Review BMW M8 Gran Coupé 2019: Mewah, Tampan dan Kencang

17/10/2019
editor rate: 4,6 user rate: 3,0
Sebuah sedan keluarga bertenaga 600 daya kuda dan mampu berlari 0-100 hanya dalam 3 detik? Kami perkenalkan BMW M8 Gran Coupé 2019, saudara terbaru Seri 8 yang memiliki desain menawan serta dipenuhi fitur terbaru dari BMW.

PENGANTAR BMW M8 2019

Review BMW M8 Gran Coupe 2019 - BMW M8 adalah versi performa tinggi dari BMW Seri 8 yang dikembangkan oleh divisi motorsport BMW. Diperkenalkan pada Juni 2019, M8 adalah versi legal jalan raya dari BMW M8 GTE dan menggatikan BMW M5. Berbagi mesin dengan M5 dan diproduksi bergaya bodi 2 pintu convertible (kode 91) dan coupe 2 pintu (kode 92), model sedan fastback (kode 93) diperkenalkan dengan nama BMW M8 Gran Coupe.

Gamabr menunjukkan sebuah mobil BMW M8 Convertible berwarna merah
Tampilan awal BMW M8 yang diperkenalkan pertengahan tahun lalu

Dalam sudut pandang teknologi dan mesin, M8 Gran Coupe dan M8 Gran Coupé Competition 2019 yang baru saja diperkenalkan cukup identic dengan model dua pintu M8. Ada mesin V8 twin-turbo 4.4 lter dengan torsi dan daya yang sama – walaupun versi Competition lebih besar 25 daya kuda – hingga sistem penggerak semua roda M xDrive dan transmisi 8 percepatan.

Mungkin sedikit pembeda mobil ini adalah pasar “keluarga muda” menggunakan dua pintu tambahan di belakang. Dibuat lebih panjang dengan wheelbase yang turut ditambah, mobil ini disebut lebih stabil, meski dibuat lebih berat, serta memiliki ruang kaki yang lebih lega dibandingkan pendahulunya.

BMW M8 Gran Coupe berwarna ungu 
Mobil baru BMW M8 Gran Coupé 2019

Berbagai fitur tambahan membuat mobil ini nyaman digunakan bersama keluarga serta gesit dibawa melaju kencang. Lalu, apa saja yang membuat mobil ini patut menjadi bagian dari garasi Anda penyuka kecepatan? Simak review BMW M8 Gran Coupe 2019 dari tim Cintamobil.com berikut ini.

EKSTERIOR BMW M8 2019

Visualisasi kinerja ekstra terlihat dari desain eksterior yang lebih berotot dibandingkan Seri 8 lainnya. Kesan maskulin nan elegan langsung terlihat ketika melirik eksterior BMW M8 Gran Coupe 2019. Tapi bagi Anda yang ingin menyisihkan budget lebih banyak, Model Competition menambahkan highlight eksterior hitam gloss serta paket eksterior M Carbon.

Review BMW M8 Gran Coupé 2019: Eksterior Depan

Tampilan depan BMW M8 Gran Coupé 2019 berwarna ungu
Eksterior depan BMW M8 Gran Coupé 2019

Dibuat berdasarkan Seri 8 sebelumnya, tidak ada perbedaan yang cukup signifikan pada mobil ini dbandingkan model lainnya. Gril kidney khas BMW tetap menjadi ujung tombak eksterior depan BMW M8 Gran Coupe 2019. Di bagian depan, Anda mendapatkan intake udara tiga kali lebih besar dan spiltter depan yang menjorok ke dalam. Fender depan juga telah diperpanjang agar sesuai dengan trek yang lebih luas serta memiliki ventilasi udara yang lebih besar.

Review BMW M8 Gran Coupé 2019: Eksterior Samping

Tampilan samping BMW M8 Gran Coupé 2019 berwarna ungu
Eksterior samping BMW M8 Gran Coupé 2019

Eksterior samping BMW M8 Gran Coupe 2019 mengandalkan desain yang tetap mulus dan polos tanpa banyak aksen tambahan. Pelek 20 inci besar hadir untuk versi standar, menyembunyikan rem compound M berukuran 395 mm di bagian depan atau 400 mm dengan rem karbon M opsional. Disebut sebagai mobi sport bertenaga tinggi, penambahan 200 mm pada jarak poros roda disebut memberikan Gran Coupé kemampuan yang lebih stabil dan nyaman dikendarai.

Review BMW M8 Gran Coupé 2019: Eksterior Belakang

Tampilan belakang BMW M8 Gran Coupé 2019 berwarna ungu 
Eksterior belakang BMW M8 Gran Coupé 2019

Tampilan maskulin dalam pahatan yang tegas menjadi salah satu daya tarik mobil ini. Lampu belakang yang tipis dan desain buritan terlihat hampir sama dengan versi M8 sebelumnya. Pembedanya, ada logo M8 yang mempertegas versi kinerja dari mobil ini. Eksterior belakang BMW M8 Gran Coupe 2019 juga dilengkapi dengan spoiler belakang nan tips dan atap fiber karbon double-bubble.

>>> Mungkin Anda juga tertarik

INTERIOR BMW M8 2019

Kabin memadukan kesan mewah dengan berbagai fitur yang disediakan untuk kenyamanan Anda beserta keluarga. Interior BMW M8 Gran Coupe 2019 memang lebih lega dengan tambahan panjang dan jarak poros roda. Aksen krom yang memenuhi dasbor hingga konsol tengah ditambah balutan kursi dan kemudi berlapis kulit memancarkan kemewahannya tersendiri.

Review BMW M8 Gran Coupé 2019: Dasbor

Desain mewah langsung terlihat ketika memasuki kabin. Gabungan layar sentuh dengan berbagai tombol fisik dipadukan aksen krom pada dasbor BMW M8 Gran Coupe 2019. Dengan pengaturan default, semua sistem dan tampilan berfungsi seperti biasa. Tetapi ketika Anda menempatkan mobil ke mode Sport, tampilan head-up dan cluster instrument menampilkan informasi kendaraan yang relevan.

dasbor BMW M8 Gran Coupé 2019 berwarna hitam 
Dasbor BMW M8 Gran Coupé 2019

M8 pun mendapatkan pelapis kulit Merino. Sedangkan model Competition juga mendapatkan opsi kulit dan trim Alcantara dalam skema warna dua nada yang kontras. Competition juga mendapatkan kulit Alcantara di konsol tengah dan dasbor yang lebih rendah.

Review BMW M8 Gran Coupé 2019: Kemudi

kemudi BMW M8 Gran Coupé 2019 berwarna hitam 
Kemudi BMW M8 Gran Coupé 2019

Setir palang tiga berlapis kulit ditambah aksen krom akan menemani selama berkendara. Seperti kendaraan baru lainnya, kemudi multi fungsi memudahkan Anda dalam mengaktifkan berbagai fitur selama mengemudi. Selain itu, kemudi BMW M8 Gran Coupe 2019 menggunakan tombol M1 dan M2 unik berwarna merah yang bisa digunakan untuk memasang pengaturan pengendaraan Anda.

Review BMW M8 Gran Coupé 2019: Kursi

kursi BMW M8 Gran Coupé 2019 berwarna hitam
Kursi BMW M8 Gran Coupé 2019

Tambahan panjang dibandingkan saudaranya membuat mobil ini memiliki ruang kaki yang lebih lega di baris belakang. Desain kursi BMW M8 Gran Coupe 2019 seperti ekspektasi. Di dalam, Anda akan menemukan kursi bergaya sporty yang tentu saja dipasangkan pada setiap mode M dari BMW. M8 pun mendapatkan bolster samping yang lebih besar dan sandaran kepala yang terintegrasi dengan kursi. Jadi, Anda tidak bisa lagi menyesuaikan headrest seenaknya.

