Review Toyota Calya 2017

15/11/2017
editor rate: 4,5 user rate: 4,5
Dari data yang dilampirkan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), penjualan Toyota Calya 2017 mencapai 5.861 unit dari Januari hingga April 2017. Bahkan Toyota Calya 2017 ini menjadi produk terlaris kedua setelah Toyota Avanza. Semenjak dirilis pada bulan Agustus 2016, Toyota Calya menjadi primadona bagi banyak keluarga di Indonesia. Berikut Cintamobil.com akan menyampaikan ulasan review Toyota Calya 2017.

PENGANTAR Toyota Calya 2017

Gambar mobil Toyota Calya berwarna merah dilihat dari bagian depan di sebelah kanan ada tulisan a wonderful surprise

Toyota Calya 2017:  Mobil Idaman Keluarga Indonesia

Harga Toyota Calya 2017 terbaru di pasar otomotif Indonesia - Mobil Toyota Calya 2017 ini adalah mobil yang berada di segmen Multi Purpose Vehicle (MPV). Selain itu, mobil ini juga tergolong sebagai mobil Low Cost Green Car (LCGC) yang memiliki harga terjangkau dan irit bahan bakar. Semenjak tahun 2016, Toyota Calya 2017 menjadi produk unggulan yang sudah didesain untuk menggebrak pasar otomotif Indonesia. Nah sekarang  Cintamobil.com  akan mengulas lengkap tentang Toyota Calya 2017 baik dari segi spesifikasi, desain eksterior, interior, daftar harga dan hal menarik lainnya.

EKSTERIOR Toyota Calya 2017

Untuk tahap pertama, Cintamobil.com akan membahas lebih mendalam tentang eksterior Toyota Calya 2017 baik dari desain bagian depan, bagian samping dan bagian belakang. Sekilas melihat, Toyota Calya 2017 memiliki desain eksterior yang hampir mirip dengan kakaknya yakni Toyota Avanza. Bahkan dapat dikatakan tampilan Toyota Calya 2017 menarik perhatian dari banyak keluarga Indonesia karena ia  yang cocok dengan segala kebutuhan keluarga. Yuk kita simak lebih mendalam desain eksterior dari Toyota Calya 2017.

Gambar bagian depan mobil Toyota Calya berwarna merah

Desain bagian depan

Review Toyota Calya 2017: Desain Bagian Depan

Toyota Calya 2017 dikemas dengan memiliki sudut yang tajam dan lekukan artistik ke arah depan sehingga memberikan kesan tegas. Bagian rear bumper juga terlihat elok yang dilengkapi dengan bentuk trapesium. Front Grill dengan lambang  Burung Garuda yang dibalut dengan material chrome memberikan kesan mengkilat dan nuansa Indonesia yang sesuai dengan konsep LCGC. Tidak berhenti di situ, lampu depannya juga dirancang lebih lebar dan didukung dengan fog lamp yang  berfungsi untuk memberikan penerangan yang jelas ketika berkendara dalam cuaca hujan atau berkabut. Hal ini tentunya menjadikan fitur unggulan pada mobil MPV berkelas LCGC.

Mobil Toyota Calya 2017 berwarna merah dilihat dari sisi samping

Desain bagian samping

Review Toyota Calya 2017: Desain Bagian Samping

Toyota Calya 2017 juga memiliki desain yang apik pada bagian sampingnya. Hal ini terlihat pada lekukan artistik yang disematkan mulai dari bagian depan hingga ke bagian belakang mobil. Hal ini tentunya memberikan kesan yang elegan dan menawan. Di sisi yang lain, jika dilihat dari bagian samping, mobil Toyota Calya 2017 memiliki bodi yang bongsor dan memanjang ke belakang sehingga bagian dalam kabin akan terasa cukup luas.

Gambar mobil Toyota Calya 2017 berwarna merah dilihat dari bagian belakang

Desain bagian belakang

Review Toyota Calya 2017: Desain Bagian Belakang

Sedangkan untuk bagian belakang, Toyota Calya 2017 memiliki kemiripan dengan Toyota All New Kijang Innova terutama pada bagian lampu belakang. Hal ini dapat terlihat pada desain lampu yang berbentuk huruf L terbalik. Di sisi yang lain, sentuhan kecil dapat terlihat pada bagian bawah yakni ada lekukan garis tegas berwarna hitam sehingga memberikan kesan elegan dan mewah. Tidak lupa juga, Toyota menghadirkan logonya dibalut dengan bahan material chrome yang memberikan tampilan mengkilat.

