Review Hyundai KONA Electric Facelift 2021: Tambah Fitur Agar Makin Sempurna

23/02/2021

Share this post:

Hyundai Kona 2021

Editor rate:

Rp 697.000.000

Jual beli mobil Hyundai Kona bekas, baru harga murah, kondisi terbaik di Indonesia Lihat promo

Belum genap empat bulan kehadiran mobil ini di Indonesia namun sudah mendapat penyegaran, inilah Review mengenai mobil Hyundai KONA Electric Facelift 2021

Review Hyundai KONA Electric Facelift 2021: Tambah Fitur Agar Makin Sempurna
Review Hyundai KONA Electric Facelift 2021: Tambah Fitur Agar Makin Sempurna
0 Gambar
Varian Harga Spesifikasi
Electric Rp 674.800.000
Harga OTR
5 Kursi, 134 hp, Otomatis, Listrik Lihat promo
2.0L Rp 363.900.000
Harga OTR
5 Kursi, 1998 cc, 147 hp, Bensin Lihat promo

Pengantar Hyundai Kona 2021

Mari kita simak spesifikasi Hyundai Kona 2021 di bawah ini.

Kelebihan

Fun to drive

Bebas ganjil genap

Fitur makin lengkap 

Kekurangan

Kabin belakang sempit

Kapasitas baterai tak sebesar rivalnya

Jarak tempuh tidak sejauh seperti varian varian 64 kWh

Foto emblem electric pada Hyundai Kona Electric facelift 2021

KONA EV jadi salah satu pilar penjualan mobil listrik di Indonesia

Hyundai KONA Electric adalah salah satu pilar penjualan mobil listrik Hyundai di Indonesia. Sepanjang tahun 2020 lalu, Hyundai KONA EV berhasil terjual 81 unit alias lebih tinggi dari Hyundai IONIQ yang merupakan pionir mobil listrik Hyundai di Indonesia yang hanya mampu terjual sebanyak 38 unit. Maka dari itu PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) selaku agen pemegang merek Hyundai di Tanah Air segera memasukkan Hyundai KONA Electric Facelift 2021.

Foto Hyundai KONA Electric Facelift 2021

Kenapa begitu cepat datang versi facelift?

Mungkin Anda bertanya mengapa lifetime produk Hyundai KONA EV yang ada di Indonesia begitu cepat mendapat penyegaran. Menurut Makmur Tahir, selaku Managing Director PT HMID pernah bilang jika saat peluncuran KONA EV di Indonesia, HMID punya beberapa opsi. "Kan lebih cepat lebih baik, toh teknologinya bisa langsung dirasakan konsumen kan," ujar Makmur, sapaan akrab Makmur Tahir kepada tim Cintamobil.com. So, seberapa menarik dan apa saja ubahan di KONA EV terbaru ini? Simak ulasan lengkap mengenai Hyundai KONA Electric Facelift 2021.

Mobil Baru Populer

Rp 193 - Rp 296 Juta
Rp 779 Juta - Rp 1.8 Milyar
Rp 135.35 - Rp 161.05 Juta

Eksterior Hyundai Kona 2021

Review Hyundai KONA Electric Facelift 2021: Tampilan Depan

Foto tampilan depan Hyundai KONA Electric Facelift 2021

Grille tak perlu dilubangi, karena tak punya kewajiban untuk mengalirkan udara guna mendinginkan mesin

Hyundai KONA Electric Facelift 2021 tetap hadir dengan nuansa minimalis nan futuristik, kesan futuristik tersaji lewat bentuk grille yang tertutup tanpa adanya lubang udara sama sekali. Tetapi kini bentuknya lebih manis dengan adanya guratan tegas pada grillenya. Pada bagian depan ini juga terdapat satu area tertutup yang menjadi tempat soket charger baterai.

Foto headlamp Hyundai KONA Electric Facelift 2021

Headlamp kini pakai model anyar

Headlamp sedikit mendapat ubahan bila dibandingkan dengan Hyundai KONA EV versi sebelumnya. lampu utamanya hanya satu buah saja, untuk bagian atas berfungsi sebagai LED (Light Emitting Diode) Daytime Running Light dan bagian bawah berfungsi sebagai lampu utama. O ya dua lampu ini menggunakan bohlam jenis LED agar hemat energi, berdaya tahan tinggi serta punya respon yang cepat. 

