Review BMW M8 Competition Cabriolet 2020: Perpaduan Kenikmatan Berkendara Dengan Kebebasan Atap Terbuka

27/06/2019

Share this post:

BMW M8 2020

Editor rate:

Lihat promo

Sepanjang sejarah M Series, BMW Selalu menghadirkan model convertible atau cabriolet sebagai pelengkap varian normal yang lebih serius dan dikhususkan untuk kegiatan trackday, tak terkecuali BMW M8 Competition 2020 yang baru saja diperkenalkan.

Review BMW M8 Competition Cabriolet 2020: Perpaduan Kenikmatan Berkendara Dengan Kebebasan Atap Terbuka
Review BMW M8 Competition Cabriolet 2020: Perpaduan Kenikmatan Berkendara Dengan Kebebasan Atap Terbuka
0 Gambar

Pengantar BMW M8 2020

Mari kita simak spesifikasi BMW M8 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Performa hampir sama dengan varian Coupe, ditambah fitur berkendara yang sama lengkapnya.

Menghadirkan aura yang benar-benar berbeda dibandingkan varian Coupe

Kekurangan

Fitur keamanan dan swakemudi yang alakadarnya.

Pengendara butuh adaptasi dengan beragam fitur baru BMW M8.

Review BMW M8 Competition Cabriolet 2020 - Sejak hadir pertama kali pada M3 E30 pada tahun 80an, BMW Selalu menghadirkan varian atap terbuka pada sebagian besar varian M Series mereka, dan tradisi itu kembali berlanjut dengan hadirnya generasi terbaru BMW M8 Competition.

Gambar sebuah mobil BMW M3 E30 Cabriolet warna abu-abu dilihat dari sisi depan sedang berjalan di jalan Indonesia

Sejak M3 E30 (atas), BMW selalu menghadirkan varian atap terbuka pada sebagian besar line-up M Series

Mengambil basis dari BMW Seri 8 yang juga memiliki varian cabriolet, rasanya kehadiran BMW M8 Competition Cabriolet 2020 adalah sebuah keniscahyaan.

Kendati memiliki performa yang sama impresifnya dengan varian coupe, BMW M8 Competition Cabriolet 2020 memiliki hal spesial yang sukses menghadirkan karakter dan aura berbeda ketimbang versi standar. Ingin tahu apa saja hal spesial yang membedakan varian cabriolet dengan coupe? Simak review lengkap BMW M8 Competition Cabriolet 2020 di Cintamobil.com.

Eksterior BMW M8 2020

Selain atap yang dapat dibuka tutup, praktis tak ada perbedaan signifikan antara BMW M8 Competition Cabriolet 2020 dengan versi Coupe. Namun jika Anda memperhatikan lebih seksama, ada beberapa detail yang menghadirkan aura berbeda antara kedua mobil. Mari simak penjabaran eksterior BMW M8 Competition Cabriolet 2020 berikut ini untuk mengetahui lebih dalam

Review BMW M8 Competition Cabriolet 2020: Eksterior Depan 

Gambar sebuah mobil  BMW M8 Competition Cabriolet 2020 berwarna merah dilihat dari sisi depan

Tak ada perbedaan kentara antara tampilan kedua varian BMW M8 Competition

Tak ada perbedaan antara varian cabriolet dengan coupe, BMW M8 Competition memadukan perpaduan antara estetika dan fungsi dengan ubahan lubang udara lebih besar untuk sistem pendinginan. Kesan sporty dihadirkan dengan sentuhan black chrome pada kidney grille, serta desain bumper depan yang lebh agresif.

BMW juga memasang teknologi terbaru LED laser headlights menjadi standar pada line up BMW M8 Competition, tak terkecuali varian cabriolet.

Review BMW M8 Competition Cabriolet 2020: Eksterior Samping

Desain Side Mirror sebuah mobil BMW M8 Competition Cabriolet 2020 berwarna merah

Finishing kaca spion dibuat berbeda dari versi coupe

Beralih ke samping, nyaris tidak ada perbedaan berarti antara BMW M8 Competition Cabriolet 2020 dan coupe. Mungkin, satu-satunya pembeda antara kedua model adalah finishing spion gloss black yang hadir tipe atap terbuka, bukan karbon seperti coupe.

Review BMW M8 Competition Cabriolet 2020: Eksterior Belakang 

Gambar sebuah mobil BMW M8 Competition Cabriolet 2020 berwarna merah dilihat dari sisi belakang

Saat atap terbuka, suara knalpot empat lubang ini akan semakin menggelegar

Untuk bagian belakang mobil, kami juga tak menemukan perbedaan mencolok antara coupe dan cabriolet. Namun, dengan sebuah mobil atap terbuka Anda dapat menikmati raungan mesin melalui knalpot empat lubang yang ada di belakang.

Review BMW M8 Competition Cabriolet 2020: Pelek & Ban

Desain depan dan pelek dari mobil BMW M8 Competition Cabriolet 2020

Desain pelek yang digunakan M8 Competition lebih sporty ketimbang varian coupe

Berbeda dari bagian lainnya, kami langsung menemukan perbedaan antara BMW M8 Competition Cabriolet 2020 dengan coupe. Meski sama-sama menggunakan pelek two-tone 20 inci, menurut kami model yang digunakan pada varian ini lebih sporty.

Spesifikasi ban yang digunakan juga masih sama, yakni ban performa tinggi Pirelli P Zero dengan spesifikasi 275/35 ZR 20 untuk depan, dan 285/35 ZR 20 pada ban belakang.

Review BMW M8 Competition Cabriolet 2020: Atap

Gambar sebuah mobil BMW M8 Competition Cabriolet 2020 berwarna merah sedang parkir di dekat pantai dengan atap terbuka

Soft-top M8 Competition Cabriolet dapat dibuka dalam waktu 15 detik

Hal mendasar yang membedakan tipe BMW M8 Competition Cabriolet 2020 dengan model coupe, BMW memasang soft-top yang dapat dibuka dalam waktu 15 detik, dan dengan laju maksimal 30 mph (50 kpj).

>>> Mungkin Anda juga tertarik:


Interior BMW M8 2020

Masuk ke interior, kita dapat melihat beberapa perbedaan yang mempengaruhi karakter dan aura di dalam kabin. Apa saja perbedaanya, bacalah desain interior BMW M8 Competition Cabriolet 2020 di bawah ini.

Review BMW M8 Competition Cabriolet 2020: Dashboard dan Kemudi

Gambar interior mobil BMW M8 Competition Cabriolet 2020 dengan jok berwarna cream

Pemilihan warna interior membuat aura M8 Cabriolet lebih kalem ketimbang versi coupe

Berbeda dengan layout coupe yang tampil agresif dengan dominasi warna hitam dan sedikit aksen krem, M8 Competition Cabriolet menghadirkan aura lebih kalem dengan penggunaan warna hitam dan krem yang tampak berimbang.

Kesan sporty dan ekslusif dihadirkan dengan penggunaan material Merino Leather yang merupakan kulit dengan kualitas terbaik, dan dikhususkan untuk BMW M Series.

Review BMW M8 Competition Cabriolet 2020: Kursi Depan

Kursi depan BMW M8 Competition Cabriolet 2020 yang dibalut dengan merino leather warna krem

Kesan elegan juga dihadirkan dengan pemilihan warna krem, senada dengan bagian bawah dashboard

BMW M8 Competition Cabriolet 2020 masih menggunakan dua buah kursi M Sport untuk pengemudi dan penumpang depan, yang membedakan adalah warna krem yang mendominasi kursi yang juga dibalut merino leather.

Review BMW M8 Competition Cabriolet 2020: Kursi Belakang

Tampilan kursi belakang BMW M8 Competition Cabriolet

Kursi belakang dilengkapi head rest yang cukup proper digunakan orang dewasa

Sama seperti kursi depan, kursi belakang juga didominasi warna krem dengan balutan merino leather. Kendati posisi kursi cukup supportif dan memiliki head rest yang mumpuni, leg room untuk penumpang belakang rasanya tak jauh berbeda dibanding varian coupe.

>>> Baca juga:

Fitur BMW M8 2020

Didapuk sebagai flagship M Series, BMW tampaknya tidak main-main dalam mengembangkan BMW M8, beragam fitur disematkan ke dalam Convertible asal Bavaria ini. Mulai dari fitur hiburan, berkendara, ataupun fitur keselamatan. Apa saja fitur yang ada di dalam BMW M8 Competition Cabriolet? Simak penjabaran lengkap di bawah ini.

Review BMW M8 Competition Cabriolet 2020: Fitur hiburan

Gambar menunjukkan Sistem hiburan pada mobil BMW M8 Competition Cabriolet 2020

M8 Competition Cabriolet menggunakan sistem iDrive terbaru

Untuk pusat hiburan, informasi dan navigasi, BMW M8 Competition Cabriolet 2020 menggunakan sistem iDrive yang ditanamkan ke dalam layar sentuh 10 inci, dan layar 12,3 inci yang ada di balik kemudi.