Berapa harga Toyota Calya di Indonesia ini?

INTERIOR Toyota Calya 2017

Sekarang Cintamobil.com mengulas tentang interior Toyota Calya 2017. Tampilan memberikan kesan bahwa Toyota Calya 2017 memiliki ruang kabin yang cukup luas, kini akan kita kroscek lebih mendalam.

Gambar bagian dashboard mobil Toyota Calya 2017

Desain dashboard

Review Toyota Calya 2017: Dashboard

Pada bagian dashboardnya Toyota Calya 2017 dikemas dengan apik yang dapat terlihat pada balutan warna krem kecoklatan sehingga memberikan tampilan yang cukup classy dan sederhana. Adapun dashboard Toyota Calya 2017, menyediakan beberapa fitur seperti panel audio yang sudah didukung teknologi Bluetooth dan Port USB. Di sisi lain, pengaturan AC dan Blower juga telah dihadirkan pada dashboardnya. Fitur unggulan yang terakhir ialah tombol pengaturan spion otomatis supaya dapat disesuaikan dengan posisi pengemudi.

Gambar bagian setir mobil Toyota Calya 2017

Desain setir

Review Toyota Calya 2017: Setir

Pada bagian setir Toyota Calya 2017, tidak disediakan fitur-fitur unggulan seperti pengaturan AC atau musik. Sedangkan untuk masalah desain setir, Toyota Calya 2017 dikemas dengan perpaduan warna perak dan hitam. Selain itu, desainnya yang berbentuk huruf “T” dan bentuk yang cembung membuat setir Toyota Calya 2017 nyaman untuk dikendalikan.

Gambar bagian kursi mobil Toyota Calya 2017

Desain kursi Toyota Calya

Review Toyota Calya 2017: Kursi

Pada bagian kursi Toyota Calya 2017 memiliki desain yang cukup sederhana dengan balutan warna krim kecoklataan. Ada beberapa fitur unggulan pada kursinya yang salah satunya adalah one touch thumble sehingga penumpang dapat dengan mudah melipat penuh bangku baris kedua hanya dengan satu sentuhan. Fitur berikutnya adalah power charging station  dimana penumpang dapat dengan leluasa mengisi daya gadget mereka dengan menggunakan charging USB lewat slot power supply yang dihadirkan dalam mobil ini. Adapun untuk kapasitas penumpang, Toyota Calya 2017 mampu menampung 7 hingga 8 orang.

Gambar ruang bagasi mobil Toyota Calya 2017 berwarna putih

Calya memiliki ruang bagasi cukup besar

Review Toyota Calya 2017: Ruang Bagasi

Untuk ruang bagasi, Toyota Calya 2017 memiliki kelebihan yakni pada kemampuannya dalam melipat kursi pada bangku ketiga dan kedua. Untuk barang bawaan yang biasa dan tidak banyak, Toyota Calya 2017 sudah memiliki ruang bagasi yang mampu menampung 2-3 tas berukuran sedang. Sedangkan jika anda menginginkan kapasitas  muatan yang cukup luas,  dapat melipatkan kursi pada bangku kedua dan ketiga sehingga anda dapat menampung barang-barang yang berukuran besar sekalipun. Itulah salah satu fitur unggulan yang dapat diperhitungkan oleh sobat Cintamobil.com.

>>> Baca juga: Segmen mobil murah masih dikuasi Toyota Calya

FITUR Toyota Calya 2017

Kini kita beranjak pada segmen fitur Toyota Calya 2017. Pada segmen ini, Cintamobil.com akan membahas fitur keamanan dan fitur hiburan dari Toyota Calya 2017. Yuk sobat simak  informasinya.

Gambar fitur keyless entry mobil Toyota Calya 2017

Fitur apa yang hadir dalam Toyota Calya generasi terbaru ini?

