Review Honda WR-V 2020: Tak Hanya Sekadar Versi SUV Honda Jazz

12/11/2020

Share this post:

Honda WR-V 2020

Editor rate:

TBA

harga mobil Honda terbaru di Indonesia Lihat promo

Pembaharuan paruh generasi dari Honda WR-V 2020 membuatnya lebih sporty dengan perubahan tampilan, membedakannya dengan Honda Jazz yang menjadi basisnya.

Review Honda WR-V 2020: Tak Hanya Sekadar Versi SUV Honda Jazz
Review Honda WR-V 2020: Tak Hanya Sekadar Versi SUV Honda Jazz
0 Gambar

Pengantar Honda WR-V 2020

Mari kita simak spesifikasi Honda WR-V 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Penyegaran dengan tampilan lebih sporty

Menyenangkan untuk dikendarai

Kabin yang lapang

Kekurangan

Interior masih didominasi material plastik

Tak ada perubahan mesin

Hanya dipasarkan di India dan Amerika Latin

Honda WR-V 2020 menjadi perubahan pertama yang diterima model yang dibuat khusus untuk pasar Brazil dan India. SUV kompak ini menggunakan struktur bodi yang sama dengan Honda Jazz generasi ketiga. Diperkenalkan pertama kali pada São Paulo International Motor Show 2016, Honda akhirnya memberikan facelift sejak diluncurkan pertama kali pada 2017 silam.

mobil baru Honda WR-V 2017 berwarna putih
Generasi pertama Honda WR-V di India

SUV kompak Honda WR-V merupakan model pertama yang dikembangkan oleh Honda Research & Development Center Brazil bekerja sama dengan Honda Research & Development Center of Japan untuk memenuhi standar kendaraan global, namun dibuat berdasarkan preferensi generasi muda di Brazil dan India.

Honda sendiri menyebutkan bahwa WR-V menawarkan bahasa desain yang sporty, stylish, dan agresif. Ubahan kali ini memberikan peningkatan suspensi dan berbagai tambahan untuk membuatnya semakin kokoh ketika melewati jalanan off-road. Wheelbase yang lebih panjang, roda velg yang lebih besar, WR-V mendapatkan revisi pada eksterior yang menjadikannya lebih sporty.

mobil baru Honda WR-V 2020 berwarna putih
Perubahan pada Honda WR-V 2020

Honda WR-V pertama kali diperkenalkan di India dan Brazil pada bulan Maret 2017. WR-V menerima pesanan 23.000 unit dalam waktu kurang dari empat bulan setelah peluncurannya. Facelift kali ini membuat WR-V terjual lebih dari 1.500 setiap bulannya. Apa saja yang membedakan edisi facelift dengan model sebelumnya? Simak review Honda WR-V 2020 di bawah ini.

Eksterior Honda WR-V 2020

Jika sebelum WR-V mendapatkan desain layaknya Jazz yang dibuat lebih besar, namun kali ini Honda memberikan berbagai perubahan untuk membedakan kedua model berbeda pasar ini. Tampilan yang lebih sporty dibandingkan Jazz yang dibuat lebih elegan menjadi pembeda yang terlihat dari eksterior Honda WR-V.

Review Honda WR-V 2020: Eksterior Depan

Honda membuat wajah depan Honda WR-V 2020 lebih berani dengan pembaharuan yang ditawarkan. Seperti sebelumnya, bilah chrome pada grille memanjang lebar dan menghubungkan kedua lampu depan yang saat ini sudah mendapatkan teknologi proyektor LED. Dilengkapi dengan berbagai detail menawan pada lampu depan.

Eksterior depan Honda WR-V 2020 berwarna putih
Eksterior depan Honda WR-V 2020

Beralih ke bawah, grille bawah memiliki bilah horizontal yang lebih menonjol dibandingkan pola honeycomb seperti edisi generasi pertama. Memberikan kesan lebih besar dan lebih sangar bagi mobil ini. Dan yang terakhir, lampu kabut yang saat ini didukung oleh teknologi LED memiliki aksen hitam yang lebih tebal di sekelilingnya.

Review Honda WR-V 2020: Eksterior Samping

WR-V pada dasarnya merupakan versi Jazz yang lebih berotot dan lebih besar dalam segi dimensi. Dengan ground clearance 188 mm, WR-V menawarkan 23 mm ketinggian dari tanah yang lebih besar dibandingkan Jazz. Ban yang digunakan juga lebih besar. Namun selain itu, tampilan samping kedua mobil ini memiliki kemiripan yang hampir sama.

Eksterior samping Honda WR-V 2020 berwarna putih
Eksterior samping Honda WR-V 2020

Garis sisi yang tegas membuatnya semakin sporty dengan bodi yang berotot. Apalagi ditambah dengan roof rail di bagian atas. WR-V masih menawarkan panjang 4 meter yang membuatnya cukup kompak untuk dibawa di jalanan perkotaan. Di bagian bawah, Anda akan menemukan desain baru dari velg 16 inci yang digunakan.

Review Honda WR-V 2020: Eksterior Belakang

Eksterior belakang Honda WR-V 2020 berwarna putih
Eksterior belakang Honda WR-V 2020

Tapi perubahan pada bagian belakang tak sebanyak wajah depan Honda WR-V terbaru ini. Yang paling terlihat adalah desain lampu belakang yang direvisi ulang. Sekarang dilengkapi dengan teknologi LED dan bingkai yang lebih gelap. Selain spoiler belakang yang dipertahankan, bukaan pintu belakang yang cukup rendah memberikan kepraktisan tersendiri ketika akan memasukkan barang ke ruang bagasi.

>>> Review mobil Honda paling lengkap bisa Anda dapatkan di sini


Interior Honda WR-V 2020

Tak banyak perubahan yang diberikan Honda pada bagian interior yang ditawarkan. Masih mengusung dimensi yang sama, ruang kabin masih tanpa perubahan. Sedangkan beberapa teknologi baru disematkan untuk mempermudah pengendaraan serta memberikan kenyamanan selama di jalan.

Review Honda WR-V 2020: Dashboard

Tak banyak perubahan yang terlihat pada bagian dalam, terutama pada dashboard yang ditawarkan. Meski bisa dibilang cukup ergonomis, namun dashboard dipenuhi dengan material plastik keras serta desain layout yang mengingatkan pada Honda Jazz. Dashboard dibuat ergonomis dengan kontrol tengah yang mudah dijangkau.

dashboard Honda WR-V 2020 berwarna hitam
Dashboard Honda WR-V 2020

Anda bisa menemukan beberapa ruang penyimpanan terbuka maupun tertutup untuk menyimpan berbagai barang, termasuk pada konsol tengah, tepat di bawah dashboard. Tampilan persneling tanpa banyak gimmick, hanya ada aksen silver yang melingkari konsol tengah.

Review Honda WR-V 2020: Setir

setir Honda WR-V 2020 berwarna hitam
Setir Honda WR-V 2020

Kemudi multifungsi yang digunakan hampir sama dengan model Honda lainnya, meski tak begitu banyak tombol yang digunakan. Menggunakan kemudi tiga palang dengan aksen silver pada sisi tengah, ada pengaturan tilt & telescopic yang memudahkan Anda mendapatkan posisi berkendara terbaik di jalanan.

Review Honda WR-V 2020: Kursi

Layaknya model Honda lainnya, WR-V masih tetap memberikan rasa nyaman ketika berada di belakang kemudi. Kursi pengemudi mendapatkan penyesuaian tinggi untuk memungkinkan pandangan yang lebih baik ke jalan. Menawarkan kenyamanan tersendiri bagi Anda untuk mendapatkan posisi duduk terbaik yang diinginkan.

Kursi Honda WR-V 2020 berwarna hitam
Kursi Honda WR-V 2020

Dengan dimensinya yang lebar dan tinggi, ruang kabin tentu saja terasa lega. Ruang kaki yang diberikan cukup lapang. Bahkan bagi penumpang dengan postur tubuh lebih tinggi dari rata-rata penduduk Indonesia. Honda akhirnya memberikan penyangga paha yang lebih baik untuk memberikan rasa nyaman bagi Anda untuk perjalanan jauh.

Review Honda WR-V 2020: Bagasi

Sebagian besar ruang yang digunakan di dalam kabin sepertinya ditugaskan untuk memberikan kenyamanan tersendiri bagi penumpang. Maka jangan heran jika WR-V memberikan ruang bagasi yang bisa dibilang cukup rata-rata dibandingkan model lain di segmennya. Honda menawarkan kapasitas ruang 363 liter, cukup baik untuk mengangkut barang bawaan sehari-hari di bagasi belakang.

>>> Berita mengenai Honda dari seluruh dunia bisa Anda dapatkan di sini

Fitur Honda WR-V 2020

Masih menggunakan head unit 7.0 inci yang sama dengan versi sebelum facelift, Honda menyematkan Digi-Pad versi 2.0 yang kompatibel dengan Android Auto dan Apple CarPlay. WR-V juga sudah mendapatkan sistem MirrorLink untuk konektivitas smartphone, dan sunroof electric one-touch yang memberikan kesan mewah tersendiri bagi penumpang di dalam kabin.

fitur Honda WR-V berwarna hitam
Fitur dalam Honda WR-V 2020

Begitu pula dengan fitur kepraktisan lainnya pada mobil ini. Ada dua slot USB, dua port pengisian 12/volt, dan satu port HDM. Meskipun semuanya terletak pada dashboard untuk penghuni baris pertama. Teknologi lainnya yang digunakan pada mobil ini termasuk sistem AC otomatis dengan panel layar sentuh.

Review Honda WR-V 2020: Fitur Keselamatan Aktif

WR-V memang bukanlah yang terbaik dalam hal teknologi yang ditawarkan. Tapi untuk bagian keselamatan, Honda sudah memberikan airbag untuk pengemudi dan penumpang, sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake-force Distribution (EBD), multi-view rear camera, serta sensor parkir belakang.

>>> 5 Mobil Honda Termahal di Indonesia

Operasi Honda WR-V 2020

Honda WR-V mendapatkan pilihan mesin bensin dan mesin diesel, sama dengan Honda Jazz yang dipasarkan India. Keduanya tanpa perubahan. Dimana mesin bensin 1.2L i-VTEC mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 90 PS dengan torsi puncak hingga 110 Nm dan dipasangkan dengan transmisi manual 5-percepatan.

mesin Honda WR-V 2020 berwarna hitam
Mesin Honda WR-V 2020

Di sisi lain, versi diesel menggunakan mesin 1.5L i-DTEC dengan tenaga maksimal yang lebih besar, mencapai 100 PS. Bersama dengan torsi puncak yang mencapai 200 Nm digabungkan dengan transmisi manual 6-percepatan. Kedua mobil mendapatkan pengaturan penggerak roda depan guna meminimalisir tenaga yang hilang ketika berkendara.

>>> Minat Koleksi Mobil Pintu 2 Honda? Ini Pilihannya

Spesifikasi Honda WR-V 2020

Dimensi Honda WR-V 2020

Panjang x Lebar x Tinggi

3.999 x 1.734 x 1.601 mm

Jarak Poros Roda

2.555 mm

Ground Clearance

188 mm

Kapasitas Bagasi

363 L

Mesin Honda WR-V 2020

Tipe Mesin

1.2 i-VTEC DOHC 4-silinder segaris 16 katup (bensin)

1.5L DOHC i-DTEC 4-silinder segaris 16 katup (diesel)

