Review Honda HR-V E CVT 2015: Compact SUV Populer Honda

31/12/2020

Share this post:

Honda HR-V 2015

Editor rate:

Rp. 246.000.000

Daftar Harga Honda HR-V & Promo terbaru Lihat promo

PT Honda Porspect Motor menggempur kesuksesan Suzuki SX4 dalam membuka pasar crossover di Tanah Air dengan meluncurkan Honda HR-V yang punya banyak keunggulan

Review Honda HR-V E CVT 2015: Compact SUV Populer Honda
Review Honda HR-V E CVT 2015: Compact SUV Populer Honda
0 Gambar

1.5L S

Rp 306 juta

Harga OTR

5 Kursi, 1497 cc, 118 hp, Bensin

Lihat promo

1.5L S CVT

Rp 316.9 juta

Harga OTR

5 Kursi, 1497 cc, 118 hp, Bensin

Lihat promo

1.5L E CVT

Rp 340.5 juta

Harga OTR

5 Kursi, 1497 cc, 118 hp, Bensin

Lihat promo

1.5L E CVT Special Edition

Rp 358.3 juta

Harga OTR

5 Kursi, 1497 cc, 118 hp, Bensin

Lihat promo

1.8L Prestige

Rp 419.4 juta

Harga OTR

5 Kursi, 1799 cc, 137 hp, Bensin

Lihat promo

Pengantar Honda HR-V 2015

Mari kita simak spesifikasi Honda HR-V 2015 di bawah ini.

Kelebihan

Handling mantap

Akomodasi dan kelegaan kabin baik

Mesin hemat BBM

Kekurangan

Kaki-kaki depan lemah

Racksteer rawan bunyi

Jok belum kulit

Gambar Suzuki SX4 2007

SX4 tak bisa tidur nyenyak sejak kehadiran HR-V

Tak salah rasanya jika Cintamobil.com menobatkan Honda HR-V sebagai salah satu SUV populer Honda di Tanah Air. Kehadirannya di tahun 2015 bisa dibilang tepat, karena saat itu kelas compact crossover hanya diisi satu model yang sudah out of date yakni Suzuki SX4 X-Over. Apalagi kala itu juga banyak pengguna Honda Jazz yang ingin 'naik kelas' tapi tetap ingin merasakan kehematan BBM plus handling memukau khas Honda

Gambar Honda HR-V 1.5 E CVT

Seberapa menarik SUV kompak Honda ini?

Akhirnya Honda HR-V resmi meluncur di Tanah Air dengan model yang menawan. SUV kompak yang lahir dari basis Honda Jazz ini ditawarkan dengan harga yang menarik dan hadir dalam dua varian, yakni yang bermesin 1.500 cc dan 1.800 cc. Kali ini, kami akan ulas varian yang paling laris dari Honda HR-V yakni tipe E bertransmisi CVT dengan mesin 4-silinder 1.500 cc. Seberapa menarik mobil ini? Ikuti ulasan review Honda HR-V E CVT 2015 ini hingga tuntas.

Mobil Baru Populer

Rp 289 - Rp 299 Juta
Rp 502.8 - Rp 733.7 Juta
Rp 236.5 - Rp 273.5 Juta
Rp 193 - Rp 296 Juta
Rp 255.2 - Rp 276.6 Juta
Rp 148.99 - Rp 167.49 Juta
Rp 779 Juta - Rp 1.8 Milyar
Rp 143.05 - Rp 173.5 Juta

Eksterior Honda HR-V 2015

Review Honda HR-V E CVT 2015: Tampilan Depan

Gambar tampilan depan Honda HR-V 1.5L

Bahasa desain solid wing face begitu kentara

Bahasan desain solid wing face khas mobil Honda modern begitu kentara pada HR-V ini. Hal tersebut ditandai dengan desain grille depan yang seolah menyatu dengan headlamp mobil ini. Terdapat aksen krom kecil yang mengapit logo Honda membuat kesan modern nan dinamis. Lekukan bumper depan juga terlihat sporty dengan adanya cladding berwarna hitam khas crossover. Sayangnya headlamp dan foglamp masih menganut lampu halogen biasa.

