Keunggulan Hyundai KONA EV PATWAL Kantor Gubernur Jawa Barat

07/02/2021

Pasar mobil

5 menit

Hyundai KONA EV didaulat menjadi mobil patwal di kantor gubernur Jawa Barat, simak keunggulan mobil listrik racikan PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) ini...

Dr. H. Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D atau yang akrab disapa Ridwan Kamil atau Kang Emil memang bisa dibilang sebagai penggemar mobil listrik. Beberapa waktu lalu, suami dari Atalia Praratya ini meresmikan SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) di Kota Bandung. Tak sekadar meresmikan, ia juga telah menjajal mobil listrik Hyundai IONIQ. Kini, pria lulusan Amerika Serikat ini mempercayakan Hyundai KONA EV sebagai mobil PATWAL di kantornya.

Gambar Hyundai KONA EV PATWAL Jabar

KONA EV dipercaya jadi mobil PATWAL Pemerintah Provinsi Jawa Barat

Hyundai KONA EV sendiri merupakan SUV listrik pertama yang dijual secara resmi di Indonesia sejak bulan November tahun lalu. Crossover bergaya funky ini juga memiliki banyak peminat, terbukti dari angka inden yang sudah mencapai di atas 200 unit. Nah, berikut ini adalah beberapa keunggulan KONA elektrik yang Cintamobil.com himpun, beberapa keunggulan ini membuatnya ditunjuk sebagai mobil Patroli Pengawalan (PATWAL) oleh Ridwan Kamil.

1. Akselerasi Baik

Foto Hyundai KONA EV

KONA bertenaga listrik ini mampu berlari cepat

Keunggulan pertama Hyundai KONA elektrik adalah soal akselerasinya. Tim Cintamobil.com sudah tes sendiri kemampuannya dengan mengandalkan alat ukur Racelogic, untuk dari diam ke 100 km/jam hanya ditempuh dalam 8,9 detik saja. Jauh lebih baik dari klaim Hyundai yang berada di angka 9,7 detik. Akselerasi yang cepat ini pastinya membantu petugas PATWAL saat hendak melakukan percepatan sesuai dengan kondisi lalu lintas yang ada.

2. Handling Lincah

Foto tampilan samping Hyundai KONA EV

Kami merasakan pengendalian yang baik dari KONA EV ini

Pengendalian yang lincah juga menjadi keunggulan di Hyundai KONA EV ini, berbekal rancang bangun yang mirip dengan KONA versi mesin bensin, handling mobil ini begitu menyenangkan. Respon setir baik demikian pula dengan feedbacknya, serta bantingan suspensi yang menurut kami cukup nyaman untuk mobil sekelasnya. Tak heran, karena berdasarkan data spesifikasi ground clearance mobil ini hanya 160 mm yang membuat titik gravitasi mobil jadi makin rendah.

>>> Hyundai Motor Group Ingin Hentikan Pengembangan Mobil Bermesin Diesel

3. Andalkan Dinamo Canggih

Gambar dinamo Hyundai KONA EV

Dinamo dan baterai menggunakan pendingin cairan yang lebih baik dalam mereduksi panas

Ada beberapa alasan mengapa dinamo listrik berjenis Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM) ini digunakan di Kona electric. Pertama motor listrik ini lebih efisien, kedua motor listrik ini dapat menghasilkan torsi yang besar serta konsisten, yang ketiga motor listrik PMSM lebih minim power loss bila dibandingkan dengan motor listrik tipe induksi seperti yang digunakan Tesla, itu disebabkan karena rotornya cenderung lebih dingin.

>>> Ini dia keunggulan powertrain KONA EV

4. Dimensi Kompak

Gambar Hyundai KONA EV

Dimensi kompak mempermudah KONA EV bermanuver

Sebagai mobil PATWAL, mobil harus bisa bergerak lincah bahkan masuk gang bila diperlukan. Beruntung Hyundai KONA EV memiliki dimensi yang kompak sebagai sebuah SUV (Sport Utility Vehicle), tercatat panjangnya 4,180 mm, dengan lebar 1.800 mm dan tinggi 1,570 mm. Dimensi kompak tadi juga didukung dengan radius putar yang hanya 5,3 meter saja.

5. Menghemat Anggaran Bulanan Provinsi Jabar

Gambar Hyundai KONA EV PATWAL

Dengan pakai mobil listrik, pemerintah provinisi Jawa Barat hemat pengunaan anggaran

"Ini mobil polisi pertama di Indonesia yang menggunakan mobil listrik. Mobil patwal yang bertugas di kantor Gubernur Jawa Barat. Selain tidak merilis polusi dan kebisingan ke udara, Alhamdulillah banyak sekali menghemat biaya dan anggaran bulanan dibandingkan kendaraan bensin. Mari perlahan menuju gaya hidup ramah lingkungan dan ramah penghasilan," tutup Kang Emil di fan page resmi Facebooknya.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 dari jurusan Ekonomi Akuntansi. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Pada tahun 2014 ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly - sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter.

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top