BMW Uji Sistem Adaptive Cruise Control di Tengah Kota

01/08/2019
Perkembangan teknologi membuat mengemudi mobil semakin mudah, salah satunya dengan fitur Adaptive Cruise Control yang dapat menjaga jarak dengan mobil di depan saat berada di jalan tol.

Sampai saat ini, teknologi seperti Cruise Control hanya dapat diaktifkan di jalan tol saja. Ya, setidaknya sampai sistem Adaptive Cruise Control BMW yang diklaim dapat digunakan di jalan raya resmi meluncur.

Teknologi Adaptive Cruise Control BMW diklaim dapat diterapkan di perkotaan, dan telah diuji coba beberapa waktu lalu serta akan diluncurkan dalam waktu dekat.

>>> Bagaimana proses perakitan BMW Seri 3 terbaru, simak artikelnya di sini

Diberi nama Urban Traffic Light Recognition, sistem Adaptive Cruise Control BMW diklaim dapat beradaptasi dengan lalu-lintas perkotaan yang padat, salah satu kemampuannya yakni mengenal titik lampu merah.

Instrument cluster BMW Urban Traffic Recognition

Tampilan cluster instrumen BMW saat Adaptive Cruise Control diaktifkan

Dalam sebuah uji coba di sekitar kota Munich, Jerman, penguji menetapkan Adaptive Cruise Control BMW di kecepatan 30 kpj, dan bergerak menuju lampu merah. Saat lampu berubah dari hijau menuju kuning, kamera onboard mobil menangkap sinyal tersebut, dan menampilkan ikon lampu merah di cluster digital mobil tes, generasi terbaru BMW 330i yang jadi mobil tes, kendaraan pun melambat secara otomatis tanpa bantuan pengemudi.

>>> Sedang cari BMW? Kami punya pilihannya untuk Anda

Lalu, bagaimana jika mobil berada di barisan paling depan? Karena pada dasarnya ini adalah adaptive cruise control, maka mobil tidak secara otomatis jalan saat lampu hijau, dan masih membutuhkan peran pengemudi dalam menjalankan mobil. Jika Anda tidak ada di depan, fitur ini bisa kembali diaktifkan dengan menekan tombol resume di lingkar kemudi.

BMW 330i tes Urban Traffic Light Recognition

Apakah fitur ini bisa dinikmati masyarakat Indonesia? Menarik untuk ditunggu

Teknologi Adaptive Cruise Control BMW ini diklaim hanya dapat digunakan untuk kecepatan sampai 80 km/jam, dan saat ini masih dalam tahap pengembangan. Jika sudah siap diluncurkan mobil BMW dengan kelengkapan radar terbaru, seperti Seri 3 terbaru, X7, dapat menambahkan fitur ini via over-the-air (OTA), laiknya sebuah Tesla yang sudah kesohor dengan metode update software serupa.

>>> Berita terbaru seputar teknologi mobil bisa dilihat di sini

BMW juga akan meluncurkan fitur Adaptive Cruise Control ini di beberapa negara, apakah Indonesia termasuk di dalamnya? Menarik untuk ditunggu.

>>> Untuk tips & trik otomotif terlengkap, klik link berikut ini

Derry Munikartono

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain