Review Honda Accord 2021: Teknologi Anyar Tanpa Transmisi Manual

30/10/2020

Share this post:

Honda Accord 2021

Editor rate:

Rp 378.000.000

Daftar Harga mobil Accord terbaru Lihat promo

Penambahan teknologi baru pada semua model anyar dari Honda Accord 2021 harus dibayar mahal dengan hilangnya transmisi manual yang disebut sepi penggemar.

Review Honda Accord 2021: Teknologi Anyar Tanpa Transmisi Manual
Review Honda Accord 2021: Teknologi Anyar Tanpa Transmisi Manual
0 Gambar

Pengantar Honda Accord 2021

Mari kita simak spesifikasi Honda Accord 2021 di bawah ini.

Kelebihan

Desain mewah dan elegan

Tambahan teknologi baru

Peningkatan sistem mesin

Ruang kabin dan kargo terbesar di segmennya

Kekurangan

Kehilangan transmisi manual

Desain tak berubah banyak

Harga yang lebih mahal

Honda Accord yang memiliki banyak penggemar setia di berbagai belahan dunia akhirnya mendapatkan penyegaran tengah generasi dengan tampilan yang lebih segar dan berbagai peningkatan pada teknologi yang ditawarkan. Tanpa banyak ubahan, facelift kali ini hanya terasa sebagai ubahan pertengahan siklus standar.

Honda Accord generasi pertama tahun 1976
Honda Accord generasi pertama tahun 1976

Honda Accord yang diperkenalkan sejak tahun 1976 dikenal dengan varian sedan empat pintu merupakan salah satu mobil terlaris di Amerika Serikat. Sejak tahun 1989, mobil ini dipasarkan dengan berbagai modi, termasuk coupe, wagon, hatchback, dan crossover bernama Honda Crosstour. Accord sendiri hadir dalam sepuluh generasi dengan model terakhir diperkenalkan pada tahun 2018.

Memang tak banyak peningkatan yang ditawarkan. Namun perubahan yang paling mengejutkan adalah opsi transmisi manual 6-percepatan milik Accord sudah tak lagi digunakan. Honda sendiri dalam keterangan tertulisnya menyebutkan berkurangnya pengemudi yang membeli Accord bertransmisi manual selama bertahun-tahun membuat Honda terpaksa harus menghentikan produksi Accord tiga pedal.

Tampilan terbaru Honda Accord 2021 berwarna merah
Tampilan terbaru Honda Accord 2021 dengan berbagai penyegaran

Namun selain itu, ada berbagai perubahan dan penyegaran yang dilakukan. Sebagian besar memberikan revisi pada eksterior dan menambah teknologi di dalam kabin, khususnya pada varian entry level. Simak review Honda Accord 2021 dari tim Cintamobil.com untuk penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Eksterior Honda Accord 2021

Kemunculan edisi facelift Honda Accord 2021 merupakan bagian dari perjalanan wajib dari perubahan tengah generasi yang ditawarkan Honda. Karena itu, revisi tampilan yang ditawarkan tak begitu berbeda dibandingkan edisi sebelumnya.

Review Honda Accord 2021: Eksterior Depan

Tak banyak yang bisa menemukan perbedaan yang diberikan pada edisi terbaru Honda Accord. Perubahannya cukup sulit terlihat. Seperti grille yang dibuat lebih lebar, lampu kabut semakin kecil dibandingkan model sebelumnya, hingga varian tertinggi Accord yang dipasarkan nantinya akan menggunakan lampu depan berteknologi LED yang baru.

Eksterior depan Honda Accord 2021 berwarna merah
Eksterior depan Honda Accord 2021

Desain grille yang senada dengan lampu depan mempertegas tampilan maskulin pada mobil ini. Dilengkapi dengan bumper yang tipis mendapatkan lekukan tegas. Sedangkan sensor radar untuk cruise control adaptive standar milik Accord dan fungsi pengereman darurat otomatis lebih tersembunyi tak tidak terlihat pada fascia depan.

Review Honda Accord 2021: Eksterior Samping

Sisi samping praktis tanpa perubahan signifikan. Lekukan samping menawarkan gaya yang elegan pada mobil ini membentang dari roda depan hingga ke belakang dan gagang pintu serta spion sewarna bodi. Mempertegas desain sedan mobil ini adalah lengkungan atap yang menawan dilengkapi shark fin antenna di atas jendela belakang.