Review Toyota Calya 2017: Fitur Keamanan

Pada fitur keamanan, Toyota Calya 2017 memiliki banyak sekali fitur-fitur standar sehingga pengendara dapat merasakan keamanan selama melakukan perjalanan. Fitur pertama adalah Toyota Calya 2017 dilengkapi Immobilizer Key yang didukung dengan Anti-Theft System sehingga mobil  akan terhindar dari pencurian. Fitur kedua yang tidak kalah menarik adalah Rear Parking Sensor yang dimana Toyota Calya 2017 akan memberikan notifikasi audio kepada anda ketika bagian belakang mobil anda sudah mendekati sebuah objek. Hal ini tentunya sangat berguna terutama pada saat anda melakukan parkir supaya tidak terbentur dengan objek-objek tertentu. Fitur ketiga ialah adanya Dual SRS Airbag pada bangku depan yang dapat memperkecil resiko cidera ketika terjadi tabrakan. Fitur berikutnya ialah 3 Point Seatbelt yang dipasang tiap-tiap bangku sehingga pemasangan sabuk pengaman akan disesuaikan dengan ukuran tubuh penumpangnya. Fitur keamanan terakhir ialah Anti-Lock Braking System (ABS) sehingga proses pengereman lebih solid dan responsif.

Review Toyota Calya 2017: Fitur Hiburan

Sedangkan untuk fitur hiburan, Toyota Calya 2017 dilengkapi dengan audio panel yang multifungsi untuk mendengarkan radio AM/FM dan memutar musik dari gadget anda yang disambungkan lewat Bluetooth atau Port USB. Fitur ini tentu saja cukup menghibur bukan? Adapun fitur hiburan kedua yakni adanya Port Charging yang ditempatkan pada bangku depan dan bangku kedua sehingga penumpang dapat mengisi daya baterai gadget mereka lewat power supply. Di sisi yang lain, pada bangku depan terdapat front armrest yang digunakan  untuk memberikan kenyamanan kepada penumpang. Tidak berhenti di situ, setiap bangku juga disematkan dengan head rest sehingga penumpang dapat merasakan kenyamanan dalam berkendara bersama Toyota Calya 2017. Hal berikutnya yang tidak kalah menarik adalah adanya air circulator system yang ditempatkan pada atap di bangku kedua sehingga udara sejuk yang dihasilkan dari bangku depan dapat tersalurkan dengan baik ke bangku kedua dan bangku ketiga pada mobil Toyota Calya 2017 ini.

OPERASI Toyota Calya 2017

Gambar bagian mesin mobil Toyota Calya 2017

Bagian mesin

Untuk sistem operasi Toyota Calya 2017, mobil ini menggunakan tipe mesin In-Line 4 Silinder yang didukung dengan 16 katup DOHC. Ia juga dipadukan dengan seri mesin 3NR dan Dual VVT-i yang memiliki 1.197 cc. Mobil Toyota Calya 2017 ini mampu mencapai daya maksimum 6.000 Rpm dengan torsi maksimum 4.200 Rpm. Di sisi yang lain, untuk memudahkan pengendalian mobil, Toyota Calya menggunakan sistem Electronic Power Steering (EPS) dan Rack and Pinion. Semua kekuatan pacu mobil ini didukung dengan transimisi 5 tingkat kecepatan. Fitur ABS juga memberikan sensasi pengereman yang empuk dan nyaman. Tidak lupa juga, sebagai mobil LCGC, Toyota Calya 2017 menjadi mobil yang memiliki daya konsumsi bahan bakar yang irit dan ramah lingkungan.

spesifikasi Toyota Calya 2017

Sesudah membahas hal-hal menarik dari Toyota Calya 2017, sampai saatnya Cintamobil.com akan membahas  spesifikasi Toyota Calya 2017. Berikut terlampir data resmi dari PT. Toyota Astra Motor tentang spesifikasi Toyota Calya 2017.

 

Mesin Toyota Calya 2017

Seri

3 NR

Tipe

4 silinder segaris, 16 katup, DOHC, Dual VVT-i

Isi silinder

1197

Diameter x Langkah

72.5 x 72.5

Daya maksimum

88/6000

Torsi maksimum

11/4200

Kapasitas tangki

36

Dimensi Toyota Calya 2017

P x L x T

4070 x 1655 x 1600

Jarak poros roda

2525

Pijak depan

630

Pijak belakang

915

Sasis Toyota Calya 2017

Transmisi

5 speed manual

Suspensi depan

Mac Phenson Strut with colt spring and stabillizer

Suspensi belakang

Semi independent torsion axle beam with cool spring

Rem depan

Vertilated disc

Rem belakang

Drum

kelebihan & kekurangan Toyota Calya 2017

Sesudah membahas segala fitur-fitur yang menawan dari Toyota Calya 2017, tentunya kurang jika Cintamobil.com tidak menghadirkan kelebihan dan kekurangan dari mobil ini.

Kelebihan

Kekurangan

Desain eksterior yang menawan dan elegan

Ukuran ban yang kurang sesuai dengan bodi mobil yang besar

Memiliki fitur-fitur yang meriah

Air Circulator yang memberikan suara bising

daya konsumsi bahan bakar yang irit dan ramah lingkungan

Ground Clearance sangat rendah jika mobil diisi 8 penumpang atau bahkan barang-barang yang memiliki berat berlebih

daftar harga Toyota Calya 2017

Setelah membahas segala hal tentang Toyota Calya 2017, kini saatnya Cintamobil.com akan memberikan daftar harga Toyota Calya 2017 yang bersadarkan pada data dari website resmi PT. Toyota Astra Motor

 

Tipe Mobil

Harga Toyota Calya 2017

Toyota Calya 2017 1.2 E M/T

IDR. 135.100.000

Toyota Calya 2017 1.2 G M/T

IDR. 140.650.000

Toyota Calya 2017 1.2 G A/T

IDR. 152.650.000

Toyota Calya 2017 1.2 E A/T

IDR. 147.600.000

>>> Inilah harga Toyota Calya 2016 di Indonesia, klik untuk cek langsung

Video Toyota Calya 2017

Untuk membawa informasi terlengkap untuk sobat-sobat, kini cintamobil.com ada sebuah video review Toyota Calya 2017. Selamat menyaksikan!

KESIMPULAN Toyota Calya 2017

Sebagai mobil MPV berkelas LCGC, Toyota Calya 2017 tampil dengan segala hal yang menawan dan modern. Desain eksteriornya yang mirip dengan Toyota All New Kijang Innova menjadikannya sebagai mobil yang memiliki ciri khas Toyota di berbagai sudutnya. Mobil ini juga dihadirkan dengan segala fitur yang banyak diinginkan oleh  konsumen seperti  konsumsi bahan bakar yang rendah, harga yang terjangkau untuk sekelas mobil MPV 7 seaters dan fitur-hiburan maupun fitur keselamatan yang cukup inovatif. Dari sisi yang lain, Toyota Calya 2017 ini juga memiliki kekurangan , salah satunya adalah ukuran ban yang kurang sesuai dengan bodi yang cukup besar dan panjang. Namun ada solusi untuk hal ini yaitu mengganti bannya dengan bank yang berukuran yang lebih besar sehingga mobil ini akan serasi dan padu. Kekurangan  berikutnya adalah air circulator yang ketika dinyalakan dengan kondisi full akan menimbulkan suara yang cukup bising sehingga kenyamanan anda dalam mendengarkan musik akan sedikit terganggu.Solusi untuk soal ini yalah menggunakan air circulation dengan kecepatan sedang saja. Dan kekurangan  terakhir adalah ground clearance yang sangat rendah ketika mobil ini diisi penuh oleh penumpang atau barang-barang  berat. Namun jangan khawatir sobat, solusi yang Cintamobil berikan adalah mengganti suspensi yang lebih mumpuni sehingga perjalanan jauh anda bersama keluarga bisa berjalan baik.. Sesudah mengatasi kekurangan kekurangan tersebut, sobat  dapat menggunakan Toyota Calya 2017 ini dengan performa yang maksimal  mobil sekelas menengah ke atas dengan harga yang cukup terjangkau.

Franky Pratama
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

Cari review mobil