Harga Daihatsu Sigra 2017: MPV dengan Harga Kompetitif untuk Keluarga Indonesia

29/09/2017

Share this post:

Daihatsu Sigra 2017

Editor rate:

Lihat promo

Daihatsu meluncurkan Sigra dalam katalog penjualannya guna menghangatkan persaingan dengan kompetitor di ranah MPV LCGC. Tingginya minat konsumen akan mobil bersegmen MPV yang irit bahan bakar membuat Daihatsu selaku pabrikan memutar otak untuk menterjemahkan keinginan tersebut. Seperti apa detail Daihasu Sigra terbaru ini? Mari bacalah tulisan review Daihatsu Sigra 2017 di bawah ini

Harga Daihatsu Sigra 2017: MPV dengan Harga Kompetitif untuk Keluarga Indonesia
Harga Daihatsu Sigra 2017: MPV dengan Harga Kompetitif untuk Keluarga Indonesia
0 Gambar

Pengantar Daihatsu Sigra 2017

Mari kita simak spesifikasi Daihatsu Sigra 2017 di bawah ini.

Kelebihan

Eksterior modern

Kabin luas

Irit bahan bakar

Kualitas kursi yang mumpuni

Kekurangan

Kapasitas mesin minim

AC tidak double power

MID terlalu kuno

Kursi belakang terlalu sempit

Mobil Daihatsu Sigra 2017 berwarna biru tua dilihat dari depan

Wajah baru Daihatsu Sigra 2017

Harga Daihatsu Sigra 2017 terbaru - Sebagai salah satu produsen mobil, nama Daihatsu memang dikenal sebagai merek yang kerap membuat mobil dengan harga yang cukup kompetitif. Bagaimana tidak, hal tersebut tercermin dari berbagai katalognya seperti Daihatsu Xenia, Sirion, Grand Max, Alya dan lainnya. Meskipun tergolong kompetitif dan pas di kantong pecinta otomotif nasional, Daihatsu tak asal meramu berbagai mobil yang dibuatnya. Spesifikasi yang mumpuni serta berbagai fitur menarik tetap disediakan oleh pabrikan asal Jepang ini. dan, menyongsong tahun 2017, Daihatsu kembali memamerkan varain terbarunya dalam wujud Daihatsu Sigra. Mobil yang memulai debutnya pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 ini memang disiapkan sebagai jawaban untuk kompetitornya yakni Datsun Go+. Lantas, apa-apa saja yang ditawarkan Sigra kepada para pecinta SUV Nasional, dan mengapa mobil ini patut mendapat kredit lebih di ranah sejenis? Berikut ini adalah tulisan review Daihatsu Sigra 2017 di cintamobil.com

Eksterior Daihatsu Sigra 2017

tampilan bagian depan Daihatsu Sigra 2017 berwarna biru tua

Wajah depan Daihatsu Sigra 2017

Meskipun tergolong sebagai mobil keluarga, Daihatsu Sigra tak menampilkan desain yang sembarangan. Hal itu tercermin dari tampilan luarnya yang bisa dibilang cukup elegan untuk mobil bersegmen MPV.

  • Desain bagian depan

Di bagian depan misalnya, kap mesin dengan gradasi v shape coba dihadirkan guna memaniskan sisi depan dari mobil ini. Tekstur guratannya yang begitu tipis layaknya MPV premium menggambarkan Daihatsu seakan ingin menaikan kelas mobil ini ke jenjang yang lebih tinggi. Tampilan garnish berwarna Silver juga membuat mobil ini nampak begitu anggun. Pun demikian dengan lampu utamanya yang didesain dengan warna terang yang siap menimbulkan kekaguman tersendiri bagi siapapun yang melihatnya. Meski terlihat elegan, kekokohan khas MPV coba ditampilkan melalui bumper depan yang telah disematkan grill berbentuk trapezoidal dengan tampilan futuristik. Sebagai penutup, disematkan pula fog lamp cantik lengkap dengan rumahnya yang beraksen Silver di sisi-sisi bumper.

Desain bagian belakang mobil Daihatsu Sigra 2017 berwarna biru tua

Tampilan belakang Daihatsu Sigra 2017

  • Desain bagian samping

Beranjak ke bagian samping, Sigra nampak bermain kalem dengan menyematkan dua gradasi garis tipis yang melintang dari depan hingga ke belakang. Selain itu, sisi elegan tetap dimunculkan dengan keberadaan line beraksen chrome pada bagian bawah pintu. Spion elektrik berserta sein tambahan juga disematkan untuk mempercantik sisi ini. 

  • Desain bagian belakang

Bergeser ke bagian belakang, desain stop dan rear combination lamp berbentuk huruf L terbalik dihadirkan untuk memenuhi space pada bagian buritan. Selain lampu, bagian belakang dari Sigra bisa dibilang tak memiliki keistimewaan karena nampak begitu polos. Bahkan gradasi lengkung yang dihadirkan juga tak terlalu menonjol layaknya bagian depan. Sebagai pengisi ruang, Daihatsu hanya menampilkan identitasnya dengan menyematan nama, logo, serta teknologi mesin yang digunakan.

Secara keseluruhan tampilan eksterior Daihatsu Sigra 2017 itu dibilang elegan dan sporty.

>>> Inilah harga Daihatsu Sigra 2017 terbaru di pasar otomotif Indonesia, langsung klik yuk


Interior Daihatsu Sigra 2017

Mengusung desain yang elegan dan sporty di bagian eksterior, bagaimana interior Daihatsu Sigra 2017

Kenyamanan menjadi prioritas yang ditawarkan Sigra. Seperti MPV pada umumnya, Sigra menonjolkan ruang kabin yang cukup luas. Jika dikalkulasikan, mobil ini bisa menampung 7 orang di bagian kabin tanpa terkecuali. Head dan leg room yang dihadirkan juga cukup nyaman karena memiliki rongga yang Dari sisi material yang disematkan, Daihatsu cukup memperhatikan komponen yang digunakan dengan memberikan material yang cukup mumpuni.

gambar bagian dashboard mobil Daihatsu Sigra 2017 ditutupi dengan lingkar kemudi berwarna hitam

Desain bagian dashboard Daihatsu Sigra 2017

  • Desain bagian dashboard

Pada sisi dashboard, konsep in-dash-shif-knob dihadirkan guna memodernkan sisi dashboard yang selama ini kerap dianggap kaku. Kehadiran konsep ini juga dirasa akan memberikan kemudahan dari sisi fleksibilitas bagi penumpang depan maupun pengemudi. Disamping itu, disematkan pula panel minimalis untuk menunjang kebutuhan entertainment dan informasi seluruh penumpang. Fitur-fitur seperti Audio 2 DIN, dan port soket USB serta Bluetooth juga dihadirkan guna menunjang mobilitas seluruh awak. Disamping panel tersebut, hadir pula perseneling yang dirancang khusus pada dashboard untuk memudahkan serta memberikan kualitas yang baik untuk memacu kendaraan ini.

  • Desain bagian kemudi 

Bergeser sedikit ke bagian kemudi, tak begitu banyak perubahan yang ditawarkan oleh Sigra. Bagian ini sendiri tak jauh berbeda dengan apa yang ditampilkan para pendahulunya seperti Xenia dan Ayla. Meskipun tergolong model baru, fitur yang disajikan justru tak modern. Daihatsu hanya menyuguhkan lingkar kemudi standar dan Multi Infromation Display yang bisa dibilang ketinggalan jaman.

Gambar kursi bagian belakang mobil Daihatsu Sigra 2017 dengan jok kulit berwarna coklat muda

Gambar kursi belakang 

  • Desain kursi 

Sementara pada bagian kursi belakang, Sigra menonjolkan sisi MPV-nya berkat kehadiran bangku rapat yang menyatu tanpa ada sekat sedikitpun. Dengan kursi tersebut, mobilitas penumpang di bagian belakang bisa tetap terjaga karena mereka bisa bergeser kapanpun mereka mau. Sementara itu, seat belt juga sudah terpasang hampir di seluruh kursi, kecuali kursi belakang guna menunjang keamanan dalam berkendara. Sayangnya, pada kursi ketiga, sisi kenyamanan mungkin akan sedikit terganggu lantaran sempitnya ruang untuk kaki maupun kepala. 

