Minat Koleksi Mobil Pintu 2 Honda? Ini Pilihannya

12/09/2020

Jual beli

8 menit

Share this post:
Minat Koleksi Mobil Pintu 2 Honda? Ini Pilihannya
Mobil pintu 2 entah mengapa lebih banyak diincar para kolektor dibanding mobil berpintu 4. Ini membuat mobil 2 pintu harganya juga lebih tinggi. Padahal beberapa produsen otomotif di Indonesia pernah memperkenalkan mobil-mobil berpintu 2, diantaranya Honda.

Mobil memang terkadang bukan hanya sekedar sebagai alat transportasi, tapi juga sebagai penyalur hobi. Tak heran banyak dari penggemar mobil yang juga menjadi kolektor mobil. Umumnya mobil-mobil yang dikoleksi adalah mobil bersejarah atau peredarannya terbatas di Indonesia atau di dunia.

Beberapa jenis mobil yang kerap jadi incaran kolektor yatu mobil-mobil sport yang diproduksi terbatas dan harganya amat mahal. Ada juga yang koleksi mobil-mobil klasik bernilai historis tersendiri termasuk mobil-mobil yang bekas dipakai tokoh atau selebritis dunia. Atau ada juga yang koleksi mobil-mobil pintu 2.

Ya, jenis mobil yang terakhir ini memang cukup unik. Karena ternyata mobil dengan jumlah pintu lebih sedikit punya harga lebih mahal dan jadi incaran kolektor dibanding untuk tipe sama namun menggunakan 4 pintu.

Kali ini Cintamobil.com akan coba sedikit mengulas apa saja mobil pintu 2 yang ada di Indonesia, namun fokus ke Honda. Karena ternyata Honda adalah pabrikan yang paling banyak memasarkan mobil 2 pintu kecil secara resmi di Tanah Air. Walau populasinya terbilang banyak, ternyata mobil-mobil 2 pintu kecil dari Honda ini juga jadi incaran kolektor.

Mobil Kecil 2 Pintu Merk Honda di Indonesia Ternyata Banyak Lho!

Meskipun di Indonesia identik dengan mobil-mobil berpintu 4, namun ternyata ada juga lho mobil yang hanya menggunakan 2 pintu. Bahkan jenisnya cukup variatif, ada yang citycar, hatchback, sedan, mobil sport, sampai SUV (Sport Utility Vehicle) pun ada. Beberapa model ini dipasarkan secara resmi oleh APM (Agen Pemegang Merek) mobil di Indonesia, dan sebagian lagi masuk Tanah Air karena diimpor utuh dari negara asalnya.

Untuk yang dijual resmi oleh APM di Indonesia, tentu populasnya cukup masif. Yang menarik, Honda sejak tahun 1980-an sudah mengeluarkan mobil-mobil pintu 2 kepada masyarakat Indonesia. Dahulu mobil ini biasa saja, namun sekarang, malah jadi incaran kolektor.

Lalu apa saja mobil 2 pintu kecil dari Honda yang beredar di Indonesia? Berikut beberapa diantaranya:

1. Honda Civic Estilo

Honda Civic Estilo Dijual

Mobil kecil 2 pintu di Indonesia yang paling banyak dicari walau sebenarnya tidak langka

Diantara mobil kecil 2 pintu Honda lainnya, mungkin Estilo adalah mobil yang paling banyak diburu car enthusiast. Bahkan untuk Estilo yang kondisinya masih original, harga pasarannya bisa di atas Rp 200 juta. Selain itu banyak juga yang melakukan modifikasi pada mobil ini baik dari sis eksterior, interior, audio, sampai mesin.

2. Honda Civic Nouva

Honda Civic Nouva Dijual

Desainnya masih terlihat menarik hingga kini

Selain Estilo, Honda juga pernah memasarkan Civic hatchback berkode EF sebagai mobil pintu 2. Ini sebenarnya generasi keempat dari Honda Civic yang diproduksi rentang tahun 1987 hingga 1991. Selain tipe sedan 4 pintu, Honda juga memproduksi versi hatchback 2 pintu yang kemudian dikenal dnegan nama Civic Nouva.

>>> Cari Mobil 2 Pintu Murah Bukan Hal Mustahil, Ini Pilihannya!

