Review Honda City Hatchback 2020: City Untuk Kawula Muda

13/12/2020

Share this post:

Honda City 2020

Editor rate:

TBA

Daftar Harga Honda City & Promo Lihat promo

Meski sudah punya Honda Jazz di line up modelnya, tapi Honda Thailand tetap menambah Honda City Hatchback 2020 ini untuk menggaet kawula muda, seberapa menarik?

Review Honda City Hatchback 2020: City Untuk Kawula Muda
Review Honda City Hatchback 2020: City Untuk Kawula Muda
0 Gambar

Pengantar Honda City 2020

Mari kita simak spesifikasi Honda City 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Mesin turbo terbaru

Kabin lapang dan praktis

Fitur safety lengkap

Kekurangan

Belum masuk Indonesia

Tidak tersedia varian e:HEV di model hatchback

Pilihan warna cukup terbatas

Gambar Honda Jazz GK5 2017

Di Thailand Jazz tidak digantikan oleh City Hatchback

Honda City Hatchback 2020 awalnya digadang-gadang sebagai pengganti Honda Jazz yang lebih dulu lahir sebagai compact hatchback segmen B. Namun, pada kenyataannya di Thailand, keberadaan City Hatchback ini tidak serta-merta menggantikan Jazz yang sudah punya nama besar tersebut. Disinyalir, menurut Honda Thailand baik Jazz maupun City Hatchback memiliki pangsa pasarnya sendiri.

Gambar Honda City Hatchback 2020

City Hatchback ini didaulat untuk anak muda

Berbeda dengan di Indonesia yang kemungkinan besar Honda akan menggantikan Jazz dengan City Hatchback, di negeri Gajah Putih tersebut City Hatchback lebih menyasar ke anak muda sementara Jazz untuk kaum yang lebih dewasa dan mapan. Lantas, seberapa menarik City untuk kawula muda ini? Simak review Honda City Hatchback 2020 ini hingga tuntas.

Daftar mobil bekas terbaru

Lihat Semua

Eksterior Honda City 2020

Review Honda City Hatchback 2020: Tampilan Depan

Gambar tampilan depan Honda City Hatchback 2020

Tampilan depan tak ubahnya model Sedan

Bahasa desain solid wing face tetap dipertahankan Honda dalam mendesain mobilnya, tak terkecuali dengan Honda City Hatchback ini. Kelir red ignite mettalic-nya membuatnya terlihat elegan dan tidak meninggalkan kesan sporty. Warna merah menyala ini seakan menyatiu dengan warna piano black di grille. Aerodinamika sedan kompak ini juga dirancang baik, sebab seluruh lekukan pada kap mesin, maupun bumper dibuat agar aliran angin dapat meluncur dengan lancar ke buritan.

Gambar tampak depan Honda City Hatchback 2020

Lubang-lubang pada grille bantu alirkan udara segar ke dalam ruang mesin

Review Honda City Hatchback 2020: Tampilan Samping

Gambar tampilan samping Honda City Hatchback 2020

Wheelbase tetap sama meskipun bodi lebih pendek lebih dari 200 mm

Mungkin tidak banyak yang notice jika rumah spion yang digunakan Honda City Hatchback 2020 ini bergaya old school. Sebab desainer Honda memanfaatkan 'tangkai' seperti di Honda City generasi ke keempat yang punya masa edar di Tanah Air antara 2003 hingga 2007. Perpaduan antara fungsi serta efisiensi dalam 'mengalirkan' aliran angin menjadi alasan mengapa desain seperti ini dipilih. O ya untuk hatchback trim RS warna velgnya berwarna hitam.

Gambar ban dan velg Honda City Hatchback RS 2020

Velg kelir hitam tambah aura sporty

Review Honda City Hatchback 2020: Tampilan Belakang

Gambar tampilan belakang Honda City Hatchback 2020

Desain tetap terlihat proporsional

Lanjut ke tampilan belakang Honda City Hatchback 2020 ini, stoplamp bermodel 3 dimensi dan desain bumper pada mobil ini menambah kesan sporty sesuai dengan keinginan kawula muda yang jadi target pasar mobil ini. Meskipun dimensi mobil ini lebih pendek sekitar 20 cm dibandingkan dengan model sedannya, tetapi ia tetap proporsional saat dipandang, dan itu menjadi salah satu kehebatan desainer Honda dalam mendesain mobil.