>>> Dapatkan berbagai berita terbaru BMW hanya di sini

FITUR BMW M8 2019

Dengan kemewahannya, bukan alasan bagi M8 Gran Coupé tak mampu menyenangkan penumpang di dalam mobil. Teknologi standar yang jamak ditemukan pada mobil BMW lainnya tentu sudah bisa Anda dapatkan di sini. Untuk penumpang di bangku baris kedua sudah mendapatkan tombol pengaturan AC yang terletak di tengah.

konsol tengah BMW M8 Gran Coupé 2019 berwarna hitam
Fitur BMW M8 Gran Coupé 2019

Namun yang paling menarik, fitur M8 Gran Coupe 2019 didukung oleh sistem iDrive 7 terbaru dan tercanggih dari BMW. Mudah digunakan, responsif, dan dapat dikonfigurasi menjadi salah satu keunggulannya. iDrive 7 sendiri bahkan memiliki fungsi kecerdasan buatan baru, diaktifkan dengan mengucapkan, “Hey, BMW” untuk akses fitur mobil yang sudah terhubung.

Review BMW M8 Gran Coupé 2019: Adaptive M Suspension

Sebagai standar, setiap M8 Gran Coupe hadir dengan sistem Adaptive M Suspension yang “menggunakan data dari gerakan tubuh, kondisi permukaan jalan, dan input kemudi untuk menyesuaikan setiap damper secara individual dalam milidetik menggunakan katup elektromagnetik. Teknologi ini memastikan M8 baru memiliki kemampuan trek namun nyaman di jalan.”

Selain itu, mobil ini mendapatkan logika suspensi yang berbeda, membuat mobil ini lebih berorientasi trek, termasuk pengaturan yang lebih kaku, input kemudi langsung, memiliki tenaga dan efisiensi membelok yang lebih tajam. Semua sasis dan sistem kontrol telah dikalibrasi ulang untuk menghasilkan pengendaraan yang lebih baik tanpa mengorbankan kemampuan dinamis mobil.

Review BMW M8 Gran Coupé 2019: Fitur Keselamatan Aktif

layar BMW M8 Gran Coupé 2019 berwarna hitam
BMW M8 Gran Coupé 2019 mendapatkan berbagaii fitur keselamatan

Seperti Bimmers modern, mobil ini hadir dengan rangkaian sistem bantuan pengemudi canggih (ADAS). Fitur keselamatan aktif BMW M8 Gran Coupe 2019 standar meliputi peringatan tabrakan depan dan sistem mitigasi pra-tabrakan aktif BMW. Paket bantuan mengemudi M8 dilengkapi deteksi blind-spot aktif, kamera surround-view, kontrol jarak parkir aktif, peringatan lalu lintas belakang hingga peringatan batas kecepatan.

>>> BMW Uji Sistem Adaptive Cruise Control di Tengah Kota

OPERASI BMW M8 2019

Mesin S63 V8 4.4 liter twin-turbocharged yang telah beroperasi di F90 M5, serta X5 dan X6 M yang baru. Dilengkapi teknologi katup variabel Valvetronic terbaru menghasilkan 600 daya kuda pada 6.000 rpm dan torsi puncak 750 antara 1.800 dan 5.600 rpm. Semuanya dikirim ke sistem penggerak semua roda M xDrive melalui transmisi otomatis Steptronic M delapan kecepatan dengan pengaturan Drivelogic.

Dengan semua kekuatan itu, sistem operasi BMW M8 Gran Coupe 2019 membawanya berlari dari diam hingga 100 km/jam hanya dalam 3.3 detik saja. Cukup mengesankan, mengingat kecepatan yang sama dengan versi dua pintunya meskipun mobil ini membawa 95 kilogram bodi lebih berat. Sedangkan kecepatan tertinggi dibatasi pada 250 km/jam. Kurang cepat? Ada pilihan paket M Driver hingga 305 km/jam.

 mesin BMW M8 Gran Coupé 2019 berwarna hitam
Mesin BMW M8 Gran Coupé 2019

Ingin lebih cepat lagi? Sama seperti M8 standar, Gran Coupé juga tersedia dalam bentuk Competition yang mendapatkan tenaga lebih besar, 625 daya kuda dan memperpanjang output torsi puncak hingga 5.800 rpm. Memastikan respons throttle lebih cepat dan pergantian lebih instan dibantu sistem knalpot M Sport. Percepatannya? 0-100 km/jam dalam 3.2 detik saja.