Eksterior samping Honda Accord 2021 berwarna merah
Eksterior samping Honda Accord 2021

Di bawah ada aksen berwarna silver pada side skirt dan aksen chrome pada sisi atas jendela samping. Perubahan visual yang paling terasa adalah desain velg baru pada setiap trim, mulai dari unit 17 inci pada Accord LX yang menjadi model entry level hingga velg 19 inci pada model Accord Sport dan Touring.

Review Honda Accord 2021: Eksterior Belakang

Eksterior belakang Honda Accord 2021 berwarna merah
Eksterior belakang Honda Accord 2021

Perubahan yang diberikan pada bagian belakang tak begitu banyak berubah. Selain trim baru pada sepanjang lipatan bodi yang membentang dari bawah pintu belakang dan membungkus bumper belakang. Honda juga menambah tampilan belakang pada bumper bawah berupa aksen berwarna silver di sebelah outlet knalpot.

>>> Review mobil Honda paling lengkap ada di sini


Interior Honda Accord 2021

terbaru yang dikeluarkan Honda. Seperti biasa, tampilan dalamnya menyenangkan untuk dikendarai, termasuk pengendaraan dan handling yang luar biasa khas Accord dengan desain kabin yang ergonomis.

Review Honda Accord 2021: Dashboard

Dashboard sudah mendapatkan layar sentuh 8 inci dengan konektivitas Apple CarPlay dan kompatibilitas Android Auto yang sebelumnya hanya tersedia pada model Accord yang lebih mewah. Dashboard mendapatkan tiga tingkatan warna, mulai dari hitam, aksen berwarna kayu gelap, hingga beige yang senada dengan jok dan door trim.

dashboard Honda Accord 2021 berwarna hitam
Dashboard Honda Accord 2021

Untuk mempermudah penumpang di baris depan, ada port USB yang diberikan di bawah dashboard ke konsol tengah untuk akses yang lebih mudah. Tak ketinggalan ruang penyimpanan tertutup tepat di bawah tombol pengaturan serta dua cupholder yang ditawarkan bagi penghuni baris depan.

Review Honda Accord 2021: Setir

setir Honda Accord 2021 berwarna hitam
Setir Honda Accord 2021

Tak banyak perubahan terasa pada setir yang digunakan. Masih mengenakan setir palang tiga khas Honda dengan aksen silver dengan berbagai tombol multifungsi untuk mempermudah Anda mengakses berbagai fitur selama berkendara. Di depan kemudi terdapat MID yang memadukan tampilan digital dan analog untuk menghadirkan rasa berkendara klasik milik Honda

Review Honda Accord 2021: Kursi

Kenyamanan di belakang kemudi tak kalah dibandingkan pesaingnya di segmen sedan menengah lainnya. Semua kursi di dalam kabin sudah dilapisi dengan kulit premium. Kepraktisan ketika berkendara didukung dengan sistem pengaturan elektris hingga pemanas yang ditawarkan pada bangku baris pertama. Termasuk pengaturan kursi empat arah bagi penumpang di depan.

kursi Honda Accord 2021 berwarna beige
Kursi Honda Accord 2021

Kenyamanan di bangku baris kedua tetap mengesankan dengan ruang kaki dan ruang kepala yang lapang. Tak ketinggalan armrest yang disematkan serta tiga buah headrest bagi penumpang belakang. Ditambah dengan sandaran belakang yang cukup rebah, meningkatkan rasa nyaman ketika berkendara dalam perjalanan jauh.

Review Honda Accord 2021: Bagasi

sisipan bagasi Honda Accord 2021 berwarna beige
Bagasi Honda Accord 2021

Accord memang dibuat cukup besar. Bersaing dengan sedan menengah yang berukuran lega seperti Toyota Camry hingga Hyundai Sonata, Accord masih unggul dalam hal ruang penumpang dan ruang kargo. Bahkan kursi belakang bisa direbahkan untuk menambah ruang penyimpanan dan memudahkan Anda ketika akan membawa barang yang cukup panjang pada bagasi belakang.