Review Hyundai KONA Electric Facelift 2021: Tampilan Samping

Foto tampilan samping Hyundai KONA Electric 2021

Ada beberapa detail yang diubah oleh HMID di bagian samping ini

Pada bagian samping bentuk SUV yang gagah dan maskulin terwakili oleh penggunaan body cladding tebal pada sepatbor depan dan belakangnya yang kini dicat sewarna bodi. Kini tak ada lagi LED Side Repeater yang bentuknya lebih pipih di sepatbor bagian depan. Tapi hal tersebut terobati dengan penggunaan velg berdesain anyar dengan bentuk yang aerodinamis.

Foto ban dan velg Hyundai KONA Electric Facelift 2021

Corak velg baru dan tetap aerodinamis

Bicara soal velg, meski ia tetap mengusung ukuran ban yang sama dengan varian bensin yakni lebar 215 mm, profil atau tebal 55, dan ring 17, tetapi velg ini punya keunggulan tersendiri. Yaitu mampu membuang turbulensi udara di balik velg, jadi sirip-sirip pada spoke velg memiliki 'tugas' untuk membuang udara yang terjebak di balik velg, sehingga KONA Elektrik ini punya nilai coefficient of drag (hambatan udara) yang lebih rendah dan diharapkan menambah daya jelajahnya.

Review Hyundai KONA Electric Facelift 2021: Tampilan Belakang

Foto tampilan belakang Hyundai KONA Electric Facelift 2021

Ada beberapa ubahan di bagian buritan ini

Di bagian buritan Hyundai KONA Electric Facelift 2021 ini secara umum masih sama dengan versi sebelumnya. Ia menghadirkan bumper yang punya lekukan yang cukup menarik secara visual, dan selaras dengan panel silver yang menghiasi area bawah bumper. Selain itu, Hyundai juga mengusung stoplamp LED dengan desain baru yang terpisah antara stoplamp atas dan lampu rem yang berada di area bumper belakang, kesan unik terlihat di sini.

Foto stoplamp Hyundai KONA Electric Facelift 2021

Stoplamp sudah LED

>>> Simak juga review mobil Hyundai lainnya di sini:


Interior Hyundai Kona 2021

Review Hyundai KONA Electric Facelift 2021: Layout Dashboard

Foto layout dashboard Hyundai KONA Electric Facelift 2021

Corak dashboard tak ubahnya dengan versi sebelum facelift

Masuk ke bagian interiornya, seperti tak ada beda dengan versi sebelum facelift. Warna dominan hitam yang berkesan elegan langsung menyambut Anda, kelir gelap ini juga bukan hanya menambah aura mewah, tetapi juga berfungsi saat Anda mengemudi. Ketika Anda mengemudi di bawah terik matahari, warna dashboard gelap akan membantu mereduksi pantulan sinar matahari. Meski bentuk dan bahan dashboardnya sama dengan varian bensin, namun tetap berkesan modern.

Review Hyundai KONA Electric Facelift 2021: Kursi

Foto kursi penumpang depan Hyundai KONA Electric Facelift 2021

Pada versi facelift kursi penumpang depan juga sudah bisa diatur secara elektris

Lima penumpang dapat duduk dengan nyaman di dalam kabin Hyundai KONA Electric Facelift 2021 ini, sebab lima tempat duduk termasuk untuk pengemudi telah dilengkapi dengan headrest dan seat belt yang proper. Apalagi untuk kursi depan sudah bisa diatur secara elektrik serta dilengkapi dengan heated and ventilated seat yang dapat mengalirkan udara hangat maupun dingin via sandaran kursi. Legroom dan headroomnya pun cukup luas.

Foto kursi belakang Hyundai KONA Electric Facelift 2021

Sayangnya duduk di kursi belakang terasa menyiksa karena sempit

Satu hal yang sangat disayangkan adalah kabin bagian belakang Hyundai KONA Electric Facelift 2021 ini tergolong sempit, sama seperti KONA varian lainnya seperti versi bensin. Ini menjadi salah satu kelemahan Hyundai KONA bila dibandingkan dengan rival sekelasnya. Beruntung headrest yang proper tersedia untuk tiga penumpang di belakang, meski satu penumpang yang duduk di tengah harus pasrah pakai setbelt 2 titik.

Review Hyundai KONA Electric Facelift 2021: Bagasi

Foto bagasi Hyundai KONA Electric Facelift 2021

Bagasi bukan yang terluas di kelasnya

Kapasitas bagasi Hyundai Kona Electric 2020 ini adalah 332 liter dan bukan menjadi yang terluas di kelasnya, tetapi kami nilai sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan penggunaan di dalam kota, dimana angka tersebut adalah untuk kondisi semua jok digunakan. Tapi saat jok baris belakang dilipat rata lantai, saat itulah ruang bagasi mobil ini langsung membesar menjadi 1.114 liter.

Review Hyundai KONA Electric Facelift 2021: Sunroof

Foto sunroof Hyundai KONA Electric Facelift 2021

Kesan lega makin mencuat berkat Sunroof ini

Untuk menambah aura mewah dan kesan lega, Hyundai juga menyematkan fitur sunroof di Hyundai KONA Electric Facelift 2021 ini, sunroof ini dapat dibuka-tutup secara elektris melalui beberapa tombol di plafon mobil, juga sudah bisa tilt. Meski fitur ini kurang berguna di Indonesia, tetapi sunroof dapat menyenangkan hati anak Anda saat berkendara di jalan, maupun menikmati hujan.

>>> Lihat berita lainnya seputar mobil Hyundai di sini:

Fitur Hyundai Kona 2021

Review Hyundai KONA Electric Facelift 2021: Adaptive Cruise Control

Foto Adaptive Cruise Control Hyundai KONA Electric Facelift 2021

Adaptive Cruise Control buat pengemudi makin nyaman saat melaju di jalan tol

Fitur terbaru yang diusung oleh Hyundai KONA EV versi facelift ini adalah adaptive cruise control yang mana berfungsi optimal di Indonesia. Dengan mengaktifkan fitur ini maka Anda akan lebih rileks saat berjalan di jalan bebas hambatan. Mobil secara otomatis akan menyesuaikan kecepatan bahkan melakukan pengereman hingga mobil berhenti. Fitur ini juga bekerja sama dengan Line Keeping Assist yang menjaga mobil tak keluar dari lajurnya.

Review Hyundai KONA Electric Facelift 2021: Panel Instrumen

Foto panel instrumen Hyundai KONA Electric Facelift 2021

Panel instrumen full digital makin berkesan canggih

Panel instrumen juga menjadi salah satu fitur terbaru yang disajikan oleh Hyundai KONA Electric Facelift 2021. Corak panel instrumen kini bisa berubah-ubah sesuai dengan mode berkendara, dari mulai NORMAL, SPORT, dan ECO. Meskipun ini adalah sentuhan ringan yang dilakukan pabrikan, namun mampu memberikan rasa yang spesial yang berbeda bila dibandingkan dengan versi sebelumnya. Semua informasi berkendara dari mulai speedometer, konsumsi listrik, status baterai, odo meter, trip meter, hingga status fitur keselamatan tersedia di panel instrumen digital ini.

Foto panel instrumen Hyundai KONA Electric Facelift 2021

Corak panel instrumen bisa diubah-ubah sesuai mode berkendara yang dipilih

Review Hyundai KONA Electric Facelift 2021: In-Car Entertaiment System

Foto In-Car Entertaiment System Hyundai KONA Electric Facelift 2021

Suara audio 4-speaker plus 2-tweeternya cukup baik

In-Car Entertaiment di Hyundai KONA Electric adalah salah satu yang terbaik di kelasnya, sebab ia mampu terhubung dengan Apple CarPlay dan Android Auto. Konektivitas pun kian baik, karena smartphone Anda juga bisa terhubung via bluetooth. Tak hanya itu saja, dari head unit ini juga bisa terpantau beberapa fungsi dari mobil seperti status baterai, status pengisian, hingga konsumsi energi di menu EV.

Review Hyundai KONA Electric Facelift 2021: Ringkasan Fitur Keselamatan

Foto tombol pengatur fitur keselamatan Hyundai KONA Electric Facelift 2021

KONA EV punya berbagai fitur keselamatan yang mampu menyelamatkan Anda kala darurat

Hyundai KONA Electric Facelift 2021 ini selalu siap dalam segala situasi dan kondisi serta dari segala arah, ia selalu memberikan perlindungan yang menyeluruh untuk Anda. Tak hanya perlindungan pasif seperti 6-point airbags, perlindungan aktif seperti ABS + EBD dan Electronic Stability Control juga disediakan. Dilengkapi dengan Hill Start Assist, Tire Pressure Monitoring System dan Virtual Engine Sound System yang akan membantu mencegah potensi bahaya sebelum terjadi.

