Komparasi Nissan Kicks vs Toyota Corolla Cross vs Hyundai KONA EV: Adu Kuat Mobil Ramah Lingkungan

27/11/2020

Mobil baru

7 menit

Share this post:
Komparasi Nissan Kicks vs Toyota Corolla Cross vs Hyundai KONA EV: Adu Kuat Mobil Ramah Lingkungan
Kali ini kami akan melakukan komparasi Nissan Kicks vs Toyota Corolla Cross vs Hyundai KONA EV, dengan tajuk adu kuat mobil ramah lingkungan, who's the best?

"Indonesia sedang demam mobil ramah ingkungan," ujar seorang kawan kami. Ya, pendapatnya tidak salah, karena sejak awal tahun 2020 ini memang sudah digembar-gemborkan mobil-mobil LCEV (Low Carbon Emission Vehicle), meskipun petunjuk pelaksanaan maupun stimulusnya belum jelas. So, kali ini kami akan melakukan komparasi Nissan Kicks vs Toyota Corolla Cross vs Hyundai KONA EV, dengan tajuk adu kuat mobil ramah lingkungan.

Foto Nissan Kicks e-POWER 2020

Seberapa kuat Nissan Kicks ini menghajar para rival di kelasnya?

Ketiga mobil ramah lingkungan ini mengusung pendekatan yang berbeda, Nissan Kicks memakai pendekatan teknologi e-POWER yakni memanfaatkan mesin motor bakar untuk mengisi baterai dan bisa berjalan layaknya mobil listrik. Untuk Toyota Corolla Cross hybrid percaya diri dengan teknologi hybrid ter-advancednya. Sementara Hyundai KONA menjadi satu-satunya kontestan mobil full-listrik di komparasi ini. Jadi mana yang terbaik? Simak komparasi Nissan Kicks vs rival ini hingga tuntas.

Komparasi Nissan Kicks vs Rival: HARGA

 Mobil  Harga
Nissan Kicks e-POWER Rp 449.000.000
Toyota Corolla Cross 1.8 Hybrid AT Rp 497.800.000
Hyundai KONA Electric Rp 674.800.000

Poin penilaian pertama adalah dari sisi harga. Sebab, pada komparasi kali ini kami mencari mobil ramah lingkungan mana yang paling affordable soal harga. Dan pasti Anda sudah bisa menebak mobil mana yang unggul dalam penilaian pertama ini, yakni Nissan Kicks e-POWER. Harga jual jagoan Nissan Indonesia ini adalah yang termurah yaitu Rp 449 juta. 

Foto tampilan samping Nissan Kicks e-POWER 2020

Nissan Kicks ePOWER unggul pada penilaian pertama

Toyota Corolla Cross varian bermesin hybrid dijual dengan harga Rp 48,8 juta lebih mahal dari Nissan Kicks. Sementara untuk Hyundai KONA Electric jauh lebih mahal lagi, karena harus merogoh kantung lebih dalam lagi, tentunya tidak heran sebab KONA menjadi satu-satunya kontestan dengan powertrain listrik dalam komparasi Nissan Kicks vs rival ini. 

Komparasi Nissan Kicks vs Rival: Desain

Kendati desain adalah perkara subjektif karena menyoal selera, namun tetap akan kami bahas pada ketiga SUV ramah lingkungan ini dan menjadi salah satu parameter Anda dalam menentukan mobil mana yang akan Anda pilih. Jadi, mobil mana yang punya desain paling menarik? 

Foto tampilan depan Nissan Kicks e-POWER 2020

Nissan Kicks tampil keren dengan warna two tone

Pertama ke Kicks, meski lahir sebagai mobil yang canggih, namun para insinyur di Nissan seolah tak ingin membuat tampilan eksterior Nissan Kicks menjadi terlalu ekstrim. Mobil ramah lingkungan yang diposisikan Nissan Indonesia sebagai pengganti Nissan Juke ini terlihat menarik dengan desain grille depan besar berwarna piano black yang berpadu sempurna dengan headlamp LED (Light Emitting Diode)-nya.

Foto tampilan belakang Nissan Kicks e-POWER 2020

Tampak buritan Nissan Kicks seperti sport car Nissan

Lanjut ke tampilan samping dan belakangnya, di bagian samping kesan unik ditunjukkan oleh Nissan Kicks e-POWER dengan warna two tone dan desain atap bagian belakang yang melandai. Velg 17 incinya juga terlihat proporsional dengan dimensi keseluruhan bodi. Sementara untuk eksterior buritan, bentuk stoplamp mengingatkan kami kepada sport car Nissan yang sporty.

Foto tampilan depan Toyota Corolla Cross 1.8 Hybrid AT 2020

Bentuk depan Corolla Cross paling kami suka di sini

Berlanjut ke Toyota Corolla Cross Hybrid, jagoan PT Toyota Astra Motor ini memunculkan desain yang sporty namun tetap elegan khas mobil-mobil dengan rancang bangun TNGA (Toyota New Global Architecture). Headlamp berbohlam LED yang menyipit berpadu sempurna dengan desain grille yang besar. Demikian juga dengan bumper depannya yang berlekuk-lekuk untuk menciptakan kesan dramatis.

Foto tampilan belakang Toyota Corolla Cross 1.8 Hybrid AT 2020

Tampilan belakang berkesan slim and sleek

Untuk urusan detail, Toyota Corolla Cross 1.8 Hybrid AT 2020 ini lebih unggul dibandingkan para kompetitornya. Cukup banyak emboss maupun emblem yang tertera di mobil ini, dari mulai di antara pilar C dan D, roof rail yang sewarna dengan bodi, demikian juga dengan body cladding tebal yang mencirikan sebuah SUV (Sport Utility Vehicle) sejati. Kesan agresif juga berlanjut hingga ke buritan dengan penerapan stoplamp berdesain slim and sleek.

Gambar Hyundai KONA Electric 2020

Tak perlu grille depan guna tingkatkan efisiensi aerodinamika

Sementara untuk Hyundai KONA Electric tampil selayaknya mobil elektrik yang tak ada grille. Karena aliran udara yang biasanya untuk mendinginkan mesin motor bakar tidak dibutuhkan di sini. Headlamp, DRL (Daytime Running Light) pada KONA ini juga sudah berbohlam LED sesuai tema hemat energi. Body cladding tebal tampak serasi dengan velg aerodinamis di mobil ini. Sementara untuk bagian buritan tak terlalu banyak perbedaan dengan KONA bermesin bensin.

Komparasi Nissan Kicks vs Rival: Interior & Kepraktisan

Setelah membahas desain eksterior, mari masuk ke dalam untuk mengetahui interior serta impresi mengenai seberapa lega ketiga mobil SUV ramah lingkungan ini. Tak hanya itu, sisi kepraktisan juga menjadi pokok bahasan kami pada komparasi Nissan Kicks vs rival ini.

Foto interior Nissan KICKS e-POWER 2020

Layout dashboard selayaknya mobil 'biasa'

Interior dari Nissan Kicks terlihat modern dan canggih, Meski harus diakui permainan warna pada interiornya agak terasa kurang berani, sebab didominasi warna hitam. Belum lagi tidak semua bagian dilapisi bahan empuk, namun kabar baiknya semua tombol pengatur fitur di Nissan Kicks e-POWER ini terasa mudah dijangkau dengan tangan dan intuitif alias tidak membingungkan.

Foto kursi pengemudi dan penumpang depan Nissan KICKS e-POWER 2020

Kursi Kicks nyaman diduduki

Kendati pengaturan kursinya tidak elektrik seperti para rivalnya, tetapi kursi pengemudi dapat diatur cukup lengkap, dari mulai maju-mundur hingga tinggi-rendahnya. Kursi hasil kerjasama dengan NASA ini juga nyaman diduduki serta mampu menopang tubuh dengan baik. Sayangnya hal tersebut hanya terasa pada kursi depan saja, untuk kursi belakang tidak senyaman di depan dan sandarannya terasa terlalu tegak.

