Daftar Mobil Sport 4 Pintu Terbaik di Indonesia

13/09/2020

Jual beli

8 menit

Share this post:
Daftar Mobil Sport 4 Pintu Terbaik di Indonesia
Beberapa produsen otomoitif di dunia, ada yang menawarkan mobil sport 4 pintu. Tujuannya demi memberikan kepraktisan berkendara yang lebih baik ketika konsumennya ingin mengajak serta anggota keluarga yang lain atau teman-temannya ketika berkendara dengan mobil tersebut.

Memadukan antara dinamika berkendara dengan kepraktisan pada sebuah kendaraan tentu bukan perkara mudah. Misalnya untuk desain mobil. Biasanya para desainer produsen otomotif akan menciptakan mobil yang memiliki tingkat aerodinamika terbaik dengan bentuk bodi yang ringkas. Efek negatifnya ada pada kepraktisan pengemudi maupun penumpang.

Ruang pengemudi sering kali harus dikorbankan agar menciptakan bentuk bodi yang menunjang sisi aerodinamika. Jangan harap pula ada ruang cukup lapang untuk penumpang belakang berikut ditambah kapasitas bagasi yang luas. Semua itu pastinya harus terpangkas. Bahkan ada beberapa mobil yang untuk meletakkan satu koper bawaan saja, mesti membongkar ruang bagasi agar koper tersebut bisa masuk.

Menyadari beberapa konsekuensi negatif ini, ada sejumlah produsen yang menawarkan mobil sport 4 pintu. Sensasi berkendara yang diberikan tak jauh beda layaknya mobil sport 2 pintu, hanya saja kepraktisan penumpang belakang ditambah dengan adanya akses masuk keluar tersendiri. Daftar mobil sport berpintu 4 ini memang tak banyak, namun kami merasa hal ini menarik untuk diulas lebih dalam. Karenanya banyak smapai habis ulasan Cintamobil.com berikut ini tentang pilihan mobil sport 4 pintu yang ada di Indonesia.

Pilih Mobil Sport 4 Pintu atau Mobil Sport 2 Pintu 4 Kursi?

Koenigsegg

Kalau hanya berpintu 2, maka akses ke jok belakang melalui pintu penumpang depan

Ketika memutuskan untuk membeli sebuah mobil sport, tentunya Anda sudah paham akan konsekuensinya, yaitu tidak memiliki kepraktisan karena adanya keterbatasan ruang kabin. Sehingga tak mungkin untuk membawa seluruh anggota keluarga di kabin sebuah mobil sport.

Menariknya sejumlah pabrikan otomotif memahami adanya kekurangan ini. Beberapa model pun dibuat sebagai mobil sport dengan 4 pintu dan 4 tempat duduk. Walaupun tetap ada juga yang konfigurasinya sebagai mobil sport 2 pintu 4 kursi. Semuanya punya tujuan sama, yakni memberikan kesempatan pada pemilik kendaraan tersebut, guna menikmati sensasi berkendara yang menyenangkan, bukan hanya seorang diri tapi bersama angota keluarga atau teman-teman lainnya.

Namun tentu antara mobil sport yang menggunakan 4 pintu dan yang berpintu 2, masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Untuk yang berpintu 4 misalnya, akses masuk dan keluar kabin terutama bagi penumpang belakang jadi lebih fleksibel. Tetapi efek negatifnya dimensi bodi bisanya lebih panjang dari yang hanya berpintu 2, sehingga ini mempengaruhi keseluruhan dari kinerja mobil tersebut.

Sementara itu untuk mobil sport 2 pintu 4 kursi, biasanya punya panjang bodi yang lebih ringkas, jadi ini juga membuat keseluruhan performa mobil lebih baik. Namun imbasnya, akses untuk masuk dan keluar kabin belakang terbatas harena harus melalui pintu pengemudi atau penumpang depan. Selain itu ruang kaki dan ruang kepala penumpang belakang di mobil seperti ini terbatas. Mengingat atap dan pilar C sering kali dibuat landai.

