Review Hyundai KONA Electric 2020: SUV Listrik yang Menggiurkan

25/11/2020

Share this post:

Hyundai Kona 2020

Editor rate:

Rp 674.800.000

Daftar Harga Hyundai Kona & Promo terbaru Lihat promo

PT Hyundai Motors Indonesia selaku agen pemegang merek Hyundai di Indonesia meluncurkan Hyundai KONA Electric 2020 sebagai the game changer SUV di Tanah Air

Review Hyundai KONA Electric 2020: SUV Listrik yang Menggiurkan
Review Hyundai KONA Electric 2020: SUV Listrik yang Menggiurkan
0 Gambar

Pengantar Hyundai Kona 2020

Mari kita simak spesifikasi Hyundai Kona 2020 di bawah ini.

Kelebihan

SUV listrik pertama di Indonesia

Fitur cukup lengkap

Kendaraan full listrik bebas ganjil genap

Kekurangan

Jarak tempuh tidak sejauh seperti varian varian 64 kWh

Kabin belakang agak sempit

SPLU (Stasiun Pengisian Listrik Umum) belum tersebar merata

Gambar Hyundai IONIQ dan Hyundai KONA Electric

Hyundai KONA listrik ini dilaunching bareng Hyundai IONIQ

Yes, era mobil listrik di Indonesia sudah dimulai. Pertama pabrikan Jerman BMW yang dengan berani menjual BMW i3S dan BMW i8, dan kini disusul oleh pabrikan Korea. PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) selaku agen pemegang merek Hyundai di Indonesia beberapa waktu lalu meluncurkan Hyundai KONA Electric 2020 sebagai the game changer SUV di Tanah Air bersamaan dengan IONIQ.

Gambar Hyundai KONA Electric

Benarkah Hyundai KONA Electric ini menggiurkan untuk dimiliki?

Sontak, hingga artikel ini dibuat, ia menjadi satu-satunya SUV dengan powertrain full elektrik yang resmi di jual di Indonesia. Bukan hanya hemat energi dan ramah lingkungan, Hyundai KONA Electric 2020 ini juga punya segudang kelebihan yang tidak dimiliki oleh para pesaing di kelasnya yakni B segment compact SUV. Seperti apa detail dari mobil ini? Mari simak review Hyundai KONA Electric 2020 ini hingga tuntas.

Eksterior Hyundai Kona 2020

Review Hyundai KONA Electric 2020: Tampilan Depan

Gambar tampilan depan Hyundai KONA Electric 2020

Tampilan futuristik seakan jadi tema utama

Hyundai KONA Electric 2020 hadir dengan nuansa minimalis nan futuristik, kesan futuristik tersaji lewat bentuk grille yang tertutup tanpa adanya lubang udara sama sekali. Tak heran karena grille tak perlu dilubangi, karena tak punya kewajiban untuk mengalirkan udara guna mendinginkan mesin, hal ini sekaligus mewakili citra minimalis. Pada bagian depan ini juga terdapat satu area tertutup yang menjadi tempat soket charger baterai.

Gambar DRL dan headlamp Hyundai KONA Electric 2020

Lampu sudah full LED

Headlamp juga menggunakan bahasa desain baru Hyundai dan serupa dengan kepunyaan KONA non elektrik, tapi sebenarnya lampu utamanya hanya satu buah saja, untuk bagian atas berfungsi sebagai LED (Light Emittinf Diode) Daytime Running Light dan bagian bawah berfungsi sebagai lampu utama. O ya dua lampu ini menggunakan bohlam jenis LED agar hemat energi, berdaya tahan tinggi serta punya respon yang cepat. 

Review Hyundai KONA Electric 2020: Tampilan Samping

Gambar tampilan samping Hyundai KONA Electric 2020

Detail hanya beda sedikit dari KONA bermesin bensin

Pada bagian samping bentuk SUV yang gagah dan maskulin terwakili oleh penggunaan body cladding tebal pada sepatbor depan dan belakangnya. Terdapat sedikit perbedaan detail apabila dibandingkan dengan Hyundai KONA bermesin bensin, di antaranya adalah LED Side Repeater yang bentuknya lebih pipih serta penggunaan velg dengan bentuk yang aerodinamis jadi pembeda di KONA listrik ini.

