Review Honda CR-V 2.4L 2007: Kartu Truf Honda Melawan X-Trail

02/11/2020

Share this post:

Honda CR-V 2007

Editor rate:

Rp. 120.000.000

Harga mobil Honda CR-V: Pembaruan harga CR-V Lihat promo

Honda CR-V 2.4L 2007 andalan PT Honda Prospect Motor (HPM) ini adalah kartu truf untuk memenangkan persaingan ketat di kelasnya melawan Nissan X-Trail saat itu

Review Honda CR-V 2.4L 2007: Kartu Truf Honda Melawan X-Trail
Review Honda CR-V 2.4L 2007: Kartu Truf Honda Melawan X-Trail
0 Gambar

Pengantar Honda CR-V 2007

Mari kita simak spesifikasi Honda CR-V 2007 di bawah ini.

Kelebihan

Handling terbaik di kelasnya

Kabin paling lapang di kelasnya

Model timeless

 

 

Kekurangan

Road noise mengganggu hingga ke kabin

Tidak tersedia cruise control

Tidak ada sunroof

 

Gambar Nissan X-Trail STT 2005

Ada pertempuran klasik yang menarik antara Honda CR-V dengan Nissan X-Trail

Sebelum lebih lanjut membahas mengenai Honda CR-V generasi ketiga, ada baiknya Anda mengetahui dulu kisah pertempuran klasik antara Nissan X-Trail dengan Honda CR-V di Tanah Air. X-Trail adalah jagoan dari Nissan yang didaulat untuk 'mengganggu' hegemoni Honda CR-V. Dan benar saja, tahun 2005 atau tepatnya empat tahun setelah X-Trail diperkenalkan di Indonesia, X-Trail akhirnya berhasil merebut tahta menjadi SUV terlaris di kelasnya mengalahkan Honda CR-V. Lantas aksi saling balas ditunjukkan PT Honda Prospect Motor terhadap produk Nissan tersebut, di antaranya adalah dengan Honda meluncurkan SUV dengan kapasitas mesin 2.400 cc di tahun yang sama.

Gambar Honda CR-V 2.4L 2007

CR-V generasi ketiga ini juga hadir dengan dua varian mesin yakni 2.000 cc dan 2.400 cc

Memang dari segi kapasitas mesin maupun output tenaga, CR-V 2.4L ini masih kalah dengan X-Trail, tapi setidaknya cukup menolong penjualan SUV Honda yang satu ini. Namun X-Trail masih terlalu kuat untuk dikalahkan. Akhirnya tahun 2007, PT HPM memasukkan CR-V generasi ketiga sebagai kartu truf untuk memenangkan persaingan ketat di kelasnya melawan Nissan X-Trail saat itu. Dengan memakai tagline “Stands Out Among The Crowd”, SUV andalan Honda ini semakin mempertegas kehadirannya sebagai SUV kelas premium yang tangguh sekaligus memiliki desain mewah dan eksklusif. Lantas seberapa menarik mobil ini? Ikuti Review Honda CR-V 2.4L 2007 sampai habis.

Eksterior Honda CR-V 2007

Review Honda CR-V 2.4L 2007: Tampilan Depan

Gambar Honda CR-V 2.4L 2007

Desain seperti ini begitu revolusioner saat itu

Penampilan depan Honda CR-V 2.4L 2007 ini sebenarnya tidak ada bedanya dengan varian yang lebih murah yakni 2.0L. Desain front grille double layer yang baru dan multi-reflector headlights with projector membuat tampilan depan SUV Honda ini kian memukau. Meski harus diakui seluruh bohlamnya masih menggunakan jenis halogen biasa, namun hal tersebut normal di masanya.

Review Honda CR-V 2.4L 2007: Tampilan Samping

Gambar tampilan samping Honda CR-V 2.4L 2007

Tampilan samping clean dan simpel

Tampilan samping dari Honda CR-V varian termahal ini begitu timeless (tak mudah terlihat usang) bahkan hingga kini. Itu didapat karena desain lekukan yang dominan membulat serta desain streamline pada jendela belakang yang membuatnya terlihat dinamis. Sayangnya, Honda waktu itu memang cukup pelit soal aksesoris, untuk varian termahal ini contohnya, masih belum dilengkapi dengan talang air sebagai standar.

