Kunci Pintu Mobil saat Isi Bensin Biar Kejadian Seperti Honda CR-V Tak Terulang

04/05/2020

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Kejadian tak mengenakan baru saja menimpa pengendara Honda CR-V. Saat sedang lengah, ada seorang yang mengambil tas ketika mobil sedang mengisi bensin. C

Tingkat kejahatan di tengah pandemi corona disebut-sebut tengah meningkat. Ada beberapa warga yang nekat berbuat jahat demi memenuhi kebutuhannya sehari-hari lantaran kondisi perekonomiannya ikut terimbas penyebaran virus corona. 

Tindak kejahatannya pun beragam. Namun yang baru-baru ini viral adalah penjambretan saat mobil Honda CR-V tengah mengisi bensin di sebuah SPBU kawasan Cinere. 

>>> Nissan X-Trail Baru Tertangkap Kamera Sedang Tes Jalan, Siap Hadang Honda CR-V Turbo Dan Wuling Almaz?

Menyasar Pengemudi Lengah

Dalam sebuah video yang dibagikan akun Twitter @kemalarsjad, tampak sebuah Honda CR-V berwarna silver tengah terparkir untuk mengisi bensin. Tak lama setelahnya pengendara mobil keluar dan menghampiri petugas SPBU tanpa mengunci pintu. 

Namun rupanya di sisi samping sudah ada seseorang mengintai Honda CR-V tersebut dan menunggu waktu yang pas untuk mengambil barang di dalam mobil. Benar saja, saat pengendara itu lengah pria tersebut mendekat ke Honda CR-V dan langsung mengambil tas kemudian disambut oleh seseorang yang mengendarai motor dan pergi begitu saja.

Pengemudi Honda CR-V dijambret di SPBU

Sang penjambret tertangkap kamera CCTV tengah melakukan aksinya

Tak bisa dipungkiri memang masih ada pengendara yang sering mengabaikan untuk mengunci pintu ketika mengisi bensin. Meski terlihat sepele, hal itu justru bisa mencegah mereka yang kerap mencari kesempatan dalam kesempitan. 

>>> Ini Tips Menghindari Kejahatan Modus Pecah Kaca Mobil

Tentunya para penjahat ini sudah mengintai dan memperhatikan pengemudi mana yang lengah serta tak akan menyia-nyiakan kesempatan. 

"Kalau menyikapi kondisi sekarang, mengisi bensin ada yang self service dan ada yang diisiin. Nah, balik lagi SOP-nya bener atau gak. Sementara kita keluar dari mobil atau tetap di dalam mobil, itu potensi kejahatan tetap ada, sama-sama besar," tutur Senior instructor Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana dalam kesempatan video conference, Jumat malam (1/5/2020). 

Jangan Lupa Kunci Pintu

>>> Honda Prospect Motor Lakukan Recall Honda CR-V Yang Beredar Di Indonesia

Sony menjelaskan, bila pengendara memutuskan tetap ada di mobil pintunya tetap harus dikunci. Pun demikian saat memutuskan untuk keluar dari mobil, meski cuma sebentar pintu tetap harus dalam posisi terkunci. 

"Karena biasanya penjahat, kalau mau melakukan tindakan, melihat dulu korbannya siap nggak. Kalau si pengemudi siap, penjahat akan berpikir dua kali untuk melakukan kejahatan. Tetapi kalau pengemudinya perempuan, lebih baik nggak keluar," jelasnya. 

Honda CR-V alami penjambretan di SPBU

Pintu mobil dibiarkan terbuka oleh penjambret

Pengendara motor pun demikian. Sony menyarankan ada baiknya bagi pengendara roda dua untuk turun dari motornya ketika mengisi bensin agar bisa lebih cepat merespon kejadian yang tak diinginkan. 

"Ternyata, setelah dipelajari kalau terjadi ledakan atau kebakaran, lebih gampang evakuasi. Karena ada beberapa kasus, tangkinya ngeluarin api, ridernya kebakaran," pungkas Sony. 

>>> Simak terus berita terbaru seputar pasar mobil di sini

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top