Review Honda HR-V E CVT 2015: Tampilan Samping

Gambar tampilan samping Honda HR-V 1.5L

Tampak samping ada kesan unik

Berlanjut ke bagian samping dari HR-V, Honda seakan ingin menghapus kesan Jazz yang menjadi basis mobil ini. Dengan dimensi yang lebih besar dan tinggi membuat aura gagah HR-V semakin mencuat. Tak lupa body cladding berkelir hitam disekujur body seakan menandakan mobil ini layak bertanding di kelas compact SUV 5-penumpang. Uniknya, gagang pintu belakang 'disembunyikan' di pilar C serta talang air tak hadir sebagai standar di mobil ini.

Review Honda HR-V E CVT 2015: Tampilan Belakang

Gambar tampilan belakang Honda HR-V 1.5L

Tampilan belakang tetap terlihat keren

Pada bagian buritan HR-V ini kesan unik tetap diteruskan dengan penggunaan stoplamp multi reflektor yang bentuknya mirip taring vampir. Tetapi itu bukan hal buruk, mengingat lekuk-lekuk desain bagian belakang HR-V begitu harmonis dan sesuai dengan lampu belakang itu. Terdapat juga high mount stoplamp yang menjadi satu dengan spoiler belakang, tak lupa dipasang juga jet washer berikut wiper belakang demi visibilitas belakang yang memadai.

>>> Baca juga review mobil Honda lainnya:


Interior Honda HR-V 2015

Review Honda HR-V E CVT 2015: Layout Dashboard

Gambar layout dashboard Honda HR-V 1.5L

Layout dashboard modern

Masuk ke bagian interior, pada mobil yang dijual oleh CARRO Indonesia di bilangan Harapan Indah, Bekasi ini masih tampak dalam kondisi baik. Hal tersebut terlihat dari foto mobil ini. Layout dashboard Honda HR-V 1.5 E CVT ini sendiri merupakan yang terbaik di kelasnya saat itu. Demi mendungkung kesan modern, Honda menyematkan pengaturan AC digital yang pengoprasiannya mirip touch screen pada smartphone. Ini membuatnya makin terlihat berkelas.

Review Honda HR-V E CVT 2015: Kursi

Gambar kursi depan Honda HR-V

Kursinya empuk diduduki

Satu hal yang menyenangkan pada kabin HR-V adalah ketika Anda duduk di kursinya. Kursinya terasa empuk dan pas menyangga badan Anda. Untuk kursi pengemudi sudah dilengkapi pengaturan reclining dan height adjuster meski pengaturan tersebut masih manual, sedangkan untuk kursi penumpang depan hanya mampu diatur kerebahan sandarannya (reclining) saja.

Gambar kursi belakang Honda HR-V 1.5L

Akomodasi kabin baik khas produk-produk Honda modern

Lima penumpang termasuk pengemudi juga dapat duduk dengan nyaman dan aman, sebab semua kursi sudah dilengkapi dengan headrest yang proper serta seatbelt 3-titik, meski untuk penumpang belakang yang duduk ditengah masih harus pasrah dengan dudukan yang terasa agak tinggi. Tetapi kursi belakang ini secara praktis dapat diatur sesuai keinginan karena sudah mengadopsi fitur Ultraseat.

Review Honda HR-V E CVT 2015: Setir

Gambar setir Honda HR-V

Setir mantap digenggam

Salah satu hal yang kami suka saat mengemudikan Honda HR-V bukan hanya karena bentuk setirnya keren, tetapi ia juga dilengkapi dengan pengaturan tilt and telescopic yang membuat lingkar kemudi ini dapat disesuaikan sesuai dengan postur tubuh pengemudi. Tak hanya itu, khusus untuk HR-V tipe E ke atas, sudah dilengkapi dengan tombol pengaturan cruise control, audio steering swicth plus paddle shift di balik kemudi untuk pindah gigi.

