Pilih Mobil Bekas LCGC: Toyota Agya vs Honda Brio Satya

02/04/2019

Jual beli
Share this post:
Pilih Mobil Bekas LCGC: Toyota Agya vs Honda Brio Satya
Toyota Agya vs Honda Brio Satya manakah dari dua mobil kecil yang masuk dalam kategori LCGC ini yang layak untuk Anda miliki dalam keadaan bekasnya. Apalagi jika dana Anda untuk membeli mobil hanya maksimal Rp150 juta.

Mobil dengan dimensi ringkas memang sangat cocok untuk penggunaan di kota-kota besar. Kemudahan manuver di saat kondisi jalan raya padat, kemampuan untuk melalui jalan-jalan sempit, tidak membutuhkan lahan banyak saat hendak parkir, sampai efisiensi bahan bakar yang cukup baik, menjadikan mobil ukuran mungil banyak disukai masyarakat.

Di Indonesia mobil dengan karakteristik seperti ini masuk kategori citycar, beberapa juga masuk dalam kategori Low Cost Green Car (LCGC). Persyaratannya, dimensi cukup ringkas, penggunaan mesin berkapasitas silinder kecil, dan efisiensi bahan bakar yang cukup baik.

Kali ini tim Cintamobil.com akan memberikan pilihan mobil bekas LCGC. Namun kami akan fokus pada dua mobil saja yang masuk kategori LCGC yaitu Toyota Agya vs Honda Brio Satya. Jika dana Anda ada di Rp150 jutaan, maka yang mana dari dua mobil ini akan menjadi pilihan Anda? Berikut perbandingannya.

1. Eksterior

Eksterior Toyota Agya

Agya lebih tonjolkan nuansa modern

Walau masuk kategori "mobil murah" namun kedua mobil ini menawarkan desian eksterior yang sama-sama keren. Pada bentuk bemper depan misalnya, Toyota Agya vs Honda Brio Satya sama-sama punya desain yang menarik.

Sedangkan pada bagian samping, dua mobil ini menawarkan nuansa yang berbeda. Agya dirancang dengan diberi garis lurus yang membujur dari depan sampai belakang side skirt. Bentuknya modern dibanding dengan Brio Satya yang tetap kental nuansa sportinya.

>>> Komparasi Tiga Jenis Transmisi Hatchback LCGC

Eksterior Honda Brio Satya

Brio lebih sporty

Perbedaan juga terlihat pada bagian belakang mobil. Agya menampilkan kombinasi lampu belakang yang didesain sederhana namun tetap modern. Pada bagian atas ada pula tambahan spoiler kecil dengan High Mount Stop Lamp.

Untuk Honda Brio Satya, bagian belakang lebih didomonasi kaca sebagai penutup bagasi. Pada Brio Satya generasi awal, kaca belakang ini belum dilengkapi wiper, namun di generasi selanjutnya sudah dilengkapi wiper belakang. Bentuk buritan yang rata membuat Brio Satya terlihat lebih sporty.

>>> Ini Skala Prioritas Perbaikan Pada Mobil Bekas, Mana Yang Harus Didahulukan?

2. Interior

Interior Toyota Agya

Kabin Agya sederhana tapi modern

Sama seperti nuansa di eksterior, pada bagian interior, Agya lebih menonjolkan kesan modern. Dasbornya tampil simpel tanpa banyak lekukan, dan pada bagian tengah ada kisi-kisi AC serta headunit yang menyatu dengan dasbor. Sedangkan pada Honda Brio Satya, bagian ini lebih pada kesan sportinya. Lekuk-lekuk dasbor juga membuat Brio Satya disukai banyak kaula muda. Dan headunit Brio Satya menggunakan layar lebih lebar meski masih sama-sama monokrom.

Interior setir dan kulit Honda Brio Satya

Kabin Brio Satya lebih sporty

>>> Begini Cara Mendeteksi Mobil Bekas Nabrak

Untuk jok pengemudi dan seluruh penumpang, Toyota Agya vs Honda Brio Satya sama-sama mengandalkan pelapis bahan fabric. Bedanya lagi-lagi pada desain jok itu sendiri. Agya lebih pada kesan citycar modern, sementara Brio Satya menonjolkan nuansa sporty.

