji dan fasilitas Jaguar Land Rover lainnya, Salter berupaya untuk mengukur apa yang ia sebut dengan ‘skor kesehatan perorangan’, atau kemampuan seseorang bertahan dari mabuk kendaraan.

Gambar yang menunjukan teknologi Jaguar Land Rover

Jaguar Land Rover mengembangkan berbagai teknologi untuk mengurangi mabuk darat

Skor ini dihitung menggunakan perangkat yang masih dalam pengembangan dan menjalani persetujuan paten, sehingga rinciannya samar. Tetapi teknologi ini menggunakan sensor biometric non-invasif yang mereka sinyal fisiologis. Dengan menggabungkan data ini bersama data gerak dan dinamika berkendara, kendaraan bisa mengetahui kapan seseorang mabuk darat sebelum mereka mengalami gejala apapun.

>>> Ingin mencari mobil baru berteknologi tinggi? Dapatkan infonya di sini

Sensor-sensor ini kemungkinan ditempatkan pada bagian dalam, seperti pada pegangan pintu. Skor yang diambil kemudian dimasukan melalui algoritma komputer dan fitur dinamis dalam kabin, kemudian diadaptasi sesuai dengan skor individu tersebut. Rencananya adalah untuk menyimpan pengaturan ini untuk perjalanan masa depan.

“Penelitian mutakhir ini telah menciptakan solusi yang, dengan fondasi ilmiahnya yang kuat, dapat membuat perjalanan menjadi menyenangkan, terlepas dari kerentanan Anda terhadap mabuk perjalanan,” ungkap Dr. Steve Iley, Kepala Pelayanan Medis Jaguar Land Rover.

>>> Temukan informasi seputar teknologi otomotif terlengkap disini

Gambar yang menunjukan penyebab mabuk darat

Ini dia penyebab mabuk darat jika dilihat secara ilmiah dan sains​

Kendaraan Jaguar atau Land Rover saat ini sudah dirancang untuk membantu memerangi perasaan mual. Jaguar E-PACE, misalnya, memiliki 26 konfigurasi kursi yang berbeda untuk penumpang meningkatkan ketahanan terhadap mabuk selama perjalanan. Adaptive Dynamics E-Pace juga menghilangkan gerakan frekuensi rendah yang bisa menyebabkan mual dengan mengubah pengaturan perjalanan setiap 10 milidetik untuk memastikan penumpang selalu mengalami tingkat kenyamanan yang tinggi.

Fase pertama penelitian selesai bulan ini. Temuan ini telah diimplementasikan ke dalam proyek lebih lanjut untuk memastikan semua kendaraan Jaguar Land Rover menciptakan pengalaman kabin pribadi terbaik bagi para pelanggannya di masa depan untuk menghindari mabuk darat selama perjalanan.

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sini

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top