Review Datsun GO+ Panca CVT 2019: Hanya Sebatas Tambahan Fitur Matic?

22/03/2019

Share this post:

Datsun GO+ 2019

Editor rate:

Lihat promo

Mobil keluarga Datsun GO+ Panca akhirnya kebagian teknologi CVT setelah sebelumnya Datsun GO telah mencicipi transmisi tersebut. Seperti apa inovasi yang dihadirkan PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) pada Low Cost Green Car dengan kapasitas 7-seater ini?

Review Datsun GO+ Panca CVT 2019: Hanya Sebatas Tambahan Fitur Matic?
Review Datsun GO+ Panca CVT 2019: Hanya Sebatas Tambahan Fitur Matic?
0 Gambar

Pengantar Datsun GO+ 2019

Mari kita simak spesifikasi Datsun GO+ 2019 di bawah ini.

Kelebihan

Tetap mempertahankan elemen sporty pada Datsun GO + Panca transmisi manual

Cocok untuk keluarga daerah perkotaan, terutama saat terjebak macet

Kekurangan

Tidak ada perubahan berarti dengan varian manual

Kualitas pengendaraan tidak sebaik rival sesama LCGC 7-seater

Gambar menunjukkan tampilan depan pada Datsun GO+ 2014 berwarna coklat

Datsun GO+ sebelum di-facelift

Review Datsun GO + Panca CVT 2019 - Datsun merupakan sub merek Nissan untuk pasar internasional periode 1958-1986. Pada 2013, pabrikan asal Yokohama tersebut kembali meluncurkan Datsun sebagai brand untuk segmen pasar otomotif menengah ke bawah, termasuk Indonesia. Saat diluncurkan pada Mei 2014, PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) menawarkan Datsun GO Panca dengan total tiga varian, yakni T, T Option, dan T Active. Selain itu hadir pula model 7-seater GO+ Panca dengan opsi varian Basic D, A, T Option, dan T Style.

Salah satu keluhan konsumen Datsun di Indonesia adalah ketiadaan transmisi manual. Padahal di kota-kota besar, memainkan pedal kopling saat terjebak macet berpotensi membuat pengemudi kelelahan. Selain itu, beberapa dari kita lebih memfavoritkan mobil matic dengan alasan lebih praktis dan irit bahan bakar. Absennya transmisi otomatis pun menjadi salah satu "palu vonis" kalahnya Datsun GO+ Panca dari sisi penjualan dari munculnya rival baru Toyota Calya dan Daihatsu Sigra.

Menjawab kebutuhan tersebut, Datsun GO CVT diluncurkan pada pertengahan 2018. NMI pun menantang hatchback buatan pabrikan lain, seperti Honda Brio Satya CVT, serta dua LCGC unggulan grup Toyota Astra Motor, yakni Agya AT TRD dan Daihatsu Ayla. Secara penampilan Datsun GO matic lebih sporty, dengan diffuser depan-belakang, tak ketinggalan pula spoiler. Bagaimana dengan LMPV Datsun GO+ Panca?

Total ada tiga varian Datsun GO+ Panca X-TRONIC CVT, yakni All New Datsun GO+ Panca A CVT, disusul T CVT dan T Style CVT. Simak terus review Datsun GO+ Panca CVT 2019 selengkapnya di bawah ini.

Daftar mobil bekas terbaru

Lihat Semua

Eksterior Datsun GO+ 2019

Sekilas tak ada perbedaan antara Datsun GO+ Panca CVT dengan versi manualnya. Namun bila dilihat lebih dekat, ada satu tambahan di bagian belakangnya. Apa itu?

Review Datsun GO+ Panca CVT 2019: Eksterior Depan

Bagian Depan mobil Datsun GO+ Panca CVT 2019 berwarna orange

Grill depan dipadu dengan DRL kian memperkuat kesan sporty

Nyaris tidak ada perbedaan dengan versi transmisi manual. Bagian grill depan tetap mempertahankan bentuk trapesium, sama seperti saudaranya. Seperti mobil keluarga zaman now lainnya, Daytime-Running Light (DRL) menambah kesan gagah bagian bumper depan.