3. Honda Civic Wonder

Honda Civic Wonder Dijual

Desain klasiknya tak lekang oleh zaman

Lebih tua dari Nouva, Civic Wonder adalah generasi ketiga dari Honda Civic yang diproduksi sejak 1984 hingga 1987. Dikenal dengan nama Civic SB, mobil ini menggunakan mesin 1.600 cc DOHC. Sampai kini peminat Civic Wonder pun masih cukup banyak, apalagi jika kondisinya masih original.

4. Honda CRX

Honda CRX Dijual

Cukup jarang CRX dijumpai di Indonesia

Selain Civic Nouva, sebenarnya ada satu varian lain dari keluarga Honda Civic generasi keempat yang menggunakan sistem pintu 2, yaitu CRX. Mesinnya sama-sama 1.600 cc DOHC, namun umumnya beredar di Jepang dan Amerika Serikat dan cukup jangan ditemui di Indonesia apalagi yang kondisinya masih original seperti pada foto di artikel ini.

5. Honda HR-V

Honda HR-V dijual

Generasi pertama HR-V ada yang bersistem penggerak roda 4WD

Selain HR-V yang Anda kenal saat ini, Honda pernah memiliki HR-V model 2 pintu. Namun mobil pintu 2 yang masuk sebagai generasi pertama HR-V itu tidak secara resmi dijual di Indonesia, namun didatangkan secara utuh dari negara lain seperti Jepang. Mesinnya 1.600 cc dan ada yang berpenggerak roda 4WD serta ada juga varian yang berpintu 4.

6. Honda Prelude

Honda Prelude Dijual

Mobil sport Honda yang dulunya untuk menyaingi Toyota Celica dan Nissan Silvia

Kalau Toyota punya Celica dan Nissan memiliki Silvia yang banyak jadi baarng buruan terutama bagi penggemar mobil sport 2 pintu, maka Honda memiliki Prelude yang juga tak kalah jadi incaran. Mobil sport 2 pintu Honda ini yang masuk ke Indonesia biasanya didatangkan langsung dari negara asalnya, Jepang. Mesinnya 2.200 cc berteknologi V-TEC yang amat bertenaga. Populasi mobil ini pun terbilang langka, kalau pun ada biasanya kepunyaan para kolektor juga.

>>> Baca juga:

Share this post:
Prasetyo Adhi
Penulis
Prasetyo Adhi
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Mengenal Sejarah Toyota Corolla 2 Pintu Dijual di Seluruh Dunia

20/05/2020

Jual beli

8 menit

Corolla 2 Pintu dijual Toyota untuk pasar negara-negara tertentu, sehingga populasinya tidak begitu banyak. Tak heran mobil-mobil ini jadi incaran para kolektor mobil klasik.

Lihat juga

Mengenal 5 Mobil Sport Toyota 2 Pintu yang Legendaris

18/05/2020

Jual beli

8 menit

Ada beberapa model mobil sport Toyota 2 pintu yang pernah diproduksi mulai tahun 1980-an hingga kini. Apa saja model-model sport Toyota yang legendaris tersebut?

Lihat juga

Cari Mazda 2 Pintu di Pasar Mobil Bekas Tanah Air, Mana yang Termurah?

18/10/2019

Jual beli

3 menit

Mazda yang dikenal dengan desain Jinba Ittai memiliki filososi desain yang mengesankan, termasuk varian mobil sport atau dua pintu. Bagi Anda yang ingin mencari mobil dua pintu Mazda, model apa saja yang patut dipertimbangkan?

Lihat juga

Ini Penyebab Harga Honda Civic Estilo Bekas Nyaris Rp 200 Juta

02/07/2020

Pasar mobil

4 menit

Tidak semua mobil bekas harganya turun. Honda Civic Estilo misalnya, meluncur tahun 1992 dengan harga Rp 60 juta saat ini mobil bekasnya dibanderol Rp 200 juta.

Lihat juga

Komparasi Mobil Klasik: Pilih Honda Civic Nouva atau Honda Civic Estilo?

29/08/2019

Jual beli

3 menit

Honda Civic Nouva dan Honda Civic Estilo adalah bagian dari generasi Civic yang pernah dijual di Indonesia. Meskipun saat ini sudah tidak diproduksi lagi, keduanya masih memiliki harga yang cukup mahal di pasar mobil bekas Indonesia.

Lihat juga