Tak Jadi Pakai Accord, Pemerintahan Malaysia Kembali Gunakan Proton Perdana

14/01/2020

Mobil baru

3 menit

Tak Jadi Pakai Accord, Pemerintahan Malaysia Kembali Gunakan Proton Perdana
Sebelumnya Honda Accord dan Toyota Vellfire dikabarkan akan menjadi kendaraan resmi Pemerintahan Malaysia. Gagal terlaksana Proton Perdana kembali jadi pilihan.

Menteri dan pejabat senior Pemerintahan Malaysia dilaporkan akan tetap menggunakan mobil nasional Proton Perdana, sebagai kendaraan operasionalnya. Sebelumnya dikabarkan Pemerintah Malaysia berencana untuk menggunakan setidaknya 32 unit Toyota Vellfire untuk Menteri dan 3,000 unit Honda Accord untuk pejabat senior.

>>> Review Nissan March 1.2 AT 2017: Pilihan City Car yang Lebih Murah dari LCGC

Gambar menunjukan tampilan dari Proton Perdana

Tampilan eksterior dari Sedan Perdana

Dikutip dari Berita Harian, Menteri dan Wakil Menteri Kabinet Malaysia dilaporkan akan terus menggunakan Proton Perdana sebagai kendaraan resmi. Menteri Keuangan Lim Guan Eng membenarkan bahwa kontrak baru tender mobil kementerian Proton sedan Perdana akan segera diumumkan.

Dia mengatakan penggunaan kendaraan mewah yang dilaporkan oleh media setempat yang akan digunakan oleh anggota kabinet dan pejabat tinggi pemerintah setempat sebenarnya hanya pilihan kedua setelah. Hal itu dikarenakan dia diberitahu oleh Proton bahwa penggunaan resmi Perdana belum sepenuhnya siap.

>>> Kesalahan Penggunaan DRL dan Foglamp Mobil yang Sering Dilakukan

Gambar menunjukan Eksterior Proton Perdana

Tampilan interior dari Sedan Perdana

“Itu sebenarnya pilihan kedua. Kami ingin mempertahankan Proton Perdana tetapi karena perusahaan tidak menghasilkan Perdana yang cukup untuk Menteri dan Wakil Menteri, itu menjadi sebuah masalah.” katanya. 

“Itu sebabnya kami diberi pilihan kendaraan lain. Namun, kami sekarang telah mengkonfirmasi bahwa sedanPerdana sudah cukup dan oleh karena itu, kami akan tetap bersama Perdana menjadi mobil Menteri,” tandasnya.

>>> Buktikan Kualitas, MG ZS Dites Jalan Sejauh 30.000 Kilometer Dalam Jangka Waktu Kurang Dari 3 Bulan

Sebelumnya, sebuah portal berita lokal melaporkan pemerintah setempat sedang dalam proses menunjuk perusahaan untuk memasok kendaraan resmi untuk digunakan menteri dan pejabat senior pemerintah. Kesepakatan itu dikatakan akan mengalokasikan 32 unit Toyota Vellfire untuk penggunaan menteri dan 3.000 unit Honda Accord untuk pejabat senior pemerintah.

Proton Persona 2019 sendiri dibekali dengan mesin berkapasitas 2.4L 4 silinder 16-valve DOHC mengeluarkan tenaga 133 daya kuda pada 6.500 rpm dan torsi maksimal 222 Nm pada 4.300 rpm. Kekuatan mesin yang diusungnya ini didistribusikan melalui pilihan transmisi manual 5-speed. Sedangkan untuk fitur keselamatan pasif hadir melalui Dual Front SRS Airbags dan Dual Side Airbags dan fitur keselamatan aktif hadir melalui rem ABS+EBD, kontrol stabilitas dan traksi, kamera parkir dan sensor parkir depan belakang. Sementara untuk harganya dibandrol di Malaysia mulai dari RM 104.000 atau setara dengan Rp 350 juta.

>>> Berita otomotif terlengkap hanya ada di Cintamobil.com

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top