Gambar stoplamp Honda City Hatchback 2020

Stoplamp model 3D keren dilihat

>>> Modifikasi Honda City 2020 buatan NKGarage ini Tampil Agresif Dengan Balutan Carbon Fiber


Interior Honda City 2020

Review Honda City Hatchback 2020: Layout Dashboard

Gambar layout dashboard Honda City Hatchback 2020

Dashboard serupa dengan model Sedan

Secara umum layout dashboard dan kabin bagian depannya mengalami ubahan cukup besar bila dibandingkan City generasi keenam. Kelegaan kabin juga meningkat secara signifikan, hal ini sesuai dengan basisnya yakni Honda City sedan yang memang lebih besar dari pendahulunya. Kelir hitam pada dashboard juga membantu saat mengemudi di siang terik, sebab warna yang gelap tidak memantulkan cahaya sinar matahari sehingga tidak mengganggu pandangan pengemudi ke depan.

Review Honda City Hatchback 2020: Kursi

Gambar konsep desain Honda City Hatchback 2020

Desain eksterior tak melupakan akomodasi

Bukan Honda namanya jika tidak mampu mendesain kabin yang akomodatif. Berkat lantai yang 'rendah' dan rata, menjadikan insinyur Honda yang merancang desain interior Honda City terbaru ini dapat meletakkan kursi lebih rendah juga, hal ini berdampak pada kerebahan kursi yang pas, dan head room juga memadai. Bahkan, jika dilihat dari foto terlihat ruang legroom lebih dari cukup untuk sebuah sedan kompak. Kursi pada City ini juga punya fitur Magic Seat atau Ultra Seat.

Gambar kursi penumpang depan dan pengemudi Honda City Hatchback 2020

Kursi dengan aksen merah tambah kesan sporty

Bangku pintar Ultra Seat rancangan Honda membuat mobil ini layak menyandang kendaraan multi-fungsi. Penumpang belakang tidak perlu sulit untuk memaju-mundurkan bangku depan dengan menekan tuas yang berada di sisi bangku. Ini membuat bangku belakang Honda City Hatchback ini dapat dilipat ke atas atau ke bawah dengan mudah, untuk memuat segala jenis barang.

Gambar kursi Honda City Hatchback 2020

Tampilan kursi mobil Honda City Hatchback 2020

Setidaknya ada empat mode yang disajikan oleh fitur Ultra Seat pada Honda City Hatchback 2020 ini. Yaitu Refresh Mode, Tall Mode, Long Mode, dan Utility Mode. Pada mode Refresh Mode, seluruh kursi depan dapat direbahkan hingga baris kedua, dan dapat dijadikan tempat istirahat yang menyenangkan. Jika ingin membawa Sepeda, Anda juga dapat memasukkannya dengan mode ini.

Gambar Fitur Ultraseat Honda City Hatchback 2020

Membawa barang tinggi bisa pakai mode Tall (tinggi)

Kedua adalah Tall Mode, mode ini memungkinkan Anda membawa benda yang tinggi, misal pot bunga, dispenser kecil atau benda lainnya yang bentuknya meninggi. Cara mengatur mode ini juga mudah, Anda tinggal menaikkan dudukan jok penumpang belakang ke atas, lalu lipat dudukan joknya, maka ultra seat dengan mode tall ini sudah dapat Anda gunakan.

Gambar magic seat atau ultraseat di Honda City Hatchback 2020

Papan selancar pun masuk dengan format Long Mode

Ketiga adalah Long Mode, dengan mode ini Anda akan dapat leluasa memasukkan benda panjang ke dalam kabin Honda City Hatchback 2020 ini. Bahkan selancar dengan ukuran panjang dapat Anda bawa di dalam kabin mobil ini. Cara mengatur ultra seat ke long mode ini juga relatif mudah. Caranya Anda tinggal merebahkan sandaran kursi penumpang depan, setelah terlebih dahulu Anda merebahkan kursi belakang hingga rata.

Gambar ultraseat Honda City Hatchback 2020

Anda dapat bersantai di format Utility Mode

Terakhir adalah Utility Mode. Pada mode ini, Anda akan seluruh jok depan dapat direbahkan hingga rata ke kursi baris kedua. Pada mode ini Anda dapat mempergunakannya untuk istirahat dengan rileks di dalam kabin Honda City Hatchback 2020 ini. Itulah kelebihan sistem pelipatan bangku ultra seat di mobil Honda City Hatchback 2020.

Review Honda City Hatchback 2020: Bagasi

Gambar bagasi Honda City Hatchback 2020

Bagasi cukup luas

Honda City Hatchback 2020 ini juga dilengkapi dengan bagasi yang mumpuni untuk membawa beragam barang bawaan kawula muda. Meksipun pada lembar spesifikasi tidak dijabarkan seberapa luas bagasi mobil ini, tetapi ia terlihat cukup besar. Anda bisa lihat sendiri saat kursi ditegakkan masih cukup memuat koper ukuran sedang. Apalagi luasnya kapasitas bagasi makin terbantu berkat pelipatan kursi belakang dengan format 40:60.