Review Honda CR-V 2.4L 2007: Tampilan Belakang

Gambar tampilan belakang Honda CR-V 2.4L 2007

Dalam kondisi standar ia tak dilengkapi dengan sensor apalagi kamera parkir

Lanjut ke bagian buritan Honda CR-V 2.4L AT 2007 ini, desain simpel nan minimalis menghiasi bagian belakangnya, lampu belakang diletakkan di pilar C sebagai ciri khas CR-V dari generasi pertama. Bahkan Anda tidak akan bisa menebak perbedaan antara varian bermesin 2.400 cc dengan varian 2.000 cc. Karena memang tidak ada logo maupun emblem apapun yang membedakan keduanya. Bahkan saat itu CR-V termahal ini dijual tanpa adanya sensor parkir apalagi spoiler belakang.

>>> Kunci Pintu Mobil saat Isi Bensin Biar Kejadian Seperti Honda CR-V Tak Terulang


Interior Honda CR-V 2007

Review Honda CR-V 2.4L 2007: Layout Dashboard

Gambar layout dashboard Honda CR-V 2.4L 2007

Layout dashboard punya desain mewah

Masuk ke dalam kabin Honda CR-V 2.4L 2007 ini nuansa mewah dan berkelas akan langsung menyambut Anda. Desain dashboard tidak membosankan untuk dilihat serta memiliki kepraktisan yang baik karena banyaknya tempat penyimpanan. Untuk tingkat kemewahan dan kenyamanan di bagian dalam, kabin Honda CR-V bermesin 2.400 cc ini telah dipertegas dengan warna two-tone ivory. Sayangnya kelir beige ini membuatnya mudah kotor.

Review Honda CR-V 2.4L 2007: Kursi

Gambar kursi Honda CR-V 2.4L 2007

Tak akan ada masalah mengenai headroom maupun legroom di kabin CR-V ini

Lima penumpang termasuk pengemudi dapat duduk dengan nyaman dan proper di dalam kabin Honda CR-V varian tertinggi ini. Selain karena seluruh jok sudah dilapis kulit, juga kursi di CR-V ini mampu menopang tubuh dengan baik di semua kursinya. Tak heran, Honda CR-V menjadi salah satu SUV favorit untuk melakukan perjalanan jauh saat itu. Sayangnya, meski seluruh headrest sudah proper, hanya empat penumpang yang dapat sabuk pengaman 3 titik.

Review Honda CR-V 2.4L 2007: Bagasi

Gambar bagasi Honda CR-V 2.4L 2007

Bagasi luas membuat CR-V asyik diajak plesiran

Satu lagi alasan mengapa Honda CR-V generasi ketiga ini ideal menjadi mobil untuk kebutuhan perjalanan jauh maupun traveling. Sebab kapasitas bagasi di CR-V ini cukup luas. Anda bisa lihat sendiri betapa luasnya bagasi pada foto di atas, juga terdapat separator pemisah untuk menjaga privasi Anda terhadap barang yang Anda bawa. Separator ini juga bisa dilepas untuk meningkatkan volume bagasi. Masih kurang? Kursi baris kedua bisa dilipat dengan format 40:20:40 untuk meningkatkan space bagasi.

>>> Komparasi Nissan X-Trail VL 2019 Atau Honda CR-V Prestige 2019? Medium SUV 7 Penumpang Berlimpah

Fitur Honda CR-V 2007

Review Honda CR-V 2.4L 2007: In-Car Entertaiment System

Gambar In-Car Entertaiment System Honda CR-V 2.4L 2007

Head unit sudah model double din

Nafas modern ada pada Honda CR-V 2.4L 2007 ini dengan penggunaan panel instrumen yang dilengkapi dengan self illuminating dan LCD Meter Display yang jelas terlihat baik pada siang maupun malam hari. Begitu pula dengan sistem audio dengan Double Din W/USB+ WMA/MP3+ready Ipod + Remote khusus untuk varian 2.4L. Kualitas audio lansiran dari Kenwood ini juga cukup baik dengan 4 speaker plus 2 tweeter. Sayangnya, layar kecil di head unit ini kurang terlihat jelas saat di bawah sinar terik matahari.  

