Review Honda Vezel 2021: Transformasi Desain Futuristik Honda

22/03/2021

Share this post:

Honda HR-V 2021

Editor rate:

TBA

Pilihan Honda HR-V baru dan bekas di Indonesia Lihat promo

Dengan bahasa desain baru Honda, SUV kompak Honda Vezel 2021 merupakan generasi ketiga dengan kenyamanan dan kelapangan yang sama dengan pendahulunya.

Review Honda Vezel 2021: Transformasi Desain Futuristik Honda
Review Honda Vezel 2021: Transformasi Desain Futuristik Honda
0 Gambar

Pengantar Honda HR-V 2021

Mari kita simak spesifikasi Honda HR-V 2021 di bawah ini.

Kelebihan

Desain futuristik yang lebih sleek

Tambahan motor listrik

Beragam teknologi baru

Kekurangan

Masih mengusung mesin yang sama

Panoramic roof tak bisa dibuka

Belum pasti kapan dipasarkan di Indonesia

Honda akhirnya merilis generasi ketiga dari SUV kompak Honda Vezel 2021 di Jepang. Sebagian besar pasar global akan mendapatkan versi baru ini, sedangkan model yang dipasarkan di Amerika Utara mendapatkan edisi yang cukup berbeda. Tapi yang jelas, Vezel yang diperkenalkan kali ini merupakan spesifikasi pasar domestik Jepang, atau JDM (Japan Domestic Market).

Generasi pertama Honda HR-V berwarna oranye
Generasi pertama Honda HR-V yang dipasarkan tahun 1999

Honda HR-V, atau dikenal juga dengan nama Honda Vezel di beberapa negara, pertama kali meluncur sebagai model konsep J-WJ di Tokyo Motor Show 1997. Awalnya berbagi platform dengan Honda Logo, HR-V mulai dipasarkan pada tahun 1999. Generasi kedua meluncur 14 tahun setelahnya, dan versi inilah yang masuk ke Indonesia pada tahun 2014.

Foto Honda HR-V Mugen

Honda HR-V yang saat ini masih dijual di Indonesia

Sedangkan ubahan di generasi ketiga menawarkan bahasa desain baru dari Honda yang lebih sleek dan minimalis. Tampilan luar dan dalam terasa sangat berbeda dibandingkan model Honda lainnya, namun tetap mempertahankan kelegaan ruang milik generasi sebelumnya. Dan tentu saja berbagai teknologi baru yang ditawarkan pada SUV kompak Honda ini.

dua mobil baru Honda Vezel 2021
Edisi terbaru Honda Vezel 2021 yang dipasarkan di Jepang

Hanya saja belum ada kejelasan apakah model terbaru ini akan menjadi basis dari Honda HR-V di Indonesia. Namun bagi Anda yang penasaran apa saja yang ditambahkan pada generasi ketiga ini, mari kita simak apa saja perubahan dari review Honda Vezel 2021 terbaru di bawah ini.

Daftar mobil bekas terbaru

Lihat Semua

Eksterior Honda HR-V 2021

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, gaya eksterior yang ditampilkan pada generasi terbaru terlihat sangat berbeda. Dengan desain yang terlihat lebih bersih dan bersudut, karakteristik Honda HR-V 2021 terasa lebih elegan.

Review Honda Vezel 2021: Eksterior Depan

Bagian depan mendapatkan banyak perubahan pada generasi ketiga ini. Lampu depan yang ramping dipasang pada sudut paling atas fasia depan, dihubungkan dengan trim chrome yang lebih tipis. Grille Solid Wing Face khas Honda akhirnya dihentikan. Sebagai gantinya adalah interpretasi baru yang lebih radikal dan berani pada bagian depan.

Eksterior depan Honda Vezel 2021 berwarna putih
Eksterior depan Honda Vezel 2021

Garis tipis horizontal menghasilkan warna bodi yang seakan menyatu dengan mobil. Memberikan wajah yang tampak lebih futuristik, seperti tampilan mobil listrik milik Honda. Sedangkan bumper bawah membawa nuansa model Honda, dengan aksen chrome dan rumah lampu kabut yang dibuat lebih tipis.

Review Honda Vezel 2021: Eksterior Samping

Honda membuat garis atap yang lebih sleek, mirip dengan model coupe, dengan jendela samping yang lurus serta jendela belakang yang dibuat miring. Gagang pintu belakang tersembunyi yang menjadi ciri khas mobil ini dipertahankan. Sedangkan trim Play di Jepang menambahkan aksen biru, merah, dan putih dengan atap berwarna perak atau hitam yang kontras.

Eksterior samping Honda Vezel 2021 berwarna putih
Eksterior samping Honda Vezel 2021

Honda memang belum merilis berapa penambahan dimensi mobil ini. Walaupun beberapa media memprediksikan ada sedikit tambahan dimensi guna menghadirkan kesan bertumbuh pada mobil ini. Sedangkan ground clearance masih cukup tinggi, 185 mm, memberikan kemudahan ketika membawa mobil ini ke jalanan yang bergelombang.

Review Honda Vezel 2021: Eksterior Belakang

Meskipun Honda mengubah tampilannya menjadi lebih sleek layaknya coupe, Tapi mereka mengklaim kelegaan kursi belakang yang mengesankan. Ada spoiler belakang yang terintegrasi dengan jendela belakang, windshield, serta shark fin antenna menghiasi buritan belakang.

Eksterior belakang Honda Vezel 2021 berwarna putih
Eksterior belakang Honda Vezel 2021

Kesan futuristik yang diberikan pada fasia depan juga bisa ditemukan pada bagian belakang. Lampu belakang dibuat lebih tipis, termasuk dengan lampu LED berwarna merah yang melintang di bagian tengah pintu belakang. Lengkap dengan logo Honda yang tersemat di tengahnya. Bumper belakang tak banyak berubah, masih dengan reflektor dan skid plate untuk kesan sporty.

>>> Review mobil Honda terbaru bisa Anda baca di sini


Interior Honda HR-V 2021

Honda mengklaim telah memberikan banyak perubahan pada kabin mobil ini. Tapi tetap mempertahankan kekuatan terbesarnya, yaitu kabin yang lapang bagi pengemudi dan penumpang di belakang.

Review Honda Vezel 2021: Dashboard

Tema horizontal tetap berlanjut pada dashboard minimalis yang dibuat ramping, disandingkan dengan desain ventilasi udara yang lebih lepar. Bagian sudut diatur untuk aliran udara, termasuk knop kontrol yang tak biasa. Konsol tengah menawarkan kesan yang lebih mewah, didukung tuas transmisi yang lebih konvensional dengan strip chrome di area lutut pengemudi.

Dashboard Honda Vezel 2021 berwarna hitam
Dashboard Honda Vezel 2021

Sebagian besar detail masih tersembunyi, tapi Vezel terbaru mendapatkan teknologi baru dari sistem infotainment Honda Connect yang juga ditemukan pada Honda Jazz dan City. Dengan layar sentuh 9.0 inci terpampang pada bagian tengah dashboard. Tapi berbeda dengan Jazz baru, mobil ini akan tetap menampilkan instrument analog, bersanding dengan kluster instrument digital.

Review Honda Vezel 2021: Setir

Setir Honda Vezel 2021 berwarna hitam
Setir Honda Vezel 2021

Kemudi palang tiga yang menjadi ciri khas model Honda bisa ditemukan apda mobil ini. Tapi bukannya dengan aksen silver, tapi mode piano black yang memberikan kesan elegan pada mobil ini. Fitur tilt & telescopic diprediksi masih dipertahankan, termasuk berbagai tombol multifungsi akan menemani Anda sepanjang perjalanan. Memudahkan pengaturan beberapa fitur di dalam kabin.

Review Honda Vezel 2021: Kursi

Tak banyak perubahan yang diberikan pada kursi Vezel, meski dengan desain yang lebih baru dan kenyamanan yang lebih tinggi. Kemungkinan besar fitur pengaturan kursi elektrik akan disematkan. Bahkan tak menutup kemungkinan Honda menampilkan fitur ventilasi udara dan pemanas pada kursi pengemudi.

Kursi Honda Vezel 2021 berwarna hitam
Kursi Honda Vezel 2021

Bagian belakang memang terlihat sangat lega. Tapi Honda menyebutkan bahwa tampilannya hanya dioptimalkan hanya untuk dua orang penumpang, bukan tiga  Pasalnya kursi belakang bagian tengah bisa dibuka dengan cupholder bagi penumpang belakang. Walaupun secara keseluruhan, mobil ini bisa menampung lima orang di dalam kabin dengan nyaman.

Review Honda Vezel 2021: Bagasi

Layaknya model sebelumnya, Honda mempertahankan fungsionalitas Magic Seats yang sangat praktis. Selain memberikan kesan lapang bagi penumpang, tapi juga bisa meningkatkan kepraktisan dalam menyimpan barang-barang bawaan di dalam bagasi. Meski tanpa catatan resmi, ruang bagasi terlihat sama besar dengan model sebelumnya.

>>> Simak berita Honda terbaru di bawah ini

Fitur Honda HR-V 2021

Penambahan fitur baru pada Honda Vezel disebut menghadirkan rasa nyaman sepanjang pengendaraan. Ruang kabin juga menghadirkan kesan lapang berkat kehadiran panoramic sunroof sebagai opsi fitur tambahan pada varian yang lebih tinggi. Termasuk lampu interior berbasis sentuhan untuk penumpang belakang.

fitur Honda Vezel 2021 berwarna hitam
Fitur sistem infotainment Honda Vezel 2021

Tambahan terbaru adalah sistem difusi udara, ada sistem ventilasi berbentuk L yang terletak pada bagian sudut atas dashboard untuk memberikan udara segar ke dalam kabin. Selain itu, Vezel terbaru sudah mendapatkan sistem ventilasi AC khusus untuk penumpang belakang. Mobil ini juga mendapatkan bukaan pintu bagasi otomatis hanya dengan gerakan kaki.