3. Mesin

Mesin Toyota Agya

Agya pakai mesin 3 silinder

Menuju ke bagian dapur pacu maka Anda akan mendapati mesin Honda Brio Satya mampu mengungguli Toyota Agya. Honda menggunakan mesin 1.2L SOHC 4 silinder 16 katup i-VTEC+DBW dengan isi silinder 1198 cc pada Brio Satya. Dengan mesin ini maka Brio bisa mencapai tenaga maksimum 120 PS dengan  torsi 145 Nm.

>>> Temukan tips & trik membeli mobil bekas lainnya hanya di Cintamobil.com

Mesin i-VTEC Honda Brio Satya

Brio pakai mesin 4 silinder

Sementara itu Toyota Agya menggunakan mesin 1KR 1.2L 3 silinder 12 katup DOHC dengan kapasitas silinder 998 cc. Dengan mesin ini maka Agya bisa mengeluarkan daya kuda maksimum hingga 65.3 PS dengan torsi puncak 88 Nm.

4. Harga Mobil Bekasnya

Sekarang Anda tinggal membandingkan harga mobil bekasnya. Berdasarkan listing di Cintamobil.com, harga mobil bekas Toyota Agya produksi 2017-2018 ada di rentang Rp140 juta - Rp150 juta. Sementara harga Honda Brio Satya tahun produksi 2017-2018 ada di Rp140 juta - Rp155 juta.

5. Kesimpulan

Setelah membandingkan antara Toyota Agya vs Honda Brio Satya, maka keputusan tinggal ada di tangan Anda sendiri. Jika Anda ingin mobil kecil berdimensi ringkas dengan nuansa modern, maka bisa pilih Toyota Agya. Sementara jika mau yang punya mesin lebih bertenaga dan berdesain sporty, maka bisa pilih Honda Brio Satya.

>>> Baca tips lainnya di Cintamobil.com, yuk!

Selamat memilih!

Prasetyo Adhi
Share this post:

Berita lain

5 Kesalahan Umum Saat Membeli Mobil Bekas

28/04/2017

Jual beli

Para calon pembeli mobil bekas setidaknya harus memperhatikan 5 kesalahan-kesalahan umum saat membeli mobil bekas ini. 5 kesalahan saat membeli mobil bekas yaitu tidak menanyakan tentang sejarah mobil, tidak mengerti soal mesin, tidak memeriksa catatan servis mobil, terburu-buru saat test drive, tidak membandingkan terlebih dahulu. Kalau tidak mau menyesal kemudian hari, hindari 5 kesalahan tersebut.

Lihat juga

Membeli Mobil Bekas Yang Sudah Dipakai Berapa Lama Adalah Ideal?

25/04/2017

Jual beli

Banyak orang yang berencana membeli mobil bekas selalu bertanya-tanya membeli mobil yang sudah dipakai berapa lama adalah ideal?

Lihat juga

Review Dan Test Drive Toyota Agya 1.2 TRD-S AT 2017: Mobil Dalam Kota Dibawa Keluar Kota, Apa Jadinya?

Rp. 136.950.000

01/07/2019

Editor rate:

Toyota Agya TRD S 2017 hadir ke publik untuk meramaikan persaingan di kelas Low Cost Green Car (LCGC). Dan kami mendapatkan kesempatan istimewa dari PT Toyota Astra Motor untuk mengetes jalan dengan jarak yang panjang untuk membuktikan potensinya. Ini adalah pengetesan yang tidak biasa untuk mobil LCGC kompak.

Lihat juga

Review Honda Brio 2015

27/01/2018

Editor rate:

Setelah sukses dengan mengeluarkan Honda Brio pada 2012 silam, kali ini PT. Honda Prospect Motor (HPM) selaku pemegang merek Honda memperkenalkan versi LCGC pada mobil ini, yaitu Honda Brio Satya pada tahun 2013 silam. Walaupun sedikit terlambat dari pesaingnya namun mobil city car dengan konsep LCGC besutan Honda ini memiliki fitur yang jauh lebih lengkap dibandingkan dengan pesaingnya. Apa saja kelebihan mobil ini? Selengkapnya bisa dibaca dalam review Honda Brio 2015 dibawah ini.

Lihat juga

Harga Honda Brio Terbaru Juli 2020 Di Indonesia

01/07/2020

Honda

Satu bulan sejak diluncurkan di GIIAS 2018, PT Honda Prospect Motor melansir harga All New Honda Brio, dijual di rentang harga RP 139 – 190 juta. Apa saja tipenya? Berikut daftar harga Honda Brio terbaru.

Lihat juga