Review Datsun GO+ Panca CVT 2019: Eksterior Samping

Bagian Samping mobil Datsun GO+ Panca CVT 2019 berwarna orange

Body moulding Datsun GO+ Panca CVT berpadu dengan pelek lima jari

Begitu melihat ke samping, Datsun GO+ Panca CVT 2019 menampilkan pelek alloy dan rumah kaca spion baru, serta body moulding yang membuat versi facelift ini lebih elegan.

Review Datsun GO+ Panca CVT 2019: Eksterior Belakang

Bagian Belakang mobil Datsun GO+ Panca CVT 2019 berwarna orange

Bagian belakang nyaris sama dengan Datsun GO+ Panca manual

Kesan sporty dan minimalis terasa kental, berkat kehadiran desain sayap belakang baru serta aksen bumper belakang. Logo Datsun serta tulisan CVT kian mempertegas karakter mobil yang family-friendly.

>>> Baca juga:


Interior Datsun GO+ 2019

Masuk ke bagian dalam, juga nyaris tak ada beda antara Datsun GO+ Panca CVT dengan varian manual, selain tentu saja tuas transmisinya. Seperti apa detailnya?

Review Datsun GO+ Panca CVT 2019: Dashboard

Panel display pada mobil Datsun GO+ Panca CVT 2019

Berbagai macam operasi tertampil di layar utama Datsun GO+ Panca CVT

Perpaduan warna putih dengan hitam selaras dengan jok kursi depan. Berbagai informasi serta hiburan bisa diakses lewat panel Head Unit 2DIN Touchscreen berdimensi 6,75 inci.

Review Datsun GO+ Panca CVT 2019: Setir

Gambar menunjukkan desain bagian Spidometer mobil Datsun GO+ Panca CVT 2019

Sentuhan serat karbon di bagian spidometer

Bagian kemudi memakai desain palang tiga yang nyaman digenggam. Bila diperhatikan lebih detail, beberapa panel seperti AC, power window, dan spidometer disematkan corak serat karbon, kian menambah kesan sporty di dalam. 

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

Fitur Datsun GO+ 2019

Gambar menunjukkan fitur CVT vs non-CVT pada mobil Datsun GO+ Panca 2019

Datsun mengklaim teknologi CVT lebih efisien untuk mesin

Lantas, apa yang membuat transmisi matic Datsun GO+ Panca CVT ini berbeda? Umumnya ada dua teknologi yang diusung mobil matic, yakni Continuously Variable Transmission serta Automatic Transmission Torque Converters. Perbedaan mendasar dari keduanya adalah penggunaan gir pada AT Torque Converters, sementara CVT memanfaatkan sabuk baja dan puli untuk menyelaraskan putaran mesin dengan kecepatan.

Gamabr menunjukkan Transmisi pada mobil Datsun GO+ Panca CVT 2019

Tidak akan ada lagi hentakan saat berpindah percepatan

Datsun memilih CVT karena terasa lebih halus saat memindahkan percepatan, serta lebih hemat bahan bakar. Selain itu, penumpang tidak akan lagi merasakan hentakan saat berpindah percepatan, layaknya AT Torque Converter atau manual.

Didukung dengan teknologi XTRONIC CVT, pabrikan Jepang ini menggunakan rasio variabel yang mampu menyesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi jalan. Rinciannya, untuk angka rasio terendah adalah 2,561 (gir rendah) dan 0,427 (gir tinggi). 

>>> Mobil Murah Dengan Harga Di Bawah 100 Juta Terbaru Di Indonesia

Operasi Datsun GO+ 2019

Gambar menunjukkan desain bagian Mesin mobil Datsun GO+ Panca CVT 2019

Kapasitas mesin Datsun GO+ Panca CVT tak mengalami perbedaan

Lagi-lagi tidak ada perbedaan berarti pada operasi Datsun GO+ Panca CVT 2019, masih memakai spek 1.2 Liter 3 Silinder Segaris DOHC. Putaran mesin maksimal yakni 68 PS/5.000 RPM, dengan torsi 104 Nm / 4.000 Rpm. Sayangnya kami belum mendapat detail lebih lanjut mengenai performa transmisi CVT pada mobil keluarga ini. Ikuti terus Cintamobil.com untuk mendapat kabar lebih lengkap!

>>> Temukan penawaran mobil Datsun terbaik di sini!

Spesifikasi Datsun GO+ 2019

Berikut ini adalah spesifikasi Datsun Go+ Panca CVT 2019 terlengkap.