Gambar ruang bagasi mobil Daihatsu Sigra 2017 dengan sebuah rang yang cukup besar

Bagian kargo Daihatsu Sigra 

  • Ruang bagasi

Untuk bagian kargo, sejatinya ruangan penyimpanan ini bisa dibilang tak terlalu luas. Namun jangan khawatir karena bagasi tersebut bisa dimaksimalkan dengan cara melipat kursi di baris ketiga sehingga ruang yang nantinya tersedia akan mumpuni untuk menarik berbagai barang dengan volume besar.

Fitur Daihatsu Sigra 2017

Selain eksterior sporty dan interior bagus, bagaimana fitur Daihatsu Sigra 2017 ini? Sekarang kita membahas ya.

Gambar mobil Daihatsu Sigra 2017 dengan berbagai fitur yang sudah dilengkapi di mobil itu

Fitur keamanan mobil Daihatsu Sigra

  • Fitur keamanan

Disamping fitur entertainment, Sigra juga memiliki berbagai fitur yang siap menunjang keamanan dan kenyamanan seluruh awak kabin seperti kombinasi pengereman ABS dan BA. Keduanya berfungsi untuk memberikan optimalisasi mobil saat terjadi pengereman darurat di sela perjalanan. Disamping itu, untuk mempertebal rasa aman, dihadirkan pula airbag di sisi depan guna meminimalisir resiko cidera apabila mobil mengalami benturan hebat dari sisi depan. Sementara pada bagian samping, terdapat pelindung ekstra yang akan berfungsi mengamankan seluruh awak apabila terjadi tabrakan dari sisi sampung.  Rangka body pun dibuat sekokoh mungkin agar saat terjadi kecelakaan, penumpang di bagian kabin akan tetap aman. 

fitur dual airbags di kursi depan mobil Daihatsu Sigra 2017

Fitur keselamatan Daihatsu Sigra 2017

  • Fitur kenyamanan

Dari sisi kenyamanan sendiri, fitur standar seperti AC, Audio System, Power Steering dan lain sebagainya coba dihadirkan. Tak hanya itu, mobil ini juga dilengkapi dengan berbagai pocket ukuran kecil untuk menyimpan berbagai barang. Untuk menutup fitur, dihadirkan pula penunjang keamanan kendaraan dalam wujud Alarm Anti Maling dan Centra Lock.

>>> Mungkin Anda mau baca:

Operasi Daihatsu Sigra 2017

gambar bagian mesin mobbil Daihatsu Sigra 2017

Mesin DOHC VVT-I

Dari sisi sistem operasi Daihatsu Sigra 2017 dilengkapi dengan dua tipe mesin yang berbeda yakni 1.0 liter untuk tipe M dan D dan 1.2 Liter untuk tipe X dan R. Untuk lebih jelas, mungkin kita bisa membedahnya satu per satu. Mesin pertama, yang berukuran 1 liter memiliki mesin DOHC VVT-I 3 silinder 12 katup dengan kapasitas kubikasi 998 cc. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 67 Ps pada putaran ke 6.000 rpm dan maksimum torsi hingga 8.7 Nm setiap putaran 3.600 rpm atau 89 Kgm pada putaran ke 4.400 rpm.

Untuk mesin kedua, 1.2 memiliki kubikasi 1.197 cc dan menggunakan mesin bertipe 3NR-VE DOHC Dual VVT-i 4 silinder 16 katup. Mesin tersebut juga mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 88 Ps setiap putaran 6.000 rpm dan mampu mencapai torsi maksimal hingga 108 Kgm pada putaran ke 4.200 rpm.