Suspensi double-wishbone di depan dan five-link di belakang meningkatkan dinamika berkendara. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, suspensi M adaptif akan membaca kondisi jalan dan konfigurasi damper yang disesuaikan. Ada tombol Mode M, dengan pengaturan M1 dan M2 memungkinkan Anda mengkonfigurasi mesin, suspensi, kemudi, pengereman dalam tiga mode berkendara: Default Road, Sport, dan Track.

>>> Siapa Bilang Mencari Mobil Bekas BMW Berkualitas itu Sulit? Ikuti Dulu Empat Tips Penting Ini!

spesifikasi BMW M8 2019

Dibuat berdasarkan M8, ada banyak penambahan yang diberikan, meski tak terlalu signifikan. Untuk itu, lihat lagi spesifikasi BMW M8 Gran Coupe 2019 berikut ini.

Dimensi BMW M8 Gran Coupé

Panjang x Lebar x Tinggi

5.098 mm x 1.907 mm x 1.399 mm

Jarak Poros Roda

3.023 mm

Berat

2.032 kg

Mesin BMW M8 Gran Coupé

Tipe Mesin

V8 4.4 liter twin-turbocharged

Kapasitas Mesin

4.395 cc

Tenaga Maksimal

600 dk @ 6.000 rpm

Torsi Maksimal

750 dk @ 1.800 – 5.600 rpm

Percepatan (0-100 km/jam)

3.3 detik

Kecepatan Tertinggi

250 km/jam (dibatasi secara elektronik)

Transmisi

Steptronic M delapan kecepatan

Sistem Penggerak

Penggerak semua roda xDrive

Emisi CO2

244 – 240 g/km

Konsumsi Bahan Bakar

10.7 – 10.5 l/100 km

Kaki-Kaki BMW M8 Gran Coupé

Suspensi Depan

Double-wishbone

Suspensi Belakang

Five-link

Rem

Ventilated Discs

Pelek

20 inci

kelebihan & kekurangan BMW M8 2019

Dengan perubahan dan peningkatan pada mobil ini, berikut beberapa kelebihan dan kekurangan BMW M8 Gran Coupe 2019 yang dirangkum oleh tim Cintamobil.com.

Kelebihan

Kekurangan

Salah satu kendaraan BMW modern tertampan saat ini

Beberapa tambahan fitur masih harus dibeli secara terpisah

Harganya lebih murah dibandingkan M8 lainnya

Lebih mahal jika dibandingkan dengan pesaingnya

Dipenuhi berbagai fitur dan sistem keselamatan terbaru BMW

 

daftar harga BMW M8 2019

M8 Gran Coupe dipersiapkan debut di Amerika dengan model Launch Edition. BMW menyebutkan hanya ada 50 unit menggunakan cat logam Diamant Green dan roda 20 inci eksklusif. Tak ada harga untuk versi Launch Edition, tapi harga BMW M8 Gran Coupe 2019 standar dimulai dari $130.000 (sekitar Rp1.8 Miliar) dan Gran Coupé Competition dihargai $143,000 (sekitar Rp2 Miliar).

Video BMW M8 2019

Desain menawan langsung terlihat dari video BMW M8 Gran Coupe 2019 yang diluncurkan langsung oleh akun resmi YouTube BMW M. Untuk videonya, bisa Anda lihat di bawah.

KESIMPULAN BMW M8 2019

Komposisi BMW M8 Gran Coupe 2019 yang lebih panjang dan lebih berat memberikan peningkatan ruang kaki pada baris kedua dan kestabilan mengemudi dibandingkan versi coupé-nya. Meskipun tambahan empat pintu menjadikannya lebih berat. Dibuat untuk konsumen yang sudah berkeluarga, kombinasi gaya dan kepraktisan menjadi daya tarik mobil baru BMW ini.

BMW M8 Gran Coupe berwarna ungu disinari matahari
BMW M8 Gran Coupé 2019 melaju di jalanan

Walaupun lebih banya penambahan yang diberikan pada mobil ini, diluar desain yang lebih elegan dari versi coupé, tetapi Anda bisa menikmatinya dengan harga yang lebih murah dari varian M8 lainnya. Masing-masing unit akan mulai diproduksi pada November tahun ini dan kemungkinan besar dikirimkan ke diler pada awal tahun depan.

>>> Jangan lupa klik sini utnuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Padli Nurdin
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil