Review Honda City e:HEV 2020: Honda City Hybrid Nan Kencang

11/12/2020

Share this post:

Honda City 2020

Editor rate:

TBA

Daftar Harga Honda City & Promo Lihat promo

Honda City Hybrid ini merupakan the game changer bagi Honda, karena berkat teknologi e:HEV yang diusungnya ia mampu menjadi pelari kencang namun tetap irit BBM

Review Honda City e:HEV 2020: Honda City Hybrid Nan Kencang
Review Honda City e:HEV 2020: Honda City Hybrid Nan Kencang
0 Gambar

Pengantar Honda City 2020

Mari kita simak spesifikasi Honda City 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Sistem Sport Hybrid kencang dan irit

Fitur lengkap

Akomodasi baik

Kekurangan

Varian sport hybrid ini belum tentu masuk pasar mobil Indonesia

Harga tinggi

Belum tersedia sunroof

 

Gambar ilustrasi target elektrifikasi Honda

Target Honda tahun 2030 adalah 2/3 produk sudah elektrifikasi

Era elektrifikasi sudah di depan mata, dan sebagai salah satu pabrikan terbesar di dunia asal Jepang, tentunya Honda Motor Corporation tak ingin tinggal diam. Setelah bertahun-tahun melakukan riset teknologi IMA (Integrated Motor Assist) sejak tahun 1999, akhirnya Honda berhasil mengubah paradigma mobil hybrid yang selama ini hanya identik dengan image ramah lingkungan. Teknologi e:HEV di Honda City Hybrid membuktikan Hybrid juga bisa kencang layaknya mobil sport.

Gambar Honda City Hybrid i-MMD

Sport Hybrid i-MMD jadi teknologi terkini Honda

Teknologi e:HEV yang diusung City Hybrid ini dinamakan sport hybrid i-MMD (Intelligent Multi-Mode Drive) dan diklaim sesuai dengan target Honda di tahun 2030, di mana diproyeksikan dua per tiga produk Honda di dunia adalah kendaraan elektrik. Namun uniknya, Honda City Hybrid ini lebih dulu muncul di Malaysia dibandingkan di Thailand. Seberapa menarik Honda City Hybrid ini untuk dimiliki? Simak review Honda City e:HEV 2020 hingga selesai.

Eksterior Honda City 2020

Review Honda City Hybrid 2020: Tampilan Depan

Gambar tampilan depan Honda City Hybrid 2020

Lampu utama dan lampu kabut sudah full LED

Tampilan eksterior depan Honda City e:HEV ini sepintas sama saja dengan varian bermesin konvensional, masih mempertahankan desain solid wing face khas mobil-mobil Honda modern. Desain kap mesin yang berotot tetap dipertahankan, begitu juga dengan headlamp dan foglamp yang sudah full LED (Light Emitting Diode). Serta tetap terdapat kisi-kisi pada grille depan guna mengalirkan udara ke ruang mesin.

Gambar tampak depan Honda City Hybrid 2020

Bahasa desain solid wing face tetap dipertahankan

Review Honda City Hybrid 2020: Tampilan Samping

Gambar tampilan samping Honda City Hybrid 2020

City generasi ketujuh ini lebih panjang 113 mm, melebar 53 mm, dan ketinggiannya 'dipangkas' 10 mm dari generasi sebelumnya

Pada bagian samping, juga tak ubahnya dengan Honda City sedan varian konvensional baik detail sampai ukuran dimensinya. Proporsinya tetap indah dan enak untuk dilihat sebagai sebuah sedan kompak. Tangkai spion model 'keluar' seperti di foto merupakan ciri khas Honda City generasi ketiga yang kembali ditampilkan. Sebagai informasi City generasi ketiga dipasarkan di Tanah Air sejak tahun 2003 hingga berakhir di 2007.

Review Honda City Hybrid 2020: Tampilan Belakang

Gambar tampilan belakang Honda City Hybrid 2020

Tampilan eksterior belakang tampak dinamis

Lanjut ke bagian buritan, stoplamp berbentuk 3 dimensi ini merupakan signature baru produk-produk Honda kekinian, bahkan pabrikan Jerman sekelas BMW saja 'mencontek' desain lampu model 3 dimensi ini. Bumper belakang juga tak ada ubahan apapun dari City tipe RS yang jadi basisnya. Satu-satunya yang membedakan City spesial ini dibandingkan varian konvensional adalah terdapat emblem e:HEV RS di bagian kanan bagasi.