Memiliki perbedaan mesin jelas mempengaruhi pula sitem transmisi.  Pada mesin pertama, tersemat transmisi manual dengan lima percepatan. Sementara mesin kedua lebih kaya lagi, Daihatsu memberikan pilihan kepada konsumen dengan dua varian transmisi yakni otomatis dengan empat percepatan dan manual dengan lima percepatan. Sisi baiknya, karena MPV ini berjenis LCGC, maka pembakarannya cukup minimalis meskipun mesin dipacu dalam keadaan maksimal. Sebagai gambaran, Sigra memiliki kompresi 10.5:1. Cukup irit ya. 

Spesifikasi Daihatsu Sigra 2017

Untuk memperkuat informasi seputar mobil ini, cintamobil.com coba memberikan gambaran lebih lengkap mengenai spesifikasi Daihatsu Sigra 2017. Apa saja itu?

Dimensi Daihatsu Sigra 2017

Panjang x Lebar x Tinggi

4070 x 1655 x 1600 mm

Jarak Sumbu Roda

2.525 mm

Jarak Pijak Roda Depan

1.470 mm

Jarak Pijak Roda Belakang

1.475 mm

Kapasitas Penumpang

7 Orang

Mesin Daihatsu Sigra 2017

Tipe

1KR-VE, DOHC VVT-i dan 3NR-VE, DOHC Dual VVT-i

Kapasitas Mesin

998 dan 1.197 cc

Jumlah Silinder

3 dan 4 Silinder

Jumlah Katup

12 dan 16 katup

Tenaga Maksimum

67/6.000 dan 88/6.000

Torsi Maksimum

89/4.400 dan 108/4.200

Kapasitas Tangki

36 liter

Lain-Lain

Transmisi

Manual 5 percepatan dan matic 4 percepatan

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Semi Independent Torsion Axle Beam

Tahun Pembuatan

2016

Daftar Harga Daihatsu Sigra 2017

Sejak awal, kami sudah mengungkapkan MPV ini memiliki harga yang cukup kompetitif dan berada di bawah Rp 150 jutaan. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah daftar harga Daihatsu Sigra 2017.

Tipe

Harga Daihatsu Sigra

Daihatsu Sigra 1.0 D M/T

Rp106.600.000

Daihatsu Sigra 1.0 M M/T

Rp115.500.000

Daihatsu Sigra 1.2 X M/T

Rp124.850.000

Daihatsu Sigra 1.2 X M/T Deluxe

Rp130.350.000

Daihatsu Sigra 1.2 X A/T

Rp137.650.000

Daihatsu Sigra 1.2 X A/T Deluxe

Rp143.150.000

Daihatsu Sigra 1.2 R M/T

Rp130.750.000

Daihatsu Sigra 1.2 R M/T Deluxe

Rp134.550.000

Daihatsu Sigra 1.2 R A/T

Rp143.550.000

Daihatsu Sigra 1.2 R A/T

Rp147.350.000

* Harga Daihatsu Sigra 2017 di atas merupakan harga OTR Jakarta

* Beda kota, kemungkinan beda juga harga Daihatsu Sigra

* Harga Daihatsu Sigra sewaktu-waktu dapat berubah

>>> Untuk tahu berapa harga Daihatsu Sigra 2016 di Indonesia, silahkan klik sini

Kesimpulan Daihatsu Sigra 2017

mobil Daihatsu Sigra 2017 berwarna merah sedang parkir di samping model yang cantik dalam pameran memperkanalkan mobil baru di Indonesia

Daihatsu Sigra 2017: MPV keluarga dengan harga kompetitif 

Daihatsu Sigra merupakan MPV LCGC yang hadir dengan desain eksterior yang menawan serta interior yang cukup lumayan untuk mobil berkategori MPV. Meski demikian, tentu saja ada kelebihan dan kekurangan yang tersemat pada mobil ini. Bicara soal haga, Sigra bisa menjadi pilihan karena harganya yang tergolong kompetitif serta dirasa pas untuk kalangan menengah. Dengan berbagai spesifikasi yang ditawarkan, Sigra rasanya akan menjadi pilihan terbaik bagi anda yang mendamakan mobil dengan harga murah. Setelah membaca tulisan review Daihatsu Sigra 2017 dari cintamobil.com, bagaimana pendapat sobat-sobat sendiri?

Andi
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya
back to top