Gambar ban dan velg Hyundai KONA Electric 2020

Desain velg menunjang aerodinamika

Bicara soal velg, meski ia tetap mengusung ukuran ban yang sama dengan varian bensin yakni lebar 215 mm, profil atau tebal 55, dan ring 17, tetapi velg ini punya keunggulan tersendiri. Yaitu mampu membuang turbulensi udara di balik velg, jadi sirip-sirip pada spoke velg memiliki 'tugas' untuk membuang udara yang terjebak di balik velg, sehingga KONA Elektrik ini punya nilai coefficient of drag (hambatan udara) yang lebih rendah dan diharapkan menambah daya jelajahnya.

Review Hyundai KONA Electric 2020: Tampilan Belakang

Gambar tampilan depan dan belakang Hyundai KONA Electric 2020

Tampilan nyentrik membuat pengemudi pede di jalan

Di bagian buritan Hyundai KONA Electric ini secara umum masih sama dengan varian bensin. Ia menghadirkan bumper yang punya lekukan yang cukup menarik secara visual, dan selaras dengan panel silver yang menghiasi area bawah bumper. Selain itu, Hyundai juga mengusung stoplamp LED dengan desain yang terpisah antara stoplamp atas dan lampu rem yang berada di area bumper belakang, kesan unik terlihat di sini.

>>> Punya Desain Nyentrik, Inilah 5 Kelebihan Dan Kekurangan Hyundai Kona 2019


Interior Hyundai Kona 2020

Review Hyundai KONA Electric 2020: Layout Dashboard

Gambar layout dashboard Hyundai KONA Electric 2020

Masih cukup banyak material plastik keras di dashboard ini

Masuk ke bagian interiornya, Anda akan langsung disambut dengan warna dominan hitam yang berkesan elegan, kelir gelap ini juga bukan hanya menambah aura mewah, tetapi juga berfungsi saat Anda mengemudi. Ketika Anda mengemudi di bawah terik matahari, warna dashboard gelap akan membantu mereduksi pantulan sinar matahari. Meski bentuk dan bahan dashboardnya sama dengan varian bensin, namun tetap berkesan modern.

Review Hyundai KONA Electric 2020: Kursi

Gambar kursi Hyundai KONA Electric 2020

Akomodasi tergolong baik

Lima penumpang dapat duduk dengan nyaman di dalam kabin Hyundai KONA Electric 2020 ini, sebab lima tempat duduk termasuk untuk pengemudi telah dilengkapi dengan headrest dan seat belt yang proper. Apalagi untuk kursi depan sudah bisa diatur secara elektrik serta dilengkapi dengan heated and ventilated seat yang dapat mengalirkan udara hangat maupun dingin via sandaran kursi. Legroom dan headroomnya pun cukup luas.

Review Hyundai KONA Electric 2020: Sunroof

Gambar sunroof Hyundai KONA Electric 2020

Sudah terdapat fitur sunroof

Untuk menambah aura mewah, Hyundai juga menyematkan fitur sunroof di Hyundai KONA Electric 2020 ini, sunroof ini dapat dibuka-tutup secara elektris melalui beberapa tombol di plafon mobil, juga sudah bisa tilt. Meski fitur ini kurang berguna di Indonesia, tetapi sunroof dapat menyenangkan hati anak Anda saat berkendara di jalan, maupun menikmati hujan.

Review Hyundai KONA Electric 2020: Bagasi

Gambar Bagasi Hyundai KONA dan KONA Electric 2020

Kapasitas bagasi cukup luas

Kapasitas bagasi Hyundai Kona Electric 2020 ini memang bukan yang terluas di kelasnya, tetapi kami nilai sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan penggunaan di dalam kota, dimana dalam kondisi semua jok digunakan maka ruang bagasi yang tersedia ialah 332 liter. Tapi saat jok baris belakang dilipat rata lantai, saat itulah ruang bagasi mobil ini langsung membesar menjadi 1.114 liter.

>>> Memahami Fitur Manajemen Baterai Hyundai KONA Electric

Fitur Hyundai Kona 2020

Review Hyundai KONA Electric 2020: Wireless Charging

Gambar Wireless Charging KONA Electric 2020

Wireless charging memudahkan

Mobil listrik bisa diibaratkan sebagai power bank besar yang memiliki roda, maka tak heran tak sulit menyematkan fitur wireless charging di sebuah mobil listrik tak terkecuali dengan KONA listrik ini. Anda tinggal letakkan saja smartphone Anda yang sudah memiliki fitur wireless charging di konsol tengah mobil tepatnya di depan tombol selector gear. Sembari diperjalanan, baterai smartphone Anda akan terisi sampai penuh.

Review Hyundai KONA Electric 2020: Head Up Display

Gambar Head Up Display Hyundai KONA Electric 2020

Head Up Display mudah dipantau

Beberapa informasi penting seputar kendaraan akan tampil pada head up display ini, sehingga Anda tak perlu 'melongok' ke panel instrumen. Seperti informasi mengenai kecepatan kendaraan, status cruise control, hingga GPS bisa tampil di layar ini. Sudut pandang dari head up display ini juga cukup pas, sehingga tetap mudah terpantau bahkan di bawah terik sinar matahari.

Review Hyundai KONA Electric 2020: Panel Instrumen

Gambar Panel Instrumen Hyundai KONA Electric 2020

Panel instrumen tak kalah futuristik

Kendati sudah ada head up display, tetapi nuansa futuristik tetap disajikan Hyundai pada panel instrumennya. Tak ada lagi jarum analog yang menunjukkan kecepatan kendaraan apalagi putaran mesin, tetapi semua digantikan oleh panel digital yang tampilannya menarik untuk dilihat. Semua informasi berkendara dari mulai speedometer, konsumsi listrik, status baterai, odo meter, trip meter, hingga status fitur keselamatan tersedia di panel instrumen digital ini.

Review Hyundai KONA Electric 2020: Ringkasan Fitur Keselamatan

Gambar Rangka Hyundai KONA Electric

Rangka gunakan teknologi Advance High Strength Steel and Press Hot Stampling

Hyundai KONA Electric 2020 ini selalu siap dalam segala situasi dan kondisi serta dari segala arah, KONA Electric selalu memberikan perlindungan yang menyeluruh untuk Anda. Tak hanya perlindungan pasif seperti 6-point airbags, perlindungan aktif seperti ABS + EBD dan Electronic Stability Control juga disediakan. Dilengkapi dengan Hill Start Assist, Tire Pressure Monitoring System dan Virtual Engine Sound System yang akan membantu mencegah potensi bahaya sebelum terjadi.

>>> Hyundai Ioniq dan Kona Jadi Mobil Listrik Termurah di Indonesia

Operasi Hyundai Kona 2020

Ada dua jenis kapasitas baterai pada mobil listrik ini. Meski sama-sama masih mengusung jenis motor elektrik Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM). Tetapi kapasitas baterai yang diusung ada dua jenis, yakni Kona Electric dengan 39 kWh seperti yang dijual di Indonesia dan satu lagi baterai yang digunakan berkapasitas 64 kWh. Nah, penggunaan motor elektrik PMSM di Hyundai Kona electric membuatnya menjadi salah satu mobil listrik tercanggih di Indonesia.

Gambar baterai dan motor penggerak Hyundai KONA Electric 2020

Motor listrik, inverter, dan baterai pakai pendingin cairan

Tentunya ada beberapa alasan mengapa dinamo listrik berjenis PMSM ini digunakan di Kona electric. Pertama motor listrik ini lebih efisien, kedua motor listrik ini dapat menghasilkan torsi yang besar serta konsisten, yang ketiga motor listrik PMSM lebih minim power loss bila dibandingkan dengan motor listrik tipe induksi seperti yang digunakan Tesla, itu disebabkan karena rotornya cenderung lebih dingin. O ya untuk berapa tenaga dan torsi maksimum mobil ini, kami cantumkan di boks spesifikasi.

Gambar dinamo PMSM Hyundai KONA Electric 2020

Dinamo Permanent Magnet Synchronous Motor punya beragam keunggulan

Hyundai KONA listrik ini juga merupakan salah satu mobil listrik tercanggih di Indonesia. Kona Electric merupakan satu-satunya produk kendaraan listrik di Indonesia yang menggunakan baterai berpendingin cairan. Kelebihan utama dari baterai berpendingin cairan adalah lebih terjaga suhunya dibandingkan dengan baterai berpendingin udara. Tak hanya canggih, ia juga memiliki fitur manajemen baterai yang memadai. 

Gambar Baterai status Hyundai KONA Electric 2020

Energy information memberikan Anda info mengenai status baterai di mobil

Bicara manajemen penggunaan baterai di mobil listrik memang cukup krusia pada mobil elektrifikasisebab ia menentukan jarak tempuh optimum yang dapat dicapai. Pengaturan manajemen baterai KONA Electric ini difokuskan lewat sistem Smart Regenerative Braking. Sistem ini menggunakan sensor radar on-board untuk secara otomatis mengontrol level pengereman regeneratif berdasarkan situasi jalan dan mobil yang ada di depan.

Gambar pengaturan mobil di Hyundai KONA Electric 2020

Bahkan sistem di KONA listrik ini dapat diatur untuk otomatis menyala saat Anda hendak bepergian

Sistem ini juga mampu mendeteksi jika mobil ini sedang melewati kondisi jalan menanjak ataupun menurun. Secara otomatis sistem akan menyesuaikan tingkat level pengereman regeneratif yang diperlukan. Tak sampai disitu kecanggihannya, pengemudi juga dapat mengatur level pengereman regeneratif yang dibutuhkan melalui fitur Regenerative Brake Control.

Gambar Hyundai KONA Electric sedang di charge ulang

Sistem quick charge dengan listrik searah (DC) hanya butuh waktu 54 menit dengan daya 100 KW

Lewat fitur ini, Anda dapat mengatur 4 level pengereman regeneratif yang diinginkan via paddle shift yang ada di balik setir. Semakin tinggi level yang Anda pilih, semakin besar energi kinetik yang akan diserap kembali sebagai daya charging baterai. Bahkan jika Anda menekan lama paddle shift untuk mengaktifkan mode Max, maka mobil bisa ber-deselerasi sampai berhenti diam tanpa perlu Anda menekan pedal rem.

>>> Ini Keunggulan Powertrain Hyundai Kona Electric

Spesifikasi Hyundai Kona 2020

Berikut ini adalah spesifikasi Kona Electric 2020 :

Penggerak Hyundai Kona Electric 2020

 Jenis Dinamo Elektrik

 Permanent Magnet Synchronous Motor

 Konfigurasi

 Front mounted driving front wheels

 Jenis Baterai

 Lithium-ion Polymer berpendingin air

 Voltase Baterai

 327 V

 Kapasitas Maksimum Baterai

 39,2 kWh

 Peak Power

 39,2 kWh: 136 PS (100 kW) atau sekitar 134,5 HP

 Peak Torque

 39,2 kWh: 395 NM

 Charging Time

 Quick Charge DC:

 - 0 ke 80 % dalam 75 menit dengan Charging Capacity 50 kW

 - 0 ke 80% dalam 54 menit dengan Charging Capacity 100 kW

 Standart Charge DC: 

 - 0 ke 100% dalam 6 jam 10 menit dengan Charging Capacity 7,2 kW (varian 39,2 kWh)

 Standart Charge AC:

 - 0 ke 100% dalam 19 jam dengan Charging Capacity 2,3 kW (varian 39,2 kWh)

 Tipe Transmisi

 Otomatis Single Gear dengan Reduction Gear, Penggerak Roda Depan

Rangka Hyundai Kona Electric

 Panjang X Lebar X Tinggi

 4,180 mm X 1.800 mm X 1,570 mm

 Jarak Sumbu Roda

 2,600 mm

 Radius Putar Minimum

 5,3 Meter

 Jarak Terendah Ke Tanah

 158 mm

 Jumlah Tempat Duduk

 5 Tempat Duduk

Suspensi/Kaki-Kaki Hyundai KONA Electric

 Suspensi Depan & Belakang

 Depan: MacPherson Strut

 Belakang: Multi link

 Sistem Kemudi

 Rack And Pinion, Motor Driven Power Steering (MDPS)

 Rem Depan & Belakang

 Ventilated Disc Brake & Solid Disc Brake

 Teknologi Sistem Pengereman

 ABS, EBD, BA, HSA

 Teknologi Safety Sasis

 Advance High Strength Steel and Press Hot Stampling

 Struktur Sasis

 Monokok, SUV B-Segment

 Pelek

 Alloy, 17 inch

 Jenis Ban

 Radial, 215/55 R17

Daftar Harga Hyundai Kona 2020

Gambar harga Hyundai KONA Electric 2020

KONA listrik ini hanya terdapat satu varian saja

SUV kompak andalan PT Hyundai Motors Indonesia ini hanya tersedia satu varian saja dengan harga jual Rp 674.800.000. Kona Electric ini mendapat empat pilihan warna yakni Chalk White, Galatic Grey, Dark Knight, dan Pulse Red. O ya, semua harga yang disebutkan tadi adalah harga on the road DKI Jakarta tanpa memperhitungkan adanya pajak progressive.

Kesimpulan Hyundai Kona 2020

Gambar kesimpulan review Hyundai KONA Electric 2020

SUV kompak Hyundai ini cukup menggiurkan untuk dimiliki

Dengan segala kecanggihan mobil ini, membuat Hyundai KONA Electric 2020 ini cukup menggiurkan untuk dimiliki. Produk ini juga merupakan salah satu bukti keseriusan PT Hyundai Motors Indonesia 'menancapkan' kaki di Indonesia. Seperti yang diketahui, Hyundai Motor Co. Ltd dan Pemerintah Republik Indonesia telah bekerja sama untuk membangun pabrik mobil listrik di Indonesia, sebagai bagian dari investasi total $ 880 juta atau hampir mencapai Rp 13 triliun.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak review mobil lainnya

Arfian Alamsyah
Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Review lain

Review Hyundai Santa Fe 2.2L CRDi 2016: Si Pendiam Bertorsi Besar

Rp. 280.000.000

25/06/2020

Editor rate:

Mobil ini mengusung mesin diesel yang membuatnya menjadi jagoan di kelasnya, lebih lengkapnya simak secara tuntas Review Hyundai Santa Fe 2.2L CRDi 2016 ini...

Lihat juga

Review Hyundai Tucson GLS 2016: Tucson Terganteng Di Indonesia

RP220.000.000

27/06/2020

Editor rate:

Hyundai Tucson yang kita bahas ini adalah generasi Tucson terganteng di Indonesia, seperti apa ulasannya, simak hingga tuntas Review Hyundai Tucson GLS 2016 ini

Lihat juga

Review Hyundai Kona Highlander 2019

06/10/2018

Editor rate:

Kelas crossover mulai menjadi kelas yang gemuk, hal tersebut ditandai dengan banyaknya pemain di kelas ini. Hal inilah yang menjadi dasar pabrikan asal Korea Selatan, Hyundai untuk masuk ke kelas ini dengan memperkenalkan Hyunai Kona. Berikut ini adalah review Hyundai Kona Highlander 2019 hanya untuk Anda.

Lihat juga

Review Hyundai Ioniq Electric 2020: Godaan Mobil Listrik Termurah di Indonesia

04/02/2020

Editor rate:

Jika pabrikan lainnya membawa mobil listrik seharga lebih dari Rp1 miliar, Hyundai Ioniq Electric 2020 menawarkan mobil ramah lingkungan nan terjangkau.

Lihat juga

Review Hyundai Grand i10 NIOS 2019: Kasta Tertinggi City Car Hyundai

30/08/2019

Editor rate:

Hyundai Motor Company sangat serius menggarap pasar mobil mereka di India. Buktinya mereka setidaknya memiliki 3 line up di kelas city car. Setelah puas membedah Hyundai Santro, kini kami akan mengulas secara lengkap dan tuntas Hyundai Grand i10 NIOS 2019 yang merupakan kasta tertinggi dari City Car Hyundai.

Lihat juga
back to top