Incar SUV Bekas? Simak Tips Lengkap Membeli Honda CR-V Bekas Generasi Keempat

30/10/2018

Jual beli
Kehadiran generasi terbaru Honda CR-V membuat generasi sebelumnya akan semakin banyak di pasar mobil bekas. Nah, bila Anda sedang mencari SUV bekas, simak dulu tips membeli Honda CR-V bekas.

Di segmen Medium SUV, Honda CR-V masih menduduki banyak diminati oleh konsumen Indonesia. Bahkan Mazda CX-5 sampai Nissan X-Trail yang punya fitur mumpuni belum bisa menarik banyak perhatian konsumen. Selain nama besar yang disandangnya, Honda CR-V memang jadi barometer produsen lain dalam meliris mobil-mobil SUV di segmen Medium SUV.

Dilengkapi mesin empat silinder segaris kapasitas 2.354 cc i-VTEC, mesin Honda CR-V ini sanggup menghasilkan tenaga 190 dk dan torsi 222 Nm. Transfer tenaga masih mengandalkan transmisi otomatis konvensional 5 percepatan. Beberapa fitur istimewa pun coba diberikan Honda CR-V pada awal 2015 untuk menjaga momentum agar ia tetap diminati. Sebut saja lampu DRL LED yang sudah disematkan menyatu dengan lampu utama. Lantas sunroof yang tersedia di bagian atap. Ada juga power tailgate yang memudahkan ketika membuka pintu bagasi.

>>> Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Honda CR-V 2017

Honda CR-V mempunyai dimensi bodi yang compact

Honda CR-V generasi keempat mempunyai tampilan yang modern dengan banyak lekukan membuatnya terlihat kokoh

Interiornya pun mengalami sedikit ubahan pada saat facelift tahun 2015. Ia dilengkapi AC dengan nanoe technology yang menjadi keunggulan utama CR-V dari rivalnya. Head unit terintegrasi juga diganti dengan jenis monitor yang sudah dilengkapi sistem navigasi. Rasa berkendara yang menyenangkan juga jadi salah satu alasan mengapa mobil ini cukup diminati. Akurasi sistem kemudi dengan bantingan suspensi yang berada dalam batas toleransi. Lalu, apa saja yang harus Anda perhatikan dan periksa sebelum membeli CR-V bekas dengan produksi tahun 2014-2017?

>>> Mungkin Anda tertarik: Banyak Yang Harus Diperhatikan, Inilah Tips Membeli Mobil Bekas SUV

Teknis

Hal pertama yang harus dicek adalah mesin. Pastikan Anda melakukan test drive untuk memastikan gas masih responsif dan rem berfungsi dengan baik. Hal lainnya yang tidak kalah penting harus dieck adalah fitur. Generasi keempat dari keluarga CR-V ini sudah disematkan beragam fitur untuk memanjakan penggunanya. Sebut saja tombol ECON yang menjadi ciri khas mobil-mobil Honda. Tersedia juga sunroof di bagian atap, pastikan tidak ada kebocoran dari sela-sela kaca. Karena mobil ini untuk yang keluaran tahun 2015 juga sudah menggunakan power tailgate yang mampu membuka pintu bagasi secara otomatis, pastikan kinerjanya tetap terjaga dengan cara mencoba buka tutup pintu bagasi.

Berkendara hemat melalui fitur ECON

Honda CR-V generasi keempat sudah disematkan fitur ECON yang membuat mobil lebih hemat bahan bakar

Sebagai mobil dengan ground clearance tinggi tentu membuat pemilik sebelumnya percaya diri melintasi medan berat atau jalan rusak. Nah, untuk mobil yang sudah berumur lebih dari 3 tahun ada kecenderungan bagian kaki-kaki mulai rentan mengalami penurunan performa. Steering rack hingga bagian bushing kerap rusak akibat kondisi jalan yang tidak rata meski digunakan di jalan perkotaan. Namun, bukan tidak mungkin pemilik lama keluar kota di akhir pekan dan sering melintasi jalan rusak.

>>> Tips dan trik untuk jual beli mobil anda bisa dilihat disini


Walau sering dianggap angin lalu, tapi biasanya pemilik lama suka lupa mengganti filter AC. Salah satu indikasi perlunya mengganti filter AC adalah ada bau tidak sedap masuk ke dalam kabin, padahal pintu dan jendela tertutup rapat. Atau indikasi lain adalah AC yang kurang dingin. Padahal perannya penting untuk menjaga udara kabin tetap segar. Ada baiknya juga Anda perhatikan ke part yang satu ini.

Non-Teknis

Cek kebersihan dari interior Honda CR-V

Pastikan interior Honda CR-V bekas incaran Anda dalam keadaan baik, seperti tidak ada lapisan jok yang rusak

>>> Ingin membeli mobil bekas? Dapatkan informasi harga terpercaya hanya di Cintamobil.com

Selain itu jangan lupa cek bagian interior. Tidak jarang banyak pemilik yang suka makan atau minum di dalam mobil. Cek dengan teliti seluruh bagian interior. Mulai dari jok, kolong jok yang suka luput dari perhatian hingga ke bagian karpet dasar. Dikhawatirkan banyak kotoran bekas makanan karena kebiasaan pemilik sebelumnya. Meski mempunyai desain bodi yang compact, periksa kolong bumper dan juga samping bodi mobil. Dikhawatirkan ketika melintasi jalanan rusak, bagian bodi tergores oleh polisi tidur atau batu yang berpotensi menimbulkan karat bila sudah mengelupas cat.

Tidak kalah penting, periksa catatan servis pemilik sebelumnya. Bisa dibilang catatan servis menjadi pedoman utama saat Anda membeli mobil dalam kondisi bekas. Sebab, perawatan rutin ke bengkel resmi menjadi indikasi Anda akan mendapat mobil yang ideal. Bila kurang yakin, Anda bisa membawa mobil incaran ke bengkel resmi untuk melihat jejak rekam perawatan berkalanya.

>>> Tips terlengkap seputar mobil bisa ditemukan di Cintamobil

 
back to top