>>> Berita mengenai Honda paling update bisa Anda dapatkan di sini

Fitur Honda Accord 2021

Honda membawa banyak penambahan teknologi dna fitur yang ditawarkan pada mobil ini. Mulai dari fungsionalitas Apple CarPlay nirkabel serta pengisian daya telepon nirkabel, moonroof, hingga port USB 2.5 volt ganda untuk penumpang di kursi belakang. Sistem audio dari speaker 180-watt menghadirkan kenyamanan di dalam kabin.

fitur Honda Accord 2021 berwarna hitam
Ada berbagai fitur baru pada Honda Accord 2021

Yang terbaru pada varian entry level adalah fitur pengingat pada kursi belakang. Fitur ini akan mengingatkan Anda untuk memeriksa kursi belakang sebelum meninggalkan mobil, guna mengurangi kejadian anak-anak maupun binatang peliharaan tertinggal di dalam mobil. Fitur lainnya termasuk fitur pengingat bagi penumpang baris kedua untuk memakai sabuk pengamannya.

Review Honda Accord 2021: Fitur Keselamatan Aktif

Sebagai salah satu sedan paling populer Honda di Amerika, Accord dilengkapi dengan rangkaian fitur keselamatan aktif Honda Sensing standar. Termasuk fitur terapannya seperti cruise control adaptif, lane keeping assist, dan pengereman darurat otomatis. Accord juga mendapatkan Adaptive Cruise Control yang lebih canggih serta program yang akan menjaga mobil di dalam jalur untuk pengoperasian yang lebih lancar.

>>> 7 Pilihan Honda Accord Bekas Surabaya

Operasi Honda Accord 2021

Tanpa ada perubahan pada kapasitas mesin yang ditawarkan, mesin 1.5L bertenaga 195 PS dan torsi maksimal 260 Nm serta mesin 2.0L turbocharged dengan tenaga 255 PS dan torsi maksimal 370 Nm bersanding transmisi 10-percepatan Sequential SportShift otomatis. Perangkat lunak pada mesin sudah disempurnakan untuk memberikan pengendaraan yang lebih halus dan akselerasi yang lebih baik pada Honda Accord.

mesin Honda Accord 2021 berwarna hitam
Mesin Honda Accord 2021

Sedangkan varian hybrid mendapatkan pembaharuan serupa dengan sistem hybrid dari dua motor yang digunakan. Memberikan perasaan akselerasi yang lebih alami saat putaran mesin naik. Mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 215 PS dan torsi 315 Nm yang tersedia langsung ketika mobil berada dalam keadaan idle.

Peningkatan yang ditawarkan pada mesin yang teknologi yang digunakan termasuk peningkatan pada sensor di dalam mobil. Sistem Active Cruise Control sudah diprogram untuk mengerem lebih mulus saat berada di belakang mobil lain. Mengurangi masalah yang sering dikeluhkan oleh edisi sebelumnya yang cenderung memberikan sedikit ayunan bagi pengemudi dan penumpang saat fitur ini aktif.

>>> Honda Accord Murah, Pilih Honda Accord Prestige atau Accord Cielo?

Spesifikasi Honda Accord 2021

Dimensi Honda Accord 2021

Panjang x Lebar x Tinggi

4.882 x 1.862 x 1.451 mm

Jarak Poros Roda

2.830 mm

Ground Clearance

170 mm

Mesin Honda Accord 2021

Tipe Mesin

L15BE 1.5L turbocharged

K20C 2.0L turbocharged

LFA1/LFB1 2.0 PGM-Fi + 2 motor listrik

Kapasitas Silinder

1.497 cc

1.996 cc

1.993 cc

Tenaga Maksimal

195 PS @ 5.500 rpm

255 PS @ 6.500 rpm

215 PS @ 6.200 rpm

Torsi Maksimal

260 Nm @ 1.600 – 5.000 rpm

370 Nm @ 1.600 – 4.500 rpm

315 Nm @ 0 – 2.000 rpm

Transmisi

CVT

10-percepatan otomatis

e-CVT

Percepatan (0-100 km/jam)