SPESIFIKASI DATSUN GO+ PANCA CVT 2019
DIMENSI
Panjang x Lebar x Tinggi 3.995 mm x 1.636 mm x 1.507 mm
MESIN
Tipe Mesin 1.2 Liter 3 Silinder Segaris DOHC
Kapasitas Silinder 1.200 cc
Daya Maksimum 68 PS / 5.000 Rpm
Torsi Maksimum 104 Nm / 4.000 Rpm
Sistem Transmisi CVT dengan teknologi X-Tronic
HANDLING
Rem Depan Ventilated Disc
Rem Belakang Drum
Ukuran Ban 165/70 R14
BAHAN BAKAR
Tipe Bahan Bakar Bensin
Sistem Bahan Bakar Fuel Injection

Daftar Harga Datsun GO+ 2019

Menjanjikan kenyamanan mengemudi serta lebih hemat energi, berikut daftar harga Datsun GO+ Panca CVT di setiap variannya.

TIPE MOBIL

HARGA DATSUN GO+ PANCA CVT

All New Datsun GO+ Panca A CVT

IDR 137.340.000

All New Datsun GO+ Panca T CVT

IDR 146.290.000

All New Datsun GO+ Panca T Style CVT

IDR 150.790.000

>>> Klik sini untuk update informasi tentang harga dan promo semua mobil Datsun

Kesimpulan Datsun GO+ 2019

Be A Life Achiever with Datsun GO+ Panca CVT 2019

Jalan-jalan di akhir pekan bareng Datsun GO+ Matic? Kenapa enggak

NMI sepertinya berambisi untuk memperluas target pasar mobil di Indonesia, terutama untuk warga perkotaan yang makin sering bergelut dengan kemacetan. Namun bagi Anda yang telah memiliki versi manual dan tidak terlalu sering bergumul dengan kendaraan lainnya, rasanya agak sayang untuk berganti karena spesifikasi Datsun GO+ Panca CVT dan manual nyaris sama persis. Apakah hal ini cukup dijadikan amunisi dalam melawan rival sesama LCGC 7-seater? Rasanya belum.

>>> Lagi cari mobil idaman? Temukan di sini!

Wisnu Setioko
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Review lain

Review Datsun GO CVT 2018: Lebih Baik Satu Tingkat Dari Sebelumnya

19/05/2018

Editor rate:

Lama ditunggu, akhirnya Datsun GO anyar hadir dengan transmisi CVT. Pantas disebut lebih baik satu tingkat dibandingkan pendahulunya.

Lihat juga

Review All New Nissan Livina VL 2019

19/02/2019

Editor rate:

Akhirnya yang ditunggu datang juga, karena sejak tahun 2007 Nissan Livina dan Nissan Grand Livina nyaris tidak pernah berganti model. Hari ini (19/2) All New Nissan Livina2019 resmi diluncurkan ke publik. Bagaimana pendapat kami mengenai All New Nissan Livina 2019? Jika mobil ini hanya sekadar Mitsubishi Xpander ganti baju, siapkah melawan Toyota Avanza?

Lihat juga

Review Honda Mobilio 2019 : Apa Saja Bedanya?

22/02/2019

Editor rate:

Persaingan Low MPV tahun 2019 kian memanas dengan hadirnya Honda Mobilio 2019 baru dengan ubahan kosmetik dan fitur. Adanya ubahan ini juga membuat Honda Mobilio mengalami kenaikan harga. Lantas apa saja bedanya dengan model sebelumnya? Simaklah review Honda Mobilio 2019 dari Cintamobil.com di bawah ini.

Lihat juga

Review Datsun GO+ Panca 2018: Andalkan Ubahan Fascia Meski Tetap Setia Dengan Transmisi Manual

19/05/2018

Editor rate:

Masuk dalam kategori kelas Low Cost Green Car (LCGC), PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) merilis pesaing terbaru untuk Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Berbodi Multi Purpose Vehicle (MPV) dengan kapasitas 7 orang, Datsun GO+ Panca menyuguhkan fitur mumpuni yang mampu menjawab segala kebutuhan masyarakat Indonesia.

Lihat juga

Review Suzuki Ertiga 2019

20/02/2019

Editor rate:

Mendapat sentuhan ringan di 2019, Suzuki Ertiga kini tampil lebih menawan. Bagaimana pendapat kami mengenai Suzuki Ertiga GX 2019?

Lihat juga
back to top