Review Honda Vezel 2021: Fitur Keselamatan Aktif

Sebagai teknologi terdepan dari mobil ini, rangkaian fitur keselamatan Honda Sensing telah ditingkatkan pada mobil ini. Sekarang dengan tambahan sistem pengereman darurat otonom yang ditingkatkan dan Lane Keeping Assist. Sistem Adaptive Cruise Control mendapatkan fungsi mengikuti kendaraan di depan dengan kecepatan rendah, fitur yang tak tersedia pada edisi sebelumnya.

>>> Siapa Bilang Biaya Servis Mobil PHEV Mahal? Simak Dulu Rinciannya!

Operasi Honda HR-V 2021

Secara mekanis, Honda memang belum merilis detail resmi mengenai mesin yang digunakan pada mobil ini. Jika tanpa perubahan, model entry level siap mengandalkan mesin bensin 1.5L DOHC i-VTEC dan transmisi CVT otomatis. Saat ini, mobil ini menghasilkan 129 PS pada 6.600 rpm dan 153 Nm pada 4.600 rpm. Walaupun belum jelas apakah catatan spesifikasi ini akan dibawa pada mobil terbaru.

mobil baru Honda Vezel e:HEV 2021 dengan sistem hybrid
Ada pilihan motor listrik pada Honda Vezel 2021

Hanya saja rilisan resmi mengungkapkan bahwa Vezel akan membawa varian powertrain hybrid dari dua motor listrik terbaru yang juga dipasangkan pada Honda City dan Jazz terbaru, dikenal dengan nama e:HEV. Selain itu, varian yang lebih rendah di pasar Jepang juga akan mendapatkan mesin bensin standar.

Dengan penambahan fitur yang ditawarkan, teknologi mesin kemungkinan besar juga akan ditingkatkan. Termasuk beberapa mode penggerak dipersiapkan, termasuk fungsi Hill Descent Control guna memberikan rasa berkendara yang lebih mengesankan. Dan seperti sebelumnya, Honda Vezel akan mendapatkan sistem penggerak roda depan untuk mengurangi tenaga yang terbuang selama perjalanan.

>>> Pilihan Toko Spare Part Mobil Honda Selain Bengkel Resmi

Spesifikasi Honda HR-V 2021

Mesin Honda Vezel 2021

Tipe Mesin

1.5L L15B 4-silinder segaris

Tenaga Maksimum

TBA

Torsi Maksimum

TBA

Kapasitas Silinder

1.497 cc

Tipe Baterai

AC PMSM

Tipe Transmisi

CVT dan e-CVT i-MMD

Sistem Penggerak

Front-wheel drive dan All-wheel drive

Rangka Honda Vezel 2021

Panjang x Lebar x Tinggi

4.450 x 1.870 x 1.600 mm (prediksi)

Jarak Sumbu Roda

2.610 mm (prediksi)

Ground Clearance

185 mm

Jumlah Tempat Duduk

5 Tempat Duduk

Kapasitas Tangki

TBA

Suspensi/Kaki-Kaki Honda Vezel 2021

Suspensi Depan & Belakang

TBA

Sistem Kemudi

Rack and Pinion

Rem Depan & Belakang

Depan: Ventilated Disc

Belakang: Ventilated Disc

Teknologi Sistem Pengereman

ABS, EBD, BA

Velg

16 inci

Jenis Ban

TBA

Daftar Harga Honda HR-V 2021

Belum ada kejelasan detail pada edisi terbaru mobil ini, termasuk harga Honda Vezel 2021 yang masih rahasia. Kemungkinan besar akan terungkap ketika Vezel mulai dipasarkan di Jepang pada bulan April mendatang. Termasuk apakah mobil ini akan menjadi basis Honda HR-V yang nantinya akan dipasarkan di Indonesia.

Kesimpulan Honda HR-V 2021

Honda Vezel 2021 mendapatkan berbagai perubahan, terutama dalam segi desain yang lebih sleek serta berbagai penambahan teknologi. Memberikan daya tarik tersendiri bagi SUV kompak Honda ini di tengah segmen yang semakin ramai, termasuk kehadiran SUV bertenaga listrik yang lebih ramah lingkungan. Menarik untuk dilihat spesifikasi lengkap mobil ini ketika dirilis April mendatang, termasuk kemungkinan apakah model ini yang akan dipasarkan di Indonesia nantinya.

>>> Simak artikel review mobil baru maupun bekas terbaru di sini

Padli Nurdin
Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

back to top