Pertama di Dunia, Fitur Honda Ini Bikin Santai Tanpa Harus Mengemudi

05/03/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Pertama di Dunia, Fitur Honda Ini Bikin Santai Tanpa Harus Mengemudi
Fitur Honda Traffic Jam Pilot yang disematkan pada Honda Legend edisi terbatas adalah sistem otonom Level 3 pertama yang ditemukan pada mobil produksi massal.

Meski Tesla sudah lama mengembangkan kendaraan otonom atau mampu bergerak tanpa bantuan pengemudi, namun Honda mampu menjadi pabrikan pertama yang memperkenalkan sistem otonom Level 3. Teknologi ini mampu menawarkan fungsi akselerasi dan pengereman secara otomatis dan berkendara sendiri di jalanan umum dengan situasi tertentu, seperti tidak ada pejalan kaki dan persimpangan yang rumit.

Honda Sensing Elite

Honda sebelumya telah memperkenalkan Honda Sensing yang mencakup sebagian besar sistem keselamatan canggih, seperti pengereman otomatis, adaptive cruise control, dan sistem yang bisa mendeteksi rambu-rambu lalu lintas. Dan yang terbaru, Honda memperkenalkan fungsi Traffic Jam Pilot dengan teknologi otonom level 3.

>>> Kenal Lebih Dekat Fitur Honda Ultra Seat pada Honda City Hatchback

Dengan fitur ini, kendaraan mampu berkendara dan berhenti serta menjaga jarak aman dari kendaraan di depan tanpa bantuan dari pengemudi. Honda menyebutkan pengemudi bisa dengan nyaman menonton televisi maupun DVD dan kendaraan akan beroperasi sendiri ke alamat tujuan yang sudah ditentukan sebelumnya.

Menggunakan data dari peta dan sistem navigasi satelit global, fitur Honda Traffic Jam Pilot dapat mendeteksi posisi dan kondisi jalan yang akan dilalui mobil. Sementara sensor eksternal bertugas memantau lingkungan berkendara. Dikombinasikan dengan kamera di dalam mobil untuk memantau pengemudi, sehingga sistem bisa membuat keputusan untuk berakselerasi, mempertahankan kecepatan maupun mengerem secara otomatis.

>>> Karakter Honda Jazz yang Bisa Digantikan City Hatchback RS

Yang pertama di dunia

Honda mengungkapkan berbagai pengujian dilakukan untuk membuat sistem ini aman digunakan. Pasalnya banyak kasus kecelakaan yang menimpa pengemudi Tesla dalam pengembangan mobil otonom. Namun untuk mengurangi risiko terjadinya kecelakaan, Honda mensimulasikan sekitar 10 juta pola skenario berkendara di dunia nyata.

mobil baru Honda Legend 2021 berwarna merah
Fitur Honda ini bisa ditemukan pada Honda Legend edisi terbatas

Sebagian besar pabrikan terlihat sedang menguji teknologi otonom mereka. Sistem Full Self Driving Tesla masih dalam versi beta dengan beberapa masalah yang mengintai. Sedangkan sistem Super Cruise Cadillac milik General Motors memungkinkan pengemudi melepaskan tangan dari kemudi dan salah satu sistem semi-otonom tercanggih di pasaran, tapi masih digolongkan sebagai sistem otonom Level 2.

Dalam keterangan resminya, Honda menyebutkan fitur ini merupakan teknologi otonom level 3 pertama yang diakui oleh Pemerintah Jepang. Fitur Honda Traffic Jam Pilot bisa ditemukan pada edisi terbatas Honda Legend 2021 yang hanya dijual sebanyak 100 unit di Jepang dengan banderol 11 juta yen (Rp 1,5 miliar).

>>> Dapatkan berbagai pilihan mobil baru dan bekas Honda di sini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top