Review Hyundai KONA Electric Facelift 2021: Regenerative Brake

Pengaturan manajemen baterai Hyundai KONA Electric Facelift 2021 ini difokuskan lewat sistem Smart Regenerative Braking. Sistem ini selain bisa diatur manual via paddle shift di balik kemudi juga menggunakan sensor radar on-board untuk secara otomatis mengontrol level pengereman regeneratif berdasarkan situasi jalan dan mobil yang ada di depan. 

Foto Paddle Shift Untuk Regenerative Brake Hyundai KONA Electric Facelift 2021

Regenerative brake bisa diatur dari sini

Sistem ini juga mampu mendeteksi jika mobil ini sedang melewati kondisi jalan menanjak ataupun menurun. Secara otomatis sistem akan menyesuaikan tingkat level pengereman regeneratif yang diperlukan. Tak sampai disitu kecanggihannya, pengemudi juga dapat mengatur level pengereman regeneratif yang dibutuhkan melalui fitur Regenerative Brake Control. Semakin tinggi level yang Anda pilih, semakin besar energi kinetik yang akan diserap kembali sebagai daya charging baterai.

>>> Berapa harga jual mobil Hyundai terbaru?

Operasi Hyundai Kona 2021

Foto Dinamo Listrik Hyundai KONA Electric Facelift 2021

Dinamo berjenis PMSM punya berbagai kelebihan

Dinamo listrik yang diusung Hyundai KONA Electric Facelift 2021 ini sama seperti sebelum facelift, yakni berjenis Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM). Kapasitas baterai yang diusung juga hanya satu jenis yakni 39,2 kWh seperti yang dijual di Indonesia Nah, penggunaan motor elektrik PMSM di Hyundai Kona electric membuatnya menjadi salah satu mobil listrik tercanggih di Indonesia.

Foto tombol selector transmisi Hyundai KONA Electric Facelift 2021

Mobil ini tak pakai transmisi, hanya selector saja

Dinamo jenis ini digunakan di Kona electric karena beberapa alasn. Pertama motor listrik ini lebih efisien, kedua motor listrik ini dapat menghasilkan torsi yang besar serta konsisten, yang ketiga motor listrik PMSM lebih minim power loss bila dibandingkan dengan motor listrik tipe induksi seperti yang digunakan Tesla, itu disebabkan karena rotornya cenderung lebih dingin. O ya untuk berapa tenaga dan torsi maksimum mobil ini, kami cantumkan di boks spesifikasi.

Foto driving mode Hyundai KONA Electric Facelift 2021

Terdapat tiga mode berkendara yang dapat Anda pilih

Hyundai KONA listrik ini juga merupakan salah satu mobil listrik tercanggih di Indonesia. Kona Electric merupakan satu-satunya produk kendaraan listrik di Indonesia yang menggunakan baterai berpendingin cairan. Kelebihan utama dari baterai berpendingin cairan adalah lebih terjaga suhunya dibandingkan dengan baterai berpendingin udara.

Foto portable charger Hyundai KONA Electric Facelift 2021

Portable charging jelas termasuk dalam paket penjualan

O ya, untuk melakukan isi ulang daya listrik Hyundai KONA EV ini sangat tergantung dari berapa kapasitas dan daya listrik di rumah atau charging station Anda. Ambil contoh untuk mengisi daya di Quick Charge DC. Dari 0 ke 80 % bisa dalam waktu 75 menit dengan Charging Capacity 50 kW, sedangkan untuk  Charging Capacity 100 kW bisa dalam 54 menit.

Foto lubang charger Hyundai KONA Electric Facelift 2021

Berapa lama waktu charging? Sepengalaman kami, butuh sekitar 14 jam hingga penuh

Kalau pakai Standart Charge DC dengan Charging Capacity 7,2 kW dari baterai kosong ke 100% butuh waktu 6 jam 10 menit, sedangkan untuk  Standart Charge AC dengan Charging Capacity 2,3 kW membutuhkan waktu 19 jam dari baterai kosong ke kapasitas 100%. Lama waktu charging dan belum stabilnya listrik bisa menjadi penyebab PT HMID hanya memasukkan Hyundai KONA EV dengan varian kapasitas baterai 39,2 kWh untuk dipasarkan di Tanah Air.

