Pilihan Toko Spare Part Mobil Honda Selain Bengkel Resmi

19/01/2021

Perawatan dan service

8 menit

Ketika hendak memutuskan untuk membeli spare part mobil Honda selain di dealer atau bengkel resmi, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya tidak mengalami kekecewaan di masa yang akan datang.

Ketika ada kebutuhan perawatan mobil, seringkali diikuti pula dengan penggantian suku cadang alias spare part. Ini karena seluruh komponen pada sebuah kendaraan termasuk juga mobil, pastilah memiliki batas usia pakai. Ketika waktunya sudah diganti maka Anda sebagai pemilik mobil waib segera menggantinya. Jika lalai, kinerja komponen tersebut akan berkurang yang menyebabkan gerak kerja dari keseluruhan mobil juga menjadi terganggu.

Namun kadang pemilk mobil enggan atau ragu saat ingin melakukan servis berkala kendaraannya. Karena ada kekhawatiran saat melakukan servis berkala tersebut diikuti kewajiban membeli suku cadang yang biayanya tidak sedikit. Padahal jika kendaraan itu dirawat dan diperlakukan dengan baik dan benar, penggantian suku cadang tidak harus terjadi setiap kali servis berkala.

Kalau pun tetap ada spare part yang harus diganti, maka sangat disarankan menggunakan suku cadang asli alias original. Karena meskipun selalu dianggap harganya lebih mahal daripada suku cadang aftermarket apalagi barang palsu, tetap saja suku cadang asli memiliki daya pakai lebih lama. Pada akhirnya kondisi ini akan membuat Anda juga lebih hemat dalam perawatan kendaraan.

Lalu dimana mendapatkan suku cadang yang asli? Pilihan paling tepat jelas di bengkel resmi (Beres) mobil yang sesuai dengan kendaraan Anda. Misalnya mobil Anda Honda, maka beli spare part mobil Honda yang original ya di bengkel resmi Honda. Tapi Beres bukan satu-satunya tempat yang menjual spare part mobil Honda atau merek mobil lainnya. Karena ada beberapa toko spare part mobil yang juga menjual suku cadang original.

>>> Tutup 2020 HPM Beri Diskon Sparepart dan Aksesoris Honda Lawas Sampai 90%

Waspada Saat Memilih yang Jual Spare Part Honda Mobil

Honda Genuine Parts

Hati-hati untuk menghindari penipuan saat membeli suku cadang

Saat menentukan untuk membeli sparepart mobil Honda bukan di beres, maka ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Antara lain sebagai berikut:

1. Cari Referensi Sebanyak-banyaknya

Toko spare part mobil Honda tentu banyak sekali, ada yang khusus menjual suku cadang mobil berlambang "H" tersebut, ada juga yang sekaligus menjual suku cadang mobil dari merek lain. Kemudian ada pula yang menjual spare part Honda mobil lawas misalnya Honda Jazz atau CR-V generasi awal, Civic Estilo, Genio, atau Ferio, serta ada pula yang cuma menjual sparepart mobil Honda terbaru.

Untuk menentukan mana toko yang sesuai kebutuhan Anda, maka carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang toko spare part mobil Honda terlengkap. Anda bisa cari referensi dari internet, melalui forum-forum diskusi tentang mobil Honda, atau banyak bertanya kepada teman maupun kerabat lain pengguna mobil Honda. Kalau Anda tergabung dalam sebuah komuniats mobil Honda, tentu bertanya dengan anggota yang lain bakal lebih mudah dalam proses pencarian toko sparepart Honda yang paling lengkap.

2. Jangan Tergiur Harga Murah

Apabila berniat membeli suku cadang dari tempat selain Beres, sudah pasti harapannya bisa mendapatkan sparepart mobil dengan harga lebih murah. Namun patut waspada pula kalau ada pihak yang jual spare part mobil Honda dengan harga terlampau murah ketimbang yang ditawarkan dealer resmi. Karena bisa jadi barang tersebut palsu atau sebenarnya barang bekas namun dikemas seolah barang baru yang masih disegel.

Perlu diwaspadai juga jika Anda membeli dari toko spare part mobil Honda online. Karena ada beberapa oknum yang memanfatkan penjualan secara online untuk melakukan modus penipuan. Disnilah lagi-lagi Anda harus mencari referensi mana toko spare part yang terpercaya.

>>> Baca juga: Mau Beli Spare Part Mobil Bekas? Ini yang Perlu Dipertimbangkan

3. Cari Tahu Tentang Toko atau Pemiliknya

Sebenarnya poin ini masih berkaitan dengan poin sebelumnya. Yaitu Anda wajib mencari tahu bagaimana latar belakang toko penjual spare part Honda mobil tersebut. Jika ternyata banyak keluhan dari pelanggannya maka sebaiknya cari toko yang lain.

Akan lebih baik jika Anda membeli dari orang-orang yang sudah bisa dipercaya, misalnya teman. Karena apa yang dijual bisa dipertanggung jawabkan daripada membeli dari toko yang cuma bermodal iklan di dunia maya.

4. Jangan Terpaku dari Satu Toko

Ketika mencari referensi toko sparepart mobil Honda yang bisa dipercaya, maka jangan terpaku pada satu atau dua toko saja. Minimal lakukan pencarian pada 3 toko. Langkah ini untuk membandingkan mana toko spare par mobil Honda terlengkap dan menawarkan harga paling terjangkau.

Rekomendasi Toko Spare Part Mobil Honda

Label Sparepart Mobil Honda Original

Selalu gunakan suku cadang original

Ada beberapa toko spare part Honda mobil yang cukup dipercaya selain Beres. Ini karena di toko tersebut menjual suku cadang asli atau Honda Genuine Parts. Selain itu toko-toko ini juga ada yang menjual beberapa part Honda aftermarket yang juga original, atau suku cadang untuk mobil Honda yang didatangkan secara CBU ke Indonesia.

Berikut ini daftar toko spare part Honda mobil di sejumlah kota besar di Indonesia:

1. Jakarta

Toko Alamat Time kerja  Telpon
Sawah Besar Jaya Jl. Sukarjo Wiryopranoto No.50 B, RT.1/RW.1, Gambir, Jakarta Pusat 09.00 - 17.00 (021) 3809387
Budi Honda Pasar Mobil Kemayoran Blok S Nomor 99, Jl. Industri Raya, Pademangan, Jakarta Utara 08.00 - 17.00 (021) 6543541
Sinar Jaya Motor Pasar Cipete Lantai Dasar Blok D No. 5, Jl. RS. Fatmawati Raya, Cipete Utara, Jakarta Selatan 09.30-17.00 (021) 7245635
Ramayana Motor Ruko Tomang Tol, Jl. Kedoya Angsana Raya No.6 19 4, Kebon Jeruk, Jakarta Barat 09.00 - 17.00 (021) 5803034

2. Bandung

Toko Alamat Jam kerja  Telpon
Asia Jaya Jl. Banceuy No.39, Braga, Sumur Bandung, Bandung, Jawa Barat 09.00 - 17.00 (022) 4234151
Tunas Honda Jl. Suniaraja No.109, Kebon Jeruk, Kota Bandung, Jawa Barat 09.00 - 17.00 (022) 4235378

3. Yogyakarta

Toko Alamat Jam kerja Telpon
Sarinah Auto Parts Jl. Magelang No.176A, Kricak, Tegalrejo, Yogyakarta 08.00 -17.00 (0274) 521210

4. Surabaya

Toko Alamat Jam kerja Telpon
Venoz Part Station Wonokromo, Surabaya 09.00 - 17.00 0813-3169-6313
Bravo Motor Jl. Kedung Doro No.36-46, Sawahan, Surabaya 09.30 - 17.00 (031) 5324508

Selain toko-toko tersebut, tentu masih banyak juga toko yang menjual suku cadang Honda original. Anda tinggal mencarinya dengan posisi paling dekat dengan domisili Anda.

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mendapatkan tips menarik lainnya tentang perawatan mobil

Pertanyaan Sering Diajukan

Apa itu spare part mobil?
Spare part atau suku cadang mobil adalah komponen yang digunakan pada bagian mobil.
Benarkah spare part mobil Honda mahal?
Sama seperti spare part mobil merk lainnya, spare part mobil Honda pun ada yang harganya terjangkau dan ada yang cukup mahal. Umumnya suku cadang yang harganya mahal adalah yang bersifat slow moving.
Dimana bisa beli spare part mobil Honda?
Spare part mobil Honda bsia dibeli di dealer atau bengkel resmi Honda, di toko-toko penjual suku cadang mobil, atau toko-toko online.
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top