Review Hyundai Kona Electric 2019

03/04/2019
editor rate: 4,0 user rate: 4,5
Akankah Hyundai Kona Electric menjadi jawaban lain dari Hyundai untuk kendaraan compact SUV yang tepat untuk pasar Indonesia?

PENGANTAR Hyundai Kona 2019

Review Hyundai Kona Electric 2019 Indonesia bisa dikatakan sedang dalam masa transisi dari mobil konvensional menjadi mobil listrik. Semua brand seolah berlomba-lomba memperkenalkan mobil elektrik atau plug-in hybrid, baik dalam bentuk produk studi atau sudah dijual secara resmi di Indonesia.

Dari beberapa brand otomotif, nama Hyundai mendadak menjadi pembicaraan akhir-akhir ini. Bukan karena produk mobil listrik mereka, melainkan kemitraan antara Hyundai Motor Co. Ltd dan Pemerintah Republik Indonesia untuk membangun pabrik mobil listrik di Indonesia, sebagai bagian dari investasi total $ 880 juta atau hampir mencapai Rp 13 triliun.

Gambar menunjukkan Debut mobil Hyundai Kona Electric 2019 berwarna hijau dilihat dari sisi depan

Bangkok International Motor Show 2019 jadi ajang debut Hyundai Kona Electric

Mari berandai-andai, apabila di Indonesia pabrik mobil listrik Hyundai resmi beroperasi dan kendaraan listrik mereka akan masuk ke Indonesia, mobil apakah yang paling potensial dipasarkan di Indonesia? Jika mengacu dari line up mobil listrik Hyundai saat ini, bisa dikatakan Hyundai Kona Electric menjadi model sangat potensial apabila diimplementasikan ke pasar otomotif Indonesia. Apalagi mobil ini sudah debut untuk perdana di kawasan Asia Tenggara melalui ajang Bangkok International Motor Show 2019 yang bergulir 26 Maret hingga 4 April mendatang.

Apa alasan mobil Hyundai Kona Electric berpotensi menjadi mobil listrik yang tepat digunakan di Indonesia? Dan apa yang membuat Hyundai Kona Electric terasa spesial dan menarik? Semua ini akan Cintamobil.com kupas secara mendalam di review Hyundai Kona Electric 2019.

EKSTERIOR Hyundai Kona 2019

Review Hyundai Kona Electric 2019: Eksterior Depan

Tampak depan Hyundai Kona 2019 berwarna hijau

Penampilan eksterior depan Hyundai Kona Electric 2019

Secara bahasa desain Hyundai Kona Electric 2019 hadir dengan nuansa futuristik, tanpa melupakan DNA Hyundai Kona, yang mana dalam waktu dekat akan diperkenalkan di Indonesia. Adapun citra futuristik tersaji lewat bentuk grille yang tertutup tanpa ada lubang udara sama sekali, dan hanya menyisakan satu area tertutup yang menjadi tempat soket charger baterai dan di bagian bawah bumper memiliki active air flap. Headlight menggunakan bahasa desain baru Hyundai, berupa composite light dengan format headlight ganda, dimana bagian atas untuk LED Daytime Running Light dan bagian bawah menggunakan LED Headlight projector.

Review Hyundai Kona Electric 2019: Eksterior Samping

tampak samping Hyundai Kona 2019 berwarna hijau

Penampilan eksterior samping Hyundai Kona Electric 2019

Sisi samping Hyundai Kona Electric 2019 menghadirkan konsep bentuk SUV yang cukup sporty, berkat penggunaan over fender berkelir warna hitam. Hal ini memperkuat profil tampilan pelek 17 inci alloy yang digunakan pada mobil ini. Agak bergeser ke area atap yang bisa menggunakan opsi warna two-tone, Hyundai mendesain Hyundai Kona Electric dengan roof rail yang bentuknya tidak mengganggu aerodinamika, namun mampu menahan beban hingga 80 kg sehingga bisa digunakan untuk penempatan roof box mobil.

Review Hyundai Kona Electric 2019: Eksterior Belakang

Tampak belakang Hyundai Kona Electric 2019 berwarna hijau

Penampilan eksterior samping Hyundai Kona Electric 2019

Eksterior belakang Hyundai Kona Electric 2019 menghadirkan bumper yang memiliki lekukan yang cukup menarik secara visual, dan selaras dengan panel silver yang menghiasi area bawah bumper. Selain itu, Hyundai juga menghadirkan taillight LED dengan desain yang terpisah antara taillight atas dan taillight yang berada di area bumper belakang.

INTERIOR Hyundai Kona 2019

Review Hyundai Kona Electric 2019: Dashboard & Setir

Ada kesan kabin Hyundai Kona Electric dibuat lebih relevan dengan mobil masa kini tanpa harus mencoba futuristik layaknya mobil listrik pada umumnya. Anda masih bisa menemukan dashboard layaknya Hyundai Kona standar, yang disesuaikan pada beberapa area.

Gamabr menunjukkan desain bagian Dashboard Hyundai Kona Electric 2019

Penampilan dashboard dan setir Hyundai Kona Electric 2019

Contoh paling mudah ialah pada area central console tidak lagi ditemukan tuas transmisi, karena kontrol transmisi diatur lewat tombol Button-type Shift-By-Wire yang lokasinya berada di dekat tombol Integrated Driving Mode dan electric parking brake. Tak jauh dari konsol tengah ialah tempat cup holder ganda, serta ruang penyimpanan tertutup untuk wireless charging. Dan dari sisi penumpang bisa dengan leluasa mengatur sistem infotainment dengan layar 8 inci di central cluster, dan climate control di konsol tengah, dan menyimpan barang bawaan di glove box.

Sedangkan pada sisi pengemudi, lebih banyak pengalaman visual yang lebih mutakhir diberikan Hyundai. Hal ini terlihat dari instrument cluster yang menggunakan layar 7 inci dengan informasi sangat lengkap, serta informasi tersebut juga akan ditampilan pada layar Head Up Display. Dan pengemudi pun akan bisa mengontrol mobil lebih leluasa dengan setir yang nyaman dan dibekali tombol multifungsi beserta tombol paddle shift.

Review Hyundai Kona Electric 2019: Jok

Gambar menunjukkan desain bagian Jok Hyundai Kona Electric 2019

Penampilan jok depan Hyundai Kona Electric 2019

Hyundai Kona Electric 2019 menggunakan konfigurasi jok 2+3, dimana jok belakang selain bisa digunakan untuk 3 orang dewasa bisa juga digunakan untuk 2 orang dewasa dengan membuka armrest yang terlipat. Pengemudi dan penumpang depan dimanjakan dengan fitur heated/ventilated seat dan pengaturan elektrik. Oh ya ada dua opsi material yang digunakan pada jok Hyundai Kona Electric 2019, yakni bahan fabric dan leather

Review Hyundai Kona Electric 2019: Bagasi

Gamabr menunjukkan desian Ruang Bagasi Hyundai Kona Electric 2019

Dengan kondisi kursi terlipat, jok Hyundai Kona Electric 2019 menjadi lebih luas mencapai 1.114 liter

Ruang bagasi Hyundai Kona Electric 2019 sudah cukup memenuhi kebutuhan penggunaan di dalam kota, dimana dalam kondisi semua jok digunakan maka ruang bagasi yang tersedia ialah 332 liter. Tapi saat jok baris belakang dilipat rata lantai, saat itulah ruang bagasi mobil ini langsung membesar menjadi 1.114 liter.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

FITUR Hyundai Kona 2019

Review Hyundai Kona Electric 2019: Fitur Hiburan & Kenyamanan

Kokpit infotainment Hyundai Kona Electric 2019

Sistem head unit 8 inci berlayar sentuh ada di tengah area dashboard Hyundai Kona Electric 2019

Sistem head unit Hyundai Kona Electric 2019 sangat memenuhi kebutuhan hiburan dan konektivitas selama perjalanan. Sebab sistem head unit berlayar sentuh 8 inci ini bisa terkoneksi dengan smartphone karena mampu menjalankan Android Auto dan Apple CarPlay. Lebih cerdas lagi, status dan pengaturan baterai mobil beserta sistem navigasi juga bisa ditampilkan di sistem infotainment ini. Agar melengkapi kecanggihan sistem hiburan ini, Hyundai menyediakan sistem audio premium keluaran Krell, serta sistem wireless charging.