Review Honda CR-V 2.4L 2007: Ringkasan Fitur Keselamatan

Gambar ringkasan Fitur Keselamatan Honda CR-V 2.4L 2007

Fitur keselamatan Honda tidak pernah main-main

Di samping teknologi keamanan tingkat tinggi G-CON yang dikembangkan oleh Honda untuk melindungi pengemudi dan penumpang, Honda CR-V 2.4L 2007 ini juga dilengkapi dengan sejumlah fitur keamanan seperti teknologi pengereman dengan ABS (Anti-lock Braking System), EBD (Electronic Brake-force Distribution), serta BA (Brake Assist), Dual SRS airbags, dan pretensioner seatbelts dengan load limiters. Honda CR-V generasi ketiga ini juga dirancang dengan struktur pedestrian safety body untuk meminimalkan cedera pada pejalan kaki jika terjadi tabrakan. Fitur keamanan lainnya pada CR-V adalah immobilizer anti-theft system dan security alarm. 

>>> Jadi Salah Satu Pionir SUV Di Indonesia, Inilah Kelebihan Dan Kekurangan All New Honda CR-V 1.5L Turbo 2019

Operasi Honda CR-V 2007

New CR-V tetap hadir dengan dua pilihan mesin dengan tenaga yang hebat namun berukuran kompak, ringan, dan hemat bahan bakar, serta memiliki tingkat emisi ramah lingkungan dengan standarisasi EURO-4 yang telah melebih standar emisi EURO-2 yang ditetapkan di Indonesia. Mesin 2.4-liter DOHC i-VTEC empat silinder dengan kekuatan maksimum 170 HP pada 5,800 rpm dan dengan torsi 22.2 Kgm atau sekitar 217,7 NM pada 4,200 rpm, yang lebih bertenaga dibandingkan generasi pendahulunya. Tenaga dan torsi tersebut disalurkan ke dua roda depan melalui transmisi otomatis 5-percepatan.

Foto Mesin K24 Honda

Lontaran tenaganya tidak akan merepotkan Anda jika ingin overtaking

Kenyamanan berkendara dan efisiensi bahan bakar Honda CR-V 2.4L 2007 ini juga didukung sistem DBW (Drive by Wire) yang menghasilkan perpindahan gigi yang halus, serta sistem Grade Logic Control menentukan rasio perpindahan gigi yang tepat ketika mengemudi di tanjakan maupun jalan menurun serta menghasilkan engine braking yang baik. Performanya juga tidak mengecewakan, saat penulis kuliah semester awal sempat mengetes akselerasi SUV Honda ini, didapat dari 0 ke 100 km/jam bisa diraih hanya dalam tempo 11 detik. Konsumsi BBM dalam kota juga tidak mengecewakan karena mampu menyentuh 9 km/l.

>>> Incar SUV Bekas? Simak Tips Lengkap Membeli Honda CR-V Bekas Generasi Keempat

Spesifikasi Honda CR-V 2007

Berikut ini adalah spesifikasi Honda CR-V 2.4L 2007.

Mesin Honda CR-V 2.4L 2007

Seri mesin

 K24Z, 4-Silinder Segaris DOHC i-VTEC

Pasokan Bahan Bakar

 Programmable Fuel Injection (PGM-FI)

Jumlah Katup

 16 Katup (2 Inlet & 2 Outlet per Silinder)

Tenaga Maksimum

 170 HP @ 5.800 rpm

Torsi Maksimum

 217,7 NM (22,2 Kgm) @ 4.200 rpm

Kapasitas Silinder

 2,354 cc

Bore X Stroke

 87.0 mm X 99.0 mm

Tipe Transmisi

 Otomatis 5-percepatan + Grade Logic Control (FWD)