Kapasitas Silinder

1.199 cc

1.498 cc

Tenaga Maksimal

90 PS @ 6.000 rpm

100 PS @ 3.600 rpm

Torsi Maksimal

110 Nm @ 4.800 rpm

200 Nm @ 1.750 rpm

Transmisi

5-percepatan manual

6-percepatan manual

Efisiensi Bahan Bakar

16.5 km/l

23.7 km/l

Kaki-Kaki Honda WR-V 2020

Suspensi Depan

MacPherson Strut, Coil Spring

Suspensi Belakang

Twisted Torsion Beam, Coil Spring

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Drum

Tipe Ban

195/60 R16

Velg

16x6J alloy

Daftar Harga Honda WR-V 2020

Bersaing dengan model kompak lainnya semisal Ford EcoSport, Hyundai Venue, dan Suzuki Maruti Brezza, harga Honda WR-V 2020 bisa dibilang tak lebih terjangkau dibandingkan dengan pesaingnya. Dilansir dari Honda India, WR-V saat ini dibanderol dengan harga mulai dari 849.900 rupee (sekitar Rp 163 jutaan), hingga 1.099.900 rupee (sekitar Rp 211 jutaan) untuk varian tertinggi.

Kesimpulan Honda WR-V 2020

Honda WR-V 2020 dibuat lebih stylish dengan model yang menawarkan berbagai perbedaan dibandingkan edisi sebelumnya. Mobil baru ini didukung oleh interior yang lapang, berbagai teknologi baru, serta memiliki kepraktisan yang sangat baik untuk sebuah mobil keluarga. Bahkan Honda menawarkan ground clearance yang baik dan kualitas pengendaraan yang menyenangkan sebagai SUV kompak.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak review mobil yang menarik lainnya

Padli Nurdin
Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

Review lain

Review Honda CR-V 2.4L 2007: Kartu Truf Honda Melawan X-Trail

Rp. 120.000.000

02/11/2020

Editor rate:

Honda CR-V 2.4L 2007 andalan PT Honda Prospect Motor (HPM) ini adalah kartu truf untuk memenangkan persaingan ketat di kelasnya melawan Nissan X-Trail saat itu

Lihat juga

Review Honda Freed Crosstar 2020: MPV Kompak Berwajah Maskulin Bagi Keluarga Petualang

01/11/2019

Editor rate:

Honda menghadirkan varian terbaru dalam jajaran Freed, yakni Crosstar. Dengan desain yang sedikit lebih maskulin, membuat Honda Freed Crosstar 2020 siap mengeluarkan sisi petualang dari MPV kompak andalan Honda tersebut.

Lihat juga

Review Honda CR-V 2020: Ucapkan Selamat Datang Pada SUV Hybrid Pertama Besutan Honda

16/10/2019

Editor rate:

Honda CR-V 2020 akhirnya mendarat di Amerika Serikat, mengusung teknologi Hybrid untuk pertama kali dalam sejarah. Fitur-fiturnya pun semakin lengkap, memprioritaskan kenyamanan berkendara serta bodi tangguh. Mari kita intip bersama dalam review Honda CR-V 2020.

Lihat juga

Honda Freed 2017: MPV Premium yang Nyaman untuk Menerjang Berbagai Medan

Rp 350 jutaan

17/08/2017

Editor rate:

Meskipun sukses menuai sales, Honda selaku produsen Freed nampak tak berpuas diri. Mereka pun meluncurkan varian terbaru dalam wujud All New Honda Freed. Model teranyar ini sudah barang tentu memiliki perbedaan cukup signifikan dari berbagai sisi jika dibandingkan dengan seri sebelumnya. Seperti apa wujud All New Honda Freed 2017? Berikut ulasannya.

Lihat juga

Review Honda Mobilio 2017: MPV yang Paling Digemari di Indonesia

Rp 189,500,000

27/03/2017

Editor rate:

Sejak resmi diluncurkan di dunia pada tahun 2013 silam, tampaknya sampai sekarang pun Honda Mobilio masih menjadi MPV yang digemari konsumen di Indonesia.

Lihat juga
back to top