Review Hyundai Kona Electric 2019: Fitur Manajemen Baterai

Bicara manajemen penggunaan baterai di mobil listrik memang cukup krusial. Dan untuk Hyundai Kona Electric 2019, pengaturan manajemen baterai difokuskan lewat sistem Smart Regenerative Braking. Sistem ini menggunakan sensor radar on-board untuk secara otomatis mengontrol level pengereman regeneratif berdasarkan situasi jalan dan mobil yang ada di depan. Selain itu, ia juga mendeteksi jika Hyundai Kona Electric sedang berkendara dalam kondisi menanjak atau menurun, dan akan menyesuaikan tngkat level pengereman regeneratif yang diperlukan.

Fitur Adjustable regenerative braking Hyundai Kona Electric 2019

Pengaturan Regenerative Brake Control diatur lewat paddle shift 

Pengemudi juga bisa mengatur level pengereman regeneratif yang dibutuhkan melalui fitur Regenerative Brake Control. Sederhananya Anda mengatur 4 level pengereman regeneratif yang Anda inginkan lewat paddle shift yang ada di belakang setir. Semakin tinggi level yang Anda pilih, semakin besar energi kinetik yang akan diserap kembali sebagai daya charging baterai. Bahkan jika Anda menekan lama paddle shift untuk mengaktifkan mode Max, maka mobil bisa ber-deselerasi sampai berhenti diam tanpa perlu Anda menekan pedal rem.

Review Hyundai Kona Electric 2019: Fitur Keselamatan

Hyundai SmartSense menjadi ekosistem fitur keselamatan Hyundai Kona Electric 2019. Ekosistem ini terdiri dari 6 fitur mutakhir yang memastikan pengalaman berkendara Anda tetap aman. Fitur tersebut ialah Smart Cruise Control with Stop & Go, Autonomous Emergency Braking (AEB) w/ pedestrian detection, Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Lane Following Assist (LFA), Lane Keeping Assist (LKA), dan Blind Spot Detection (BSD) w/ lane change assist.

>>> Tampil Beda di Jalan, Ada 3 Pilihan Mobil Hatchback Premium Bekas

OPERASI Hyundai Kona 2019

Ada dua jenis jantung elektrik pada kedua mobil listrik ini. Untuk pilihan pertama ialah Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM) dipadukan baterai Lithium-ion Polymer 39KWh. Tenaga yang bisa dihasilkan sistem elektrik ini adalah 136 ps dengan torsi 395 Nm. 0-100 km/jam bisa dicapai dalam waktu 9.7 detik, dan top speed berada di 154 km/jam, dan daya jelajahnya bisa mencapai 289 km. Dan soal pengisian daya baterai sudah dibekali 7.2 kW onboard charger dengan kemampuan pengisian daya baterai penuh selama 6 jam, dan jika menggunakan 100 kW DC fast charger membutuhkan waktu 54 menit untuk mencapai kapasitas 80%

Motor Elektrik Hyundai Kona Electric 2019

Hyundai Kona Electric 2019 menggunakan motor elektrik berteknologi Permanent Magnet Synchronous Motor

Pilihan lainnya lebih bertenaga, dimana Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM) hadir dengan baterai Lithium-ion Polymer lebih besar 64 KWh. Tenaganya jadi meningkat dengan torehan 204 PS dan torsi 395 Nm. Untuk berlari dari 0-100 km/jam hanya butuh waktu 7.6 detik dengan top speed 167 km/jam. Pengisian daya baterai bisa menggunakan 7.2 kW onboard charger membutuhkan waktu 9 jam 35 menit untuk full, dan apabila menggunakan 100 kW DC fast charger bisa mengisi daya 0%-80% dalam waktu 75 menit.

Masing-masing pilihan jantung elektrik sama-sama menggunakan jenis charger port CCS Combo / Type 2, sama-sama sudah dibekali Virtual Engine Sound System (VESS) agar pengguna jalan lain tetap bisa mengenali adanya Hyundai Kona Electric 2019 saat berada di jalanan.

