Review Honda City Hatchback RS 2021 CVT: Siap Pertahankan Takhta Honda Jazz

25/03/2021

Share this post:

Honda City 2021

Editor rate:

TBA

Lihat promo

Jagoan baru PT Honda Prospect Motor ini digadang-gadang siap mempertahankan takhta Honda Jazz, lantas seberapa menarik Honda City Hatchback RS 2021 CVT ini?

Review Honda City Hatchback RS 2021 CVT: Siap Pertahankan Takhta Honda Jazz
Review Honda City Hatchback RS 2021 CVT: Siap Pertahankan Takhta Honda Jazz
0 Gambar

Pengantar Honda City 2021

Mari kita simak spesifikasi Honda City 2021 di bawah ini.

Kelebihan

Mesin potensial

Posisi mengemudi

Kepraktisan kabin

Kekurangan

Hanya tersedia satu tipe

Audio belum support wireless Apple CarPlay dan Android Auto

Harga belum diketahui

Gambar Honda Jazz RS GK8

Honda Jazz bawa kenangan manis penjualan Honda di Indonesia

Review Honda City Hatchback RS 202. Sejak tahun 2003, Honda Jazz muncul ke publik dan diterima konsumen dengan baik. Banyak alasan yang membuat produk Honda ini begitu digemari tak hanya kawula muda, tetapi semua kalangan dari mulai ibu-ibu hingga profesional. Performa kuat, desain sporty, harga jual kembali kuat dan merek bergengsi menjadi sebab diminatinya mini MPV (sekarang hatchback kompak) ini.

Foto tampilan depan Honda City Hatchback RS 2021

Akankah City Hatchback teruskan takhta Honda Jazz?

Sayangnya kisah manis penjualan Honda Jazz setelah 15 tahun harus berakhir ketika PT Honda Prospect Motor memutuskan untuk menggantikan Jazz dengan Honda City Hatchback. Tak seperti di Thailand di mana Jazz dan City Hatchback bisa berjalan berdampingan, di Indonesia Honda menjagokan Honda City Hatchback RS 2021 untuk meneruskan takhta Honda Jazz. Lantas, bisakah City Hatchback ini meneruskan hegemoni Honda Jazz?

Daftar mobil bekas terbaru

Lihat Semua

Eksterior Honda City 2021

Review Honda City Hatchback RS 2021 CVT: Tampilan Depan

Foto tampilan depan Honda City Hatchback RS 2021 CVT

Tampilan depan garang dan sporty

Aerodinamika hatcback kompak ini dirancang lebih baik dari Honda Jazz. Kap mesin dibuat lebih landai, begitu juga dengan headlampnya yang posisinya tetap rendah. Meskipun pihak Honda merahasiakan nilai coefiicient of drag di mobil ini, tetapi mereka mengklaim jika nilai hambatan angin City Hatchback lebih baik dari rivalnya. Aliran angin dapat meluncur dengan lancar dari depan hingga ke buritan. Bahasa desain solid wing face tetap dipertahankan Honda di mobil ini.

Foto headlamp Honda City Hatchback RS 2021 CVT

Headlamp full LED jamin penerangan maksimal

Aura gagah dan sangar tersirat dari rumah foglamp mobil ini yang diberi kelir warna hitam. Grille dengan motif mirip sarang lebih juga membuat mobil ini begitu sporty, bahkan terlihat kencang meskipun mobil dalam keadaan diam. Headlampnya sendiri sudah full LED dengan model refkektor yang menjamin Anda mendapat penerangan yang cukup saat membawanya berjalan di malam hari.

Review Honda City Hatchback RS 2021 CVT: Tampilan Samping

Foto tampilan samping Honda City Hatchback RS 2021 CVT

Aerodinamika City Hatchback RS ini lebih baik dari Jazz

Kendati dimensinya menciut 200 mm dari model Sedan, tapi wheelbase Honda City Hatchback RS 2021 ini yang sama dengan model sedan membawa dampak positif ke kabin menjadi sama leganya dengan model berbuntut itu. Dan mungkin tidak banyak yang notice jika rumah spion yang digunakan Honda City Hatchback RS 2021 ini bergaya old school yang mengingatkan kami ke Honda City sedan yang diproduksi tahun 2003 hingga 2007.

Foto spion Honda City Hatchback RS 2021 CVT

Desain tangkai dan rumah spion beri rasa nostalgia pada City sedan lawas

Kesan sporty makin lengkap di City Hatchback tipe RS ini, sebab warna velg dan ujung spoilernya dilabur dengan warna hitam. Honda juga tak main-main saat mendesain mobil ini. Bodywork Honda City Hatchback tipe RS ini diuji dan dimodelkan di terowongan angin (wind tunnel) milik Honda Research & Development yang berlokasi di HRD Sakura Facilities, Tochigi Prefecture, Jepang. Sebagai informasi, wind tunnel yang sama juga digunakan untuk mengembangkan mobil Formula Satu.

Review Honda City Hatchback RS 2021 CVT: Tampilan Belakang

Foto tampilan belakang Honda City Hatchback RS 2021 CVT

Slim and sleek jadi ciri desain City Hatchback RS

Lanjut ke tampilan belakang Honda City Hatchback RS 2021 ini, stoplamp bermodel 3 dimensi dan desain bumper pada mobil ini menambah kesan sporty sesuai dengan keinginan kawula muda yang jadi target pasar mobil ini. Meskipun dimensi mobil ini lebih pendek sekitar 20 cm dibandingkan dengan model sedannya, tetapi ia tetap proporsional saat dipandang, dan itu menjadi salah satu kehebatan desainer Honda dalam mendesain mobil.

Foto stoplamp Honda City Hatchback RS 2021 CVT

Stoplamp model 3 dimensi diikuti pabrikan besar semacam BMW

>>> Baca juga review mobil Honda lainnya:


Interior Honda City 2021

Review Honda City Hatchback RS 2021 CVT: Layout Dashboard

Foto layout dashboard Honda City Hatchback RS 2021 CVT

Dashboard tak mengurangi visibilitas

Secara umum layout dashboard dan kabin bagian depannya mengalami ubahan cukup besar bila dibandingkan City generasi keenam. Kelegaan kabin juga meningkat secara signifikan, hal ini sesuai dengan basisnya yakni Honda City sedan yang memang lebih besar dari pendahulunya. Kelir hitam pada dashboard juga membantu saat mengemudi di siang terik, sebab warna yang gelap tidak memantulkan cahaya sinar matahari sehingga tidak mengganggu pandangan pengemudi ke depan.

Review Honda City Hatchback RS 2021 CVT: Kursi

Foto kursi depan Honda City Hatchback RS 2021 CVT

Posisi duduk mantap

Bukan Honda namanya jika tidak mampu mendesain kabin yang akomodatif. Berkat lantai yang 'rendah' dan rata, menjadikan insinyur Honda yang merancang desain interior Honda City model hatchback ini dapat meletakkan kursi yang lebih rendah juga. Hal ini berdampak pada akomodasi yang yang lega. Tester kami yang punya tinggi badan 173 cm pun merasa nyaman ketika duduk di kursi belakang mobil ini sebab ruang kaki, dan head room terasa memadai.

Foto kursi belakang Honda City Hatchback RS 2021 CVT

Kelegaan kabin di kursi belakang jadi yang terbaik di kelasnya

Kelima penumpang termasuk pengemudi juga dapat duduk dengan aman dan nyaman, karena headrest yang proper telah tersedia di semua kursi berikut dengan seatbelt 3-titiknya. O ya untuk soal kepraktisan kursinya Anda juga tak perlu khawatir, sebab Honda City Hatchback RS 2021 ini tetap mewarisi fitur Ultra Seat yang sangat praktis dan memudahkan untuk membawa barang.

Review Honda City Hatchback RS 2021 CVT: Setir

Foto setir Honda City Hatchback RS 2021 CVT

Setir juga dilengkapi dengan tombol multifungsi untuk audio maupun cruise control

Lingkar kemudi di Honda City Hatchback RS 2021 ini bukan hanya bukan hanya keren secara tampilan tetapi juga mantap ketika digenggam. Diameter setirnya pas begitu pula dengan ketebalannya. Terlebih ia sudah dilengkapi dengan pengaturan naik-turun (tilt) serta jangkauannya (telescopic). Di balik setir ini juga tersedia paddle shift untuk mengatur tingkatan 'gigi' di transmisinya.

Review Honda City Hatchback RS 2021 CVT : Bagasi

Foto bagasi Honda City Hatchback RS 2021 CVT

Bagasi cukup luas dan didukung oleh Ultra Seat

Honda City Hatchback RS 2021 ini juga dilengkapi dengan bagasi yang mumpuni untuk membawa beragam barang bawaan kawula muda. Meksipun pada lembar spesifikasi tidak dijabarkan seberapa luas bagasi mobil ini, tetapi ia terlihat cukup besar. Anda bisa lihat sendiri saat kursi ditegakkan masih cukup memuat koper ukuran sedang. Apalagi luasnya kapasitas bagasi makin terbantu berkat pelipatan kursi belakang dengan format 40:60.

>>> Cek juga berita terupdate seputar Honda:

Fitur Honda City 2021

Review Honda City Hatchback RS 2021 CVT: Panel Instrumen

Foto panel instrumen Honda City Hatchback RS 2021 CVT

Panel instrumen juga mencitrakan sporty

Panel instrumennya mudah dipantau dengan kombinasi warna hitam, merah, dan perak. Jarum berkelir merah lagi-lagi menambah aura sporty dari mobil ini. Sayangnya untuk Multi Information Display (MID) di mobil ini font yang digunakan masih seperti kalkulator jaman dulu dan tidak full color seperti yang ada di rivalnnya. Meski demikian informasi yang disajikan tetap lengkap, seperti jam, konsumsi bbm rata-rata, konsumsi bbm real time, odometer, tripmeter, indikator suhu, posisi gear, dan meteran bensin.

Review Honda City Hatchback RS 2021 CVT: In-Car Entertaiment System

Foto head unit Honda City Hatchback RS 2021 CVT

Audio terasa mumpuni

Perjalan Anda semakin menyenangkan dengan sistem hiburan di mobil ini. Berkat hadirnya 8 speaker yang terdiri dari 4 mid speaker dan 4 tweeter membuat reproduksi suara dari head unit 8 inci di City Hatchback RS ini terdengar merdu. Sayangnya, smartphone connection yang disediakan head unit ini belum bisa terkoneksi secara nirkabel untuk Apple CarPlay dan Android Auto.

Review Honda City Hatchback RS 2021 CVT: Ringkasan Fitur Keselamatan

Foto ringkasan fitur keselamatan Honda City Hatchback RS 2021

Kontrol kestabilan juga sudah tersedia

Selain fitur keselamatan standar seperti Anti-lock Brake Distribution (ABS), Electronic Brake-Force Distribution (EBD), Brake Assist, Vehicle Stability Assistant (VSA), dan total enam airbag (dua front SRS Airbag, dan dua i-side airbag, dan dua side curtain airbags) Honda City Hatchback RS 2021 ini juga menggunakan struktur G-force Control Technology yang dapat membantu meminimalisir dampak kecelakaan ke dalam kabin dan penumpang dengan mendistribusikan energi tubrukan secara merata ke sasis bagian luar mobil.

Foto modul ABS Honda City Hatchback RS 2021 CVT

ABS, EBD, & BA hadir sebagai standar

>>> Bakal digantikan Honda City Hatchback, segini harga Honda Jazz saat baru

Operasi Honda City 2021

Honda City Hatchback ini pakai mesin baru yang mirip dengan Honda Civic, Honda Accord, Honda Civic Hatchback dan Honda CR-V. Yakni unit mesin berkode L15ZF, namun unit ini hadir tanpa dilengkapi dengan turbocharger atau bisa disebut juga sebagai versi naturally aspirated dari mesin L15B. Mesin ini punya banyak keunggulan bila dibandingkan dengan mesin sebelumnya.

Foto mesin L15Z1 Honda

Mesin kini pakai noken as ganda untuk menggerakkan katup

Salah satu keunggulan mesin ini adalah punya dua noken as (Camshaft) yang bertugas untuk menggerakan keempat katup pada masing-masing pistonnya. Sehingga diharapkan dapat memasukkan udara dan BBM lebih banyak dibandingkan dengan sistem SOHC (Single Over Head Camshaft). Jika diasumsikan sistem elektroniknya sama, output tenaga dan torsi pada mesin ini bisa lebih besar bila dibandingkan dengan mesin lawas yang masih bersistem SOHC.

Foto ban dan velg Honda City Hatchback RS 2021 CVT

Tenaga dan torsi disalurkan ke dua roda depan melalui pilihan transmisi otomatis CVT atau manual 6-speed

Tercatat tenaga 121 PS bisa diraih pada putaran mesin 6.600 rpm serta torsi 145 NM mampu dicapai 500 rpm lebih rendah dibandingkan mesin L15 SOHC yang diusung Honda Jazz. Hal ini bisa membantu saat stop and go di dalam kota. Meski di atas kertas hanya terlihat naik sekitar 3 PS dari L15 lawas, tapi kami cukup yakin jika peningkatannya bukan pada output dayanya, melainkan bagaimana cara mesin memberikan tenaga dan torsi, atau terkonsentrasi pada powerband-nya.

>>> Yuk bedah teknologi mesin P10A2 andalan terbaru Honda

Spesifikasi Honda City 2021

Berikut ini adalah spesifikasi Honda City Hatchback RS 2021 CVT:

Mesin Honda City Hatchback RS 2021 CVT

Seri mesin

L15ZF, 4-Silinder DOHC, i-VTEC + Drive By Wire

Pasokan Bahan Bakar

Progammable Fuel Injection (PGM-FI)

Jumlah Katup

16 Katup (2 Inlet & 2 Outlet per Silinder)

Tenaga Maksimum

120,5 HP (121 PS) @ 6.600 rpm

Torsi Maksimum

145 NM @ 4.300 rpm

Kapasitas Silinder

1,498 cc

Bore X Stroke

73,0 mm X 89,5 mm

Tipe Transmisi

CVT & Manual 6-Percepatan, Penggerak Roda Depan (FWD)

Rangka Honda City Hatchback RS 2021 CVT

Panjang X Lebar X Tinggi

4.349 mm X 1.748 mm X 1.488 mm

Jarak Sumbu Roda

2.600 mm

Ground Clearance

N/A

Radius Putar

N/A

Kapasitas Tangki

40 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki Honda City Hatchback RS 2021 CVT

Suspensi Depan & Belakang

Depan: MacPherson Strut

Belakang: H-Shape Torsion Beam

Sistem Kemudi

Rack And Pinion with Electronic Power Steering

Rem Depan & Belakang

Ventilated Disc & Drum

Teknologi Sistem Pengereman

ABS, EBD, BA, HSA

Teknologi Safety Sasis

Honda G-Force Control Technology (G-CON)  + ACE™

Struktur Sasis

Monokok, Hatchback B-Segment

Pelek

Alloy, 16 Inch

Jenis Ban

Bridgestone Turanza T005A, 185/55R16

Daftar Harga Honda City 2021

"Yang pasti harganya akan menarik, dan tentunya dengan value for money yang tinggi. Baiknya kita menunggu waktu delivery di bulan April baru kita umumkan, yang pasti harganya akan menarik," tutup Yusak Billy, selaku Bussiness Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM saat tim Cintamobil.com tanyakan mengenai harga mobil ini.

Foto ilustrasi harga Honda City Hatchback RS

Harganya tembus Rp 300 juta?

Sebagai gambaran, harga Honda City Hatchback RS 2021 di Thailand dibanderol 739.000 baht atau setara dengan Rp 348 jutaan. Kemudian untuk Jazz tipe RS (M/T) di Indonesia harganya Rp 288 juta sementara Jazz RS (A/T) dibanderol Rp 298,5 juta. Bisa jadi harga City Hatchback RS lebih murah, lebih mahal, atau ditempatkan sama dengan Jazz.

Kesimpulan Honda City 2021

Foto tumpak depan Honda City Hatchback RS 2021 CVT

Takhta Honda Jazz akan diteruskan mobil ini

Melihat potensi yang ada pada Honda City Hatchback RS 2021 ini hampir bisa dipastikan bahwa mobil ini siap meneruskan takhta Honda Jazz sebagai market leader di kelasnya. Jujur, kami adalah salah satu media yang tidak sabar untuk segera membawa tes mobil ini ke jalan guna merasakan performanya. Semoga saja harga yang nantinya disajikan tidak terlalu mahal, mengingat tahun ini kelas SUV kecil kompak akan segera berkembang.

>>> Simak artikel review mobil baru maupun bekas yang paling komperhensif hanya di Cintamobil.com

Arfian Alamsyah
Share this post:
Arfian Alamsyah
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya
back to top