Review Hyundai Palisade Signature 2020: SUV Termahal Dan Termewah Hyundai Di Indonesia

23/12/2020

Share this post:

Hyundai Palisade 2020

Editor rate:

Rp 888.000.000

Jual beli mobil Hyundai Palisade bekas, baru harga murah, kondisi terbaik di Indonesia Lihat promo

Sambutlah Hyundai Palisade, ia terlahir sebagai SUV (Sport Utility Vehicle) termahal dan termewah Hyundai di Indonesia, lantas seberapa menarik kah mobil ini?

Review Hyundai Palisade Signature 2020: SUV Termahal Dan Termewah Hyundai Di Indonesia
Review Hyundai Palisade Signature 2020: SUV Termahal Dan Termewah Hyundai Di Indonesia
0 Gambar

Pengantar Hyundai Palisade 2020

Mari kita simak spesifikasi Hyundai Palisade 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Mesin diesel kencang dan irit

Kursi captain seat

Kabin luas

Kekurangan

Dimensi besar cukup menyulitkan pengemudi

Fitur lebih minim dari rival

Desain bukan selera semua orang

Foto tampak belakang Hyundai Palisade Signature 2020

Seberapa menarik SUV termahal Hyundai di Indonesia ini?

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) punya banyak kejutan untuk konsumen di Indonesia. Setelah memperkenalkan dua model full elektrik yakni IONIQ dan KONA EV (Electric Vehicle) beberapa waktu lalu, kini HMID punya senjata baru untuk memikat publik, yakni dengan memperkenalkan Hyundai Palisade. Tak tanggung-tanggung, HMID memboyong Palisade bulat-bulat dari Korea dengan tiga trim yakni Prime, Signature, dan Signature AWD (All-Wheel Drive). Seberapa layak SUV termahal dan termewah Hyundai ini untuk dimiliki? Mari simak review Hyundai Palisade Signature 2020 hingga tuntas.

Daftar mobil bekas terbaru

Lihat Semua

Eksterior Hyundai Palisade 2020

Review Hyundai Palisade Signature 2020: Tampilan Depan

Foto tampilan depan Hyundai Palisade Signature 2020

Tampang depannya Amerika banget

Review Hyundai Palisade ini kita mulai dari bagian depan, tampak depan mobil ini sangat berselera Amerika, tak heran karena nama mobil ini sendiri diambil dari nama pulau Pacific Palisades di California, Amerika Serikat. Grille depan berukuran masif (besar) diberi kelir dengan kombinasi brushed aluminium dengan chrome yang menampilkan aura elegan. Yang istimewa adalah headlampnya yang sudah full LED (Light Emitting Diode) dan sinarnya mampu mengikuti arah belokan setir.

Foto grille Hyundai Palisade Signature 2020

Grille depan berukuran besar bantu pendinginan ke ruang mesin lebih baik

Review Hyundai Palisade Signature 2020: Tampilan Samping

Foto tampilan samping Hyundai Palisade Signature 2020

Dari samping terlihat proporsional

Lanjut ke bagian samping, jika Anda merasa mobil ini tampak panjang dan besar maka Anda tidak salah. Sebab dimensi panjang mobil ini nyaris 5 meter, tepatnya 4.980 mm serta tingginya 1,7 meter (1.750 mm). Khusus untuk trim Signature ini Anda akan mendapatkan velg berdiameter 20 inci alias lebih besar 2 inci dari tipe di bawahnya yakni Prime. Ornamen brushed aluminium di sekujur body, seperti di window line, dan pintu juga menambah kesan elegan.

Foto spion Hyundai Palisade Signature 2020

Lampu sein di spion terlihat unik

Review Hyundai Palisade Signature 2020: Tampilan Belakang

Foto tampilan belakang Hyundai Palisade Signature 2020

Tampak belakang terlihat elegan

Ke bagian buritan, nuansa mewah tetap tergambar dengan kehadiran ornamen silver di dekat stoplamp, bagian bawah bumper belakang, serta di mika lampu yang terletak di bagian bumper. O ya, ujung knalpot ganda yang berlapis krom di Hyundai Palisade Signature 2020 ini juga seakan mengisyaratkan performa dari SUV besar ini yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Foto emblem 22D di Hyundai Palisade Signature 2020

Emblem 22D merujuk pada jenis dan kapasitas mesin yang digunakan

>>> Baca review mengenai mobil Hyundai lainnya di sini:


Interior Hyundai Palisade 2020

Review Hyundai Palisade Signature 2020: Layout Dashboard

Foto layout dashboard Hyundai Palisade Signature 2020

Layout dashboard modern

Masuk ke kokpit, Anda akan langsung disambut dengan dashboard berwarna gelap yang mencitrakan kesan mewah. Pemilihan bahan bermaterial empuk ditambah dengan padu pada warna interiornya meyakinkan Anda bahwa SUV ini memang diciptakan untuk mengisi kelas mobil mewah yang elegan. Tombol-tombol pengatur fitur maupun tombol selector tuas transmisi yang ada di dashboard ini juga mudah dijangkau oleh pengemudi dan penumpang depan.

Review Hyundai Palisade Signature 2020: Kursi

Foto kursi pengemudi Hyundai Palisade Signature 2020

Kursi terasa nyaman diduduki dan diyakini enak untuk perjalanan jauh

Kursi pengemudi ini cukup menyenangkan diduduki karena selain joknya empuk serta sudah dilapis kulit yang menunjang kemewahannya, kursi ini juga dapat diatur secara elektris ke delapan arah. Untuk kursi penumpang depan juga tersedia pengaturan elektrik meski tidak selengkap yang ada di kursi pengemudi. Headrest yang besar juga mampu menyangga kepala dengan baik dan melindungi dari cidera fatal saat terjadi kecelakaan.

Foto kursi baris kedua Hyundai Palisade Signature 2020

Kursi tengah ini cocok untuk para bos

Beralih ke kursi penumpang belakang, ini adalah salah satu nilai jual Hyundai Palisade dibandingkan dengan para rivalnya. Sebab di jok tengah ia sudah pakai format captain seat yang membuai Anda saat duduk di kursi ini. Posisi duduknya juga dapat diatur secara rileks, kenyamanannya pun kian bertambah dengan adanya pemanas jok yang dapat diatur melalui panel pengaturan AC di antara kursi depan.

Foto kursi baris ketiga Hyundai Palisade Signature 2020

Kursi paling belakang punya legroom yang memadai

Terdapat tiga warna interior yang dapat dipilih oleh konsumen Indonesia pada Hyundai Palisade ini. Pertama adalah Black Mono-tone Interior, kombinasi pertama ini menggunakan paduan bahan Woven serta Leather untuk joknya. Kedua adalah Burgundy Color Package Interior dan yang ketiga adalah Navy Color Package Interior yang sama-sama menggunakan bahan Nappa Leather untuk melapisi joknya.

Review Hyundai Palisade Signature 2020: Bagasi

Foto bagasi Hyundai Palisade Signature 2020

Lantai bagasi rata jadi kelebihan tersendiri

Tak salah rasanya jika Palisade memang disebut sebagai SUV untuk keluarga ‘besar’. Sebab jika dirinci, Hyundai memberikan 16 cup holder yang tersebar di seluruh kabin. Ruang penyimpanan juga dibuat lebih banyak baik terbuka maupun tertutup. Yang istimewa adalah bagasinya, selain pintu bagasinya dapat dibuka secara otomatis, ukurannya juga besar yakni 311 liter saat semua kursi dipakai. Namun, ketika kursi baris ketiga dilipat kapasitasnya meningkat jadi 704 liter.

>>> Baca berita paling update dari Hyundai di bawah ini:

Fitur Hyundai Palisade 2020

Review Hyundai Palisade Signature 2020: Driving Mode

Foto panel instrumen Hyundai Palisade Signature 2020

Panel instrumen menarik dan memberikan banyak info penting seputar mobil bahkan mode berkendara

Terdapat empat driving mode pada Hyundai Palisade Signature 2020 ini, yakni ECO untuk pengendaraan yang hemat, SPORT untuk pengemudian yang lebih agrsif, COMFORT untuk kombinasi kenyamanan maksimum, serta SMART yang dapat mengatur sesuai dengan cara berkendara Anda. Hal itu dimungkinkan dengan adanya sinergi antara ECU (Electronic Control Unit) transmisi dan ECM (Engine Control Module) pada mesin.

Review Hyundai Palisade Signature 2020: Three-zone full auto air

Foto panel AC Hyundai Palisade Signature 2020

Pengaturan AC belakang ini agak sulit dijangkau penumpang dari kursi tengah

PT HMID seakan tahu betul bahwa peruntukkan Palisade ini untuk kalangan eksekutif kelas atas. Maka Hyundai Indonesia membekali Palisade dengan pengaturan AC tiga zona. Dua zona untuk masing-masing penumpang depan dan pengemudi, dan satu zona lagi untuk penumpang belakang. Tak hanya itu saja, dua kursi captain seat di tengah ini juga mendapat fitur pendingin dan pemanas kursi.

Review Hyundai Palisade Signature 2020: Ringkasan Fitur Keselamatan

Sebagai SUV kelas atas, Hyundai Palisade Signature 2020 ini dibekali dengan beberapa peranti keselamatan aktif seperti Blind-Spot Collision Warning yang memanfaatkan sensor radar di bumper belakang yang berfungsi untuk memperingatkan pengemudi ketika ada kendaraan yang mendekat dalam area titik buta. Ada jua Rear Cross-Traffic Collision Warning yang memanfaatkan sensor yang sama untuk mencegah tabrakan saat mundur.

Foto ringkasan Fitur Keselamatan Hyundai Palisade Signature 2020

Kontrol kestabilan, hingga rem ABS, EBD, dan BA sudah jadi standar di Palisade

Fitur keamanan yang baru ada di kelasnya dan tersedia di Palisade ini adalah fitur Safe Exit Assist. Sistem ini dapat mendeteksi kendaraan yang mendekat dari belakang dan terus mengunci pintu guna mencegah penumpang keluar. Ketika kendaraan lain sudah menjauh, hanya dengan menekan tombol, pintu akan terbuka dan penumpang dapat keluar dengan aman. O ya juga tersedia airbag 6 titik untuk melindungi seisi kabin dari benturan saat terjadi kecelakaan.

>>> Komparasi Nissan Kicks vs Toyota Corolla Cross vs Hyundai KONA EV: Adu Kuat Mobil Ramah Lingkungan

Operasi Hyundai Palisade 2020

Foto mesin R2.2 Hyundai-KIA

Mesin R2.2 mirip di Hyundai Santa Fe

Hyundai Palisade menggunakan mesin diesel berkapasitas 2.200 cc dengan konvigurasi 4-silinder 16 katup. Mesin berkode R2.2 CRDi ini pakai turbocharger jenis variable geometry turbo yang mampu menyesuaikan tekanan boost sesuai yang dibutuhkan oleh mesin. Makin istimewa karena mesin ini sudah mengusung Common Rail Direct Injection (CRDi) yang injektornya mampu memberi pengabutan yang lebih baik sehingga pembakaran jadi lebih optimal. 

Foto tombol transmisi Hyundai Palisade Signature 2020

Tombol tuas transmisi mirip model-model mobil listrik Hyundai

Mesin yang juga dapat Anda temui di Hyundai Santa Fe ini sedikit ditingkatkan performanya untuk mengkompensasi dimensi yang lebih besar sekaligus bobot yang lebih berat. Mesin R2.2 ini di Palisade mampu memuntahkan tenaga 200 PS atau sekitar 198,5 HP pada putaran mesin 3.800 rpm, serta torsi 440 NM di rentang putaran mesin 1.750 hingga 2.750 rpm. Tenaga dan torsi tersebut di varian Signature 2WD ini disalurkan ke transmisi otomatis 8-speed.

Foto ban dan velg Hyundai Palisade Signature 2020

Untuk varian AWD (All-Wheel Drive) tenaga dan torsi tadi disalurkan keempat roda

>>> 4 Pilihan All-New Hyundai Terbaik di Daftar Mobil Cintamobil.com

Spesifikasi Hyundai Palisade 2020

Berikut ini adalah spesifikasi Hyundai Palisade Signature 2020

Mesin Hyundai Palisade Signature 2020

Seri mesin

 R2.2 4-Silinder, Diesel, CRDi

Pasokan Bahan Bakar

 Common Rail Direct Injection (CRDi)

Jumlah Katup

 4 Katup Per Silinder (2 Inlet & 2 Outlet)

Tenaga Maksimum

 198,5 Hp (200 PS) @ 3.800 rpm

Torsi Maksimum

 440 Nm @ 1.750 - 2.750 rpm

Kapasitas Silinder

 2,199 cc

Bore X Stroke

 85.4 mm X 96.0 mm

Tipe Transmisi

 6 Percepatan Otomatis, Skuensial, FWD

Rangka Hyundai Palisade Signature 2020

Panjang X Lebar X Tinggi

 4.980 mm x 1.975 mm x 1.750 mm

Jarak Sumbu Roda

 2.900 mm

Jarak Terendah Ke Tanah

 203 mm

Jumlah Tempat Duduk

 7-Seats

Kapasitas Tangki

 64 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki Hyundai Palisade Signature 2020

Suspensi Depan & Belakang

 Depan: MacPherson Strut

 Belakang: Multi Link

Sistem Kemudi

 Rack and Pinion with Motor Driven Power Steering (MDPS)

Rem Depan & Belakang

 Ventilated 18" Disc Brake & Disc Brake 17"

Teknologi Sistem Pengereman

 ABS, EBD, BA

Teknologi Safety Sasis

 Advanced High Strength Steel (AHSS)

Struktur Sasis

 Monokok, SUV D-Segment

Pelek

 Alloy, 20 inch

Jenis Ban

 Kumho Crugen, 245/50 R20

Daftar Harga Hyundai Palisade 2020

Foto logo Hyundai di Hyundai Palisade Signature 2020

Mobil yang kami review kali ini harganya Rp 888 juta

Hyundai Palisade hadir dengan pilihan 3 trim, yang masing-masing dibanderol Rp 777.000.000 untuk tipe Prime, Rp 888.000.000 untuk trim Signature seperti yang kami review kali ini dan Rp 1.078.000.000 untuk top of the line yakni Signature AWD. Semua harga yang disebutkan tadi sudah dalam kondisi On The Road Jakarta. PT Hyundai Motors Indonesia juga memberikan layanan Inovatif HMID telah menyiapkan berbagai program layanan inovatif untuk Hyundai Palisade, antara lain: Garansi 3 tahun atau 100.000 km, layanan gratis 5 tahun atau 75.000 km, Roadside Assistance 24 Jam.

Kesimpulan Hyundai Palisade 2020

Foto tim Cintamobil.com bersama Hyundai Palisade Signature 2020

SUV berlogo 'H' miring ini menggiurkan untuk dimiliki

Hyundai Palisade Signature 2020 ini memang pantas untuk menjadi SUV termahal dan termewah Hyundai di Indonesia. Siapa sangka SUV yang di Amerika sekelas dengan BMW X7, bahkan Mercedes-Benz GLS 450 ini hanya dibanderol tak sampai setengah harga dari kedua SUV tadi. Meski demikian di Indonesia Hyundai Palisade Signature 2020 ini akan mendapatkan perlawanan sengit dari dua produk Mazda yakni Mazda CX-9 dan Mazda CX-8. Kombinasi harga menarik dan fitur berlimpah membuatnya menggiurkan untuk dimiliki. Yang menjadi salah satu PR (Pekerjaan Rumah) PT HMID saat ini adalah memperbanyak jaringan servis di seluruh Indonesia guna menyokong penjualan Palisade.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
back to top