>>> Cek juga berita terupdate seputar Honda:

Fitur Honda HR-V 2015

Review Honda HR-V E CVT 2015: ECO Indicator

Gambar panel instrumen Honda HR-V dengan ECO Indicator

ECO Indicator bantu pengemudi nyetir lebih hemat BBM

Untuk mengemudi hemat dengan mobil Honda HR-V 1.5 E CVT ini akan semakin mudah dengan adanya fitur eco indicator ini. Jika ring di cluster spidometer menyala warna hijau, maka artinya Anda sedang mengemudi secara hemat BBM, serta mesin sedang bekerja efisien. Saat warna hijau terang perlahan memudar bahkan hingga warnanya menjadi putih, berarti Anda mengemudi semakin tidak efisien.

Review Honda HR-V E CVT 2015: Paddle Shift

Gambar paddle shift Honda

Paddle shift juga bisa diandalkan untuk engine brake

Fitur paddle shift alias perpindahan gigi dari setir bukan hanya untuk gaya-gayaan semata, tetapi juga berguna ketika hendak melakukan engine brake. Anda tidak perlu memindahkan posisi tuas ke S jika hendak mendapatkan efek engine braking, cukup sentuh tuas (-) minus saja, maka putaran mesin akan langsung naik dan membantu mobil untuk mengurangi kecepatan. Sebaliknya ketika ingin "naik" gigi, Anda tinggal sentuh tuas (+) plus saja.

Review Honda HR-V E CVT 2015: Electronic Parking Brake & Brake Hold

Gambar tombol EPB dan Brake Hold Honda HR-V

Electronic Parking Brake dan Brake Hold membantu pengemudi di perkotaan

Hidup Anda akan semakin mudah ketika hendak parkir dengan adanya fitur electronic parking brake. Ketika sudah selesai parkir Anda tinggal tarik saja tuas electronic parking brake yang terletak di belakang tuas transmisi. Maka ECU akan memerintahkan motor servo untuk mengaktifkan rem cakram di bagian belakang mobil ini. Begitupun ketika di kemacetan lalu lintas, ketika tombol brake hold ditekan, maka saat pedal rem diinjak beberapa saat, rem otomatis aktif dan menahan laju mobil. 

>>> Harga bekas Honda HR-V semakin bertahan, apa benar? Cek di sini

Operasi Honda HR-V 2015

Gambar mesin L15 Honda

Mesin L15 Honda terbukti durabel, dan hemat BBM

Mesin dari Honda HR-V 1.5 E CVT ini menggunakan mesin berkode L15. Mesin L15 sendiri memang bukan generasi mesin terbaru dari Honda. Tapi, rancang bangun mesin ini sudah baik dari awal diciptakannya. Mesin berkarakter overstroke ini mampu mengolah bahan bakar dengan efisien, karena masing-masing 2 buah katup per silinder dengan diameter ukuran 28 mm (inlet), dan 23 mm (outlet) ini juga dikawal dengan teknologi katup variabel i-VTEC. Sehingga mampu mereduksi konsumsi BBM, namun memiliki output tenaga yang mumpuni. Untuk ouput tenaga dan torsi dapat Anda lihat pada boks spesifikasi di bawah.

Foto tuas transmisi CVT Honda

Transmisi CVT berteknologi Earth Dreams salurkan tenaga ke dua roda depan

Transmisi CVT dikombinasi dengan penggerak roda depan yang minim powerloss dipasang di mobil ini. Transmisi pintar yang menggunakan sabuk baja ini, telah disempurnakan oleh Honda dari generasi sebelumnya. CVT dengan teknologi Earth Dreams ini diklaim memiliki grafik penyaluran tenaga yang berbeda dari transmisi CVT konvensional. Dengan penerapan teknologi ini, putaran mesin dapat ditahan serendah mungkin, namun kecepatan dari mobil terus bertambah. Otomatis, cara mengemudi irit BBM yang kami lakukan dapat terbantu secara signifikan dengan adanya teknologi tersebut.