>>> 5 Hatchback Terbaik Dibawah 300 Juta Rupiah

spesifikasi Hyundai Kona 2019

Silahkan disimak informasi spesifikasi Hyundai Kona Electric 2019 dalam tabel berikut ini

Dimensi/ Ukuran Hyundai Kona Electric 2019

P x L x T

4,180 x 2,070 x 1,570 mm

Wheelbase

2,600

Mesin Hyundai Kona Electric 2019

Jenis Motor Listrik

Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM)

Jenis Baterai

  • Lithium-ion Polymer 39 kWh

  • Lithium-ion Polymer 64 kWh

Daya & Torsi maksimum

  • 136 PS / 395 Nm (39 kWh)

  • 204 PS / 395 Nm (64 kWh)

Daya Jelajah

  • Estimasi  289 km (39 kWh)

  • Estimasi 449 km (64 kWh)

Waktu Pengisian Daya Baterai (On Board Charger 7 kW)

  • 6 jam 10 Menit (39 kWh)

  • 9 jam 35 Menit (64 kWh)

Transmisi

Single Speed Transmission

Kaki-Kaki Hyundai Kona Electric 2019

Pelek & Ban

Alloy 17x7 inci & 215/55 R17

Suspensi Depan & Belakang

MacPherson Strut Type & Multi Link

Rem Depan & Belakang

Ventilated Disc & Solid Disc

kelebihan & kekurangan Hyundai Kona 2019

Inilah ulasan kelebihan dan kekurangan Hyundai Kona Electric 2019 menurut Cintamobil.com

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Mobil Listrik dengan daya jelajah cukup untuk penggunaan di perkotaan

Performanya cenderung biasa saja

Penampilan Hyundai Kona Electric tidak kalah keren dibanding Hyundai Kona bermesin konvensional

Beberapa rival di kelasnya memiliki kabin dan ruang bagasi yang lebih luas

Pengaturan manajemen regenerasi baterai bisa diatur sesuai kebutuhan pengemudi

 

daftar harga Hyundai Kona 2019

Pada saat peluncuran Hyundai Kona Electric 2019 di Bangkok International Motor Show 2019, Hyundai tidak mengungkapkan harga compact SUV listrik ini. Sedangkan jika mengacu pada harga di Inggris, Hyundai Kona Electric dijual mulai dari harga £30,750 (Rp492 jutaan) s/d £38,645(Rp618,4 jutaan)

>>> Klik sini untuk update harga dan promo mobil Hyundai lainnya

Video Hyundai Kona 2019

KESIMPULAN Hyundai Kona 2019

Jika mengacu debut Bangkok International Motor Show, biasanya mobil yang diluncurkan di pameran tersebut akan menjadi ‘template’ dari mobil-mobil baru yang akan diluncurkan di Asia Tenggara. Dan debut Hyundai Kona Electric di Bangkok International Motor Show 2019 secara tidak langsung memperbesar kans bahwa compact SUV listrik ini akan dipasarkan di beberapa negara lain di Asia Tenggara, seperti pendahulunya Hyundai Ioniq yang sudah dipasarkan di Malaysia dan Singapura.

Hyundai Kona ELectric 2019

Hyundai Kona Electric 2019 jadi mobil listrik Hyundai yang paling 'rasional' jika dimasukkan ke Indonesia

Seperti pertanyaan kami di awal, akankah Hyundai Kona Electric menjadi jawaban Hyundai untuk kendaraan listrik tepat guna untuk pasar Indonesia? Kalau menurut analisis Cintamobil.com, Hyundai Kona Electric terasa lebih ‘rasional’ untuk menjadi model mobil listrik pertama Hyundai di Indonesia.

Perlu dicatat, mobil SUV masih menjadi salah satu tipe bodi mobil yang disukai masyarakat Indonesia karena bentuknya yang tinggi dan aman digunakan di jalanan jelek. Di sisi lain jika mengacu pada rencana Hyundai Motor Company untuk produksi mobil listrik di Indonesia, maka secara biaya pun bisa ditekan. Andaikan hal tersebut terjadi, bukan tidak mungkin minat masyarakat terhadap Hyundai Kona Electric (jika masuk ke Indonesia) akan tinggi karena harga yang bisa kompetitif, dengan format bodi mobil yang cukup diminati masyarakat Indonesia.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Hafizh Fauzan
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil

Iklan terkait