~ 5 detik

Kaki-Kaki Honda Accord 2021

Suspensi Depan

MacPherson strut

Suspensi Belakang

Multi-link

Velg

17 inci dan 19 inci

Daftar Harga Honda Accord 2021

Bersama semua peningkatan teknologi dan perubahan yang dilakukan, tentu tak heran jika harga Honda Accord 2021 dibuat lebih tinggi dibandingkan sebelumnya. Kenaikan harga paling signifikan disebabkan oleh penggunaan transmisi CVT baru. Accord sendiri bisa didapatkan dengan harga mulai dari $ 25.725 (sekitar Rp 378 jutaan). Sedikit lebih rendah dibandingkan model terbaru Toyota Camry 2021 yang dibanderol senilai $ 25.965 (sekitar Rp 382 jutaan) di Amerika.

Kesimpulan Honda Accord 2021

Sebagai penantang sejati Toyota Camry yang mendapatkan perubahan pertengahan tahun lalu, Honda Accord 2021 dipersiapkan dengan gaya berkendara yang masih menyenangkan dan tambahan berbagai teknologi baru pada seluruh varian mobilnya. Hanya saja ketiadaan transmisi manual menjadi kehilangan paling besar untuk ubahan kali ini. Tapi dengan permintaan yang semakin menurun, penggemar tiga pedal sepertinya harus rela kehilangan kenikmatan mengendarai mobil ini.

>>> Jangan lupa klik sini untuk simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Padli Nurdin
Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

Review lain

Spesifikasi Dan Harga Lengkap New Honda Accord 2017: Sedan Premium yang Semakin Mengokohkan Eksistensi

Rp 641.000.000

12/09/2017

Editor rate:

Pasca debut di pasar otomotif pada tahun 1978. Honda Accord kerap menuaikan catatan manis, terutama dari sisi sales. Mobil satu ini pun bisa dibilang kendaraan lintas generasi karena kerap diproduksi ulang pada tahun-tahun berikutnya. Di tahun 2017 ini, PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku agen tunggal Honda untuk penjualan di Indonesia kembali merilis sedan premium ini demi memuaskan dahaga pecinta otomotif akan sedan kelas premium. Seperti apa penampakannya?

Lihat juga

Review Honda Accord 2003: Generasi Ketujuh Yang Cocok Untuk Modal Modifikasi Anda

11/06/2018

Editor rate:

Teknologi yang semakin berkembang kini, memberikan banyak pilihan bagi Anda dalam memilih mobil sedan. Dari pihak Honda misalnya, Accord menjadi salah satu produk sedan legendaris yang dirilis generasi pertamanya pada tahun 1976. Namun, bagaimana jika melirik generasi ketujuhnya, apakah terbilang sukses? Mari kita simak review Honda Accord 2003.

Lihat juga

Review Honda Accord 3.5 V6 2008: Accord Bermesin Pintar

Rp 160.000.000

06/06/2020

Editor rate:

Tahun 2000an pabrikan Jepang mulai berani memasukkan line-up mesin besar di sedan mewahnya, salah satunya Honda Accord 3.5 V6 yang ternyata punya mesin pintar

Lihat juga

Review Honda Accord 2015

24/01/2018

Editor rate:

Honda Accord merupakan mobil sedan besutan Honda yang sudah malang melintang di pasar otomotif Indonesia sejak tahun 1978. Mobil sedan yang dibuat khusus untuk pangsa pasar menengah ke atas ini telah memasuki generasi kesembilan. Dengan pangsa pasar tersebut sudah pasti mobil ini dibuat secara eksklusif dan mampu bersanding dengan mobil premium lainnya. Review Honda Accord 2015 secara lengkap akan dijabarkan dibawah ini.

Lihat juga

Profil Lengkap Honda Accord 2016

07/04/2018

Editor rate:

Honda Accord merupakan sedan kebanggaan Honda yang sudah malang melintang di pasar otomotif Indonesia sejak tahun 1978. Di tahun 2016 silam, Honda Accord generasi kesembilan mendapatkan facelift ringan yang membuat tampilan mobil ini terlihat lebih memukau. Mobil sedan besutan Honda ini memiliki segudang fitur yang canggih sehingga memiliki harga yang cukup mahal. Profil Honda Accord 2016 Indonesia secara lengkap akan dijabarkan dibawah ini.

Lihat juga
back to top