Review Datsun GO+ Panca 2018: Andalkan Ubahan Fascia Meski Tetap Setia Dengan Transmisi Manual

19/05/2018
editor rate: 4,0 user rate: 4,5
Masuk dalam kategori kelas Low Cost Green Car (LCGC), PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) merilis pesaing terbaru untuk Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Berbodi Multi Purpose Vehicle (MPV) dengan kapasitas 7 orang, Datsun GO+ Panca menyuguhkan fitur mumpuni yang mampu menjawab segala kebutuhan masyarakat Indonesia.

PENGANTAR Datsun GO+ 2018

Review Datsun GO+ Panca 2018 - Di awal tahun 2018 ini, Datsun GO+ Panca diperkenalkan kepada publik tanpa selebrasi besar-besaran. Perkenalannya lebih ditujuk kepada media lewat Press Release dan digelar acara di berbagai Mall di seluruh Indonesia bertajuk “Datsun Exhibition”.

Datsun GO+ 2018 saat acara Nissan Ngabuburit di Rasuna Episentrum 6 Juni 2018

Banyak  fitur menarik yang akan ditawarkan pada MPV Low Cost Green Car (LCGC) jagoan terbaru Datsun ini. Hal-hal menarik dan modern ditampilkan baik dari sisi tampilan eksterior dan interior yang lebih menonjolkan aspek multifungsi ruang kabinnya. Apakah mobil ini siap bersaing dengan dua kompetitor beratnya? Mari kita bedah bersama dalam review Datsun GO+ Panca 2018.

>>> Klik di sini untuk membaca ulasan menarik dari produk besutan Datsun lainnya

EKSTERIOR Datsun GO+ 2018

Desain eksterior Datsun GO+ Panca 2018 mengusung tampilan yang stylish sebagai kendaraan keluarga. Fitur-fiturnya juga modern sehingga mampu menghibur Anda menelusuri jalanan perkotaan maupun luar kota.

  • Desain Bagian Depan

Fascia depan Datsun GO+ Panca 2018 mengusung grill depan yang bergaya lebih tegas dengan tarikan garis lebih rapat, menimbulkan kesan trapesium. Attention to detail yang baik. Grill depan ini juga dilengkapi dengan rongga ventilasi berlapis krom mengkilap. Berbeda dengan Datsun Go+ Panca lama yang grill nya lebih menggembung. Di bumper bawahnya juga disematkan desain lebih agresif dan Daytime Running Light (DRL) yang bikin kesan modern. Tentu saja fitur ini akan menjadi pembeda paling mencolok daripada kedua pesaingnya tanpa menggunakan DRL

Tampilan depan lebih agresif dan stylish

Fascia depan Datsun GO+ Panca 2018 menggunakan lampu DRL

  • Desain Bagian Samping

Bodi samping Datsun GO+ Panca 2018 yang memiliki dimensi panjang 3.995 mm secara umum tidak berbeda jauh dengan yang lama. Hanya saja Datsun Go+ Panca terbaru ini memiliki desain pelek alloy baru, rumah kaca spion baru, dan imbuhan side body moulding yang lebih elegan. Ubahan tersebut membuat tampilan Datsun Go+ Panca ini menjadi lebih baik bila dibandingkan dengan sebelum facelift.

Eksterior samping Datsun GO+ Panca 2018 dikemas apik dengan Side Body Moulding

Eksterior samping Datsun GO+ Panca 2018 dikemas apik dengan Side Body Moulding

  • Desain Bagian Belakang

Hal senada juga terlihat dari bodi belakang Datsun GO+ Panca 2018. Desain ornamen krom serta permainan tarikan garis pada bumper belakangnya yang tegas dan juga cantik, membuat seakan ia sedang bersolek menonjolkan keindahan tampilan luarnya. Untuk fitur, kini Datsun Go+Panca 2018 disematkan wiper belakang dan desain spoiler anyar. Tak hanya itu saja, bagian ujung knalpotnya juga terlihat lebih mewah dengan muffler tip. Tak lupa logo kebanggaan Datsun dan G0+ Panca, tersemat rapi sebagai penunjuk identitasnya.

Tampilan bodi belakang Datsun GO+ Panca 2018 terasa lebih sporty berkat New Rear Spoiler dan wiper belakang.

Tampilan bodi belakang Datsun GO+ Panca 2018 terasa lebih sporty berkat New Rear Spoiler dan wiper belakang.

>>> Klik di sini jika Anda tertarik untuk membaca mobil MPV lainnya

INTERIOR Datsun GO+ 2018

Ruang interior Datsun GO+ Panca 2018 menampilkan atmosfer sporty dan modern. Hal ini dapat dilihat dari panel dashboard-nya yang memadukan warna hitam dan putih. Dari aspek fitur interior, pun terlihat Datsun GO+ Panca hendak menyuguhkan pengalaman berkendara yang lebih praktis bagi pengemudinya.

  • Dashboard

Warna putih pada dashboardnya diapit tegas dengan warna hitam di bagian atas dan bawahnya. Sehingga kesan sporty akan terasa lebih kental ketika memasuki ruang kabinnya. Fitur yang dihadirkan pada dashboard-nya juga terbilang mumpuni dengan menyuguhkan panel Head Unit 2DIN Touchscreen berdimensi 6,75 inci semakin memperkaya fitur kabinnya.

Dashboard Datsun GO+ Panca 2018 terlihat anggun dengan kombinasi warna putih dan hitam

Dashboard Datsun GO+ Panca 2018 terlihat anggun dengan kombinasi warna putih dan hitam

  • Setir

Setir Datsun GO+ Panca 2018 tetap menggunakan desain palang 3 dan asyiknya setir ini tetap terasa nyaman ketika digenggam. Selain itu, sektor kemudinya juga tetap menggunakan panel Multi Information Display (MID) yang mampu menyuguhkan beragam informasi terkini seputar kondisi kendaraan.

Setir Datsun GO+ Panca 2018 menggunakan material berkualitas dan terasa nyaman ketika digenggam

Kemudi setir Datsun GO+ Panca 2018 dikemas dengan desain 3 palang

  • Kursi

Untuk kursi Datsun GO+ Panca 2018, jika pada varian lama desainnya seakan menyatu antara pengemudi dengan penumpang depan, yang membuat bangku tidak menyangga tubuh dengan sempurna. Kini kursi depannya menggunakan desain yang terpisah antara pengemudi dengan penumpang depan hal ini sangat Cintamobil.com sukai karena terasa jauh lebih nyaman, meski headrest masih belum begitu proper dalam menyangga kepala.

Kursi Datsun GO+ Panca 2018 dibalut dengan material kain berkualitas berwarna putih dan hitam

Kursi Datsun GO+ Panca 2018 dibalut dengan material kain berkualitas berwarna putih dan hitam

  • Panel Instrumen

Desain panel istrumen Datsun Go+ Panca 2018 ini lebih menarik bila dibandingkan pendahulunya. Kini terdapat dua buah cluster yang memisahkan antara takometer dengan spidometer. Jelas ini merupakan suatu kemajuan, selain lebih terlihat menarik juga lebih memudahkan pengemudi untuk membaca informasi kecepatan dan putaran mesin ketimbang desain menyatu dengan panel kecil di MID.

Panel instrumen dengan dua cluster terpisah membuat pembacaan informasi menjadi lebih mudah dan nyaman.

Panel instrumen dengan dua cluster terpisah membuat pembacaan informasi menjadi lebih mudah dan nyaman.

>>> Baca juga:

FITUR Datsun GO+ 2018

Setelah puas membahas tentang eksterior dan interiornya, kini saatnya Cintamobil.com akan mengupas tuntas tentang fitur Datsun GO+ Panca 2018.

  • Fitur Hiburan

Datsun GO+ Panca 2018 memiliki keunggulan dalam hal panel Head Unit daripada pesaing lainnya. Pasalnya, panel tersebut sudah mampu mengoperasikan video dengan teknologi Touchscreen. Tentu dari sisi ini, nampaknya Datsun GO+ Panca 2018 ingin memprioritaskan kenyamanan berkendara yang lebih nyaman dan mewah. Belum lagi, panel tersebut sudah mendukung format modern seperti AM/FM, MP3, USB, AUX, Bluetooth dan Smartphone Connection

Fitur Hiburan Datsun GO+ Panca 2018 mengandalkan panel audio berkualitas Touchscreen 6,75 inci

Fitur hiburan Datsun GO+ Panca 2018 menggunakan panel Head Unit 6,75” khusus pada varian T dan T Style

  • Fitur Keselamatan

Dari sisi keselamatan, Datsun GO+ Panca 2018 menyuguhkan beragam fitur lengkap seperti Front Airbag, Seatbelt 3 titik dengan ELR Pretensioner pada bangku depan serta Seatbelt 2 buah di bangku belakangnya. Tentu racikan fitur tersebut, mampu memberikan posisi duduk yang stabil dan meminimalisasi terjadinya cedera terhadap seluruh penumpang ketika terjadi kecelakaan.

Fitur keselamatan Datsun GO+ Panca 2018 menggunakan teknologi Immobilizer

Datsun GO+ Panca 2018 dilengkapi dengan teknologi Immobilizer untuk meminimalisir terjadinya tindak pencurian

Tak lupa, semua varian Datsun GO+ Panca 2018 akan didukung dengan fitur Central Door Lock dan teknologi Immobilizer. Sedangkan untuk varian tertingginya yakni Datsun GO+ Panca T dan T Style akan dibekali teknologi tambahan seperti Keyless Alarm dan Shock Sensor.