>>> Model Lama Masih Menggiurkan, Ini 5 Tips Membeli Honda City Modifikasi

Fitur Honda City 2020

Review Honda City Hatchback 2020: In-Car Entertaiment System

Gambar In-Car Entertaiment System Honda City Hatchback 2020

Konektivitas modern disukai anak muda

Anak muda jelas akrab dengan dunia gadget, maka tak heran jika Honda Thailand melengkapi City Hatchback ini dengan konektivitas kekinian. Seperti Apple CarPlay dan Android Auto. Kemampuan reproduksi suaranya juga semakin baik sebab dibantu dengan hadirnya empat speaker plus dua tweeter yang stagingnya dapat diatur secara komperhensif melalui head unit ini.

Review Honda City Hatchback 2020: Honda CONNECT

Gambar Honda CONNECT Thailand

Layanan Honda CONNECT sudah tersedia di Thailand

Salah satu fitur yang dimiliki oleh Honda Thailand dan belum dipunyai oleh Honda Indonesia adalah Honda CONNECT.  Honda CONNECT dapat menjadi reminder Anda kapan harus servis, memberi tahu di mana lokasi parkir Anda, bahkan berfungsi sebagai remote control vehicle yang dapat menyalakan mesin dan AC mobil dari jarak jauh. Sistem ini juga bisa membatasi kecepatan mobil Anda. 

Review Honda City Hatchback 2020: Ringkasan Fitur Keselamatan

Gambar ringkasan fitur keselamatan Honda City Hatchback 2020

Fitur safety lengkap

Selain fitur keselamatan standar seperti Anti-lock Brake Distribution (ABS), Electronic Brake-Force Distribution (EBD), Brake Assist, Vehicle Stability Assistant (VSA), dan total enam airbag (dua front SRS Airbag, dan dua i-side airbag, dan dua side curtain airbags) Honda City Hatchback 2020 juga menggunakan struktur G-force Control Technology yang dapat membantu meminimalisir dampak kecelakaan ke dalam kabin dan penumpang dengan mendistribusikan energi tubrukan secara merata ke sasis bagian luar mobil.

>>> Cari Mobil Sedan? Simak Tips Lengkap Membeli Honda City Bekas

Operasi Honda City 2020

Gambar Mesin P10A2 VTEC Turbo Honda

Kapasitas mesin ringkas tapi output yang dihasilkan tetap besar

All New Honda City RS disusupi jantung mesin 3-silinder 1.000 cc dengan teknologi katup variabel i-VTEC. Mesin ini punya katup ganda di masing-masing silindernya dan memiliki kode produksi mesin P10A2. Mesin dengan jumlah silinder ganjil ini juga pakai turbocharger lansiran BorgWarner buatan Amerika. Di atas kertas tenaganya dapat diperas hingga 122 PS atau sekitar 120,5 HP pada 5.500 rpm dan torsi 173 Nm pada rentang 2.000-4.500 rpm.

Gambar transmisi CVT Earth Dreams Honda

Transmisi sudah usung Earth Dreams Technology

Mesin ini juga telah dirancang sedemikian rupa agar memiliki nilai efisinsi volumetrik yang baik. Tenaga dan torsi mesin tersebut tersambung ke dua roda depan melalui transmisi CVT berteknologi Earth Dreams. Transmisi sabuk baja ini dapat disimulasikan hingga rasio 7-speed dan dapat dipindahkan tingkatannya melalui paddle shift di balik setir. Bagaimana impresinya? Well, ayo dong PT HPM segera masukkan All New City RS ini, agar Cintamobil.com bisa tes lengkap.

Gambar Honda City Hatchback RS 2020

Mesin turbo membuatnya mudah melaju

>>> Honda City 2020 Siap Meluncur di India Dengan Mesin 1.500 cc

Spesifikasi Honda City 2020

Berikut ini adalah spesifikasi Honda City Hatchback 2020:

Mesin Honda City Hatchback 2020

 Seri mesin

 P10A2, 3-Silinder, DOHC, VTEC Turbo

 Pasokan Bahan Bakar

 Progammable Fuel Injection (PGM-FI)

 Jumlah Katup

 12 Katup (2 Inlet & 2 Outlet per Silinder)

 Tenaga Maksimum

 120,5 HP (122 PS) @ 5.500 rpm

 Torsi Maksimum

 173 NM @ 2.000 - 4.500 rpm

 Kapasitas Silinder

 988 cc

 Bore X Stroke

 73,0 mm X 78,7 mm

 Tipe Transmisi

 CVT, Penggerak Roda Depan (FWD)

Rangka Honda City Hatchback 2020

 Panjang X Lebar X Tinggi

 RS: 4.349 mm X 1.748 mm X 1.488 mm

 S+ & SV: 4.345 mm X 1.748 mm X 1.488 mm

 Jarak Sumbu Roda

 2.589 mm

 Ground Clearance

 135 mm

 Radius Putar

 5,0 mm

 Kapasitas Tangki

 40 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki Honda City Hatchback 2020

 Suspensi Depan & Belakang

 Depan: MacPherson Strut with Stabilize Bar

 Belakang: Torsion Beam

 Sistem Kemudi

 Rack And Pinion with Electronic Power Steering

 Rem Depan & Belakang

 Ventilated Disc & Disc

 Teknologi Sistem Pengereman

 ABS, EBD, BA, HSA

 Teknologi Safety Sasis

 Honda G-Force Control Technology (G-CON), Side Impact Beam

 Struktur Sasis

 Monokok, Hatchback B-Segment

 Pelek

 RS: Alloy, 16 Inch

 S+ & SV: Alloy, 15 Inch

 Jenis Ban

 RS: Radial, 185/55R16

 S+ & SV: Radial, 185/60R16

Daftar Harga Honda City 2020

Gambar Honda City Hatchback dan City e:HEV

Trim RS dihargai Rp 350 jutaan

Honda City Hatchback 2020 hadir dalam tiga trim, yakni S+, SV, dan RS. Dengan kurs 1 Bath = Rp 470, maka untuk S+ dijual dengan harga 599.000 Bath atau setara dengan Rp 280 jutaan, sementara untuk trim SV dilego Rp 317 jutaan atau setara 675.000 Bath, dan tipe RS sebagai top of the line dihargai 749.000 Bath atau Rp 350 jutaan. Kira-kira berapa harganya ya saat masuk Indonesia?

Kesimpulan Honda City 2020

Gambar kesimpulan review Honda City Hatchback 2020

Siap masuk Indonesia?

Honda Thailand sukses membuat City Hatchback pas untuk kawula muda. Mobil ini hadir dengan model yang cantik, mesin powefull dikombinasikan dengan kepraktisan yang tinggi. Rentang harga mobil ini ada di atas Rp 250 jutaan membuatnya menjadi compact hatchback menengah dan bersaing ketat dengan Toyota Yaris dan Mazda 2. Layakkah ia masuk Indonesia? Sepertinya tahun 2021 mobil ini akan segera mengaspal di Indonesia.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

Review lain

Review Honda CR-V 2.4L 2007: Kartu Truf Honda Melawan X-Trail

Rp. 120.000.000

02/11/2020

Editor rate:

Honda CR-V 2.4L 2007 andalan PT Honda Prospect Motor (HPM) ini adalah kartu truf untuk memenangkan persaingan ketat di kelasnya melawan Nissan X-Trail saat itu

Lihat juga

Review Honda City i-DSI 2003: Sedan Dengan Kepraktisan Mini MPV

Rp. 75.000.000

19/08/2020

Editor rate:

Honda memang selalu concern dengan kepraktisan produknya, tak terkecuali dengan City yang punya kepraktisan bak mini MPV, yuk simak Review Honda City i-DSI 2003

Lihat juga

Review Honda CR-V Facelift 2020: Ubahan Minor Dengan Hasil Major

Rp. 686.000.000

29/07/2020

Editor rate:

Meluncur lebih dulu di Thailand tepatnya di ajang Bangkok Motor Show 2020, Honda CR-V Facelift 2020 ini mendapat cbahan minor dengan harapan hasil major

Lihat juga

Review Honda Jazz VTEC 2005: Power Up Your Life!

Rp. 100.000.000

02/08/2020

Editor rate:

Honda Jazz VTEC merupakan jawaban PT Honda Prospect Motor akan pilihan pasar yang lebih luas, mengusung tagline power up your life, seberapa menarik mobil ini?

Lihat juga

Review Honda Jazz i-DSI 2004: Cikal Bakal Compact Hatchback Terpopuler Di Tanah Air

Rp. 75.000.000

31/07/2020

Editor rate:

Honda Indonesia menggerbrak pasar anak muda dengan Honda Jazz di tahun 2004, inilah review Honda Jazz i-DSI 2004 yang jadi cikal bakal hatchback kompak pupuler

Lihat juga
back to top