Gambar stoplamp Honda City Hybrid 2020

Emblem jadi satu-satunya tanda varian spesial ini

>>> Modifikasi Honda City 2020 buatan NKGarage ini Tampil Agresif Dengan Balutan Carbon Fiber


Interior Honda City 2020

Review Honda City Hybrid 2020: Layout Dashboard

Gambar interior Honda City Hybrid 2020

Interior mewah namun simpel

Layout dashboard yang dipakai pun sama dengan kepunyaan City model sedan dan hatchback. Secara umum tidak ada lekukan-lekukan aneh di dashboard ini, penggunaan kelir dominan hitam juga akan membantu saat berkendara di tengah cuaca terik, sebab pantulan sinar matahari ke dashboard tak akan sampai mengganggu pengelihatan pengemudi, O ya letak tombol pengatur fitur juga mudah dijangkau dan dioperasikan tanpa mengurangi fokus pengemudi. 

Review Honda City Hybrid 2020: Kursi

Gambar kursi Honda City Hybrid 2020

Akomodasi tergolong luas

Honda hampir selalu mampu mendesain kabin yang akomodatif. Berkat lantai yang 'rendah' dan rata, menjadikan insinyur Honda yang merancang desain interior Honda City terbaru ini dapat meletakkan kursi lebih rendah juga, hal ini berdampak pada kerebahan kursi yang pas, dan head room juga memadai. Bahkan, jika dilihat dari foto terlihat ruang legroom lebih dari cukup untuk sebuah sedan kompak.

>>> Model Lama Masih Menggiurkan, Ini 5 Tips Membeli Honda City Modifikasi

Fitur Honda City 2020

Review Honda City Hybrid 2020: Panel Instrumen

Gambar panel instrumen Honda City Hybrid 2020

Panel instrumen canggih dan mudah dipantau

Panel instrumen menjadi salah satu pembeda utama dengan varian bermesin konvensional. Karena menggunakan powertrain hybrid, maka jarum takometer tak dibutuhkan lagi, sebagai gantinya diberi layar TFT Multi Information Display dengan resolusi tinggi yang dapat menampilkan beragam informasi, seperti konsumsi bahan bakar, manajemen transfer daya, status baterai, dan sebagainya.

Review Honda City Hybrid 2020: In-Car Entertaiment System

Gambar In-Car Entertaiment System Honda City Hybrid 2020

Konektivitas memadai

Urusan konektivitas jelas Honda tak ingin ketinggalan, tak heran nyaris seluruh line up di Honda Thailand ini telah dilengkapi dengan konektivitas audio yang kompatibel dengan Apple CarPlay dan Android Auto. Pengaturan audio juga bisa memanfaatkan audio steering swtich yang ada pada lingkar kemudi. Reproduksi suara tersalur melalui empat buah speaker dan sepasang tweeter.

Review Honda City Hybrid 2020: Ringkasan Fitur Keselamatan

Gambar Honda Sensing di Honda City Hybrid 2020

Honda Sensing milik Honda canggih

Honda melengkapi sedan kompak andalannya ini dengan fitur Honda sensing. Honda Sensing adalah suatu sistem keselamatan terintegrasi yang mengandalkan radar untuk menambah fitur keselamatannya. Radar tersebut diletakkan pada bagian atas kaca depan, tepatnya di balik dudukan kaca spion tengah. Kemampuan pindai radar ini cukup bisa diandalkan di berbagai kondisi.

Gambar Collision Mitigation Brake System Honda City Hybrid

Sistem radar Honda dengan canggih dapat mengintervensi pedal rem sebelum terjadi tabrakan

Fitur Honda Sensing yang ditanam pada Honda City Hybrid 2020 ini meliputi Collision Mitigation Brake System (CMBS) terintegrasi dengan Forward Collision Warning (FCW), Road Departure Mitigation System (RDM) terintegrasi dengan Lane Departure Warning (LDW), Lane Keeping Assist System (LKAS), Driver Attention Monitor (DAM), Agile Handling Assist (AHA) , Adaptive Cruise Control (ACC) terintegrasi dengan Low Speed Follow (LSF) dan Auto-High Beam.

>>> Cari Mobil Sedan? Simak Tips Lengkap Membeli Honda City Bekas

Operasi Honda City 2020

Gambar i-MMD Sport Hybrid Powertrain Honda

Konsumsi BBM diklaim tembus 27,8 kilometer per liter

Honda City Hybrid mengusung teknologi sport hybrid dengan mesin berkode LEB MMD yang secara konstruksi mirip L15B naturally aspirated. Namun dengan siklus pembakaran Atkinson Cycle. Lantas ia digabung dengan motor listrik plus transmisi khusus. Transmisi ini canggih, sebab sistem penerus daya i-MMD memungkinkan untuk tidak menggunakan belt maupun puli rasio apalagi gear konvensional untuk 'memindahkan gigi', tapi pakai motor listrik yang bekerja layaknya CVT.

Gambar Sport Hybrid i-MMD Honda

Siklus Atkinson membuat mesin lebih hemat mengolah BBM

Siklus Atkinson Cycle yang digunakan memungkinkan klep intake (in) membuka lebih lama daripada siklus Otto Cycle saat langkah kompresi. Jadi intinya campuran BBM dan udara yang keluar dari katup ini menjadi lebih sedikit. Sehingga pada mesin Atkinson Cycle jumlah campuran BBM dan udara yang terkompresi lebih minimal jadi lebih irit dan pas dengan karakter mesin hybrid yang efisien karena juga dibantu dengan motor listrik.

Gambar sistem i-MMD Honda

Sistem i-MMD tidak membutuhkan 'kopling' konvensional

Hal yang paling mencengangkan dari Honda City i-MMD ini adalah muntahan torsinya. Karena ia mampu menghasilkan torsii sebesar 253 Nm. Bandingkan dengan mobil sejenis bermesin kovensional yang hanya berkisar 140 Nm, atau mesin kecil 1.000 cc 3-silinder berturbo di angka 152 Nm, bahkan torsi yang dihasilkan All New Honda City i-MMD ini lebih besar dari mesin 1.800 cc konvensional yang hanya mencatat angka 187 Nm!

>>> Intip Fitur Baru Honda City 2020 di India, Lebih Lengkap!

Spesifikasi Honda City 2020

Berikut ini adalah spesifikasi Honda City Hybrid 2020.

Mesin Honda City Hybrid 2020

 Seri mesin

 LEB MMB, 4-Silinder Atkinson Cycle, DOHC, Sport Hybrid, i-VTEC

 Pasokan Bahan Bakar

 Progammable Fuel Injection (PGM-FI)

 Jumlah Katup

 16 Katup (2 Inlet & 2 Outlet per Silinder)

 Tenaga Maksimum

 Total 206 PS (Mesin 98 PS + Dinamo 108 PS) 

 Torsi Maksimum

 Total 380 NM (Mesin 127 NM + Dinamo 253 NM)

 Kapasitas Silinder

 1,498 cc

 Bore X Stroke

 73,0 mm X 89,5 mm

 Tipe Transmisi

 E-CVT, Penggerak Roda Depan (FWD)

Rangka Honda City Hybrid 2020

 Panjang X Lebar X Tinggi

 4.553 mm X 1.748 mm X 1.467 mm

 Jarak Sumbu Roda

 2.589 mm

 Radius Putar

 5,0 Meter

 Ground Clearance

 135 mm

 Kapasitas Tangki

 40 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki Honda City Hybrid 2020

 Suspensi Depan & Belakang

 Depan: MacPherson Strut

 Belakang: Torsion Beam

 Sistem Kemudi

 Rack and Pinion with Electronic Power Steering

 Rem Depan & Belakang

 Ventilated Disc & Disc

 Teknologi Sistem Pengereman

 ABS, EBD, BA, Honda Sensing

 Teknologi Safety Sasis

 Honda G-Force Control Technology (G-CON), Side Impact Beam

 Struktur Sasis

 Monokok, Sedan B-Segment

 Pelek

 Alloy, 16 inch

 Jenis Ban

 Radial, 185/55 R16

Daftar Harga Honda City 2020

Gambar harga Honda City Hybrid i-MMD 2020

Harganya nyaris Rp 350 juta

Honda City Hybrid ini hanya tersedia dalam satu tipe yakni RS dan dibanderol dengan harga 839.000 Bath. Dengan nilai tukar rupiah terhadap mata uang Thailand tersebut, maka estemasi harga Honda City Hybrid ini adalah sekitar Rp 340 jutaan. Tak heran ia lebih mahal nyaris Rp 100 juta dibandingkan varian konvensional, sebab ia mengusung fitur yang lebih banyak dan tentunya lebih canggih.

Kesimpulan Honda City 2020

Gambar emblem e:HEV RS di Honda City Hybrid 2020

Hybrid tak hanya identik dengan ramah lingkungan, namun juga kencang!

Sekali lagi Honda berhasil memberikan terobosan teknologi terhadap produknya. Berbekal riset lebih dari 20 tahun, Honda sukses mengembangkan teknologi sport hybrid i-MMD yang menjadi the game changer bagi produk Honda. Torsi yang dihasilkan sedan kompak ini bahkan jauh lebih besar dari sedan bermesin 2.500 cc konvensional. Namun, ketika akan masuk Indonesia, sepertinya harga akan menjadi ganjalan utama mobil ini untuk bersaing di pasar Tanah Air. Well, semoga saja peraturan LCEV (Low Carbon Emission Vehicle) segera terlaksana dan membantu meringankan mobil-mobil 'bersih' seperti ini.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

back to top