>>> Klik di sini jika Anda tertarik untuk membaca ulasan menarik dari Datsun GO Cross 2017

OPERASI Datsun GO+ 2018

Sistem operasi mesin Datsun GO+ Panca 2018 akan menggunakan kapasitas 1.200 cc 3 silinder segaris. Diproses dengan transmisi 5 percepatan manual, mampu menyemburkan daya maksimum di angka 68 PS pada putaran 5.000 Rpm. Kemampuan torsinya juga terbilang cukup bertenaga di kisaran 104 Nm setara 4.000 Rpm. Tak tanggung, mesinnya terbilang sangat irit bahan bakar dengan estimasi 22,1 Km/liter. Rasanya sepakat jika performa mesinnya yang cukup bertenaga diimbangi dengan tingkat efisiensi unggul.

Mesin Datsun GO+ Panca 2018 menawarkan performa bertenaga serta irit bahan bakar

Mesin Datsun GO+ Panca 2018 menawarkan performa bertenaga serta irit bahan bakar

  • Ride and handling

Jika dibandingkan dengan pendahulunya, rasa berkendara Datsun Go+ Panca 2018  membaik cukup signifikan. Peredaman getaran mesin terasa lebih baik, dan suara dari luar cukup tereduksi. Sayangnya,  suara kolong dan ban masih mengganggu, bahkan agak lebih berisik dari sebelumnya. Disinyalir suara mengganggu tersebut berasal dari ban mobil ini. Nampaknya Datsun perlu menyematkan ban yang memiliki road noise lebih rendah untuk membantu mengurangi suara mengganggu tersebut.

Datsun GO+ Panca 2018 saat sesi test drive di kawasan Rasuna Episentrum 6 Juni 2018

Datsun GO+ Panca 2018 saat sesi test drive di kawasan Rasuna Episentrum 6 Juni 2018

>>> Baca juga:

spesifikasi Datsun GO+ 2018

Berikut ini adalah spesifikasi Datsun Go+ Panca 2018.

SPESIFIKASI DATSUN GO+ PANCA 2018

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

3.995 mm x 1.636 mm x 1.507 mm

MESIN

Tipe Mesin

1.2 Liter 3 Silinder Segaris DOHC

Kapasitas Silinder

1.200 cc

Daya Maksimum

68 PS / 5.000 Rpm

Torsi Maksimum

104 Nm / 4.000 Rpm

Sistem Transmisi

5 Tingkat Percepatan Manual

HANDLING

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Drum

Ukuran Ban

165/70 R14

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Sistem Bahan Bakar

Fuel Injection

 

kelebihan & kekurangan Datsun GO+ 2018

Setelah melihat dan mencoba MPV terbaru Datsun ini, Cintamobil.com hendak memberikan opini tentang kelebihan dan kekurangan Datsun GO+ Panca 2018. Tentu mengingat mobil ini masih tergolong baru, Anda juga bisa memberikan opini di kolom komentar.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Desain eksterior terasa lebih sporty dan agresif dengan mengusung desain New Aero Kit khususnya pada varian tertinggi, Datsun GO+ Panca T Style

Ruang bagasi terasa kurang lapang sehingga dianjurkan melipat kursi bagian ketiga untuk mengangkut barang bawaan berjumlah banyak 
Atmosfer interior-nya dikemas dengan fitur audio mumpuni serta dominasi warna sporty yakni hitam dan putih Semua variannya belum menyediakan transmisi otomatis
Performa mesin sangat irit bahan bakar dengan estimasi meraih 22,1 Km dengan 1 Liter bensin Dibandingkan pesaingnya, performa mesin sama-sama menggunakan 1.2 Liter, namun Output yang dihasilkan terlihat sedikit

daftar harga Datsun GO+ 2018

Menyinggung masalah harga, berikut Cintamobil.com hendak melampirkan daftar harga Datsun GO+ Panca 2018 di setiap variannya. Berikut informasi selengkapnya.

TIPE MOBIL

HARGA DATSUN GO+ PANCA

All New Datsun GO+ 2018 D M/T

IDR. 112.380.000

All New Datsun GO+ 2018 A M/T

IDR. 119.990.000

All New Datsun GO+ 2018 T M/T

IDR. 128.990.000

All New Datsun Go+ 2018 T-STYLE M/T

IDR. 133.990.000

Video Datsun GO+ 2018

KESIMPULAN Datsun GO+ 2018

Datsun GO+ Panca 2018 menjadi jawaban atas tantangan zaman peralihan MPV ke dalam kategori LCGC sesuai dengan kebijakan yang dicanangkan pemerintah Indonesia. Bahkan desain interior yang disuguhkan terlihat lebih apik dan diprioritaskan untuk Anda yang menginginkan kenyamanan lebih dari mobil MPV LCGC. Harganya yang dibanderol di bawah Rp. 140 juta dengan performa mesin irit bahan bakar, juga menjadi salah satu hal penting untuk Anda pertimbangkan. Nah, sekarang menjadi hak Anda untuk menjawab siapa yang terbaik di kelas MPV LCGC.

Franky Pratama
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

Komentar

Sisa 1000 karakter

REVIEW LAIN

Cari review mobil