Honda BR-V Lebih Banyak Digunakan Konsumen Fleet Ketimbang Pribadi

30/10/2020

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Honda BR-V Lebih Banyak Digunakan Konsumen Fleet Ketimbang Pribadi
Penjualannya Honda BR-V memang tak terlalu cemerlang, kontribusinya pun disebut tak besar. BR-V rupanya lebih banyak ditaksir konsumen fleet ketimbang pribadi.

Popularitas Honda BR-V memang tak secemerlang model-model Low SUV lain di kelasnya. Nama Honda BR-V seolah tertutup dengan adanya Mobilio dan juga HR-V.

Ya, Honda BR-V memang berada di antara kedua model andalan Honda di segmen Low MPV dan juga Low SUV. 

Honda BR-V

BR-V yang meluncur pada ajang IIMS 2019

>>> Kapan Mobil Listrik Honda Dibawa ke Indonesia?

Kontribusinya Kecil

Honda pun tak menampik bahwa BR-V memang memberikan kontribusi yang tak besar terhadap penjualan jenama asal Jepang tersebut secara keseluruhan. 

"BR-V banyak di fleet tapi konsumen private juga ada, jadi kita fokuskan insentif memudahkan konsumen untuk memiliki BR-V. Kontribusinya sih tidak terlalu besar ya 5%, kondisi normal bisa 500 unit ya sekarang di bawah 200 karena pandemi. Tapi growing terus sih ya," ungkap Business Innovation and Marketing Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy dalam kesempatan video conference baru-baru ini. 

Beda negara, beda pula selera mobilnya. Kalau di Indonesia cenderung meredup, Honda BR-V justru laris manis di negara tetangga, Malaysia. Pengenalan model baru BR-V pada Juli 2020, disambut antusias warga setempat. 

Honda BR-V

BR-V model terbaru juga diluncurkan di Malaysia

Rupanya model terbaru Honda BR-V tersebut sudah meluncur terlebih dulu di Indonesia pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019. 

"Yang di Malaysia itu dari kita kemarin, tapi fiturnya beda ya," jelas Billy. 

>>> Karakter Berbeda, Honda Jazz Model Terbaru Tak Masuk Indonesia?

Siapkan Program Penjualan

Sekadar kilas balik, Honda BR-V perdana dipasarkan pada tahun 2016. Namun beberapa tahun setelahnya, penjualan BR-V malah kian merosot. Adanya tampilan baru diharapkan bisa menjadi harapan untuk menggairahkan penjualannya lagi. 

Meskipun bukan generasi baru, tetapi perubahan jelas terlihat pada tampilan depan mobil yang dibuat lebih tegas dan sporty dibandingkan sebelumnya. Sebagaimana dijelaskan oleh Honda, ada baru pada eksterior depan BR-V 2019 ada desain gril depan dengan aksen hitam yang fasia baru lebih “gelap” dibandingkan sebelumnya. 

Honda BR-V

Ada sejumlah ubahan yang sematkan Honda pada BR-V model 2019 ini

Desain lampu dan pintu belakang tidak ada perubahan dibandingkan edisi sebelumnya. Namun perbedaannya yang jelas terlihat pada edisi facelift sudah dilengkapi dengan antena shark fin, rear under spoiler, dan desain bumper yang baru pada eksterior belakang BR-V 2019. 

Dengan tampilan belakang yang baru, reflektor yang sebelumnya berada pada bumper bawah dipindahkan sedikit ke atas dengan tampilan vertikal.

Tidak ada perubahan teknis pada mobil ini. Selain mesin yang tetap sama, sistem transmisi juga masih menggunakan CVT dan 6 percepatan manual. 

Honda kini telah menyiapkan sejumlah program demi mendorong penjualan BR-V. Billy menyebut program tersebut dibuat Honda menyesuaikan dengan kondisi yang ada saat ini.

>>> 5 Mobil Honda Termahal di Indonesia

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top