Anda mendapatkan sistem audio Harman Kardon sebagai standar di mobil ini, jika masih kurang Anda menggantinya dengan audio Bowers & Wilkins, yang digunakan oleh banyak mobil premium seperi McLaren.

Review BMW M8 Competition Cabriolet 2020: Fitur berkendara

Layout konsol tengah pada mobil BMW M8 Competition Cabriolet 2020

Sebagian besar tombol pengaturan mode berkendara hadir di konsol tengah

Para teknisi BMW bekerja keras mengembangkan berbagai fitur canggih untuk disematkan di dalam BMW M8 Competition Cabriolet 2020, dan membuat mobil ini menjadi Convertible kencang dengan fitur berkendara melimpah.

Sama seperti BMW M5, M8 merupakan mobil all wheel drive (AWD), dengan roda belakang sebagai penggerak utama dan dapat dikendalikan oleh sistem yang membaginya ke dalam tiga mode, regular, sport, dan drift mode.

BMW M8 juga menghadirkan kustomisasi lima parameter yang ada di layar kemudi, yakni mesin, pengendalian, suspensi, serta M xDrive. Pengemudi dapat menyimpan dua set-up miliknya pada dua tombol M1 dan M2 yang ada di kemudi.

Fitur yang cukup menyita perhatian adalah M Mode, di mana pengendara diberikan pilihan mode Sport dan Track untuk varian M8 standar, dan tambahan Track Mode untuk M8 Competition.

Jika pengemudi mengaktifkan mode sports, semua sistem keamanan dimatikan, sedangkan saat mengaktifkan mode track, yang hanya tersedia pada varian Competition, semua fitur keselamatan dimatikan, seru bukan?

Review BMW M8 Competition Cabriolet 2020: Fitur keselematan

Memang, fitur berkendara yang sangat komplit itu tidak diimbangi dengan fitur keselamatan yang disematkan sebagai standar di BMW M8 Competition Cabriolet. Anda hanya mendapatkan automatic emergency parking dan forward collision parking.

Anda masih bisa menambahkan fitur swakemudi standar seperti lane keeping assist, adaptive cruise control, blind spot monitoring, pedestrian detection, side collision prevention, dan evasion assist system dengan tambahan Driver Assistance Proffesional Package yang disediakan BMW.

Tapi, bukankah Anda membeli BMW M8 Competition untuk menikmati sensasi berkendara ala BMW M Series? Jika iya, terbatasnya fitur swakemudi di mobil ini tak akan jadi halangan bagi Anda.

>>> Hanya dibuat 400 buah, lihat dari dekat keindahan edisi spesial BMW M850i xDrive Coupe First edition

Operasi BMW M8 2020

Mesin  BMW S63B44T4 twin-turbo V8 dipakai untuk mobil BMW M8 Competition Cabriolet 2020

Mesin ini sama seperti yang digunakan BMW M5 Competition

BMW M8 menggunakan mesin V8 Twin-Turbo S63 berkapasitas 4,4 liter yang menyemburkan tenaga 591 dk pada varian standar, dan 617 dk untuk varian Competition, dengan torsi maksimal 750 Nm.

Dengan tenaga seperti ini, mobil dapat melaju dari 0-100 kpj dalam waktu 3,2 detik standar, dan 3,1 detik pada varian Competition. Angka ini terhitung impresif, karena hanya terpaut 0,1 detik dari varian coupe yang lebih serius, dan dioptimalkan untuk kegiatan trackday.

>>> Review Prototipe Nissan GT-R50 2018: Sisi “Monster”, Glamour Dan “Ultra Limited”

Spesifikasi BMW M8 2020

Setelah membaca detail eksterior, interior, fitur, dan operasi, simak spesifikasi BMW M8 Competition Cabriolet 2020 di bawah ini:

SPESIFIKASI BMW M8 Competition Cabriolet 2020

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.867 mm x 1.907 mm x 1.341 mm

Jarak Poros Roda

2.822 mm

MESIN

Tipe Mesin

BMW S63B44T4 twin-turbo V8

Kapasitas Silinder

4.400cc

Daya Maksimum

591 HP (M8) 617 HP (M8 Competition)

Torsi Maksimum

750 Nm (Both)

Sistem Transmisi

8-Speed M-Steptronic ZF 8HP

Kecepatan Maksimum

 

Akselerasi 0-100 kpj

3,2 detik (M8) 3,1 detik (M8 Competition)

HANDLING

Suspensi Depan

Double-Wishbone

Suspensi Belakang

Multi-Link Suspension

Rem Depan

Disc, with carbon brakes as optional

Rem Belakang

Disc, with carbon brakes as optional

>>> Klik di sini untuk melihat review mobil BMW lainnya

Daftar Harga BMW M8 2020

BMW membandrol BMW M8 Cabriolet 2020 dengan harga $143.495 (setara Rp 2,05 miliar), dan $156.495 (setara Rp 2,3 miliar) untuk M8 Competition Cabriolet 2020. Selain coupe dan cabriolet, BMW juga akan menghadirkan BMW M8 Grand Coupe, sedan empat pintu yang memiliki basis Seri 8 G16.

>>> Klik sini untuk melihat semua mobil BMW dijual dengan harga terbaik di seluruh Indonesia

Kesimpulan BMW M8 2020

Gambar sebuah mobil BMW M8 Competition Cabriolet 2020 warna oranye sedang berjalan di jalan Indonesia

Jika anda mencari perpaduan kenikmatan berkendara khas M series serta kebebasan ala atap terbuka, mobil ini adalah pilihan tepat

BMW menjaga tradisi mereka dengan menghadirkan varian atap terbuka untuk sebagian besar line-up M Series mereka pada BMW M8 Competition Cabriolet 2020

Bukan hanya itu, kedua varian M8 Competition juga memiliki karakter dan aura yang berbeda, meski secara performa masih sama-sama impresif, dan sama sekali tidak melunturkan reputasi sebagai ultimate driver’s car.

Perbedaan harga $9.500 (setara Rp 136 juta) antara varian coupe dan cabriolet juga terhitung wajar. Untuk Anda yang mencari sosok mobil yang nikmat dikendarai sekaligus mobil yang cocok Anda kendarai sambil menikmati udara luar pada sore hari, BMW M8 Competition Cabriolet 2020 adalah pilihan tepat.

>>> Masih bingung saat mencari mobil? Klik sini untuk membaca semua artikel review mobil di Cintamobil.com 

Derry Munikartono
Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

BMW Astra Used Car

DKI Jakarta

Bimmeroom

DKI Jakarta

Review lain

Review BMW M3 (E30) 1990

05/05/2019

Editor rate:

Mobil BMW M3 (E30) 1990 yang ada di booth Cintamobil.com selama ajang Indonesia International Motor Show 2019 ini memiliki pendekatan spesial. Karena inilah salah satu contoh mobil konversi BMW 3 Series (E30) dengan setir kanan yang dirombak mengikuti spesifikasi BMW M3 yang powerfull

Lihat juga

Review Porsche 911 Speedster 2019

05/06/2019

Editor rate:

Apakah 'encore' Porsche 911 dari keluarga generasi 991 ini bisa memiliki tempat spesial di mata Porsche enthusiast?

Lihat juga

Review McLaren 720s Spider 2019: Tak kalah impresif dengan versi Coupe

24/04/2019

Editor rate:

Setelah sukses dengan versi coupe, McLaren bereksperimen dengan menelurkan McLaren 720s Spider 2019, bagaimana sensasi berkendaranya? Apakah sama impresifnya dengan versi coupe, simak review komperensif dari Cintamobil.com di bawah ini.

Lihat juga

Review Lamborghini Huracan EVO Spyder 2019

09/03/2019

Editor rate:

Belum lama ini, terdengar kabar Lamborghini mengeluarkan Line-Up baru yakni Huracan EVO Spyder. Selain performa mesin yang buas, tampilan luarnya kini terlihat lebih agresif dengan kontur Softtop. Sebagai tambahan saja, kecepatannya mampu mencatatkan rekor 0-100 Km/Jam dalam tempo 3,1 detik. Sungguh menawan. Berikut kita simak review Lamborghini Huracan EVO Spyder 2019.

Lihat juga

Review Lamborghini Huracan EVO 2019: Supercar Canggih Dari Lamborghini

18/01/2019

Editor rate:

Lamborghini tampaknya belum puas dengan model Huracan Performante yang diluncurkan pada tahun 2017 lalu. Diawal tahun 2019, pabrikan asal Italia ini memperkenalkan varian baru yakni Lamborghini Huracan EVO. Tidak hanya desain baru yang meningkatkan aerodinamika mobil, tapi juga sejumlah fitur membuat mobil ini sangat canggih.

Lihat juga
back to top