Rangka Honda CR-V 2.4L 2007

Panjang X Lebar X Tinggi

 4.599 mm X 1.820 mm X 1.685 mm

Jarak Sumbu Roda

 2.620 mm

Radius Putar

 5,5 Meter

Kapasitas Tangki

 56 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki Honda CR-V 2.4L 2007

Suspensi Depan & Belakang

 Depan: MacPherson Strut with Coil Spring & Stabilizer

 Belakang: Independent Double Wishbone

Sistem Kemudi

 Rack and Pinion with Electronic Power Steering

Rem Depan & Belakang

 Disc Brake & Disc

Teknologi Sistem Pengereman

 ABS, EBD, BA

Teknologi Safety Sasis

 Honda G-Force Control Technology (G-CON), Side Impact Beam

Struktur Sasis

 Monokok, SUV C-Segment

Pelek

 Alloy, 17 inch

Jenis Ban

 Radial, 225/65 R17 

Daftar Harga Honda CR-V 2007

Gambar ilustrasi Harga Honda CR-V 2.4L 2007

Harganya sangat menggoda

Honda CR-V generasi ketiga ini mulai dijual dengan harga yang sangat menggoda, yakni di bawah Rp 100 juta untuk varian bermesin 2.000 cc dan Rp 110 jutaan untuk varian mesin 2.400 cc. Tapi ingat, harga tersebut tidak mengika dan sangat tergantung dengan kondisi aktual mobil. Sebagai informasi, saat dalam kondisi baru CR-V model ini tersedia dalam 6 pilihan warna; Silverstone Metallic, Alabaster Silver Metallic, Night Hawk Black Pearl, Carbon Bronze Pearl, Borego Beige Metallic, dan Dark Mocha.

Kesimpulan Honda CR-V 2007

Gambar ilustrasi kesimpulan review Honda CR-V 2.4L 2007

Kartu truf Honda untuk melawan X-Trail ini layak dimiliki, karena...

Mobil Honda CR-V generasi ketiga ini layak untuk Anda miliki karena punya kabin lega dan nyaman, mesin bertenaga, dan juga desain yang timeless bahkan hingga kini. Dengan harga hanya Rp 100 jutaan Anda sudah bisa memiliki SUV medium dengan kualitas buatan baik khas Honda. Hanya saja, mengingat usianya siapkan budget untuk sekadar 'jajan' area kaki-kaki dan juga engine mounting. Overall mobil ini layak untuk Anda miliki, saran kami pilih yang varian 2.400 cc.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

Review lain

Review Honda CR-V Facelift 2020: Ubahan Minor Dengan Hasil Major

Rp. 686.000.000

29/07/2020

Editor rate:

Meluncur lebih dulu di Thailand tepatnya di ajang Bangkok Motor Show 2020, Honda CR-V Facelift 2020 ini mendapat cbahan minor dengan harapan hasil major

Lihat juga

Review Dan Test Drive All New Honda CR-V 1.5L Turbo 2019, Performa Serupa Namun Lebih Murah Rp 40 Juta

21/06/2019

Editor rate:

Setelah mengulas tipe tertinggi dari All New Honda CR-V 1.5L Turbo yaitu Prestige, kini kami mendapat kesempatan istimewa untuk mengetes langsung dengan jarak yang panjang tipe menengah dari Al New Honda CR-V 1.5L Turbo ini. Inilah review dan test drive kami terhadap mobil All New Honda CR-V 1.5L Turbo 2019.

Lihat juga

Review Honda CR-V 2020: Ucapkan Selamat Datang Pada SUV Hybrid Pertama Besutan Honda

16/10/2019

Editor rate:

Honda CR-V 2020 akhirnya mendarat di Amerika Serikat, mengusung teknologi Hybrid untuk pertama kali dalam sejarah. Fitur-fiturnya pun semakin lengkap, memprioritaskan kenyamanan berkendara serta bodi tangguh. Mari kita intip bersama dalam review Honda CR-V 2020.

Lihat juga

Review Honda CR-V 2.4 Prestige 2013: Dengan Hanya Rp. 200 Jutaan, Anda Bisa Peroleh SUV Flagship Honda

25/11/2019

Editor rate:

Apakah Anda sedang mencari Sport Utility Vehicle (SUV) dengan fitur melimpah dan fun to drive? Jika iya, maka jangan lupakan Honda CR-V 2.4 Prestige 2013. Model SUV flagship Honda ini, saat barunya dulu dijual di kisaran Rp. 400 jutaan dan kini model bekasnya punya harga nyaris setengahnya. Mari kita simak review Honda CR-V Prestige 2013.

Lihat juga

Review Honda CR-V 2015

25/01/2018

Editor rate:

Honda CR-V 2015 atau yang biasa disebut Honda CR-V generasi keempat merupakan mobil SUV besutan Honda yang sudah malang melintang dalam pasar otomotif Indonesia sejak tahun 2000 silam. Dengan mengusung konsep ‘Everything You Wanted’, generasi terbaru mobil ini mendapat beberapa perubahan pada bagian eksterior dan interior, serta mendapat penambahan fitur-fitur canggih dan peningkatan performa pada mesinnya. Apa saja kelebihan mobil ini? Selengkapnya bisa dibaca review Honda CR-V 2015 dibawah ini

Lihat juga
back to top