>>> 5 Mobil Sport Termahal di Dunia yang Sudah Ludes Terjual

Pilihan Mobil Sport 4 Pintu di Indonesia

Anda penyuka mobil sport tapi tetap ingin sesekali mengajak anggota keluarga untuk memacu adrenalin bersama-sama? Nah beberapa produsen otomotif dunia ternyata juga memasarkan mobil sport berpintu 4 ke Indonesia. Harganya memang tidak murah, namun mobil-mobil ini menawarkan karakter yang unik untuk para konsumennya.

Berikut daftar mobil sport 4 pintu yang dipasarkan di Indonesia:

1. BMW M3

BMW M3 Dijual

Sedan sport 4 pintu dengan penampilan agresif

M merupakan varian sport dari BMW yang menawarkan kekuatan mesin serta kenikmatan pengendalian. Menariknya BMW menyediakan M Series bukan hanya berwujud coupe 2 pintu, namun juga ada yang berwujud sebagai saloon 4 pintu. Contohnya pada M3.

Sedan sport 4 pintu ini menggunakan mesin 3.000 cc 6 silinder dengan teknologi M TwinPower Turbo. Mesin ini mampu meletupkan tenaga hingga 431 PS pada 5.500 - 7.000 rpm dengan torsi puncak 550 Nm di 1.850 - 5.500 rpm. Meskipun diklaim sebagai mobil sedan, tapi BMW M3 sanggup melesat 0-100 km/jam hanya dalam 4,3 detik.

2. BMW M5

BMW M5 Dijual

Saloon 4 pintu dengan kemampuan akselerasi 0-100 km/jam hanya 3,4 detik

Masih dari keluarga M Series miik BMW, yang termasuk mobil sport berpintu 4 adalah M5. Mengingat jumlah pintunya lebih banyak dibanding M2 atau M4, maka dimensi BMW M5 juga lebih besar. Panjangnya 4.956 mm, lebar 2.126 mm, dan tinggi 1.473 mm. Mobil ini juga punya jarak sumbu roda 2.992 mm sehingga membuat ruang penumpang belakang cukup nyaman.

Tapi jangan tanyakan soal kekuatan mesinnya. Karena M5 sudah dimodali mesin 4.400 cc 8 silinder berteknologi TwinPower Turbo yang mampu memproduksi daya hingga 600 PS dengan torsi maksimum ada di 750 Nm. Jika memiliki mobil ini, bolehlah sesekali mengajak istri dan 2 anak Anda untuk merasakan bagaimana sensasi melesat dari posisi diam hingga kecepatan 100 km/jam hanya dalam 3,4 detik.

3. Mercedes-AMG GT 53 4MATIC

Mercedes-AMG GT53

Desainnya tetap memperhatikan aerodinamika

Bukan cuma BMW, Mercedes-Benz juga punya divisi untuk tipe-tipe yang lebih agresif melalui AMG. Dan kalau biasanya model-model Mercedes-AMG hadir sebagai mobil sport 2 pintu 4 kursi murah untuk sebagin kalangan, maka pada Mercedes-AMG GT 53 4MATIC muncul sebagai mobil sport 4 pintu pertama dari pabrikan Jerman tersebut.

Mesinnya berkapasitas 3.000 cc 6 silinder dengan keluaran tenaga 320 hp pada 6.100 rpm dan tosi 520 Nm di 1.800-5.800 rpm. Menggunakan transmisi AMG Speedshift TCT 9G dengan sistem penggerak 4 Roda 4MATIC membuat Mercedes-AMG GT 53 4MATIC tidak pernah kehilangan traksi saat berakselerasi.

4. Tesla Model S P100D

Tesla Model S dijual

Terlihat kalem tapi kemampuan akselerasinya mengerikan

Sebuah mobil sport baik sebagai mobil sport 2 pintu 4 kursi atau yang berpintu 4, tak selalu harus berpenampilan agresif. Misalnya pada Tesla Model S yang jika dilihat, desainnya amatlah manis. Namun dibalik penampilannya itu, mobil ini pernah menandang status The Fastest Accelerating Production Car In The World. Wow!