>>> Yakin Mau Beli Mobil Listrik? Simak Dulu Kajian Ini

Spesifikasi Hyundai Kona 2021

Berikut ini adalah spesifikasi Kona Electric Facelift 2021 :

Penggerak Hyundai Kona Electric 2021

 Jenis Dinamo Elektrik

 Permanent Magnet Synchronous Motor

 Konfigurasi

 Front mounted driving front wheels

 Jenis Baterai

 Lithium-ion Polymer berpendingin air

 Voltase Baterai

 327 V

 Kapasitas Maksimum Baterai

 39,2 kWh

 Peak Power

 136 PS (100 kW) atau sekitar 134,5 HP

 Peak Torque

 395 NM

 Charging Time

 Quick Charge DC:

 - 0 ke 80 % dalam 75 menit dengan Charging Capacity 50 kW

 - 0 ke 80% dalam 54 menit dengan Charging Capacity 100 kW

 Standart Charge DC: 

 - 0 ke 100% dalam 6 jam 10 menit dengan Charging Capacity 7,2 kW (varian 39,2 kWh)

 Standart Charge AC:

 - 0 ke 100% dalam 19 jam dengan Charging Capacity 2,3 kW (varian 39,2 kWh)

 Tipe Transmisi

 Otomatis Single Gear dengan Reduction Gear, Penggerak Roda Depan

Rangka Hyundai Kona Electric Facelift 2021

 Panjang X Lebar X Tinggi

 4.180 mm X 1.800 mm X 1.570 mm

 Jarak Sumbu Roda

 2.600 mm

 Radius Putar Minimum

 5,3 Meter

 Jarak Terendah Ke Tanah

 158 mm

 Jumlah Tempat Duduk

 5 Tempat Duduk

Suspensi/Kaki-Kaki Hyundai KONA Electric Facelift 2021

 Suspensi Depan & Belakang

 Depan: MacPherson Strut

 Belakang: Multi link

 Sistem Kemudi

 Rack And Pinion, Motor Driven Power Steering (MDPS)

 Rem Depan & Belakang

 Ventilated Disc Brake & Solid Disc Brake

 Teknologi Sistem Pengereman

 ABS, EBD, BA, HSA

 Teknologi Safety Sasis

 Advance High Strength Steel and Press Hot Stampling

 Struktur Sasis

 Monokok, SUV B-Segment

 Pelek

 Alloy, 17 inch

 Jenis Ban

 Radial, 215/55 R17

Daftar Harga Hyundai Kona 2021

Foto tampak belakang Hyundai KONA Electric Facelift 2021

Harganya meningkat Rp 22,2 juta dari versi sebelum facelift

SUV kompak andalan PT Hyundai Motors Indonesia ini hanya tersedia satu varian saja dengan harga jual Rp 697.000.000. Kona Electric ini mendapat satu pilihan trim yakni Sgnature. O ya, perlu menjadi catatan jika harga yang disebutkan tadi adalah harga on the road DKI Jakarta tanpa memperhitungkan adanya pajak progressive.

Kesimpulan Hyundai Kona 2021

Foto tampilan depan Hyundai KONA Electric Facelift 2021

Tambahan fitur membuatnnya semakin sempurna

Tambahan fitur di Hyundai KONA Electric Signature 2021 ini sukses membuat mobil ini menjadi semakin sempurna. Dengan segala kecanggihan mobil ini, membuat Hyundai KONA EV facelift ini cukup menggiurkan untuk dimiliki. Produk ini juga merupakan salah satu bukti keseriusan PT HMID dalam 'menancapkan' kaki di Indonesia. Seperti yang diketahui, Hyundai Motor Co. Ltd dan Pemerintah Republik Indonesia telah bekerja sama untuk membangun pabrik mobil listrik di Indonesia, sebagai bagian dari investasi total $ 880 juta atau hampir mencapai Rp 13 triliun.

>>> Simak artikel review mobil baru maupun bekas yang paling komperhensif hanya di Cintamobil.com

Arfian Alamsyah
Share this post:
Penulis
Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif. Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia. Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar. Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat. Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini. Education 2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting 2006 - 2009 54 Senior High School 2003 - 2006 109 Junior High School Experience 2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia 2018 Content Writer Cintamobil.com 2019 Senior Content Writer Cintamobil.com 2021 Managing Editor Cintamobil.com Awards 2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana 2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik 2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana
back to top