>>> Yuk bedah teknologi mesin P10A2 andalan terbaru Honda

Spesifikasi Honda HR-V 2015

Berikut ini adalah spesifikasi Honda HR-V 1.5 E CVT 2015.

Mesin Honda HR-V 1.5 E CVT 2015  
 Seri mesin

 L15 4 Silinder Segaris, i-VTEC SOHC + DBW

 Jumlah Katup

 16 Katup (2 Inlet & 2 Outlet Per Silinder)

 Rasio Kompresi

 10,3 : 1

 Tenaga Maksimum

 118,5 Hp (120 Ps) @ 6,600 rpm

 Torsi Maksimum

 145 Nm @ 4,600 rpm

 Kapasitas Silinder

 1,496 cc

 Bore X Stroke

 73,0 mm X 89,4 mm

 Tipe Transmisi

 CVT berteknologi Earth Dreams, Penggerak Roda Depan (FWD)

  Rangka Honda HR-V 1.5 E CVT 2015
 Panjang X Lebar X Tinggi

 4.294 mm X 1.772 mm X 1.580 mm

 Jarak Sumbu Roda

 2.610 mm

 Kapasitas Penumpang

 5 Penumpang

 Track Roda Depan & Belakang

 1.535 mm & 1.540 mm

 Kapasitas Tangki

 47 Liter

  Suspensi/Kaki-Kaki Honda HR-V 1.5 E CVT 2015
Suspensi Depan & Belakang

 Depan: MacPherson Strut

 Belakang: H-Shape Torsion Beam

Sistem Kemudi

 Rack And Pinion, Electronic Power Steering

Rem Depan & Belakang

 Ventilated Disc Brake & Solid Disc Brake

Teknologi Sistem Pengereman

 ABS, EBD, EBD, Brake Override System

Teknologi Safety Sasis

 G-CON + ACE™, Side Impact Beam

Struktur Sasis

 Monokok, SUV B-Segment

 Pelek

 Alloy, 17 inch

Jenis Ban

 Bridgestone Turanza, 215/55 R17

Daftar Harga Honda HR-V 2015

Gambar Ilustrasi harga Honda HR-V E CVT

Cicilan per bulan hanya Rp 4,6 jutaan saja

Honda HR-V yang dijual oleh CARRO Automall ini adalah tahun 2018. Mobil ini bisa Anda peroleh dengan harga kredit Rp 246.000.000 dan cicilan per bulan Rp 4,6 jutaan saja selama 60 bulan, sementara jika Anda ingin meminangnya dengan cash, maka Anda harus siapkan dana Rp 257.000.000. Mobil ini begitu menarik dan salah satu keistimewaan mobil-mobil yang dijual oleh CARRO sudah melewati 150 titik pengecekan untuk memastikan kualitas mobil.

Kesimpulan Honda HR-V 2015

Gambar ilustrasi kesimpulan review Honda HR-V 1.5 E CVT

Compact SUV populer Honda ini layak dimiliki

Tak salah rasanya jika kami mendaulat Honda HR-V sebagai compact SUV populer Honda. Sejak kelahirannya beberapa tahun silam, HR-V mampu menjadi 'senjata' pendongkrak penjualan Honda di Tanah Air setelah Honda Brio yang larisnya bak kacang goreng. Tampilan keren, punya aura mahal, konsumsi BBM hemat, handling mumpuni plus kepraktisan kabin yang tinggi menjadi alasan mengapa mobil ini begitu laris di Tanah Air. Tak heran harga jual kembalinya juga bertahan.

>>> Simak artikel review mobil baru maupun bekas yang paling komperhensif hanya di Cintamobil.com

Arfian Alamsyah
Share this post:

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

back to top