Tesla Model S memang berbeda dibanding mobil sport lain, pertama soal desain tadi dimana Tesla tidak menonjolkan sisi agresif pada Model S. Kemudian mobil ini juga masih dapat menampung 4 orang di ruang kabinnya dengan nyaman. Kapasitas bagasi pun masih terbilang lapang untuk membawa beberapa perlengkapan saat liburan. Tapi Model S memiliki 5 varian yang diantaranya adalah Model S P100D. Untuk model ini mampu menghasilkan tenaga sampai 762 hp dengan torsi 1.087 Nm!

>>> Baca juga:

5. Porsche Panamera

Porsche Panamera dijual

Panjangnya lebih dari 5 meter dengan ruang kabin dan bagasi yang lapang

Menyebut nama Porsche, mungkin yang terlintas di benak Anda adalah sebuah mobil sport 2 pintu yang mempunyai mesin berkinerja tinggi dan sanggup melesat sampai kecepatan ratusan km/jam. Namun pada model Panamera, Porsche masuk ke segmen Sport Luxury Saloon sehingga mobil sport ini menggunakan konfigurasi 4 pintu 4 penumpang.

Karena adanya tambahan dua pintu untuk penumpang belakang, maka keseluruhan panjang mobil ini mencapai lebih dari 5 meter. Walau begitu, Porsche tetap mendesainnya dengan tubuh yang proporsional dan memperhatikan sisi aerodinamika. Alhasil berbekal mesin 2.900 cc 6 silinder Twin Turbo, mobil keluarga ini mampu meletupkan tenaga hingga 440 Hp dnegan torsi 550 Nm.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang berguna lainnya

Share this post:
Prasetyo Adhi
Penulis
Prasetyo Adhi
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Mengenal 5 Mobil Sport Toyota 2 Pintu yang Legendaris

18/05/2020

Jual beli

8 menit

Ada beberapa model mobil sport Toyota 2 pintu yang pernah diproduksi mulai tahun 1980-an hingga kini. Apa saja model-model sport Toyota yang legendaris tersebut?

Lihat juga

Sejarah Mobil Ford: Berawal dari Mobil Sport dan Ford Model A

14/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Dikenal sebagai satu diantara pabrikan tertua yang ada di Amerika, ternyata sejarah mobil Ford dimulai dari mobil balap, hingga akhirnya Ford menginginkan agar mobil menjadi lebih murah dan bisa dinikmati oleh seluruh kalangan masyarakat.

Lihat juga

Sejarah dan Arti dari Lambang Lamborghini, Bantengnya Mobil Sport

03/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Siapa sangka lambang Lamborghini tercipta dari zodiak sang pendiri? Bahkan persaingan Ferruccio Lamborghini dan Enzo Ferrari memberikan nada tersendiri dalam perkembangan logo Lamborghini.

Lihat juga

Mobil Sporty Rp50 Jutaan? Silakan Lihat Mazda Astina 323 di Pencarian Anda

31/08/2019

Jual beli

3 menit

Mazda Astina pernah menjadi salah satu mobil paling dicari di Indonesia. Dengan desainnya yang sporty dan akselerasi mumpuni, mobil ini akhirnya menjadi benda klasik yang pantas dijadikan koleksi. Hanya dengan Rp50 jutaan, Anda sudah bisa membawa pulang Mazda Astina 323 ke rumah Anda.

Lihat juga

Sistem Audio Bose pada Corvette C8 Terkuat untuk Mobil Sport Sepanjang Sejarah

05/08/2019

Mobil baru

3 menit

Tidak hanya menjadi mobil mesin tengah pertama Corvette, namun Chevrolet memberikan peningkatan lainnya bagi mobil terbaru mereka, Chevrolet Corvette C8. Mobil ini akan mendapatkan sistem audio tercanggih yang pernah diberikan pada mobil sport.

Lihat juga