Konsep Hyundai TIGER X-1, Mobil 'Berkaki' yang Fleksibel

10/02/2021

Mobil baru

2 menit

Share this post:
Konsep Hyundai TIGER X-1, Mobil 'Berkaki' yang Fleksibel
Hyundai akhirnya merilis konsep mobil Hyundai TIGER X-1 yang disebut sebagai kendaraan dengan mobilitas tinggi tanpa awak yang bisa “melangkah” tanpa roda.

Beberapa waktu sebelumnya, Hyundai memperkenalkan konsep mobil berkaki yang dikenal dengan nama Hyundai Elevate. Dan kali ini, Hyundai mengungkapkan konsep lainnya dari mobil yang bisa melaju dengan roda namun tetap memiliki mobilitas yang diberi nama konsep Hyundai TIGER X-1, singkatan dari Transforming Intelligent Ground Excursion Robot.

Mobil berkaki

Konsep Hyundai TIGER X-1 dikembangkan oleh New Horizons Studio yang dimiliki Hyundai. Mobil unik ini dirancang untuk membawa muatan melewati medan yang menantang. Dibuat berdasarkan platform modular, TIGER dilengkapi dengan ruang beban di dalam baknya. Memungkinkan TIGER membawa barang, seperti persediaan darurat hingga paket untuk dikirim.

mobil konsep Hyundai TIGER X-1 di hutan
TIGER X-1 bisa digunakan untuk menjelajah semua medan

>>> Hyundai Motor Group Ingin Hentikan Pengembangan Mobil Bermesin Diesel

Yang membuat TIGER menarik adalah sistem penggerak kaki dan roda yang canggih. Sisten ini memungkinkan mobil ini “berjalan” di atas rintangan maupun medan kasar sambil menjaga muatan tetap stabil. TIGER bahkan disebut mampu memberikan kestabilan di dalam kabin lebih baik dibandingkan kendaraan darat biasa.

Fitur ini sebelumnya ditampilkan dalam konsep Hyundai Elevate yang debut perdana pada Consumer Electronic Show (CES) 2019. Namun TIGER dipersiapkan sebagai kendaraan kecil tanpa awak, sedangkan Elevate dikhususkan untuk mengangkut pengemudi.

Konsep ini menghadirkan 8 sensor ultrasonik 360o, 8 kamera, dan konektivitas GPS dan 4G. Ada juga dua panel radar yang bisa digunakan untuk menembus tanah, memudahkan eksplorasi ke medan yang sulit ditempuh. TIGER X-1 menggunakan sistem Autodesk dalam desain generatif, membuatnya mampu mengurangi bobot tanpa mengorbankan kekuatan.

>>> Hyundai Luncurkan Tucson N Line 2021, Suspensinya Dirombak

Untuk militer maupun penyelamatan

Hyundai belum membahas banyak hal spesifikasi, tapi mengatakan bahwa TIGER dapat dilengkapi dengan tubuh yang berbeda. Penggunaan tubuh bisa disesuaikan, seperti pengiriman kargo maupun mengawasi lokasi yang tak bisa ditempuh oleh manusia biasa.

mobil konsep Hyundai TIGER X-1 di bulan
Hyundai menyebutkan penggunaan luar angka untuk TIGER X-1

TIGER memiliki sistem penggerak semua roda (atau kaki), kontrol arah 360o, dan dirancang untuk terhubung ke kendaraan udara tak berawak untuk mengawasi lokasi terpencil. Dalam keterangannya, Hyundai mengatakan bahwa konsep TIGER bisa digunakan untuk eksplorasi luar angkasa, seperti menjelajahi bulan atau planet lain.

Perwakilan Hyundai, dilansir dari Motor1, menjelaskan bahwa TIGER bisa digunakan untuk kebutuhan militer. Termasuk membantu meningkatkan keselamatan dengan melakukan pengiriman tanpa pengemudi ke wilayah musuh. Konsep ini juga bisa digunakan untuk mengirimkan pasokan ke daerah terkena bencana alam serta melakukan pencarian dan penyelamatan.

>>> Dapatkan pilihan mobil baru dan bekas berkualitas hanya di sini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Hyundai-Kia Tepis Kabar Produksi Apple Car

09/02/2021

Pasar mobil

3 menit

Hyundai akhirnya menepis kabar soal pengembangan Apple Car. Hal itu membuat pengembangan mobil perdana Apple masih menjadi misterius yang belum terpecahkan.

Lihat juga

First Drive Hyundai Palisade Signature 2021: Lawan Tangguh SUV Mewah Dari Korea

01/02/2021

Mobil baru

5 menit

Setelah puas membahas mengenai review mengenai mobil ini, kini saatnya tim tester Cintamobil.com lompat ke balik kemudi Hyundai Palisade Signature 2021

Lihat juga

Hyundai Luncurkan Tucson N Line 2021, Suspensinya Dirombak

29/01/2021

Mobil baru

5 menit

Tak lama setelah Tucson generasi terbaru launching, Hyundai merilis varian N Line dengan ubahan yang cukup signifikan dibanding trim normal. Apa saja yang didapat?

Lihat juga

Hyundai Motor Group Ingin Hentikan Pengembangan Mobil Bermesin Diesel

21/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Hyundai Motor Group telah mengikuti jejak Volvo dengan menangguhkan pengembangan mobil bermesin diesel. Hal ini telah dilakukan selama paruh kedua tahun 2020.

Lihat juga

Teaser Kembali Dirilis, Desain Hyundai Bayon Semakin Jelas

22/01/2021

Mobil baru

3 menit

Hyundai Motors memperjelas desain Hyundai Bayon dengan tiga gambar teaser. Sekilas nampak SUV crossover tersebut memiliki desain yang kuat sekaligus unik.

Lihat juga
 
back to top