Foto layout dashboard Toyota Corolla Cross 1.8 Hybrid AT 2020

Kualitas buatan Toyota terbaik di komparasi ini

Berlanjut ke Toyota Corolla Cross hybrid, SUV hybrid Toyota ini mampu memberikan perlawanan sengit ke Nissan Kicks e-POWER maupun Hyundai KONA Electric. Kualitas buatan interiornya menjadi yang terbaik pada parameter pengetesan kali ini. Bahannya lembut dan ditunjang banyak komponen soft touch. Hal tersebut membuat aura mewah makin menyeruak, belum lagi tersedia sunroof yang membuat kesan interior lebih lega.

Foto kursi pengemudi Toyota Corolla Cross 1.8 Hybrid AT 2020

Kursi paling nyaman ada di Corolla Cross

Tapi, interior yang lega tersebut bukan hanya kesan semata, sebab saat kami coba sendiri mobil ini memang terasa luas. Meski ketiga kontestan di komparasi  kali ini sudah mengusung setir tilt and telescopic tetapi pengaturan jok pengemudi yang sudah elektrik di Corolla Cross ini terasa lebih memudahkan. Hal tersebut juga ditunjang dengan busa jok yang empuk serta mampu memeluk tubuh dengan baik saat bermanuver. Kursi belakang bagaimana? Paling lega diantara rival di sini.

Gambar interior Hyundai KONA Electric 2020

Aura dasbor modern

Untuk Hyundai KONA Electric 2020 layout dashboardnya juga modern seperti kedua rivalnya di komparasi kali ini. Satu hal yang terlihat unik adalah selector transmisi yang berbentuk tombol dan membutuhkan adaptasi saat penggunaannya. Kesan modern terus terpancar di kabin SUV buatan Korea Selatan ini begitu Anda melihat layar infotaiment di tengah plus jejeran tombol yang rapi. SUV listrik ini juga sudah ada sunroof untuk menambah kesan lega.

Gambar layout kursi Hyundai KONA Electric 2020

Ventilated seat hanya tersedia di KONA EV (Electric Vehicle)

Kursi ventilated di bagian depan Hyundai KONA Electric ini merupakan satu-satunya dalam komparasi kali ini. Soal posisi duduk tak jauh beda dengan Hyundai KONA bermesin bensin, pengaturan kursinya tetap mudah karena sudah elektrik 8 arah plus setir dapat fitur tilt and telescopic. Namun harus diakui untuk duduk di belakang memang tidak seluas Toyota Corolla Cross hybrid tapi masih lebih luas dari Nissan Kicks e-POWER.

>>> Dapatkan penawaran terbaik Hyundai KONA Electric di sini

Komparasi Nissan Kicks vs Rival: Fitur & Unique Selling Point

Foto first drive Nissan Kicks e-POWER 2020

Nissan e-Pedal bikin pengendaraan menyenangkan

Nissan Kicks e-POWER memang masuk dalam kelas segmen B atau SUV kompak, tetapi urusan fitur ia boleh diadu dengan para rivalnya. Misalnya fitur Nissan e-Pedal yang membuat pengendaraan Kicks di dalam kota menjadi lebih menyenangkan. Belum lagi ia dilengkapi dengan Nissan Intelligent Mobility yang membuat fitur keamanannya kian lengkap dan memudahkan sebab juga termasuk dengan adaptive cruise control.

Foto fitur NFC di Head unit Toyota Corolla Cross 1.8 Hybrid AT 2020 dengan NFC

Cek saldo e-Money hanya bisa dilakukan di Corolla Cross

Head unit dengan Near Field Communication (NFC) menjadi fitur unik pada Toyota Corolla Cross 1.8 Hybrid AT 2020 ini dan tak akan Anda temui di kompetitornya. Jadi Anda bisa melakukan cek sisa saldo e-toll card Anda. Namun, sementara hanya e-toll card dengan basis e-Money Bank Mandiri yang bisa diperiksa saldonya, sementara kartu uang elektronik dari bank lain belum bisa.

Foto fitur wireless charging Hyundai KONA Electric 2020

Ngecas smartphone bisa di mobil ini

Sebagai satu-satunya kontestan mobil listrik di komparasi Nissan Kicks vs rival ini, Hyundai KONA juga menawarkan beberapa fitur yang tidak bisa ditemui pada kompetitornya, misal wireless charging. Juga tersedia head up display yang dapat menampilkan informasi penting seputar kendaraan, sehingga Anda tak perlu 'melongok' ke panel instrumen. Seperti informasi mengenai kecepatan kendaraan, status cruise control, hingga GPS bisa tampil di layar tersebut.

Komparasi Nissan Kicks vs Rival: Performa

Foto powetrain e-POWER dan mesin HR12DE di Nissan Kicks

Meski figur tenaga dan torsi kalah dari rival, pada kenyataannya ia terasa fun to drive

Sistem e-POWER memungkinkan pengemudi dapat mengisi bahan bakar dengan RON (Research Octane Number) minimal 90 untuk terus dapat berkendara. Mesin 1.200 cc 3-silinder berkode HR12DE yang tersemat di bawah kap mesin Nissan Kicks e-POWER ini hanya berfungsi sebagai genset listrik saja. Artinya mobil ini sepenuhnya digerakkan hanya dengan motor listriknya saja yang mempunyai tenaga 129 PS atau setara dengan 126 HP dan torsi 290 NM sejak putaran mesin 0 rpm.

Foto mesin 2ZR-FXE Toyota Corolla Cross 1.8 Hybrid AT 2020

Tenaga dan torsi mesin Corolla Cross disalurkan ke transmisi eCVT

Toyota Corolla Cross Hybrid ini menggunakan mesin 2ZR-FXE. Mesin ini sudah mengusung sistem hybrid tingkat lanjut yang lebih efisien tanpa meninggalkan tenaga yang memadai. Total tenaga mesin ini adalah 122 PS yang terdiri dari 98 PS engine output + 24 PS electric motor. Sementara total torsinya adalah 305 Nm yang terdiri dari 142 Nm engine output + 163 Nm electric motorMesin ini juga menggunakan siklus kerja Atkinson Cycle yang lebih efisien dari Otto Cycle.

Gambar motor listrik Hyundai KONA Electric 2020

Dinamo KONA jadi salah satu yang tercanggih di Indonesia

Hyundai KONA listrik merupakan salah satu mobil listrik tercanggih di Indonesia. KONA listrik ini merupakan satu-satunya produk kendaraan listrik di Indonesia yang menggunakan baterai berpendingin cairan. Kelebihan utama dari baterai berpendingin cairan adalah lebih terjaga suhunya dibandingkan dengan baterai berpendingin udara. Dinamo yang diusung berjenis  Permanent Magnet Synchronous Motor. Untuk tenaga dan torsi bisa langusung Anda lihat pada boks di bawah ini

Agar Anda lebih jelas, kami sajikan spesifikasi teknis dari masing-masing mobil yang kami komparasi tiga mobil ramah lingkungan ini:

    Mesin

 Tipe mobil

Nissan Kicks e-POWER 2020 Toyota Corolla Cross 1.8 Hybrid AT 2020  Hyundai KONA Electric 2020
Seri mesin / dinamo

 HR12DE 3-silinder + dinamo EM57

  2ZR-FXE, 4-silinder, Hybrid, Atkinson Cycle, Dual VVT-i  Permanent Magnet Synchronous Motor
Jumlah Katup

 16 Katup (2 Inlet & 2 Outlet per Silinder)

 16 Katup (2 Inlet & 2 Outlet per Silinder)  N/A
Pasokan Bahan Bakar

 Electronic Fuel Injection

 Electronic Fuel Injection  Full Electric Car
Tenaga Maksimum

 126 HP

 120,5 HP = Total 122 PS (98 PS engine + 24 PS electric motor)  136 PS (100 kW) atau sekitar 134,5 HP
Torsi Maksimum

 290 NM

 Total 305 NM (142 NM engine + 163 NM electric motor)  395 NM
Kapasitas Silinder

 1,198 cc

 1,798 cc  N/A
Bore X Stroke

 78,0 mm x 83,6 mm

 80.5 mm X 88.3 mm  N/A

Kecepatan Charging

 e-POWER Self Charging Hybrid Synergy Drive  

Quick Charge DC:

 - 0 ke 80 % dalam 75 menit dengan Charging Capacity 50 kW

 - 0 ke 80% dalam 54 menit dengan Charging Capacity 100 kW

 Standart Charge DC: 

 - 0 ke 100% dalam 6 jam 10 menit dengan Charging Capacity 7,2 kW

 Standart Charge AC:

 - 0 ke 100% dalam 19 jam dengan Charging Capacity 2,3 kW 

Jarak Tempuh

 Sesuai kapasitas tangki BBM  Sesuai kapasitas tangki BBM  Klaim Pabrikan = 345 KM
Tipe Transmisi

 Single-speed, FWD

 E-CVT with Shift Lock (FWD)  Otomatis Single Gear dengan Reduction Gear, Penggerak Roda Depan

Rangka 

Panjang X Lebar X Tinggi

 4.305 mm X 1.760 mm X 1.615 mm

  4.460 mm X 1.825 mm X 1.620 mm   4,180 mm X 1.800 mm X 1,570 mm
Jarak Sumbu Roda

 2.620 mm

 2.640 mm  2.600 mm
Jumlah Tempat Duduk

 5 Tempat Duduk

 5 Tempat Duduk  5 Tempat Duduk
Radius Putar

 5,1 Meter

 5,2 Meter  5,2 Meter
Ground Clearance

 175 mm

 161 mm  180 mm
Kapasitas Tangki BBM / Baterai

 41 Liter

 36 Liter  39,2 kWh

Suspensi/Kaki-Kaki 

Suspensi Depan & Belakang

 Depan: McPherson struts and stabiliser bar

 Belakang: Torsion Beam with stabiliser

 Depan: Macpherson Strut with Stabilizer

 Belakang: Torsion Beam with Stabilizer

 Depan: MacPherson Strut

 Belakang: Multi link

Sistem Kemudi

 Rack And Pinion, with Electronic Power Assisted

 Rack and Pinion with Electronic Power Steering  Rack And Pinion, Motor Driven Power Steering (MDPS)
Rem Depan & Belakang

 Ventilated Disc Brake & Ventilated Disc

  Ventilated Disc Brake & Disc  Ventilated Disc Brake & Solid Disc Brake
Teknologi Sistem Pengereman

 ABS + EBD + BA

 ABS, EBD, HSA, & BA  ABS, EBD, BA, HSA
Teknologi Safety Sasis

 By Nissan + Side Impact Beam

 Toyota New Global Architecture  Advance High Strength Steel and Press Hot Stampling
Struktur Sasis

 Monokok, SUV B-Segment

 Monokok TNGA-C, SUV C-Segment  Monokok, SUV C-Segment
Pelek

 Alloy, 17 Inci

 Alloy, 18 Inci  Alloy, 17 Inci
Jenis Ban

 Dunlop Enasave, 205/55R17

 Michelin Pilot Primacy, 225/50R18  Radial, 215/55 R17

Kesimpulan

Foto First Drive Nissan Kicks e-POWER 2020

Harga terjangkau, fitur lengkap jadi senjata kemenangannya

Kami menganggap Nissan Kicks e-POWER 2020 yang pantas menjadi pemenang pada komparasi SUV ramah lingkungan yang dibuat Cintamobil.com kali ini. Komposisi combo yang diusungnya seperti harga terjangkau, fitur lengkap serta sistem e-POWER yang memudahkan membuat Kicks unggul dari Toyota Corolla Cross 1.8 Hybrid AT 2020 dan Hyundai KONA Electric 2020. Selain itu, pilihan mesin bensin sebagai sumber daya pengisian baterai bisa dibilang masih menjadi solusi terbaik sebelum infrastruktur pengisian ulang baterai mobil listrik tersedia secara masif di Indonesia. Tapi, untuk memiliki Nissan Kicks sekarang harus sabar, karena indennya cukup lama yang dapat menguji kesabaran.

>>> Kalah dalam komparasi kali ini, sanggupkah Corolla Cross melawan rival lainnya?

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia
 
back to top